Gaji Business Consultant dan Tips Berkarir di Bidang Ini

Ternyata lulusan bisnis tak hanya bisa bekerja menjadi seorang pebisnis saja. Tapi bagi Anda yang tidak suka berkecimpung langsung di dunia bisnis, bisa bekerja menjadi business consultant di sebuah perusahaan.

Pekerjaan ini tak mengharuskan Anda memegang perusahaan sendiri. Namun Anda hanya memberikan konsultasi dan saran terkait bisnis. Nah, kira-kira berapa gaji business consultant? Yuk, intip penjelasannya di bawah ini.

Sekilas tentang Business Consultant

Gaji business consultant
Seorang konsultan bisnis sedang berdiskusi dengan klien. (Portal TahuPedia)

Business consultant merupakan seorang ahli di bidang bisnis yang bekerja sebagai penasihat bisnis bagi suatu perusahaan. Adapun nasihat yang biasanya diberikan meliputi perencanaan, pengembangan, dan solusi masalah mengenai lingkup bisnis klien.

Karena pekerjaan seorang konsultan bisnis memberikan konsultasi saat diperlukan, maka jam kerjanya pun sangat fleksibel. Namun pekerjaan ini memiliki layanan, tugas, dan tanggung jawab yang lebih bervariatif serta mencakup seluruh masalah perusahaan.

Tugas Business Consultant

Seorang business consultant memiliki banyak tugas saat melayani kliennya, diantaranya adalah :

  1. Mempelajari lingkup bisnis klien secara detail, mulai dari tahap produksi, penjualan, pemasaran, pesaing, dan lain sebagainya.
  2. Melakukan evaluasi bisnis klien baik dalam bentuk kelebihan maupun kekurangan, misalnya masalah atau hambatan yang sedang dialami bisnis klien. .
  3. Memberikan saran atau solusi yang fresh (out of the box) terkait masalah bisnis klien.
  4. Memberikan pelatihan yang dibutuhkan staf dan manajemen saat mengelola bisnis.
  5. Mengomunikasikan kepada klien terkait perencanaan, strategi, solusi, dan peluang untuk mencapai target yang diinginkan pemilik bisnis.
  6. Memberikan saran penyedia dan mitra untuk membantu tercapainya target pemilik bisnis.

Gaji Business Consultant

Gaji business consultant
Business consultant membuat kesepakatan dengan klien. (CDMI consultant research)

Seorang business consultant akan menerima gaji per bulanya selalu berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan kebijakan perusahaan dan lokasi bekerja. Rata-rata business consultant menerima gaji sebesar Rp. 4.500.000 per bulan.

Namun berbeda dengan rata-rata gaji business consultant di Jakarta, gaji yang diperoleh konsultan bisnis mencapai Rp. 5.500.000 per bulan. Jika Anda bekerja di perusahaan besar, seperti di Wahana Inti Nugraha, gaji yang diterima bisa mencapai Rp. 11.000.000.

Kemudian di perusahaan PT. United Tractors, gaji business consultant kira-kira sebesar Rp. 4.800.000 – 5.000.000. Atau bekerja sebagai konsultan bisnis di PT. Calbee Wings Food yang dapat menerima gaji mencapai Rp. 14.630.000 per bulan.

Gaji business consultant fresh graduate sekitar Rp. 4.000.000 – 6.000.000 di perusahaan PT. Rifan Financindo Berjangka. Sedangkan gaji business consultant profesional mencapai Rp. 7.000.000 – 9.000.000. Nominal gaji tersebut belum termasuk tunjangan, uang makan, lembur, dan lain sebagainya.

Risiko Bekerja sebagai Business Consultant

Saat bekerja menjadi business consultant, Anda harus berhati-hati terkait pengambilan keputusan, perencanaan, strategi, analisis, dan solusi yang diberikan kepada bisnis klien. Sebab pekerjaan ini bersinggungan dengan bisnis pihak klien, jika ada kesalahan maka pertanggung jawabannya jauh lebih besar.

Selain itu, Anda juga harus menguasai berbagai ilmu bisnis di semua bidang bisnis yang ada. Hal ini karena strategi dan solusi untuk masing-masing bidang bisnis akan berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset secara mendalam sebelum mengambil keputusan.

Tips Menjadi Business Consultant

Konsultan bisnis sedang berkomunikasi dengan pihak klien (Kompasiana)
Konsultan bisnis sedang berkomunikasi dengan pihak klien. (Kompasiana)

Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai konsultan bisnis, berikut ini beberapa tips untuk membangun karir di bidang ini yaitu :

1. Tentukan jenis konsultasi

Banyak yang menganggap memberikan konsultasi di berbagai bidang itu lebih baik dan menguntungkan. Akan tetapi, ternyata fokus pada satu bidang konsultasi akan memberikan personal branding yang lebih kuat dan terpercaya.

Misalnya, bagi Anda yang menyukai data, laporan keuangan, dan senang bekerja mandiri, maka business consultant di bidang keuangan dapat menjadi pilihan yang tepat.

2. Kursus online

Jangan berpuas diri dengan gelar sarjana yang sudah didapatkan, Anda bisa mengikuti kursus online untuk menambah pengetahuan di bidang spesialisasi. Kursus spesialisasi ini tersedia di beberapa kampus dan penyedia pendidikan umum lainnya.

3. Mendapatkan sertifikasi

Cara lainnya untuk mendapatkan kepercayaan klien adalah dengan mendapatkan sertifikasi di bidang yang Anda inginkan. Hal ini dapat menunjukkan keahlian dan profesionalisme Anda di mata klien.

Demikian pembahasan mengenai gaji business consultant dan beberapa tips menjadi konsultan bisnis yang baik. Semakin banyak klien yang Anda layani maka semakin banyak pula gaji yang Anda dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar