Penghasilan Driver Grabcar 2024, Bisa Mencapai Puluhan Juta

Kira-kira, seberapa banyak ya penghasilan driver grabcar (perhari hingga perbulan)? Cara meningkatkan penghasilan bagaimana yah?

Apakah ada bonus-bonus performance lain yang didapatkan driver layaknya perusahaan kebanyakan?

Mode transportasi berbasis online kini tengah naik daun dan kian mendapat hati masyarakat. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang moda transportasi online ini adalah Grab.

Selain diminati banyak orang karena tawaran kemudahan dalam mobilitas, grab ternyata juga diminati sebagai salah satu tempat untuk bekerja.

Penghasilan Sopir Grabcar yang Perlu Kita Tahu 

Bergabung dengan perusahaan ini menjadi mitra grab merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Peralatan, perlengkapan, dan kemampuan yang diperlukan untuk bekerja pun sudah menjadi barang umum untuk dimiliki oleh siapa saja.

Selain itu, untuk bergabung menjadi driver grabcar juga bukan perkara yang sulit. Pekerjaan supir grabcar pun kian menjadi primadona bagi masyarakat terutama mereka yang merasa kesulitan mencari pekerjaan.

Namun, hanya mengetahui kemudahan-kemudahan menjadi mitra grab di atas tidaklah cukup. Seseorang yang ingin bergabung menjadi mitra grab harus tahu perkiraan penghasilan grabcar yang bisa ia dapatkan.

Dengan begitu, ia bisa mengkalkulasi pemasukkan, pengeluaran, serta keuntungan yang bisa didapatkan.

Baca juga: Cara Lapor Order Fiktif Grab

Selain itu, calon mitra grabcar juga perlu mengetahui bagaimana pembagian keuntungan antara dirinya dengan perusahaan.

Ini menjadi hal penting agar ekspektasi berjalan sesuai dengan realita dan tentunya demi kelancaran bekerja, Berikut ini adalah ulasan tentang penghasilan grab perbulan yang bisa menjadi gambaran para calon mitra grabcar.

Penghasilan grabcar di setiap bulannya berbeda dengan penghasilan driver grabbike, bisa dikatakan lumayan besar walaupun setiap penerimaan order driver harus berbagi hasil dengan perusahaan.

Sebagai contoh, ada sebuah orderan masuk ke aplikasi driver untuk mengantar penumpang dari Batu raya menuju ke arah Depok. Aplikasi grab memperlihatkan argo sebesar Rp 100.000 kepada baik penumpang dan pengemudi.

Walaupun demikian, tidak serta merta driver bisa membawa pulang nominal tersebut secara penuh. Dalam sistem kerja Grab, driver harus berbagi hasil dengan perusahaan grab.

Persentase potongan bergantung pada tarif yang ditampilkan aplikasi. Potongan flat sebesar 20% berlaku untuk orderan jarak dekat dan orderan jarak jauh.

Maka, dengan argo Rp 100.000, driver tersebut harus menyetor uang sebesar Rp 20.000 kepada perusahaan grab dan lantas ia berhak mengantongi uang sebesar Rp 80.000.

Baca juga:  Cara Memanfaatkan GrabBenefits yang Diperoleh Driver Grab

Dalam menyerahkan potongan Rp 20.000 ribu itu, driver tidak perlu melakukan proses transfer. Uang potongan tersebut akan langsung dikurangkan dari saldo token driver.

Berikut adalah skema pendapatan dengan sistem bagi hasil ini:

Pendapatan ArgoPotongan Grab 20%Pendapatan Driver 80%
Rp 20.000Rp 4.000Rp 16.000
Rp 50.000Rp 10.000Rp 40.000
Rp 100.000Rp 20.000Rp 80.000
Rp 150.000Rp 30.000Rp 120.000
Rp 200.000Rp 40.000Rp 160.000

Penghasilan Driver Grabcar dari Insentif

Demi menunjang performa driver, perusahaan grab memberikan bonus kepada mitranya apabila driver mampu memenuhi jumlah orderan tertentu. Bonus yang diberikan biasanya akan diberikan setiap minggu.

Jumlah bonus dari grab yang bisa juga dihitung sebagai penghasilan supir grab perbulan mencapai angka Rp 585.000 per minggu. Namun, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh si driver.

Bonus itu akan keluar apabila di setiap minggunya, si driver mampu menyelesaikan target yang diberikan. Kemudian driver akan memperoleh berlian yang bisa ditukarkan menjadi uang.

Jadi, apabila seorang driver mampu memenuhi target setiap bulannya, total bonus yang bisa dibawa pulang sebagai penghasilan grabcar adalah Rp 585.000 x 4 = Rp 2.340.000.

Tipe InsentifNilai InsentifBerlian
Harian SoreRp110.000900
Harian PagiRp75.000600
Insentif MingguanRp400.0005.000

Jumlah bonus ini tentu fantastis karena bisa memungkinkan seorang driver membayar cicilan mobil dan juga tambahan keuntungan pribadi. Jadi, total penghasilan Grab Car per bulan = pendapatan harian dikalikan 30 + bonus mingguan.

Sebagai gambaran, seorang driver mendapatkan pemasukan kotor sebesar Rp 500.000. Hasil tersebut kemudian dikurangi biaya pembelian bahan bakar sebesar Rp 100.000 dan juga biaya makan sebesar Rp 100.000. Dalam sehari, penghasilan bersih bisa mencapai Rp 300.000.

Apabila hasil itu dikalikan dengan 30 hari, maka pendapatan supir Grab Car sebesar Rp 300.000 dikalikan 30 hari = RP 9.000.000.

Nominal uang itu belum ditambah dengan bonus Grab Car mingguan yang dikalikan 4 sebesar Rp 2.340.000. Maka, total penghasilan Grab Car per bulan mencapai Rp 11.340.000.

Baca juga: Jenis mobil Grab Car

Penghasilan Tambahan Grab Car

Nominal uang yang bisa dibawa pulang sebagai penghasilan grabcar di atas tentu menggiurkan. Mobil yang dimiliki kini tidak hanya bisa dipakai untuk bepergian, namun juga untuk mencari tambahan uang yang jumlahnya bisa fantastis.

Baca juga:  Letak Kantor Grab Purwokerto Dan Cara Mendaftar Serta Kelebihan Grab

Kabar baiknya, nominal uang di atas masih ada kemungkinan bertambah apabila driver sedikit cerdik. Tambahan uangnya pun tidak main-main jumlahnya.

Cara lain untuk mendapatkan tambahan penghasilan adalah dengan membuka usaha online untuk menjadi agen pendaftaran driver grabcar. Dengan menjadi agen, kita bisa “berjualan”online yang tentunya menghasilkan keuntungan.

Menjadi agen pendaftaran driver grabcar pun tidak sulit. Kita hanya perlu melakukan deposit sebesar minimal Rp 10.000 saja.

Keuntungan akan diperoleh apabila kita berhasil mendapat driver grabcar baru yang bergabung sebagai mitra grabcar.

Jumlah keuntungan menjadi agen seperti ini tidaklah main-main. Seorang agen berhak atas 10% dari total penghasilan seorang driver per minggunya.

Dengan menjadi agen, akan ada saluran pemasukan lain ketika kita sendiri sedang melayani penumpang dengan menjadi driver grabcar.

Penghasilan grabcar dari menjadi agen ini tidaklah sama dari satu agen dan agen yang lain. Selain mematok biaya bagi hasil sebesar 10% per minggunya, ada beberapa agen yang mematok biaya pendaftaran menjadi driver grabcar.

Tak tanggung-tanggung, biaya pendaftaran bisa mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Besarnya tarif yang dibebankan kepada driver grabcar tentu tergantung pada kebijakan masing-masing agen atau tempat rental.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan penghasilan driver grabcar berbeda-beda.

Baca:

Cara Meningkatkan Penghasilan Grabcar

Apabila merasa tidak mampu untuk menjadi agen driver grabcar, kita masih bisa menggunakan cara lain untuk menambah penghasilan grabcar per bulan.

Cara yang pertama adalah dengan memaksimalkan kerja di jam-jam sibuk atau rush hour. Rush hour merupakan waktu-waktu dimana jumlah orderan dan juga jumlah penumpang bertambah dengan drastic atau malah meledak.

penghasilan grabcar

Rush hour biasanya berada di jam-jam 8 pagi sampai 10 pagi dimana orang-orang sedang sibuk menuju  kantor dan sekolah dan juga jam 4 sore sampai jam 7 malam dimana orang-orang sedang berjuang pulang dari kantor dan anak-anak sekolah pulang ke rumah.

Pada jam-jam sibuk ini, harga argo akan melonjak drastis. Maka, aktifkanlah aplikasi grabcar pada rush hour tersebut dan tidak lama kemudian akan ada banyak orderan yang masuk tak henti-hentinya ke hape kita.

Apabila ingin memanfaatkan masa-masa rush hour ini, kita harus tetap waspada dalam bekendara karena pada masa-masa rush hour inilah kondisi jalanan menjadi tidak terduga dan biasanya sangat padat.

Energi yang dikeluarkan dalam menyelesaikan orderan pasti lebih tinggi dan waktu tempuh perjalanan pasti akan tambah lama.

Baca juga:  Proses Klaim Asuransi Kecelakaan Grab Bagi Penumpang

Menambah Penghasilan Grab dari Program Driver Refer Driver (DRD)

GrabCar memang dinilai tidak memiliki lebih banyak jenis job jika dibandingkan dengan GrabBike yang bisa melayani GrabFood dan GrabExpress.

Kabar baiknya adalah Grab memberlakukan program baru bernama Driver Referensi Driver per Maret 2018.

Program DRD adalah program dimana pengemudi GrabCar dapat membantu orang lain mendaftar menjadi pengemudi GrabCar juga. Caranya, pengemudi akan memiliki kode referral.

Kode referral Grab Driver ini bisa dibagikan di media sosial milik pengemudi untuk memudahkan teman atau keluarga mendaftar menjadi pengemudi GrabCar.

Keuntungan dari program ini adalah pengemudi memperoleh bonus dari Grab apabila orang tersebut berhasil menjadi mitra GrabCar, atau GrabBike.

Lalu seperti apa skema tambahannya? Berikut ini adalah skema bonus tambahan dan komisi dari Grab yang berlaku sejak Maret 2024:

MilestoneBonus
Aktivasi AkunRp25.000
Selesaikan 14 pemesanan dalam 14 hari setelah aktivasiRp100.000
Total HadiahRp125.000

Lalu apakah ada syarat tertentu untuk mendapatkan bonus dari program DRD ini? Ada. Syaratnya cukup banyak tetapi sederhana dan mudah dicapai. Syarat dan ketentuan mendapatkan bonus dari program DRD adalah:

  1. Mitra baru harus memasukkan kode referral ketika mendaftar secara online.
  2. Setiap bulan, mitra pengemudi diperbolehkan mendaftarkan maksimal 8 orang calon mitra.
  3. Calon mitra tersebut belum pernah bergabung di Grab sama sekali
  4. Mitra pengemudi dan calon mitra tidak melakukan kecurangan atau fraud dalam bentuk apapun
  5. Apabila terjadi kecurangan yang dibuat oleh mitra pengemudi dan calon mitra, maka ada konsekuensi suspend akun Grab.
  6. Dapatkan bonus Rp25.000 ketika temanmu berhasil mendaftar sebagai mitra GrabCar
  7. Dapatkan tambahan bonus Rp100.000 ketika temanmu berhasil menyelesaikan 14 trip dalam 14 hari setelah akunnya aktif
  8. Temanmu harus menyelesaikan trip sebelum periode insentif berakhir
  9. Minimum tingkat penyelesaian 80% yang harus dicapai oleh anda dan teman anda (dihitung per minggu dalam 7 hari kebelakang sebelum bonus dibayarkan)
  10. Bonus akan diterima dalam waktu 3 hari kerja
  11. Program hanya berlaku untuk mendaftarkan teman di kota yang sama
  12. Pencairan bonus tambahan dan komisi akan dilakukan secara otomatis setiap minggu.

Lalu dimana mitra pengemudi bisa menemukan kode referral-nya? Kode referral ini sudah ada di aplikasi Grab Driver versi terbaru dan ada di bagian profil pengemudi seperti pada gambar berikut:

Dengan melihat ulasan di atas, kita bisa menjadi lebih tahu berapa saja nominal yang bisa didapatkan dari menjadi driver grabcar, baik dari argo itu sendiri maupun dari bonus dan juga penghasilan-penghasilan lainnya seperti menjadi agen pendaftaran mitra grab car. Ingat-ingatlah celah mendapatkan penghasilan terbaik dalam bekerja menjadi driver grabcar!

Bagikan:

Tinggalkan komentar