Cara Ampuh Mengatasi Orderan Sepi Grab Agar Kembali Gacor

Sekarang ini banyak driver Grab yang mengeluhkan sepinya orderan yang masuk, istilahnya gagu atau anyep.

Akun gagu disebabkan banyak hal dan perlu diatasi dengan cara yang berbeda dan hati hati, mengingat akun Grab driver sangat sensitif.

Setelah membaca artikel ini, saya harap akun Grab anda bisa kembali normal dan penghasilan bisa kembali stabil.

Berbicara tentang penyebab akun jadi anyep, bisa saja itu karena keteledoran anda sendiri sebagai driver. Misalnya jika anda suka mengabaikan atau membatalkan pesanan, maka tidak heran jika sistem Grab tidak memberikan anda orderan seramai sebelumnya.

Beberapa driver Grab cenderung mengabaikan orderan yang masuk karena beberapa hal. Seperti jarak yang terlalu dekat ataupun konsumen menggunakan promo pembayaran non tunai. Selain itu, terkadang driver akan membatalkan orderan secara sepihak.

Hal ini yang akan membuat rating akun Grab menjadi anjlok, begitu pula performa driver. Dan untuk mengembalikan rating memerlukan usaha yang tidak gampang.

Selanjutnya, kesalahan yang biasa dibuat driver adalah salah posisi mangkal. Dalam aplikasi sudah disediakan fitur untuk menentukan spot posisi potensial dalam menerima pesanan.

Jika driver mangkal di tempat yang kurang berpotensi, maka  orderan yang didapatkannya pun tidak akan ramai.

Yang terakhir, pastikan anda menggunakan smartphone sesuai standar (RAM 4Gb, baterai, OS 10 ke atas) dan jaringan internet 4G yang lancar.

Cara Mengatasi Orderan Sepi Grab Driver Paling Ampuh

Sebagai mitra Grab, saya ingin memberikan informasi cara mengatasi orderan sepi Grab. Sepinya orderan bukan berarti kita jadi malas untuk melanjutkan pekerjaan sebagai driver ojek online di hari itu.

Tapi justru harus kita manfaatkan untuk menambah histori perjalanan kita dan meluangkan waktu sejenak untuk membaca informasi dari Grab Academy.  Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan ketika orderan sepi.

1. Berkunjunglah ke Lokasi Jalur Merah pada Waktu Tepat

Saat kita merasa pesanan sudah mulai sepi, tidak ada salahnya kalau kita berkunjung ke daerah warna merah yang sering mengorder Grab.

Baca juga:  2 Cara Driver Cancel Pesanan Grab Tanpa Menurunkan Performa
Cara Server Grab Memberi Order

Jika pagi hari berkunjunglah ke stasiun terdekat yang berada di tengah kota atau ke perumahan-perumahan mewah dan juga bisa ke lokasi kontrakan atau kos-kosan karyawan/mahasiswa.

Apabila orderan sepi di waktu siang, maka berkunjunglah ke pusat perbelanjaan. Apabila orderan sepi di waktu sore maka berkunjunglah ke pusat kota, dimana karyawan akan pulang dan umumnya menggunakan jasa layanan Grab atau Ojek Online.

2. Orderan Sepi Karena Akun Grab Baru Pertama Kali Berada di Daerah Terakhir yang Diantar

Tidak perlu khawatir ketika kita baru selesai mengantar penumpang di daerah yang baru pertama kali kita antar, saya pun pernah mengalaminya.

Waktu itu dari bekasi saya mengantar ke daerah Bintaro CBD, daerah tersebut belum pernah saya kunjungi, setelah tiba disana saya langsung susah mendapat orderan lagi yang arah balik, bahkan orderan terdekat sekalipun.

Agar bisa mendapat order lagi, sebaiknya kita jangan melewati jalan arah pulang di jalan yang sama, tetapi lewatlah di jalan yang berbeda.

Agar history perjalanan yang sebelumnya telah terbaca di sistem, dan sistem akan menunjukkan kalau kita sudah siap menerima orderan ke daerah yang sudah pernah kita lewati sebelumnya.

Baca juga: Cara Setting Aplikasi Grab Driver Biar Gacor

3. Perbanyak Riwayat Perjalanan yang Belum Pernah Dilewati dan Tetap Mengaktifkan Semua Layanan Grab

Seperti pada informasi nomor 2 yang diatas, ketika kita tidak mendapat orderan tek-tokan atau terus menerus, sebaiknya kita tetap mengaktifkan semua orderan layanan Grab driver (Grab bike, Grab Express dan Grab Food) kita dan tetap berjalan-jalan, keliling-keliling ke tempat-tempat atau jalan-jalan yang belum pernah kita lewati.

Dengan berkeliling ke jalan yang belum pernah kita lewati itu artinya kita sudah menambah history perjalanan kita agar sistem dari Grab menambah history perjalanan kita yang nantinya dapat memilih kita untuk mengantar penumpang ke lokasi yang pernah kita lewati dari history perjalanan kita tersebut.

4. Luangkan Waktu untuk Mengisi dan Mengikuti Training di Grab Academy

Apabila informasi nomor 2 dan 3 yang diatas sudah kita lakukan namun akun Grab kita masih saja sepi, tidak ada salahnya kalau kita membaca serta mengisi dan menjawab semua pertanyaan yang ada di Grab Academy.

Baca juga:  Syarat dan Cara Pesan Grab Same Day Online Tokopedia 2019

Tujuannya agar identitas kita semakin bertambah dan kita juga bisa menambah wawasan dari grab tentang layanan prima mitra Grab agar akun kita bisa kembali gacor.

Selesaikan pertanyaan yang muncul dari Grab Academy, dengan begitu kita menambah pengetahuan yang baru agar kita bisa tetap menjadi mitra Grab dengan layanan prima.

Baca juga: Cara Refresh Akun Grab Biar Gacor

5. Tambahkan Saldo Dompet Kredit Secara Bertahap

orderan sepi grab
Minimal saldo buat driver Grab

Pada umumnya kita sering kali memiliki saldo kredit kisaran 50 ribu – 100 ribu di akun Grab driver kita. Jika kita merasa orderan sepi saat kita berada di basecamp atau dalam perjalanan.

Cobalah menambahkan saldo kredit Grab kita secara bertahap mulai dari 5 ribu hingga 10 ribu, diamkan selama 10 menit sambil berjalan kembali.

Biasanya setelah ditambahkan sering ada orderan masuk ke akun Grab kita. Ini terjadi karena sistem membaca sisa saldo yang terbanyak setelah memfilter pengemudi terdekatnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Saldo Tunai Grab

6. Menjaga Kualitas Jaringan

Untuk mendapatkan orderan, Anda harus mendapatkan jaringan internet yang stabil. Jaringan 5G akan lebih cepat menangkap orderan dibanding dengan jaringan 4G.

selain itu sebelum mengaktifkan aplikasi hendaknya Anda memastikan kuota internet Anda mencukupi untuk mengambil orderan yang masuk.

Selain itu, jangan lupa untuk update aplikasi Grab driver ke versi terbaru, agar lebih aman dan fitur yang lebih baik.

7. Tingkatkan Jam On Bid dan Aktifkan Fitur Auto Accept

Jumlah jam online juga dapat memengaruhi jumlah orderan yang diterima. Para driver yang online secara teratur pada jam tertentu kemungkinan besar akan mendapatkan lebih banyak orderan dibandingkan dengan yang hanya sampingan.

Sebagai contoh anda mengatur jam kerja mulai dari pukul 09.00 – 17.00 secara rutin setiap hari dengan mengaktifkan auto accept order. Hal ini akan membuat anda dalam antrian awal untuk memperoleh order.

Baca juga:  Kenapa Alas Kaki Harus Tertutup Saat Berkendara buat Driver Ojol? Penting!

Oleh karena itu, tetaplah teratur dalam menentukan jam online Anda untuk meningkatkan peluang mendapatkan orderan.

Kesimpulan: Peningkatan Penghasilan Driver Grab

orderan sepi grab
Penghasilan driver Grab meningkat dari hari ke hari

Jika ingin mendapatkan peningkatan orderan yang signifikan seperti yang tertera dalam diagram di atas, maka Anda harus selalu rajin menerima orderan.

Anda pun harus konsisten dalam bekerja secara profesional. Jangan lupa untuk selalu tepat waktu dan cepat dalam menjemput penumpang.

Terapkan juga keramahan dan kesopanan pada setiap penumpang. Dengan demikian, nama Anda sebagai driver Grab pun akan semakin terkenal.

Di samping itu, jaga pula kebersihan kendaraan dan pastikan untuk selalu merawat kondisi mesinnya.

Intinya buatlah konsumen merasa nyaman, sehingga akan lebih banyak lagi orderan dan jumlah penghasilan yang bisa diperoleh.

Sebab, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih, usaha yang perlu dilakukan pun harus lebih. Bukankah begitu?

Gunakan motto bahwa waktu sebagai uang, sehingga jika Anda hanya menghabiskan waktu tersebut untuk bersantai, lantas berapa banyak kerugian yang harus dibayar?

Kesimpulannya, ada 7 tips mengatasi orderan gagu atau anyep. Semua cara di atas bisa dilakukan oleh semua driver (Grabbike dan Grabcar) secara teknis, karena tidak memerlukan settingan khusus.

Intinya adalah meningkatkan rating dan performa bisa membuat kemungkinan masuknya orderan jadi lebih besar.

Kalau sudah mengikuti semua yang saya sebutkan diatas, namun orderan masih juga sepi, pasti ada yang salah.

Jangan lupa setiap orderan yang masuk itu ada campur tangan tuhan. Maka sertakan tuhan setiap kita mulai menjalankan aktifitas sebagai mitra Grab.

Maka hasil yang kita dapat akan menjadi lebih berkah. Tetap semangat dan berusaha, tidak ada usaha yang sia sia.

Demikian tulisan ini saya persembahkan untuk para mitra Grab/ojek online yang ada di seluruh indonesia. SALAM SATU ASPAL!

Bagikan:

15 pemikiran pada “Cara Ampuh Mengatasi Orderan Sepi Grab Agar Kembali Gacor”

  1. Saya tidak sepaham dengan penjelasan diatas karena saya dilapangan sering terjadi cancel karena penumpang tidak sabar, orang yg iseng sengaja mengerjai mitra dan ada juga katanya tidak sengaja cancel. Hal tersebut di sapu rata oleh pihak grab dengan alasan pembatalan yg secara akal sehat untuk apa saya ngojek kalau untuk saya batalkan sangat kurang bijaksana kebijakan pihak grab.

    Balas
  2. Penumpang harus sabar dikit menunggu karena jalanan kadang mau jemput macet tapi penumpang langsung main cancel saja pihak grab tolong di mengerti kasihan para driver Grab terima kasih.

    Balas
    • Mana mau grab kasi sanksi, ke penumpang… Takut penumpangnya pada kabur mas hahaha, mau penumpang salah kek tetep aja driver yg di punish…klo diver pda minggat grab nya untung malah, krna bisa buka pendaftaran dan banyak pemasukan lagi, klo pengguna yg minggat mau di rekrut pake apa hahahah, pake promo????? Hhaahahah, sudah lah mas, om om, bapak2, ibu2 sekalian, pasrah aja disalahin terus..

      Balas
  3. Gk ngaruh gk blh lwtn 3 orderan prtma….toh sm aja ky semacam orderan udh d atur dan d gilir…..hr ini aja sy d ksh cm 6 orderan sdngkn sy gk lwtn 1 pun orderan….tp sdngkn tmn sy yg 1 tongkrongan udh cancel 2 skl gus te2p aja msh dpt orderan berturut-turut

    Balas
  4. Omong kosong semua itu cuma kira2 aja tidak PASTI.
    Penguasanya adalah sistem/program yg kendalinya ada di pihak Perusahaan OJOL itu sendiri

    Balas
  5. Kok grab yg gacor semakin gacor,yg anyep semakin anyep,kok grab ngasih order kok pilih-pilih driver ya?padahal performa 5.00,TDK pernah menolak pekerjaan to kok anyep aja y,sy selalu memberi pelayanan yg terbaik buat pelanggan?tolong grab minta solusinya biar gacor kayak temen2 …semoga grab semakin jaya

    Balas
  6. Betul sekarang orderan di grab anyep bgt ngidupin aplikasi dari pagi smp malam ngga ada satupun yang masuk orderan beda banget sebelum covid orderan selalu ramai meskipun nunggu cuma di rumah

    Balas

Tinggalkan komentar