8 Tips Cara Meningkatkan Performa dan Rating Driver Grab Terbaru 2020

Setiap kamu menyelesaikan orderan, terkadang ada saja penilaian dan ulasan yang dirasa kurang pantas dari customer. Akibatnya, jika customer memberikan rating dan ulasan yang buruk, maka ini dapat membuat akun driver semakin sulit untuk mencari orderan yang lain, belum lagi jika driver itu mendapat beberapa masalah baru seperti makanan terjatuh, mengantar customer tidak sampai tujuan karena hal sepele (misalnya : kendaraan bermasalah), dan barang yang dikirim kemasan nya rusak.

ara Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar
Cara menaikkan bintang driver grabbike dan grabcar dengan cepat

Dari keluhan yang disebutkan tadi, kemungkinan ada sanksi berupa pembekuan akun sementara, bahkan lebih parahnya lagi kamu harus menggantinya secara penuh dan bisa terancam putus mitra loh! Jadi mimin akan memberikan kamu beberapa solusi cara untuk meningkatkan rating dan performa supaya akun kamu makin gacor, ramai orderan dan yang pastinya pendapatan driver Grab menjadi semakin meningkat.

Tips Menaikkan Rating dan Performa Driver Grab

Baik driver Grabbike dan Grabcar itu sama saja, keduanya ingin agar penumpang memberi ulasan dan bintang yang memuaskan. Ini tidak lebih dari win win solution dimana driver harus membuat penumpang senyaman mungkin, dan sebagai balasannya pengguna harus memberi rating yang bagus kepada sang driver. Hal ini tentu juga berpengaruh kepada performa driver. Simak tips lengkap cara agar performa driver Grab tidak turun!

1. Terima semua jenis orderan yang masuk, jangan skip orderan!

Ini akan berpengaruh pada performa dalam aplikasi Grab Driver. Performa dinilai berdasarkan setiap kali kamu menolak orderan yang datang, dan jika kamu menolak orderan lebih dari 3 kali, maka kamu akan diberikan sebuah pesan berupa teguran agar tidak mengulangi hal yang sama lagi. Bahkan lebih parahnya lagi jika kamu sampai menerima notifikasi suspended atau pembekuan akun sementara untuk 24 jam kedepan. Hal ini tentu membuat kamu rugi dari segi waktu dan tenaga untuk mencari nafkah. Maka dari itu terima saja orderan yang ada yah! Jangan disia-siakan, nanti sepi orderan lho!

2. Membiasakan untuk murah senyum setiap kali bertemu dengan customer

Senyum adalah sedekah. Selain itu, senyum juga merupakan cara yang baik dalam merespon orang lain. Sebagai driver Grab, kamu harus terbiasa untuk murah senyum ketika mengantar makanan ke alamat customer, menerima orderan pengiriman barang, dan juga mengantar penumpang. Hal ini bisa memberikan peluang untuk meningkatkan rating sekaligus ulasan yang menjadi positif.

Satu hal yang paling penting adalah customer akan respect dan menghargai kinerja kamu sebagai driver dan berharap supaya kamu lebih giat dan lebih semangat mencari orderan.

Baca juga:

3. Hindari kalimat yang kurang sopan ketika chat customer

Selelah kamu menerima orderan, kamu bisa bertanya dan konfirmasi kepada penumpang, entah itu menanyakan posisi customer, soal makanan yang dipesan ada tambahan atau tidak dan juga memfoto barang yang akan dikirim fisiknya itu seperti apa. Sebagai driver Grab yang baik, kamu harus memberikan salam pembuka dan penutup yang sopan seperti “Selamat pagi, siang, atau malam” dan juga “Baik atau oke”.

Hindari kalimat yang kurang berkenan. Dan jika kamu bingung dengan balasan customer, alangkah baiknya jika kamu balas dengan kalimat seperti “Maaf saya kurang paham, bisa diulangi kembali?”. Dengan seperti ini, penumpang/customer akan merasa tenang dan menghargai kamu.

Seperti sepele, namun membawa efek yang besar, terutama kepada ulasan kamu. Intinya, hindari kalimat yang kurang berkenan.

4. Berikan pelayanan terbaik untuk customer dalam menggunakan jasa kamu (Khusus GrabBike dan GrabExpress)

Sebagai contoh pada layanan GrabBike, kamu bisa memberikan masker dan helm dengan kondisi bagus. Begitupun juga dengan layanan GrabExpress, kamu wajib mempunyai alat-alat yang mendukung kamu untuk seperti tali rapia misalnya. Tentunya ini akan mempermudah pekerjaanmu sehingga lebih efektif dan customer akan puas dengan layanan yang kamu berikan dengan memberikan rating yang bagus.

5. Lakukan Standar Mitra yang Baik

Selalu lakukan hal-hal ini untuk menunjukkan kualitas sebagai mitra Grab yang berkualitas:

  • Selalu berpakaian yang bersih, wangi, dan sopan
  • Pastikan kendaraan selalu dalam kondisi yang terawat dan bersih
  • Jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama. Apabila ada musibah seperti kecelakaan, hubungi pelanggan untuk memproses layanan
  • Bagi driver Grabbike, selalu berikan helm yang bagus dan tidak bau untuk penumpang
  • Saat menjemput pelanggan, jangan lupa memberi sapaan dan senyuman
  • Pastikan alamat tujuan dengan pelanggan sebelum berangkat untuk menghindari alamat yang salah. Bila tempat tujuan tidak terkenal atau tidak terdaftar maps, tanyakan detil pada pelanggan
  • Bantu pelanggan untuk menaikkan barang jika ada
  • Sediakan masker ataupun jas hujan jika diperlukan.

6. Saat Menjemput Penumpang

Ketika orderan sudah masuk pada aplikasi, ada baiknya driver Grab tidak pernah membatalkan setiap orderan yang masuk. Hal ini akan membuat aplikasi susah untuk menangkap orderan dan pendapatan yang diterima juga akan semakin berkurang. Agar pelayanan yang diberikan dapat memuaskan pelanggan, driver Grab dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Sapa pelanggan dengan menyebutkan nama untuk menghindari kesalahan penjemputan
  • Konfirmasi alamat penjemputan agar tidak terjadi kesalahan penjemputan atau waktu yang lama saat penjemputan
  • Ketika alamat sudah ditemukan, konfirmasi kembali pelanggan dan tujuan pengantarannya.
  • Bantu pelanggan yang membawa bawaan dan berikan helm atau barang lain seperti masker atau jas hujan jika dibutuhkan.
  • Bagi pelanggan GrabCar ingatkan untuk menggunakan sabuk pengaman.
  • Jika tujuan pelanggan menuju bandara, ingatkan agar tiket pesawat tidak terlupa dan identitas pengenal untuk check-in.

7. Etika Selama Perjalanan

Waktu perjalanan merupakan waktu paling lama untuk driver berhadapan dengan pelanggan. Maka, ada baiknya bila driver menunjukkan citra yang baik, misalnya:

  • Bagi driver Grabbike, sebaiknya berikan masker pada pelanggan sebelum berangkat
  • Berkendara dengan sopan dan baik, bukan dengan ugal-ugalan dan terlalu cepat
  • Sebisa mungkin hindari mengerem mendadak
  • Ajak penumpang mengobrol untuk menunjukkan keramahan. Apabila pelanggan nyaman mengobrol (senang menjawab dan bercerita), jaga pembicaraan ke arah positif dan tidak menggangu privasi penumpang. Apabila pelanggan nampak tidak nyaman, sebaiknya kurangi mengobrol dan berbicara saat diperlukan.

8. Saat Sampai Tempat Tujuan

Walaupun proses layanan sudah selesai, driver masih harus berhadapan dengan pelanggan. Jadi, pertahankan citra dengan melakukan hal berikut:

  • Pastikan pembayaran sesuai dengan argo yang sudah tertera
  • Hindari secara sengaja meminta pembayaran lebih dari argo
  • Selalu ucapkan terimakasih
  • Ingatkan pelanggan untuk memberikan bintang

Sedikit catatan mengenai poin terakhir; terkadang ada pengguna Grab yang tidak tahu tentang fitur pemberian bintang dan komentar (biasanya, hal ini dilakukan oleh pengguna baru yang segera menutup aplikasi setelah layanan selesai). Dengan mengingatkan, biasanya pelanggan akan segera memberikan bintang dan menambah kesempatan driver untuk menaikkan rating bintang. Tetapi, selalu ingat untuk menjaga kesopanan dan jangan memaksa pelanggan untuk memberikan bintang.

Baca juga:

Begitulah berbagai cara menaikkan rating bintang driver Grabbike dan Grabcar. Cara-cara diatas sudah terbukti meningkatkan nilai performa para driver ojol. Apabila ingin menjaga kualitas sebagai driver dengan konsisten, lakukan hal-hal diatas setiap bertemu dengan pelanggan. Selamat mencoba!

17 pemikiran pada “8 Tips Cara Meningkatkan Performa dan Rating Driver Grab Terbaru 2020”

  1. Untuk area purwokerto kab banyumas, masih banyak driver yang menggunakan sandal dan driver itu aman2 saja tidak mendapatkan suspend dan malah orderannya terkesan lebih gacor.
    Mohon untuk pihak grab untuk menurunkan petugas langsung kelapangan untuk memberikan sanksi kepada driver yg seperti itu.
    Kemudian saran masukan saya, untuk skema insentif berdasarkan wilayah dikembalikan seperti awal yaitu skema insentif berdasarkan wilayah per kabupaten, karena banyak sekali Driver diluar kabupaten banyumas yang masuk area banyumas dan terkesan lebih gacor dibandingkan dengan akun driver sesuai kab.

    Balas
    • Hah? masa? coba mas kontak langsung CS nya grab

      Balas
  2. Terima kasih tip nya. Pernah terjadi penumpang tidak ada jawaban ketika di chat atau bahkan di telepon juga tidak dijawab. Cara ini bagaimana mengatasi. Terima kasih.

    Balas
    • Hmmm, tapi mas cancel orderannya? atau gmn?

      Balas
  3. grab bagai mna pun tetap mengedepankn costumer cervisnya ketimbang mitranya dan tdk memperhatikn keluh kesah drivernya.
    sekarang coba sja y?
    penjemputan cs nya jauh sekali mau d btlkn bingung.mau d jmput bingung ?
    lh mau gmna lgi ?
    kadang aja driver kebanyakn d salhkn dan d pandang sebelh mta oleh grab itu sendiri. performa turun orderan d tambaih berliannya tpi hsil berlian tutup poin sekarang beda jauh perbandingannya dgn yg dulu.

    Balas
    • i see, apakah selama ini tidak ada cara cencel orderan tanpa menurunkan performa?

      Balas
  4. Serbah salah,kita sudah terapkan, order kita terima semuah,sopan,ramah tetap saja kalau lagi anyep/sepi order masuknya susah.apa mungkin server yang ngatur order ketiduran sehingga order susah benar masuk.

    Balas
    • iyya mas, lagian sekarang kan musimnya pandemi, jadi seperti itu lah

      Balas
  5. Enak nya jadi konsumen bisa menilai SE enak jidat..adil nya dimana..saya Adi Nugraha driver grabbike dr Bogor..seharusnya pihak grab maupun gojek yg sifatnya online jgn hanya menilai dr satu titik saja.tau ga susah nya kami di lapangan seperti apa..bawa minuman barang makanan harus hati2..masih untung ada pelayanan seperti ini..wahai konsumen kami bukan babu baby anda..kita saling butuh..ingat itu kawan

    Balas
    • saya setuju sama anda mas, sangat setuju. Tapi memang hal yang seperti itu bisa saja terjadi kapan saja, dan sebagai driver kita hanya bisa sabar, jika tidak bisa saja berdampak pada performa

      Balas
  6. sim sya hbis masa aktif nya..perpanjang tdk bisa karna covid 19. akun sya d beku kan sementara sampai SIM sya perpanjang. dri samsat buka tggl 29 mey. apa sya harus tggu bulan may

    Balas
    • nggak bsa perpanjang SIM online? coba mas cari tahu caranya

      Balas
  7. Akun saya ke suspend tahun 2018 karena laporan penumpang, dan saya datang ke kantor gdc sby untuk melaporkan kejadian sebenarnya tapi tetap ditolak dan katanya keputusan pusat yg menentukan padahal saldo saya terendap rp 600rb. Kenapa kami sebagai mitra driver yg di judge tanpa pembelaan. Katanya mitra tapi tidak mendapatkan keadilan selayaknya sebagai mitra???
    Apakah saya bisa mendapatkan akun grab driver saya.

    Balas
    • lah, yang saldo 600rb itu juga nggak dikembalikan mas?

      Balas
  8. Banyak driver ber akun ganda tidak pakai atribut tetap saja gacor juga menembak promo order aplikasi lain kadang membuat kami yg merasa mengikuti SOP grab dongkol saya percaya compeni sebesar harap seharusnya mampu mengatasi ,iusul grab bisa memberi insentif kepada pelanggan yg mengirim Poto driver tak pakai atribut tentu dengan komentsr kronologi kejadian , saya usul juga ada komunikasi dua arah grab vs driver

    Balas
    • hahahah, mantap nih sarannya mas.

      Balas

Tinggalkan komentar