11 Tips Persiapan Ngebid Yang Wajib Diketahui Driver Ojek Online [Update 2020]

Menjadi driver ojek online merupakan pekerjaan yang menjadi pilihan banyak orang sekarang. Dari yang muda sampai yang sudah berumur, dari yang dijadikan pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan. Di samping fleksibilitas pekerjaan yang tidak terikat waktu,  penghasilan perhari  driver ojek online (baik gojek maupun grab) yang lumayan juga menjadi daya tarik kebanyakan orang untuk dapat mengais rezeki disini.

Namun dibalik sisi “enak enaknya saja” menjadi seorang driver ojol, ada sisi yang harus menjadi perhatian. Menjadi seseorang yang bekerja di jalanan tentu memiliki resiko yang tinggi. Untuk itu, driver ojek online harus memiliki persiapan demi menciptakan keamanan, kenyamanan, serta profesionalisme di lapangan.

driver ojol

Persiapan buat driver ojol yang wajib ada!

Persiapan Wajib Buat Driver Ojek Online (Gojek dan Grabike)’

Menang sebelum bertanding

Pribahasa yang satu ini menunjukkan betapa pentingnya “PERSIAPAN”. Dengan melakukan persiapan yang tepat, anda bisa memenangkan pertandingan bahkan sebelum pertandingan tersebut dimulai. Begitu pula ketiak anda ingin nge-bid, persiapkan hal yang penting dan bisa menunjang keberhasilan anda dalam mencari rezeki sebagai driver.

Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan seorang driver ojek online sebelum ngebid? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bareng di bawah ini, yuk disimak!

1. Berdoa dan meminta restu dari keluarga

Keberhasilan seseorang adalah urusan Tuhan, karena itu penting untuk berdoa dan meminta restu kepada keluarga sebelum mulai. Mintalah didoakan agar selamat, memperoleh banyak rejeki yang berkah, dan dipermudah segala urusannya.

Poin ini sering dianggap remeh mengingat orang orang hanya percaya pada kerja keras mereka tanpa mengetahui ada pencipta di balik semua itu yang menentukan berhasil tidaknya seseorang. Jadi kalau mau berhasil, mau rejeki, mau keberkahan, yah dekati penciptanya, dekati pemberi semua itu, yakin Tuhan yang Maha Esa.

2. Pemanasan kecil

Ada baiknya seorang driver ojek online melakukan pemanasan kecil sebelum berangkat. Misalnya melakukan peregangan tangan dan kaki kecil kecilan. Apasih gunanya? meskipun sepele, percaya atau tidak tapi pemanasan kecil ini berguna banget buat ngurangin badan pegel setelah seharian ngebid loh.

3. Membawa botol minum

Bekerja seharian dengan kondisi cuaca yang tidak pasti tentu akan menguras banyak cairan yang di dalam tubuh. Memang hal ini terlihat remeh, namun cairan tubuh sangat berpengaruh terhadap kesehatan ke depannya. Maka dari itu, menyiapkan air minum saat mencari orderan sangat penting untuk dilakukan bagi driver ojek online.

4. Memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat

Kendaraan merupakan hal yang sangat vital bagi seorang driver ojek online untuk dapat bekerja. Sebelum berangkat ngebid, ada kalanya driver harus mengecek kendaraannya terlebih dahulu. Memeriksa kondisi kendaraan mulai dari lampu, rem, hingga ban merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum berangkat demi menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

5. Memakai masker

Sebagai pekerja lapangan yang setiap harinya terpapar dengan polusi kendaraan, tentu seorang driver ojek online harus memakai masker. Terpapar polusi apalagi dalam jangka waktu yang terus menerus akan berakibat pada kesehatan si driver sendiri. Untuk itu masker harus dimasukkan ke dalam list persiapan ngebid yang musti dibawa demi menjaga kesehatan.

6. Membawa jas hujan

Selain masker, jas hujan juga sama pentingnya. Apalagi pada saat musim penghujan tiba, membawa jas akan menjadi nilai tambahan. Sebaiknya driver menyiapkan 2 pasang jas hujan masing masing untuk dirinya dan penumpang.

7. Memakai perlengkapan berkendara lengkap

Selayaknya pengguna jalan lain, memakai perlengkapan berkendara dengan lengkap sangatlah penting demi menjaga keselamatan lalu lintas. Memakai jaket, sarung tangan, celana panjang, helm, dan sepatu merupakan atribut berkendara bagi seluruh pengguna jalan raya dalam berlalu lintas.  Hal tersebut  tentu dilakukan untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan lalu lintas.

8. Memakai Atribut lengkap sesuai aturan perusahaan

Sebagai orang yang bekerja di bawah perusahaan, driver ojek online harus bersikap profesional dalam bekerja. Menunjukkan profesionalisme dalam bekerja tidak selalu mengenai perilaku ataupun kinerja dalam melakukan pekerjaan. Namun  menggunakan atribut lengkap yang diwajibkan oleh perusahaan juga merupakan cara untuk lebih profesional.

jaket grab

Tiap perusahaan sudah mendesain atribut drivernya masing masing, misalnya atribut yang diberikan oleh Grab berupa jaket dan helm bukan hanya sekedar identitas perusahaan tapi juga untuk menjamin keselamatan berkendara. Contohnya adalah jaket grab terbaru yang memiliki fitur bahan menyala yang sangatlah berguna bagi driver untuk berkendara di malam hari.

9. Membawa charger atau powerbank

Smartphone adalah media driver untuk memperoleh pesanan dari penumpang dan tanpanya mustahil untuk bisa terus nge bid. Demi membuat handphone driver terus aktif, charger dan powerbank penting untuk dipersiapkan mengingat aplikasi grab driver ini bisa menguras daya smartphone.

10. Menyiapkan Uang receh

Perusahaan ojek online pada umumnya menerapkan sistem pembayaran melalui cash dan digital payment lewat aplikasi mereka. Mengetahui hal tersebut, tentu seorang driver ojek online harus memiliki uang receh yang memadai untuk memenuhi kembalian pembayaran cash kepada customer. Meski terdengar sepele, namun uang receh juga sangat penting loh.

Kenapa bisa dibilang sangat penting? karena hal sepele seperti tidak mempunyai uang receh untuk kembalian bagi driver seringkali dikeluhkan oleh penumpang. Karena itu uang receh menjadi hal yang wajib dipersiapin bagi driver ojek online karena sedikit banyak faktor menentukan kepuasan customer juga.

11. Membawa surat surat berkendara lengkap

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, tentu kita harus mematuhi peraturan yang ada. Membawa surat surat berkendara seperti SIM dan STNK merupakan hal yang wajib bagi semua orang, termasuk bagi seorang driver ojek online.

12. Membawa waterproof case smartphone

Seperti yang kita ketahui, cuaca merupakan sesuatu yang tidak bisa ditebak. Apalagi pada saat musim hujan tiba, seorang driver ojek online harus menyiapkan waterproof case smartphone atau wadah yang dirancang khusus untuk menggunakan smartphone pada saat hujan. Waterproof case ini sangat berguna bagi driver untuk melihat maps saat hujan.

Itulah ulsan persiapan wajib bagi driver ojek online yang tidak boleh dilewatkan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi driver dan penumpang. Selain itu dengan mempersiapkan segala hal tersebut, secara tidak langsung driver menunjukkan sikap profesionalitas terhadap pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *