Sistem Gaji Grabcar 2019, Menguntungkan buat Driver?

Kini semakin banyak masyarakat Indonesia yang meminati transportasi berbasis online. Salah satu yang paling populer adalah Grabcar. Selain menguntungkan customer, sistem gaji Grabcar juga memberi keuntungan bagi driver. Keuntungan sistem gaji Grabcar tersebut menjadikannya lahan pekerjaan yang juga semakin banyak diminati. Alasannya, dengan perhitungan sistem gaji Grabcar, driver bisa mendapatkan penghasilan yang terbilang cukup besar.

Sistem Gaji Grabcar

Memahami dan Menjalankan Sistem Gaji Grabcar 2019

Grabcar menjalankan sistem bagi hasil yang mudah dipahami serta memberikan keuntungan yang bisa dibilang menggiurkan. Yang terpenting semua perhitungan bonus dan gaji Grabcar harus lebih dulu dipahami oleh driver, sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Grabcar. Lantas, bagaimana sistem gaji Grabcar tersebut? Mari kita simak perhitungan selengkapnya.

Baca juga:

Menghitung Gaji Driver Grabcar dalam Sebulan

Anda perlu mendaftarkan diri untuk dapat bergabung menjadi mitra Grabcar. Setelah itu, isilah saldo token di aplikasi sebagai penerima order alias driver. Saat Anda menerima orderan maka secara otomatis token akan terpotong oleh pihak Grabcar. Adapun perhitungan pemotongan token adalah sebagai berikut:

  • Pemotongan token sebesar 10% sampai 15% sesuai dengan tarif argo yang tertera di aplikasi mitra Grabcar.
  • Potongan untuk jarak dekat adalah 10%.
  • Potongan untuk jarak jauh adalah 15%.

Kita ambil contoh orderan dari Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara menuju ke Margonda, Depok, tarif argonya Rp 100.000. Secara otomatis, perhitungannya seperti berikut:

  • Rp 100.000 x 15% = Rp 15.000

Besaran Rp 15.000 tersebut untuk pihak Grabcar, sementara sisanya Rp 85.000 adalah untuk mitra Grabcar. Total Rp 15.000 dipotong langsung secara otomatis oleh pihak Grabcar, diambil dari saldo token aplikasi yang sudah diisi oleh mitra Grabcar. Jadi, jika orderan makin banyak saldo token juga cepat habis sehingga harus kembali diisi ulang.

Perhitungan Bonus untuk Driver Grabcar

Sistem pembayaran gaji Grabcar tidak hanya berasal dari hasil mengantarkan pelanggan saja. Namun, ada bonus tersendiri jika driver Grabcar mampu memenuhi target dari pihak Grabcar. Bonus tersebut diberikan per minggu, yakni sebesar Rp 1.160.000. Syaratnya, mitra Grabcar harus dapat mencapai target Rp 2.500.000 tiap minggunya.

Kini, kita akan coba mengalikan total bonus untuk driver Grabcar dalam sebulan, yakni bonus per minggu dikalikan empat, perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Rp 1.160.000 x 4 = Rp 4.640.000

Jadi, untuk mengetahui pendapatan tiap bulan maka perhitungannya adalah total hasil dalam satu bulan, yakni pendapatan harian dikali 30 hari, lalu ditambah bonus mingguan yang sudah ditotal untuk satu bulan. Perhitungan gaji driver Grabcar jika dijabarkan melalui contoh kurang lebih seperti berikut:

  • Total pendapatan kotor harian = Rp 1.000.000

Potongan bensin harian = Rp 200.000, potongan makan harian = Rp 100.000, total potongan harian = Rp 300.000

  • Sisa harian bersih = Rp 1.000.000 – Rp 300.000 = Rp 700.000 x 30 hari = Rp 21.000.000 per bulan
  • Total sisa harian bersih per bulan ditambah total bonus per bulan = Rp 21.000.000 + Rp 4.640.000 = Rp 25.540.000 per bulan

Tentu saja hasil untuk gaji Grabcar tersebut tidak sama untuk setiap driver. Banyak faktor yang mempengaruhi penghasilan seorang driver Grabcar. Mulai dari berapa hari lamanya driver aktif bekerja dalam sebulan, lalu berapa banyak pelanggan yang didapatkan dalam sehari, dan berbagai hal lainnya. Kuncinya adalah semakin aktif driver mencari pelanggan maka makin besar kesempatan mendapatkan penghasilan lebih banyak.

Tips Sukses Meraup Keuntungan dengan Menjadi Mitra Grabcar

Setelah mengetahui bagaimana sistem gaji driver Grabcar, mungkin Anda masih belum percaya bahwa pekerjaan ‘menjadi driver’ tersebut bisa mendatangkan penghasilan yang tidak main-main. Terutama, jika Anda serius dalam menekuninya. Bahkan pendapatan yang diperoleh bisa menyaingi gaji pekerja kantoran yang harus duduk di balik meja selama 8-9 jam sehari, belum lagi kalau harus lembur.

Coba simak tips-tips berikut untuk sukses menjadi driver Grabcar:

  • Memenuhi persyaratan Grabcar untuk mendapatkan insentif

Kesempatan Anda untuk mendapatkan insentif akan makin besar jika mampu mencapai target dari Grabcar, seperti 70% nilai penyelesaian serta mengumpulkan rating di atas 4,5 setiap minggunya. Anda pun bisa meraup insentif maksimal dari pencapaian target.

  • Mencari pelanggan pada saat rush hour atau jam ramai orderan

Biasanya, rush hour berlangsung mulai pukul 8 – 10 pagi dan pukul 4 – 7 sore. Nah, Anda tinggal rajin-rajin menyalakan aplikasi Grab di jam-jam tersebut. Tinggal tunggu orderan membanjiri Anda. Jika sudah mendapatkan banyak orderan, jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mendapat keuntungan maksimal.

  • Menyampaikan promo terbaru dari Grabcar

Ini bisa Anda lakukan sembari mengajak ngobrol pelanggan Anda. Suasana yang santai dan menyenangkan akan membuat pelanggan merasa nyaman. Pada saat itulah, Anda bisa sekalian menyelipkan obrolan tentang promo terbaru dari Grab. Pasti pelanggan Anda akan tertarik.

  • Mengajak carpool karaoke bersama biar makin seru

Namun, yang penting Anda menyesuaikan dengan keinginan pelanggan. Aktivitas hiburan ini cocok dilakukan ketika Anda mengantarkan pelanggan ke tempat tujuan yang lebih jauh. Jadi, selain memberikan layanan dengan senyum, sapa dan salam, Anda bersama pelanggan juga menikmati perjalanan singkat layaknya traveling yang seru.

  • Mengobrolkan seputar pekerjaan dengan pelanggan

Tidak ada yang tahu jika ternyata penumpang Anda menjadi pengantar Anda menuju kesuksesan yang lebih besar. Sebab, untuk bisa meraih sukses salah satu faktor pentingnya adalah menjalin relasi. Penumpang Anda sangat berpotensi menjadi relasi untuk Anda.

  • Mengajak rekan Mitra Grab untuk ikut membentuk komunitas

Tidak hanya berinteraksi dengan penumpang saja. Namun, Anda bersama dengan mitra Grabcar lainnya juga bisa bergabung membentuk komunitas sesuai dengan minat masing-masing. Contohnya, komunitas Mitra Grab pecinta otomotif, fotografi atau olahraga.

  • Menyalakan aplikasi Grab saat weekend sambil mengincar mall dan pusat rekreasi

Saat paling penuh orderan biasanya adalah hari Sabtu sebelum waktunya makan siang hingga pukul 9 malam. Selain itu, hari Minggu juga sangat ramai biasanya sebelum jam makan siang hingga usai makan malam. Manfaatkan momen-momen tersebut untuk mengisi pundi-pundi rupiah Anda.

  • Cermat memilih daerah nge-Grab untuk dapatkan lebih banyak pelanggan

Pemilihan daerah tempat Anda nge-Grab juga sangat berpengaruh terhadap orderan. Jika di Jakarta, tempat yang biasanya ramai orderan adalah di Kuningan, Sudirman, SCBD, serta Senayan. Mulai dari karyawan kantor sampai orang-orang yang sekedar hangout banyak yang order Grab.

Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Mitra Grabcar

Sebagai seorang mitra Grabcar maka ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama. Selain melakukan berbagai tips untuk memaksimalkan hasil dari sistem gaji Grabcar, Anda juga perlu menjadi driver yang tertib. Selalu patuhi semua hukum, peraturan, kebijakan, pedoman dan Kode Etik dari Grab.

Selain itu, pastikan penumpang Anda aman dan nyaman dengan menjadi driver yang profesional dan selalu mengutamakan kualitas pelayanan. Anda pun harus segera menyampaikan informasi darurat kepada pihak Grab mengenai segala hal ketika Anda mengalami kondisi yang tidak terduga. Lalu yang terakhir, jadilah terbuka untuk menyampaikan umpan balik serta mendapatkan pelatihan lebih lanjut.

Demikianlah informasi mengenai sistem gaji Grabcar beserta tips-tips menjadi mitra Grabcar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar