Cara Cek Resi GoSend

Bagi Anda yang saat ini menggunakan layanan Gojek, pasti sudah tidak asing dengan salah satu fitur andalannya, yaitu GoSend. Fitur GoSend adalah fitur pengiriman barang/ paket instan dan cepat selama kurang lebih 24 jam untuk barang tersebut sampai ke alamat tujuan. GoSend menggunakan fitur live tracking, yang bisa memudahkan Anda mengecek posisi kurir melalui cek resi GoSend.

Penasaran bagaimana cara mengecek resi GoSend? Simak artikel ini sampai selesai, karena kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda.  Namun sebelumnya, kami akan memberikan penjelasan mengenai layanan GoSend yang tersedia untuk Anda pilih beserta biaya ongkirnya.

Layanan GoSend

cek resi GoSend

Ada tiga layanan GoSend yang tersedia dan bisa Anda pilih. Pertama adalah Instand Day Delivery. Kedua adalah Same Day Delivery. Ketiga adalah Intercity Delivery.

Instant Day Delivery adalah layanan kirim barang secara instan dengan estimasi waktu pengiriman maksimal 1-2 jam setelah barang diambil oleh kurir. Layanan ini juga menyediakan layanan Multi Delivery, yaitu layanan yang dapat digunakan untuk mengirim barang ke lebih dari satu atau maksimal lima alamat pengiriman yang berbeda. Dimana, waktu  pengiriman Multi Delivery ini antara 1-3 jam setelah barang diambil oleh kurir, menyesuaikan jumlah alamat pengiriman sekaligus jarak antar masing-masing alamat.

Sementara Same Day Delivery adalah layanan kirim barang dengan estimasi waktu pengiriman maksimal 6-8 jam hingga 1 hari setelah barang diambil oleh kurir. Waktu pemesanan layanan ini adalah anatar pukul 08.00 – 15.00 dan hanya tersedia di daerah Jabodetabek.

Terakhir, Intercity Delivery adalah layanan kirim barang keluar kota (antar kota) yang dilakukan oleh GoSend melalui kerjasama dengan Paxel. Area pengirimannya ada di Jabodetabek, Bandung, Jogja, Semarang, Malang, Solo, Surabaya, dan Sidoarjo.

Khusus pengiriman Intercity delivery, jika Anda melakukan pemesanan sebelum pukul 17.59 WIB, maka kurir akan mengambil barang pada hari yang sama dan mengirimkan pada hari berikutnya maksimal pukul 23.59 WIB. Sementara, jika Anda melakukan pemesanan setelah pukul 17.59 WIB, maka kurir akan mengambil barang pada keesokan hari pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dan mengirimkan pada lusa (H+2) maksimal pukul 19.59 WIB.

Baca juga:  Cara Cancel Go Car Dengan Tepat, Khusus Customer

Biaya Ongkir GoSend

Seperti yang Anda lihat, layanan GoSend ini bisa dibilang prosesnya instan dan cepat. Namun, tidak berbanding lurus dengan biaya ongkir yang ditawarkan. Justru, biaya ongkirnya cukup terjangkau.

Kisaran biaya ongkir untuk layanan Instant Day Delivery yaitu Rp 20.000 atau Rp 2.500/ km untuk 20 km pertama dan Rp 3.000/ km setelah 20 km pertama.  Sementara untuk biaya ongkir Same Day Delivery yaitu Rp 12.000 (0 – 3 km pertama), Rp 18.000 ( 3 km – 15 km), dan Rp 1.200/ km (setelah 15 km). Terakhir, untuk biaya ongkir Intercity Delivery yaitu mulai Rp 12.000 (paket ukuran kecil 0,1 sampai 2 kg) dan Rp 15.000 (paket ukuran besar 5 kg) tergantung dari besar paket dan jarak lokasi tujuan.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor HP Driver Gojek

Cara Cek Resi GoSend

Ketika Anda menggunakan layanan Gojek berupa GoSend, pasti Anda akan mendapat nomor resi pengiriman. Nah, nomor tersebut yang bisa Anda gunakan untuk mengecek atau melacak informasi kiriman barang Anda. Ada 3 cara cek resi GoSend yang bisa Anda terapkan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cek Resi GoSend Menggunakan Aplikasi Gojek

cek resi GoSend
cek resi GoSend | credit: gojek com

Cara cek resi GoSend yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Gojek. Anda bisa menggunakan cara ini, apabila tidak menggunakan layanan e-commerce tertentu. Simak penjelasan cara cek resi GoSend tanpa layanan e-commerce di bawah ini.

  1. Pastikan Anda sudah upgrade aplikasi Gojek ke versi terbaru.
  2. Buka aplikasi Gojek Anda.
  3. Pilih menu GoSend yang ada di halaman utama aplikasi Gojek.
  4. Isi alamat tujuan, dimana barang akan diantar.
  5. Klik enter.
  6. Muncul tampilan baru berupa informasi pengiriman barang.
  7. Masukkan data diri Anda secara lengkap agar kurir tidak salah sasaran.
  8. Klik menu lanjut.
  9. Isi lokasi tujuan secara detail, termasuk patokan tujuan pengiriman, nama penerima barang alamat lengkap, dan nomor HP yang masih aktif.
  10. Klik menu lanjut.
  11. Pilih layanan GoSend yang diinginkan.
  12. Lalu, pilih menu pesan GoSend yang ada di dalam kotak warna hijau.
  13. Pilih opsi pembayaran barang.
  14. Lacak keberadaan barang menggunakan aplikasi, apabila barang Anda telah diterima oleh kurir Gojek.
  15. Buka aplikasi Gojek.
  16. Pilih menu pesanan yang ada di bawah layar.
  17. Cek, disinilah Anda bisa mengetahui keberadaan barang yang telah Anda kirimkan.
Baca juga:  4 Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Cek Resi GoSend Menggunakan Link Pesan

Cara cek resi GoSend berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan link pesan. Link pesan ini hanya akan bisa Anda dapatkan melalui SMS. Namun sebelumnya Anda harus melakukan transaksi di layanan e-commerce dan selanjutnya pihak Gojek akan mengirimkan SMS notifikasi ke nomor HP Anda. Simak penjelasan cek resi GoSend menggunakan link pesan di bawah ini.

  1. Pastikan Anda telah membeli barang di sebuah e-commerce (Shopee, Tokopedia, maupun e-commerce lainnya yang termasuk rekanan GoSend) dan menggunakan opsi pengiriman GoSend.
  2. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan pesan SMS dari pihak Gojek. Pesan tersebut berisi informasi proses pengiriman barang dan link untuk melacak pengiriman barang yang dilakukan oleh kurir Gojek.
  3. Apabila sudah mendapatkan pesan, Anda bisa membuka pesan tersebut dan klik link yang ada di dalamnya.
  4. Dalam link tersebut, Anda bisa mengetahui detail informasi resi GoSend, seperti Order Number (nomor pemesanan GoSend), Drop Location (lokasi alamat tujuan), Order Description (deskripsi pemesanan), EST. Pickup (perkiraan waktu penjemputan paket), Ordered On (waktu pemesanan GoSend), hingga EST Delivery (perkiraan waktu paket sampai di alamat tujuan).
  5. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui detail informasi pengiriman lainnya, seperti Order Confirmed (pesanan telah dikonfirmasi pihak GoSend), Out of Pickup (driver sedang menjemput barang ke lokasi pengirim), Driver Assigned (driver sudah memulai pengiriman paket), Pickup Complete (penjemputan barang selesai), dan Delivered (paket sudah sampai di lokasi tujuan).  

Cek Resi GoSend Menggunakan Call Center Gojek

Cara cek resi GoSend yang terakhir adalah dengan menggunakan call center Gojek. Cara ini lebih mudah dilakukan, hanya saja nomor yang akan Anda gunakan untuk menelpon harus memiliki cukup pulsa. Simak penjelasan cek resi GoSend menggunakan call center Gojek di bawah ini.

  1. Ketik 021 – 5025 – 1110.
  2. Klik call dan tunggu beberapa saat sampai tersambung.
  3. Pilih layanan bicara langsung dengan CS.
  4. Tanyakan status pengiriman barang Anda kepada CS dengan menyertakan nomor resi secara detail agar memudahkan pihak CS dalam melacak barang kiriman.
Baca juga:  2 Cara Pindah ke Gojek dari Aplikasi Ojol Lain dengan Mudah

Cara cek resi GoSend menggunakan fitur live tracking dari GoSend, sehingga Anda sudah tidak perlu khawatir dengan masalah pengiriman barang. Anda bisa memantau proses pengiriman sampai ke tempat tujuan secara real time.

Cek resi ekspedisi lainnya:

Partner yang Bekerjasama dengan GoSend

Setelah mengetahui cara cek resi GoSend, tentu Anda juga harus tahu e-commerce mana saja yang menjadi rekanan GoSend. Di bawah ini ada beberapa daftarnya:

  1. Blibli
  2. Shopee
  3. Bukalapak
  4. Lazada
  5. Asmaraku
  6. Apotek K24
  7. Babyzania
  8. Alfacart
  9. Cottonink
  10. Erafone
  11. Elevenia
  12. Halodoc
  13. Jakmall
  14. Lemonilo
  15. Nutrifood
  16. Optik Seis
  17. Prelo
  18. Periplus
  19. Sociolla
  20. Dan masih banyak yang lainnya

Itulah cara cek resi GoSend melalui berbagai macam cara. Menggunakan layanan GoSend memang bisa menjadi lebih cepat untuk sampai ke tempat tujuan dan aman. Barang juga tidak akan rusak maupun hilang. Hanya saja, layanan GoSend belum bisa menjangkau ke banyak lokasi yang berbeda. Masih terbatas ke dalam satu kota yang sama dan beberapa kota saja.

Bagikan:

Tinggalkan komentar