Cara Cek Tarif Gojek Tanpa Aplikasi dengan Cepat

Saat ini, kebutuhan akan layanan transportasi yang bisa mengantar kemana saja bisa didapat dengan mudah. Berkatnya, mobilitas masyarakat sangat terbantu. Tidak hanya itu, ojek online juga merambah bidang layanan pesan antar makanan atau pembelian kebutuhan pokok lainnya. Gojek menjadi salah satu aplikasi ojek online yang memiliki banyak layanan dan pengguna di berbagai daerah.

Dengan tersedianya layanan Gojek di berbagai daerah, menjadikan Gojek memiliki aturan tertentu mengenai tarif layanan di tiap daerah. Hal ini dilakukan agar para driver tidak menarik biaya secara asal-asalan. Tarif tersebut sudah tertera di aplikasi Gojek sendiri. Namun, bagaimana jika tidak memiliki aplikasi Gojek? Anda bisa melakukan cek tarif Gojek tanpa aplikasi.

Bagaimana cara cek tarif Gojek tanpa aplikasi? Anda bisa mengecek harga Gojek motor ataupun mobil melalui aplikasi google maps. Informasi selengkapnya mengenai cek tarif Gojek tanpa aplikasi bisa Anda baca di artikel ini. Selamat membaca!

Cara Cek Tarif Gojek tanpa Aplikasi

Meski tidak melalui simulasi pemesanan layanan Gojek di aplikasinya untuk mengetahui tarif Gojek, Anda masih bisa cek tarif Gojek tanpa aplikasi Gojek itu sendiri. Cek tarif Gojek tanpa aplikasi bisa Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi Google Maps. Berikut ini langkah yang bisa Anda ikuti untuk cek tarif Gojek di maps.

  1. Buka Aplikasi Google Maps

    Pertama Anda perlu menginstall atau membuka aplikasi Google Maps. Aplikasi Google Maps biasanya sudah tersedia secara otomatis di setiap perangkat. Jika belum, Anda bisa mendapatkannya melalui Google Playstore.

  2. Tulis Nama Tempat yang Diinginkan

    google maps

    Selanjutnya tentukan lokasi tujuan Anda di kolom pencarian yang ada di sebelah atas halaman.

  3. Klik Tombol Rute

    cek tarif gojek tanpa aplikasi

    Jika lokasi tujuan telah sesuai dengan keinginan, selanjutnya klik ikon rute atau direction. Kemudian pilih layanan yang diinginkan jika motor pilih ikon motor di atas.

  4. Pilih Opsi Gojek

    cek tarif gojek tanpa aplikasi

    Setelah lokasi tujuan dan lokasi awal sudah sesuai dan informasi jarak tempuh terpampang di aplikasi, Anda bisa langsung mengetuk ikon orang melambaikan tangan yang ada di atas tampilan maps dan berada di ujung sebelah kanan.

Informasi mengenai tarif Gojek, baik GoRide maupun Gocar, akan langsung otomatis muncul setelah Anda klik ikon orang melambaikan tangan.

Baca juga:  5 Cara Ampuh Mengatasi Enable Maps Permission Gojek

Baca juga: Selisih Harga Grab dan Gocar

Tarif Gojek Per KM

Berapa harga Gojek per 1 KM? Dalam menentukan tarifnya, Gojek telah mengikuti anjuran dari Kementerian Perhubungan. Setelah mengetahui cara cek tarif Gojek tanpa aplikasi, Anda bisa melakukan cek tarif Gojek per KM melalui informasi di bawah ini.

Tarif GoRide

Untuk tarif Gojek dengan jenis layanan GoRide terbagi menjadi 3 zona. Dari pembagian ini, tarif GoRide berbeda di tiap lokasinya. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai cek harga Gojek motor atau GoRide.

  • Tarif GoRide Zona I

Gojek menetapkan area sekitar Sumatera, Jawa (non Jabodetabek) dan Bali sebagai area Zona I. Di Zona I ini tarif GoRide per KM untuk batas bawah adalah Rp 1.850 dan Rp 2.300 untuk batas atas. Sedangkan jasa minimal untuk 4 KM pertama sebesar Rp 8.000 – Rp 10.000.

  • Tarif GoRide Zona II

Area untuk Zona II adalah Jabodetabek. Khusus untuk Zona II mengalami kenaikan tarif batas bawah, atas, maupun jasa. Di area ini, tarif batas bawah mengalami kenaikan sebesar Rp 250 KM dan batas atas mengalami kenaikan sebesar Rp 150 per KM.

Jadi, tarif batas bawah yang semula Rp 2.000 menjadi Rp 2.250 per KM. Dan tarif batas atas yang semula Rp 2.500 menjadi Rp 2.650 per KM. Sedangkan untuk jasa minimal perjalanan 4 Km pertama sebesar Rp 9.000 – Rp 10.500.

  • Tarif GoRide Zona III

Area Zona III terdiri dari Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua menetapkan tarif batas bawah sebesar Rp 2.100 per KM dan tarif batas atas sebesar Rp 2.600 per KM. Sedangkan untuk biaya jasa minimum perjalanan 4 KM pertama sebesar Rp 7.000 – Rp. 10.000.

Baca juga:  5 Aplikasi Google Maps Versi Gacor Anti Abu-Abu

Tarif GoCar

Untuk cek tarif gojek tanpa aplikasi via GoCar ini hampir sama di setiap daerah. Tarif GoCar berkisar antara Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk kilometer pertama. Dan tarif per kilometer selanjutnya berkisar antara Rp 3.500 sampai Rp 5.000.

Tarif GoFood

Tidak hanya menyediakan layanan antar jemput penumpang, Gojek juga menyediakan layanan pesan antar makanan yang disebut GoFood. Anda akan dikenakan biaya yang berbeda tergantung dengan metode pembayaran (GoPay atau tunai).

Untuk area Jabodetabek, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 jika membayar menggunakan GoPay dan Rp 13.000 jika membayar tunai. Sedangkan untuk daerah lain seperti Yogyakarta, Bandung, Bali, dan Makassar, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 9.000 jika membayar menggunakan GoPay dan Rp 10.000 jika membayar tunai.

Baca juga: Sistem Bagi Hasil Go Food Bagi Pemilik Restoran

Tarif GoSend

Anda juga bisa mengirimkan barang melalui fitur layanan GoSend. Ada dua jenis layanan GoSend, yakni GoSend Instant dan GoSend Same Day Delivery (khusus Jabodetabek). Berapa tarif yang dikenakan? Anda bisa melakukan cek tarif GoSend dengan melihat informasi berikut.

  • GoSend Instant

Tarif GoSend Instant berbeda antara area Jabodetabek dan wilayah lain. Untuk area Jabodetabek, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp 2.815 per KM dengan tarif minimum Rp 13.000. Sedangkan untuk wilayah lain akan dikenakan tarif Rp 2.000 per KM dengan tarif minimum Rp 8.000 – Rp 10.000.

  • GoSend Same Day Delivery (khusus Jabodetabek)

Untuk Anda yang berada di wilayah Jabodetabek jika ingin menggunakan layanan ini akan dikenai biaya Rp 2.815 per KM untuk jarak pengiriman 0-6 KM. Sedangkan tarif minimumnya adalah Rp 13.000. jika jarak pengiriman melebihi 15 KM akan dikenai tarif tambahan sebesar Rp 1.200 per KM.

Baca juga:  Cara Melihat Feedback Customer Gojek Hanya Dalam 2 Langkah

Tarif Jam Sibuk GoJek

Dilansir dari sindonews.com, tarif Gojek akan mengalami kenaikan saat jam sibuk. Kapan jam sibuk Gojek? Jam sibuk Gojek ada pada pukul 06.00 – 09.00 WIB dan pada pukul 16.00 – 20.00 WIB. Pada jam sibuk ini, untuk area Jabodetabek akan dikenakan tambahan tarif layanan sebesar Rp 3.000 per kilometer.

Tambahan tarif layanan jam sibuk di area Bandung dan Bali sebesar Rp 2.250 per kilometer. Dan untuk area Surabaya, Makassar, Malang, Palembang, Medan, dan Yogyakarta akan dikenai tambahan tarif menjadi Rp 1.800 per kilometer. Sedangkan tarif layanan untuk GoCar masih sama seperti tarif biasa.

Nah, itulah penjelasan seputar cara cek tarif Gojek tanpa aplikasi, informasi cek tarif Gojek per KM, serta informasi tarif tambahan selama jam sibuk Gojek. Semoga artikel cara cek tarif gojek tanpa aplikasi ini bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar