9 Cara Cepat Daftar SKCK Online Surabaya 2020, TIdak pake Ribet!

By | Januari 30, 2020

Cara Daftar SKCK Online Surabaya – Daftar SKCK online Surabaya merupakan bentuk pelayanan pihak polres Surabaya agar masyarakat setempat dapat mengajukan pembuatan SKCK dengan mudah dan praktis. Hal ini dilakukan karena pihak kepolisian menyadari betapa pentingnya dokumen ini bagi masyarakat umum.

Oleh karena itu, teman-teman harus memanfaatkan pelayanan ini sebaik mungkin. Terutama untuk mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi sehingga harus berpindah-pindah ke lokasi lainnya dalam waktu yang singkat. Jadi, dengan adanya SKCK online akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

Daftar SKCK Online Surabaya

SKCK Online

Tentunya daftar SKCK online Surabaya mudah dilakukan. Namun, bagi beberapa orang hal ini bisa membingungkan. Oleh karena itu, simaklah dengan baik panduan dan langkah di bawah ini agar teman-teman dapat melakukan pendaftaran dengan sempurna.

Dokumen Persyaratan Untuk Daftar SKCK Online Surabaya

SKCK

Dokumen

Namun, sebelum melakukan pendaftaran secara online, alangkah baiknya jika teman-teman mengetahui ketentuan serta syarat dokumen yang dibutuhkan sebelumnya. Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan adalah:

Pengajuan SKCK Baru

Untuk pengajuan SKCK baru, maka teman-teman harus mempersiapkan dokumen ini:

  • Surat pengantar dari kelurahan domisili
  • Fotokopi KTP/SIM sesuai dengan domisili pada surat pengantar dari kelurahan
  • Fotokopi KK dan Akta lahir/ ijazah
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan latar merah (6 lembar)
  • Mengisi formulir yang diberikan petugas
  • Pengambilan sidik jari di polres tujuan

Perpanjangan

Sedangkan untuk perpanjangan membutuhkan dokumen berikut ini:

  • SKCK lama atau fotokopi yang telah dilegalisir (maksimal masa habisnya selama 1 tahun, jika melebihi harus mengajukan SKCK baru)
  • Fotokopi KTP/ SIM, KK, akta lahir/ ijazah
  • Pas foto terbaru 4×6 dengan latar mera (3 lembar)
  • Mengisi formulir yang diserahkan oleh petugas

Dokumen di atas sebenarnya untuk pengajuan manual ketika di polsek atau polres. Namun, ada baiknya dokumen ini dipersiapkan untuk jaga-jaga. Karena bisa saja petugas meminta dokumen tersebut untuk memastikan ataupun alasan lainnya.

Baca juga artikel terkait SKCK:

Langkah Untuk Daftar SKCK Online Surabaya

Setelah melengkapi semua dokumen tersebut, teman-teman dapat melakukan pendaftaran melalui website skck.polri.go.id. Jika telah membuka website tersebut teman-teman klik tombol form. pendaftaran yang ada pada sisi pojok kanan atas. Berikutnya akan muncul halaman baru dengan tahapan sebagai berikut:

1. Memilih Tujuan Wilayah Kantor Kepolisian

SKCK

Pemilihan Wilayah Kesatuan

Bagian awal untuk daftar SKCK online Surabaya adalah memilih satuan wilayah kepolisian beserta dengan alasan pembuatan SKCK. Jika teman-teman ingin mengajukan SKCK untuk melamar CPNS maka pilihannya kantor yang tersedia adalah polres. Jika untuk melamar pekerjaan biasa bisa melalui polsek.

Pembagian tugas masing-masing kantor polisi dapat dilihat pada bagian kanan bawah. Teman-teman dari Surabaya harus memilih POLDA JATIM, lalu polresta Surabaya kemudian dilanjutkan dengan polsek yang terdekat dari domisili masing-masing.

Kemudian teman-teman input data lain berupa alamat sesuai KTP, nomor KTP serta metode pembayaran (langsung di loket atau BRI virtual account). Jika telah selesai maka klik tombol “lanjut”.

2. Data Pribadi

SKCK

Input Data Pribadi

Pada halaman selanjutnya teman-teman akan input data pribadi mulai dari nama, alamat, pekerjaan, tempat dan tanggal lahir dan lainnya. Jangan lupa untuk upload pas foto 4×6 dengan latar berwarna merah pada sisi kanan halaman.

3. Data Keluarga

sKCK

Data Keluarga

Selanjutnya teman-teman dapat melengkapi data keluarga. Jika belum menikah maka inputlah data orangtua (ayah dan ibu) serta kakak atau adik. Namun, jika telah menikah maka teman-teman harus input baik data orangtua kandung, istri atau suami serta adik dan kakak. Jika telah menyelesaikan bagian ini maka klik tombol “lanjut”.

4. Data Pendidikan

SKCK

Data Pendidikan

Halaman berikutnya merupakan data pendidikan yang harus dilengkapi secara detail. Jadi, teman-teman sebenarnya harus input mulai dari SD, SMP, SMA dan kuliah (maksimal sampai S3). Teman-teman dapat menambah riwayat pendidikan dengan klik tombol oranye yang ada di pojok kanan bawah. Periksa kembali data tersebut, kemudian tekan tombol “lanjut” untuk masuk ke halaman berikutnya.

5. Data Pidana Dan Pelanggaran

SKCK

Data Pidana dan Pelanggaran

Bagian ini penting dilengkapi jika teman-teman pernah terkena kasus pelanggaran ataupun pidana. Jika tidak pernah maka cukup klik “tidak pernah” pada masing-masing pertanyaan pertama. Setelah itu, klik tombol “lanjut” untuk masuk pada halaman berikutnya.

6. Input Ciri Fisik

SKCK

Ciri Fisik

Bagian ini teman-teman dapat input ciri fisik secara rinci. Data yang diperlukan adalah tinggi dan berat badan, warna kulit, tanda khusus, bentuk wajah, rambut serta pola sidik jari. Pastikan data yang di input benar, jika sudah maka tekanlah tombol “lanjut”.

7. Unggah Dokumen

SKCK

Unggah Dokumen

Berikutnya teman-teman harus upload beberapa berkas seperti KTP, KK, akta lahir atau ijazah serta sidik jari. Paspor hanya berlaku untuk WNI yang ingin keluar negeri, sedangkan sidik jari bisa diperoleh ketika mengunjungi polsek atau polres tujuan. Namun, teman-teman bisa membuat sidik jari sendiri di atas kertas putih kemudian foto atau scan dan upload ke halaman ini.

8. Data Lainnya

SKCK

Input Data Tambahan

Pada halaman ini teman-teman perlu input data tambahan seperti hobi atau kegemaran, riwayat pekerjaan, nomor yang dapat dihubungi, alamat saat ini serta email. Bagian kanan hanya berlaku untuk WNA yang berada di Indonesia. Jika telah yakin maka klik tombol “proses”.

9. Download Kartu Pendaftaran

SKCK

Kartu Pendaftaran SKCK

Setelah pengajuan diproses maka teman-teman dapat download kartu pendaftaran yang akan dibawa ketika ke polres atau polsek nanti. Pada kartu tersebut terdapat info BRIVA beserta biaya yang dibutuhkan, berlakunya kartu tersebut, serta data lainnya. Datangnya waktu tepat untuk mengurus SKCK yah!

Jika sudah memiliki kartu ini, maka teman-teman segera datang ke kantor polisi tujuan sambil membawa kartu ini, bukti transfer dan dokumen yang dibutuhkan (jaga-jaga). Setelah itu kunjungi loket pembuatan SKCK dan serahkan semua dokumen dan isi formulir yang diberi oleh petugas. Tunggulah sekitar 30 menit maka SKCK baru sudah bisa dibawa pulang. Jangan lupa untuk fotokopi dan legalisir untuk memenuhi kebutuhan masing-masing, sedangkan aslinya harap disimpan karena dapat diperpanjang sewaktu-waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *