Cara Login DANA Tanpa Kode OTP dan Memasukan PIN

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan sama-sama mengetahui bagaimana cara login DANA tanpa kode OTP.

Saat ini, dompet digital telah menjadi layanan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat. Salah satu yang sangat populer dan banyak digunakan yaitu aplikasi dompet digital DANA.

Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis fitur yang bisa digunakan yaitu transfer uang, membayar tagihan, beli pulsa, dan transaksi lainnya.

Oleh karena itu, tentunya dengan semua fitur penting yang disediakan, sektor keamanan dari aplikasi DANA ini harus diperhatikan.

Sebab itu, biasanya ketika kamu ingin login ke aplikasi DANA, biasanya kamu akan diminta memasukkan kode OTP.

Apa Itu Kode OTP?

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP

On Time Password merupakan suatu sistem keamanan yang memastikan bahwa setiap transaksi atau login ke akun DANA dilakukan oleh pengguna yang sah serta memiliki akses ke nomor telepon dan email yang terdaftar pada akun tersebut.

Sehingga dapat dipastikan keamanannya dan mencegah transaksi yang tidak sah. Akan tetapi, terkadang banyak pengguna yang kebingungan saat mereka tidak mendapatkan kode OTP.

Bisa jadi karena sistem yang error atau nomor yang terdaftar sudah tidak aktif lagi. Lalu, apakah bisa login DANA tanpa kode OTP? Baca penjelasannya di artikel ini sampai habis, ya.

Baca juga: Cara Top Up DANA Pakai Akulaku

Cara Login DANA Tanpa Kode OTP

Kode OTP biasanya terdiri dari 6 digit angka unik yang harus dimasukkan saat ingin login ke aplikasi DANA. Hal ini menjadi salah satu sistem keamanan agar kamu terhindar dari ancaman pencurian dan akses yang tidak sah.

Baca juga:  Cara Top Up Saldo DANA Pakai Shopee Paylater Langsung Cair

Meskipun kode OTP merupakan metode keamanan yang sangat penting demi menjaga keamanan akun DANA, namun mungkin sebagian dari kamu juga ingin melakukan login DANA tanpa kode OTP di beberapa situasi dan kondisi seperti nomor yang terdaftar sudah tidak aktif lagi.

Nah, kamu bisa mencoba beberapa alternatif yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Fitur “Ingat Saya”

Fitur “Ingat Saya” ini bisa kamu coba untuk login ke akun DANA tanpa harus memasukkan Kode OTP setiap kali kamu ingin membuka aplikasi.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya berlaku jika kamu logout sebentar dan menggunakan perangkat yang sama saat login kembali.

2. Verifikasi Melalui Email

Jika kamu mengalami kendala dengan nomor telepon yang terdaftar pada akun Dana dan tidak dapat menerima Kode OTP, kamu dapat memilih untuk menggunakan verifikasi melalui email.

Nanti DANA akan mengirimkan tautan verifikasi ke alamat email yang terhubung dengan akun kalian. Dengan cara ini, kamu dapat menerima kode verifikasi melalui email dan melanjutkan proses login.

2. Dengan PIN

Alternatif lainnya yaitu kamu bisa login aplikasi DANA dengan memasukkan PIN yang sudah kamu buat sebelumnya.

4. Verifikasi Wajah

Kamu bisa melakukan login DANA menggunakan kode verifikasi wajah. Ini salah satu alternatif bagi kamu yang ingin login DANA tanpa kode OTP.

Adapun jika Anda tidak bisa login DANA karena nomor HP Anda tidak aktif dan tidak bisa menerima kode OTP, Anda bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut. 

  1. Buka aplikasi DANA di HP Anda.
  2. Pastikan Anda ingat PIN DANA Anda. 
  3. Kemudian, pilih menu Saya. Lalu, pilih menu Pengaturan Keamanan.
  4. Kemudian, klik opsi Ubah Nomor Ponsel.Pastikan nomor DANA yang terdaftar memang yang ingin Anda ganti. 
  5. Setelah itu, tap Ganti Nomor.
Baca juga:  9 Aplikasi Paylater Pulsa Terbaik dengan Bunga Paling Rendah

Kesimpulan

Kode OTP memang sangat penting sebagai metode untuk menjaga keamanan akun DANA dari akses oleh pihak tidak dikenal.

Selain itu, dengan adanya kode OTP juga memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan hanya oleh si pemilik akun tersebut.

Jadi kamu jangan sekali-kali memberikan kode OTP tersebut kepada siapapun, bahkan pada orang yang kamu kenal sekalipun, ya.

Namun jika kamu mengalami kesulitan untuk mendapatkan kode OTP, maka bisa mencoba beberapa solusi yang sudah di bagikan diatas. Ada beberapa alternatif yang bisa dicoba untuk mengatasi kode OTP yang tidak masuk.

Semoga informasi yang sudah diberikan di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kamu, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar