2 Cara Menonaktifkan Gopay Paylater Secara Permanen

Meski mempermudah, beberapa pengguna justru memilih tidak lagi menggunakan layanan paylater. Tidak sedikit pula yang kesulitan ketika ingin menghentikan sistem bayar nanti pada aplikasinya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyimak cara menonaktifkan Gopay Paylater lengkap pada artikel ini.

Bermula dari aplikasi layanan ojek daring, Gojek terus mengembangkan diri dan bertransformasi menjadi sarana yang mempermudah mobilitas masyarakat. Selain jasa kendaraan roda dua dan empat, Gojek kini telah sukses menyediakan fasilitas mulai antar jemput makanan hingga pembelian tiket.

Syarat Menonaktifkan GoPayLater

Namun, tidak seterusnya pengguna ingin mengaktifkan layanan paylater Gopay. Beberapa alasan menjadi alasan seseorang memutuskan tidak lagi menggunakan layanan bayar nanti dari Gojek. Jika Anda termasuk di antaranya, lanjutkan membaca untuk mengetahui langkah-langkah menonaktifkan layanan paylater dari Gojek.

Sebelum menonaktifkan Gopay paylater, terlebih dahulu Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Di antaranya yaitu:

  1. Tidak ada tagihan jatuh tempo maupun tagihan periode paylater sebelumnya yang belum terbayar. Jika ada, maka Anda harus melunasinya sebelum menonaktifkan akun Gojek paylater,
  2. Hentikan sementara berlangganan fasilitas yang tersedia di Gojek,
  3. Pastikan limit yang tersisa sesuai dengan ketentuan limit dari Gojek atau tidak digunakan sama sekali.

Nah, apabila ketiga syarat tersebut telah terpenuhi, maka Anda bisa melanjutkan mengikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga: Cara Menaikan Limit Gopay Paylater

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater Sementara

Sebenarnya, tidak ada cara resmi yang dirilis perusahaan sebagai cara menonaktifkan sementara sistem bayar nanti pada aplikasi berwarna hijau ini. Namun, jika Anda berniat tidak menggunakan paylater Gojek dalam jangka waktu tertentu, alternatifnya adalah dengan mengubah metode pembayaran. 

Baca juga:  Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart, Praktis & Aman

Langkah ini hanya mengubah metode pembayaran dari GoPayLater menjadi Gopay reguler. Dengan demikian, Anda tidak lagi perlu membayar tagihan dan administrasi bulanan. Caranya:

1. Pilih Menu Eksplor

Jalankan aplikasi Gojek dan pastikan aplikasi sudah diperbarui menjadi versi teranyar. Lalu pada tampilan menu awal, pilih opsi ‘Eksplor’ pada bagian kanan tepat di bawah logo profil.

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater

2. Pilih Menu Pengaturan

Setelah memasuki opsi eksplor menu Gojek, klik ikon bergerigi yang menggambarkan pengaturan.

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater 1

3. Kemudian, Klik Atur Metode Pembayaran

Masuk menu pengaturan, pilih menu ‘atur metode pembayaran’, lalu Anda akan diarahkan pada jendela pengaturan metode pembayaran.

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater
Cara Menonaktifkan Gopay Paylater

4. Jadikan Gopay Sebagai Pembayaran Utama

Pada bagian ini, Anda hanya perlu menggeser ke kiri opsi Gopay atau tunai sebagai menu pembayaran utama. Jika sudah berhasil, maka akan muncul tulisan ‘utama’ dan GoPayLater pun nonaktif sementara.

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater

5. Gopay Paylater Telah Dinonaktifkan

Selesai. Pun Anda bisa memanfaatkan alat transaksi lain yang bekerja sama dengan Gojek. Di antaranya LinkAja, Kantong Jago, juga kartu debit dan kredit milik Anda. Agar dapat menikmati layanan tersebut, Anda perlu menghubungkan Gojek pada nomor terdaftar layanan yang Anda pilih. 

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater
Cara Menonaktifkan Gopay Paylater

Meski tidak lagi menetapkan paylater sebagai metode pembayaran utama, cara ini tidak membuat akun Gojek Anda terputus dari fasilitas sistem bayar nanti. Sehingga Anda tetap bisa menggunakan kembali paylater Gojek di masa mendatang. 

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali paylater Gojek sebagai metode pembayaran, langkah-langkahnya serupa. Tinggal memasuki pengaturan aplikasi dan mengganti Gojek atau Tunai menjadi paylater sebagai metode pembayaran utama. 

Pengaturan menonaktifkan maupun mengaktifkan paylater Gojek harus dilakukan secara manual. Dengan demikian, alternatif ini menjadi pilihan tepat ketika Anda tidak ingin menggunakan paylater secara sementara. 

Baca juga:  4 Sumber Penghasilan Perusahaan Gojek, Jadi Berkembang Pesat!

Baca juga: Cara Mencairkan Gopay Paylater

Cara Menonaktifkan GoPay Paylater secara Permanen

Nah, apabila Anda tidak lagi ingin menggunakan paylater Gojek secara permanen, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pihak Gojek. Teradapat beberapa saluran penghubung yang Gojek sediakan untuk mempermudah Anda.  

Pilih layanan panggilan melalui call center Gojek di nomor 02150849000 untuk mendapatkan respons cepat. Beritahukan kebutuhan Anda pada customer service, lalu Anda akan dipandu dalam menyelesaikan langkah-langkahnya. 

Pun terdapat fasilitas lain yang memungkinkan Anda mengontak perusahaan Gojek melalui email, Facebook, dan akun Twitter resminya di:

Persiapkan pula hal-hal yang nantinya diminta sebagai kelengkapan menonaktifkan akun paylater Gojek Anda. Termasuk di antaranya data diri sesuai pada KTP, alamat email juga nomor ponsel yang terdaftar pada akun paylater Gojek yang hendak dinonaktifkan.

Proses penghapusan layanan GoPayLater dari akun Anda dapat memakan waktu minimal 2 hari kerja. Setelah cara menonaktifkan Gopay Paylater secara permanen berhasil, akun Anda tidak lagi terdaftar sebagai pengguna paylater Gojek dan kembali ke Gopay tanpa limit biasa. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar