Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku secara Online

Mungkin diantara Anda ada yang mengira, bahwa setiap selesai mengajukan pinjaman di aplikasi Tunaiku, pinjaman tersebut tidak bisa dibatalkan. Padahal faktanya tidak demikian. 

Anda masih tetap bisa mengajukan permohonan pembatalan pinjaman di Tunaiku. Dengan syarat utama, Anda belum melakukan proses penandatangan kontrak sebagai proses akhir sebelum dana pinjaman cair. 

Terkait cara membatalkan pinjaman di Tunaiku, kami akan menjelaskan lebih lanjut dalam ulasan artikel berikut ini!

Alasan Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Ada berbagai alasan kenapa calon kreditur Tunaiku membatalkan pinjaman. Mungkin, ini juga yang menjadi alasan Anda untuk membatalkan pinjaman. 

1. Perubahan Kondisi Keuangan

Anda mengalami perubahan kondisi keuangan yang kurang menyenangkan. Misalnya, yang awalnya setiap bulan selalu mendapat gaji, ternyata bulan selanjutnya harus kehilangan pekerjaan. 

Ingin membayar angsuran dengan apa jika ternyata kondisi keuangan belum kondusif? Lebih baik membatalkan pinjaman daripada melanjutkan tapi ada masalah gagal bayar

2. Persyaratan dan Biaya yang Tidak Diharapkan

Setelah mengajukan pinjaman, ternyata Anda baru paham terkait syarat dan biaya yang dibebankan. Anda merasa keberatan dengan syarat dan biaya tersebut, akhirnya Anda berencana untuk membatalkan pinjaman. 

3. Penawaran Lain yang Lebih Menguntungkan

Setelah menggali informasi terkait pinjaman di Tunaiku dan fintech lain, ternyata Anda lebih condong dengan penawaran dari fintech lain. Bisa jadi dari persyaratan yang mudah untuk dipenuhi, hingga suku bunga yang lebih rendah. 

Anda merasa penawaran dari fintech lain lebih menguntungkan. Akhirnya Anda memilih untuk membatalkan pinjaman di Tunaiku, meski sudah terlanjur mengajukan pinjaman. 

Baca juga:  Pengalaman Menggunakan Jasa Amalan, Negosiator Hutang

4. Ingin Mengelola Utang dengan Lebih Bijak

Beberapa diantara Anda mungkin memiliki strategi dalam melunasi hutang. Dalam konteks ini, Anda ingin membatalkan pinjaman di Tunaiku, sebagai upaya agar bisa mengelola utang dengan lebih bijak. 

Cara Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Pihak Tunaiku yang memperbolehkan Anda membatalkan pinjaman, tentu menjadi angin segar tersendiri bagi Anda. Berikut cara membatalkan pinjaman di Tunaiku yang bisa Anda ikuti. 

1. Hubungi Layanan Pelanggan Tunaiku

Anda bisa menghubungi call center Tunaiku terlebih dahulu melalui nomor CS (021) 4000-5859 atau email tanya@amarbank.co.id yang ada di situs resmi Tunaiku. 

2. Ketahui Kebijakan Pembatalan

Tanyakan pada petuga pelayanan Tunaiku terkait kebijakan pembatalan pinjaman. Pahamilah syarat dan ketentuan yang berlaku. 

3. Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Saat menghubungi layanan pelanggan Tunaiku, pihak Tunaiku biasanya akan meminta berkas tertentu sebagai persyaratan pembatalan pinjaman. 

4. Ajukan Permohonan Pembatalan Pinjaman

Silakan isi form bantuan Tunaiku Mulai dari nama, nomor KTP, nomor telepon, email, kategori masalah (pilih pembatalan pinjaman), isi keluhan, hingga upload berkas yang dibutuhkan tadi. 

5. Tunggu Konfirmasi dari Tunaiku

Setelah mengajukan permintaan pembatalan pinjaman, tunggulah konfirmasi dari Tunaiku. Pihak Tunaiku akan memeriksa keluhan Anda, maksimal 1×24 jam dan akan mengirimkan balasan melalui email. 

Konsekuensi Membatalkan Pinjaman di Tunaiku

Tunaiku memang memungkinkan para penggunanya untuk membatalkan pinjaman. Namun, disamping itu tentu ada konsekuensi yang mesti diperhatikan. Diantara konsekuensi pembatalan pinjaman secara umum:

1. Dikenakan Biaya Pembatalan

Jika Anda ingin membatalkan pinjaman, pastikan untuk membaca perjanjian pinjaman dengan cermat. Pahami apakah ada biaya yang harus ditanggung saat ingin membatalkannya atau tidak. 

2. Pengurangan Kredit

Beberapa pihak pemberi pinjaman akan melaporkan informasi pembatalan pinjaman yang berdampak pada skor kredit. Tidak menutup kemungkinan, Tunaiku juga melakukan hal sama. 

Baca juga:  4 Cara Menghubungi Call Center Tunaiku agar Cepat Direspon

3. Berpengaruh Terhadap Proses Mendapatkan Pinjaman di Masa Selanjutnya

Jika pembatalan pinjaman terdaftar ke dalam riwayat pinjaman, bisa jadi itu akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman di masa selanjutnya. 

Oleh karena itu, penting untuk Anda mempertimbangkan segala konsekuensinya sebelum membatalkan pinjaman di Tunaiku. Tanyalah dengan detail kepada CS Tunaiku dan ikuti panduan pembatalan pengajuan pinjaman dengan runtut. 

Akun Sosial Media Tunaiku

Selain menghubungi via telepon, Anda juga bisa menghubungi Tunaiku via media sosial Tunaiku, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. 

  • Instagram: @tunaikucom
  • Facebook: @tunaikucom
  • Twitter: @tunaikucom

Itulah cara membatalkan pinjaman di Tunaiku. Pertimbangkan dengan matang sebelum yakin untuk membatalkan pinjaman ya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar