Akun Grab Driver Dibekukan? 5 Cara Ampuh Membuka Suspend

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh seorang driver adalah jam kerjanya yang flexible. Dengan tidak adanya keterikatan jam kerja, tentu driver dapat dengan bebas menentukan ingin bekerja kapanpun dan dimanapun.

Walaupun demikian, driver harus tetap mematuhi kode etik yang diberikan oleh perusahaan. Kode etik adalah aturan yang dibuat oleh perusahaan untuk menjaga profesionalisme antara mereka dan mitra Grab.

Driver yang mengabaikan kode etik tentu akan mendapatkan sanksi, yaitu dapat berupa pembekuan sampai dengan pemutusan hubungan kemitraan. Jadi peran driver disini sangat menentukan nama baik dari perusahaan tersebut.

Dari dua jenis sanksi tersebut, pembekuan akun menjadi sanksi yang yang paling sering dialami oleh para driver, terutama Grab.

Hal ini terjadi dikarenakan performa dari driver atau bisa melalui laporan yang diberikan oleh penumpang kepada perusahaan. Jika sudah demikian, driver tidak dapat masuk dan mencari orderan menggunakan aplikasi driver Grab.

Tapi jangan khawatir dulu, akun Grab driver yang dibekukan masih tetap bisa dibuka. Tidak seperti pemutusan hubungan kemitraan yang berlangsung selamanya. Akun driver Grab sangat rentan untuk mendapat suspend alias dibekukan.

Tidak ada salahnya driver untuk mencoba mengembalikan akun Grab driver, baik Grabbike maupun Grabcar yang terkena suspend.

Bilamana anda merasa suspend tersebut adalah suatu kesalahan, alias anda tidak melanggar ketentuan Grab. Dengan prosedur yang benar, diharapkan akun yang dibekukan bisa dibuka kembali.

Penyebab akun Grab Driver dibekukan

akun grab driver dibekukan

Sebelum membahas cara mengembalikan akun suspend, sebaiknya driver mengetahui penyebab mengapa akun driver bisa terkena suspend.

Akun beku terjadi karena pihak Grab memiliki hak untuk memberhentikan akun mitra Grab yang dinilai tidak mengikuti etika kerja atau melanggar policy/ketentuan dari Grab. Bila diuraikan, ada 15 faktor yang menjadi penyebab akun Grab dibekukan, diantaranya:

  • Tidak berpenampilan rapi dan sopan
  • Tidak menggunakan atribut seperti jaket dan helm yang telah ditentukan oleh perusahaan
  • Kendaraan yang digunakan tidak standart pabrik dan berbeda dengan kendaraan yang terdaftar dalam aplikasi Grab driver
  • Sering menolak order dan membatalkan pesanan
  • Rating bintang rendah
  • Melakukan kecurangan dengan memakai aplikasi tambahan ilegal/tidak resmi untuk mendapat order atau pendapatan lebih
  • Terlalu sering mengambil order dari pelanggan yang sama atau memiliki penumpang langganan
  • Log in menggunakan ponsel lain tanpa memindah kartu nomor
  • Terlalu sering mengganti nama akun
  • Mengganti lokasi / Pakai VPN
  • Menggunakan fake GPS atau “tuyul”
  • Top up berlebihan (over top up)
  • Suspend verifikasi wajah. Ini adalah fitur baru Grab yang melarang jual beli akun Grab driver.
  • Melanggar tata aturan berkendara (berkendara secara ugal ugalan)
  • Meminta penambahan biaya diluar tarif diluar pengetahuan customer
  • Membatalkan order namun tetap mengantar penumpang.
Baca juga:  Pengalaman Menggunakan Grab Penumpang, Perjalanan Cepat dan Lancar!

Datangnya pembekuan akun mungkin tidak akan dikira oleh para driver, karena mereka merasa sudah melakukan pekerjaannya dengan baik.

Terkadang hal ini dikarenakan adanya sensitivitas oleh penumpang yang selalu memberikan feedback yang jelek kepada driver.

Ciri Ciri Akun Grab Driver Dibekukan

Ciri yang paling umum adalah saat menggunakan aplikasi atau login maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.

Selain pemberitahuan di aplikasi, driver juga akan mendapatkan sms dan email pemberitahuan dari Grab sesuai nomor HP dan email yang didaftarkan.

akun grab driver dibekukan

Berapa lama sih waktu yang dibutuhkan agar akun Grab dapat aktif kembali?

Bila ditanya, berapa lama akun Driver Grab yang terkena suspend bisa dibuka kembali? Jawabannya adalah tidak menentu.

Akun Grab yang dibekukan akan aktif kembali tergantung berat pelanggarannya berdasarkan kode etik yang dilanggar, mengingat tingkat sanksinya juga berbeda beda.

Seperti ada kode etik yang sanksi pembekuannya 7 hari dan ada yang 3 hari, bahkan ada yang selamanya/ suspend permanen. Saat dilakukan pembekuan akun, driver tidak akan bisa membuka aplikasinya untuk mencari order.

Untuk dapat mengetahui kapankah akun Grab dapat aktif kembali, maka anda bisa coba untuk mengonfirmasi pembekuan tersebut. Prosedur caranya sudah dijelaskan dengan baik oleh perusahaan.

karena itu, sebaiknya anda tunggu dulu 3 hari sejak akun dibekukan. Biasanya akun akan secara otomatis aktif kembali dan dapat digunakan.

Namun apabila dalam 3 hari tersebut akun tidak kunjung aktif, maka anda harus menggunakan cara yang manual.

Apakah Akun Grab yang Telah Dibekukan Bisa Kembali?

Tapi sebelum mencoba cara di bawah ini, ada hal yang penting ingin saya beritahukan, yakni sangat kecil kemungkinannya untuk mengembalikan akun grab driver yang dibekukan/ di suspend.

Jadi, jangan sampai anda kecewa setelah mencoba cara ini dan hasilnya nihil. Toh saya sudah wanti wanti dari awal, KEMUNGKINAN KECIL untuk mengembalikan akun.

Saran saya, kalau memang betul anda merasa menyalahi aturan Grab, tak perlu susah susah banding, buang buang waktu saja.

Beda ceritanya kalau memang murni kesalahan/ ketidak tahuan/ di hack atau akunnya di salah gunakan, maka sebaiknya anda melapor ke pihak Grab.

Cara Membuka Akun Grab Driver yang Dibekukan

Kalau sudah terlanjur mendapat suspend, bagaimana cara mengatasinya? Driver dapat membuka suspend grab driver nya kembali dengan mengajukan naik banding pada pihak Grab.

Cara lainnya adalah dengan mengirim pesan langsung ke Grab atau bisa menghubungi langsung CS nya. Untuk lebih lengkapnya, simak cara buka suspend mitra Grab:

Mengunjungi halaman Grab Help Center

Prosedur dengan menggunakan Grab help center ini sangat mudah untuk dilakukan. Driver hanya perlu mengisi formulir yang disediakan untuk memperjelas apa yang ditangguhkan, dan kapankah akun dapat aktif kembali.

Baca juga:  Perbedaan Syarat Mobil Grab 2019 dan 2018, Cek Sekarang!

Berikut langkah langkah cara mengaktifkan akun Grab driver yang dibekukan menggunakan Grab help center.

  1. Langkah pertama setelah anda mengetahui akun anda dibekukan sementara, klik tombol “Pusat Bantuan” yang ada di halaman.
pusat bantuan grab
  1. Anda akan menemui halaman yang memberitahukan bahwa akun anda dinonaktifkan sementara. Setelah itu scroll kebawah dan isilah form mulai dari nama lengkap hingga deskripsi yang ingin anda sampaikan kepada pihak perusahaan.
akun grab driver dibekukan
akun grab driver dibekukan
  1. Setelah itu klik kirim dan tunggu pihak Grab untuk mengevaluasi terlebih dahulu mengenai formulir anda.
  1. Setelah mengirimkan formulir yang tersedia di help center, anda akan mendapatkan balasan berupa evaluasi yang diberikan oleh pihak Grab melalui email anda. Evaluasi tersebut berupa kejelasan mengenai kode etik apa yang dilanggar beserta dengan kapankah akun anda akan diaktifkan kembali.
akun grab driver dibekukan
  1. Setelah itu anda tinggal menunggu konfirmasi yang diberikan oleh pihak Grab melalui email.

Langsung telepon ke CS Grab

Buat anda yang lebih suka model direct/ langsung, bisa memakai opsi ini. Terbilang simple juga karena anda hanya perlu menghubungi Call Center Grab dan berbicara langsung dengan Customer Service.

Hal yang paling untuk anda tanyakan adalah sebab suspend dan peraturan mana yang anda langgar. Ketahui detailnya terlebih dahulu dan jelaskan kronologisnya. Setidaknya anda memperoleh informasi dari kontak CS grab.

Untuk melalui gmail dan no telp., sebaiknya anda lakukan di hari hari kerja, dan jangan mengontak CS saat weekend dan libur nasional.

Anda akan memperoleh respon dalam jangka waktu sekitar 1×24 jam. Customer Service Grab akan sangat merespon pada jam setelah tengah malam.

Bertanya langsung di Twitter

Katanya kalau langsung kontak CS grab via twitter itu bisa lebih cepat. Anda bisa bertanya mengenai kiat dan langkah untuk mengaktifkan akun grab anda yang disuspend.

akun grab driver dibekukan
Kirim pesan via twitter
  1. Masuk ke laman twitter resmi Grab Id di https://twitter.com/GrabID
  2. Klik “pesan”
  3. Silahkan bertanya apa yang harus anda tanyakan, dan jangan lupa berikan kronologis yang singkat, jelas dan padat
  4. Anda juga bisa bertanya lewat akun sosial media lain Grab di facebook dan instagram.

Banding di laman resmi Grab (FORM tidak bisa diakses)

Banding melalui web online grab terbilang ampuh dan juga mudah. Hanya saja, ada beberapa langkah tambahan yang harus anda lakukan sebelum mengirim formulir naik banding, yakni mengetahui jenis pelanggaran dan kode etik yang anda langgar. Simak langkahnya!

  1. Kontak CS Grab via telpon / email. Hal ini untuk mengetahui detail dan alasan mengapa akun grab driver anda dibekukan. Pahami, kalau perlu catat. Untuk no telp. dan gmailnya, sudah kami tuli di atas yah!
  2. Masuk ke https://www.grab.com/id/appeal/driver/
  3. Isilah semua kolom formulir
  4. Berikan penjelasan yang singkat dan jelas, jangan bertele – tele. Katakan kalau betul bahwa pelanggaran tersebut adalah murni ketidak sengajaan dan ketidak tahuan sebagai orang baru jika betul adanya
  5. Klik tombol kirim.
Baca juga:  Coba 8 Rahasia Grab Gacor Murni, Tanpa Tuyul!

Proses naik banding cukup lama, yaitu sekitar 14 hari. Namun, banyak juga driver Grab yang mendapat proses yang lebih lama bahkan dalam hitungan bulan.

Selain itu, driver juga bisa menanyakan kepastian dengan cara menghubungi Customer Service

Langsung datang ke Kantor Grab

Jika  anda tidak mau menunggu terlalu lama balasan email, anda dapat langsung mendatangi GDC (Grab Driver Center) terdekat. Anda hanya perlu datang dengan membawa persyaratan lengkap seperti STNK, SIM, serta KTP.

Namun anda perlu bersabar karena antrian para ojol yang memiliki kepentingan lain di GDC ini sangat banyak.

Catatan untuk mitra Grab tidak perlu lagi mengisi antrian GDC, dikarenakan aturan PPKM telah dicabut. Silahkan langsung datang ke alamat kantor Grab terdekat!

Kesimpulan: Ajukan Banding atau Tidak?

Cara buka akun grab dibekukan itu bisa BERLAKU untuk semua layanan, grabbike, grabcar, dan sebagainya.

Baik grabbike atau cara buka akun Grab dibekukan, anda tetap harus mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Jangan membuat ricuh, sebelum hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

Walaupun dapat mengajukan naik banding, proses tersebut tidak menjamin driver untuk bisa menggunakan kembali akunnya.

Bila tidak melanggar faktor yang sudah disebutkan di poin pertama, driver bisa saja menghubungi Customer Service dahulu.

Kemungkinan, hal yang terjadi adalah salah paham atau hal kecil seperti ada barang pelanggan yang tertinggal. Kasus semacam itu dapat segera diselesaikan bersama Customer Service dan akun akan segera aktif kembali.

Sayangnya, pelanggaran etika kerja yang berat tidak akan terselesaikan semudah itu. Seperti yang sudah dibahas dalam poin kedua, proses naik banding bisa berlangsung setidaknya 14 hari atau lebih.

Apabila Grab merupakan salah satu dari sumber penghasilan utama Anda, proses ini bisa menimbulkan kerugian besar.

Jadi, untuk menghindari proses naik banding, hindarilah faktor yang sudah disebutkan diatas dan bekerjalah dengan jujur.

Selain itu, hindari juga kesalahan kecil. Untuk masalah log in, buatlah akun Google untuk berjaga-jaga saat tidak bisa log in dengan nomor HP.

Perhatikan juga etika kerja yang baik – jangan pernah lupa mengingatkan tentang barang bawaan penumpang sebelum selesai transaksi dan selalu jaga kesopanan.

Bagikan:

52 pemikiran pada “Akun Grab Driver Dibekukan? 5 Cara Ampuh Membuka Suspend”

    • Saya dulu belum tahu caranya menggunakan akun grab sehingga ada kawan yang membajak akun kami, di saat kami libur lebaran pulang kampung selama 4 atau 5 hari tahu-tahu kembali ke Jakarta ternyata ada yang menggunakan akun grab car kami dan terus terang mereka gunakan dengan tidak wajar tapi pihak grab tidak mau menerima alasan apapun Padahal betul-betul kami tidak mengerti mengenai cara pemakaian yang wajar karena Android itu belum lama digunakan di Indonesia jadi maklum Kalau kami tidak bisa mengendalikan pada saat itu karena bagi orang-orang yang belum mengerti seperti saya itu mudah dibajak oleh orang lain Sekian dan terima kasih semoga grap lebih bijaksana lagi

      Balas
    • Kenapa akun saya abis selesai narik di bekukan ya. Ada apa dan kenapa.
      Saya bener2 kaget soalnya pekerjaan saya hnya dr sana. Kemana lagi saya harus cari makan buat anak istri saya. Soalnya anak saya 3 masih kecil2

      Balas
    • Gara Gara kesalahan 1x saya rugi 1000 x sampai sekarang akun grab saya blm juga aktif. (Belum bisa menerima orderan sementara)
      Bahkan sampai sekarang akun saya belum juga bisa menerima orderan.
      Katanya akun saya masih dalam proses namun tidak ada penjelasan apapun dari pihak kantor
      cuma bisa pasrah. Tiap kali saya menghubungi jawaban nya cama satu (masih dalam proses)

      Balas
  1. Saya tidak bisa buka akun grab saya kena suspend akun saya dibekukan tolong aktifkan akun grab saya itu mata pencarian saya mencari nafkah buat keluarga saya sekarang saya jadi nganggur makan apa keluarga saya…. Tlng saya……

    Balas
  2. Akun grab saya di putus jadi mitra grab sebab aliran penumpang dari tgl 18-5-2019
    Mohon untuk di aktifkan karena saya butuh buat menyambut hidup perekonomua saya

    Balas
      • Pak buk akun saya kenapa d putus jdi mitra PD hal saya ud berusaha lebih bagus LG pda penumpang knpa saya terkena putus mitra grab pas tadi pagi terkena putus mitra tgl 17desember 2019 pak buk tolong dan mohon d aktif kan LG karena saya butuh buat nyambung hidup perekonomian saya
        Saya punya anak ank yg masih kecil-kecil terimakasih

        Balas
    • Mohon maaf admin akun saya M.rizki pandu driver grab lampung akun di non aktifkan dari pihak grab tolong dong jgn memmutuskan sepihak sama aja memutuskan rezeky orang,jadi saya minta tolong di aktifkan kembali terima kasih

      Balas
  3. Akun saya putus mitra, saya masih kurang tau penyebabnya, akun saya terdaftar/aktif tgl 23 mei 2019 dan tgl 12 juni sudah di PM / putus mitra,

    Balas
    • Kenapa akun saya abis selesai narik di bekukan ya. Ada apa dan kenapa.
      Saya bener2 kaget soalnya pekerjaan saya hnya dr sana. Kemana lagi saya harus cari makan buat anak istri saya. Soalnya anak saya 3 masih kecil2

      Balas
  4. Sebelum saya mengadukan tentang akun saya lagi kena masalah,saya terima telpon waktu hari Jumat malam Sabtu mengatasnamakan kantor Grab,setelah saya terima akhirny itu bukan dari Kantor,karena verifikasi yg dr Google untuk OVO sy sebutkan ke si pelaku,yg akhirnya akun saya diblok setelah melakukan pergantian @mail dan no hp,melalui Kantor vs Grab,dan sampai sekarang belum bisa dibuka.

    Balas
  5. Akun saya di bajak baru lapor 3 hari kejadian. Akun saya di putus mitra. Apakah saya masih bisa mengaktifkan akun grabbike ….? Mohon solusinya

    Balas
  6. Saya mitra dari kota palu
    Saya dapat tlp dari pusat grab untuk undangan ikut training. Sy tdk menerima undangan berupa sms . Dan akun saya non aktif sementara

    Balas
  7. Saya daftar onlin, akun saya di no aktifkan sementara, alasannya belum ambil atribut, setelah saya mengunjungi GDC, ternyata atribut kosong, dan tidak ada kabar kapann atribut tersedia, menurut admin langkah apa seharusnya saya lakukan, makasih min.

    Balas
    • pertama saya bukan pegawai grab yah, kedua saran saya mas cari alternatif lain selain menjadi driver grab, karena kalau dilihat, pendaftaran driver grab suatu saat akan dibatasi, bahkan sekarang sudah dibatasi

      Balas
  8. Assalamualaikum mba atau mas grab yang sedang membaca pesan ini, Saya sebagai Asep durahman sebaagai pemilik nomer 089680211381 ingin mengkonfirmasikan bahwa akun grab saya tidak bisa login ke aplikasi grab karena di bekukan sehingga balik ke tampilan awal di mana saya harus login ulang.
    Jika mba atau mas berkenan bisa gak tolong bantu untuk cek apa ke salahan saya sehingga akun grab saya di putus mitra?

    Saya tunggu jawabannya secepatnya untuk bantuannya saya ucapkan terimakasih banyak.

    Balas
  9. Assalamualaikum kak
    Maaf aku renal dari grab kudus
    Akun driver saya di bekukan
    Ya itu murni kesalahan saya
    Karena saya bawa motor berbeda dengan aplikasi
    Karena saya habis kecelakaan tunggal 2x
    Terus saya dapat notifikasi
    Akun driver saya BELUM AKTIF
    Padahal saya habis narik 1 x
    Terus jalan 10menit akun saya langsung di nonaktifkan kak
    Tolong bantu solusi kak

    Balas
  10. Yth,grab 1th lebih saya kena pm,saya tdk tau,memang saya sering dpt order fiktif saya jlnkan ditempat karena di matikan,kadang saya lupa udah di tengah jln.baru saya mulai,kadang masih di bis udah order titik jemputnya di terminal,mohon untk pertimbangannya grab terima kasih atas perhatiannya. Saya pingin ikut grab lagi ,saya dulu sering tdk dpt penumpang saya sabar menynggu tolong grab

    Balas
  11. Kenapa akon greb saya tibah2 di putus padahal saya pecari makan dari greb apa kesalan saya tolong laha di akitip kan lagi greb sayah

    Balas
  12. Mahon batuan kepadah pihak greb kepah akon saya di putus kan kan padahal saya waktu itu saya antar penumpang gak lewakan titik lepas itu saya selsai kan gak tau tibah. Tibah di putus kan akon greb saya jd saya mohon batuan untuk di aktik kan lg n

    Balas
  13. Akun sy dihack dan sy urus ke GDC malah di putus mitra dan sy datengin lg ganti email dan banding tpi dah mau 4 bln blm aktif jg, kira2 klo banding gitu hasilnya brp lama ya om? Thank’s

    Balas
  14. Saya pernah di-suspend,putus mitra.
    Tapi saya coba-coba buka aplikasinya grab driver lagi,dengan akun yang di suspend,
    Notifnya berbeda,dari sebelumnya,
    Isinya: AKUN BELUM DIAKTIFKAN
    Apakah ini ada kesempatan buat saya bisa mengaktifkan akun saya lagi,atau saya bisa narik grab driver lagi??
    Tolong pencerahannya.

    Balas
  15. Saya bergabung bersama grab dari tahun 2016 s/d 2023 tiba tiba akun saya terkena putus mitra dan saya tidak tau kesalahan saya dimana. Seharusnya pihak Grab jangan terlalu langsung memutuskan mitranya dan harus dilihat kesalahannya. Seharusnya yang pantas mendapatkan putus mitra itu tindakan kriminal/ kekerasan kepada customer atau plat mobil berbeda supir berbeda dari aplikasi, itu yg pantas harus putus mitra. Terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar