Cara Mendapatkan Uang dari Spotify lewat Podcast & Playlist

Sebagai salah satu platform streaming musik yang cukup populer di dunia, Spotify tidak hanya hadir untuk memberikan kenikmatan kepada para penggunanya untuk menikmati lagu dari berbagai artis, genre, dan negara. 

Akan tetapi, juga memberikan peluang kepada para pengguna untuk kerja online dan mendapatkan tambahan income tanpa perlu mengeluarkan modal. Anda bisa mendapatkan uang, bahkan saat tidur dan ditinggal bepergian. 

Cara mendapatkan uang dari Spotify ada berbagai macam. Di artikel ini, kami akan memberikan dua tutorial untuk mendapatkan uang di Spotify, yaitu lewat podcast dan playlist

Cara Mendapatkan Uang dari Spotify lewat Podcast

cara mendapatkan uang dari spotify

Jika selama ini Anda hanya menikmati podcast orang lain, tidak ada salahnya untuk Anda juga mencoba menjadi podcaster di Spotify.

Anda bisa membagikan edukasi atau berbagai pengetahuan dengan basis audio di platform ini dan berpeluang mendapatkan income tambahan.

Namun sayangnya, untuk mengunggah audio di Spotify, Anda harus memilih host terlebih dahulu sebagai perantaranya. Tidak seperti Youtube, setelah membuat konten Anda bisa langsung upload. 

Host yang menjadi rekomendasi adalah “Anchor” yang memberikan pelayanan gratis, tanpa batasan kuota upload. Berikut tutorial cara upload audio podcast hingga cara mendapatkan uang dari podcast Spotify. 

1. Registrasi Anchor

Anda harus download aplikasi Anchor terlebih dahulu atau akses via website. Lakukan registrasi Anchor menggunakan email atau Google.

2. Update Settings

Setelah masuk di Anchor, silakan klik menu “Settings” yang ada di pojok kanan atas. Jika sudah ada logo, silakan klik “Update an image” untuk cover podcast yang ingin Anda buat.

Isikan “Podcast name” > “Podcast description” > “Category” > “Anchor profile URL” > “External website’ > “Your name” > “Your email” > “Connections” > “Save”. 

3. New Episode

Upload audio podcast. Jika sudah ada podcast dan ingin menambahkan podcast baru, Anda bisa langsung klik menu “New Episode”. Silakan upload audio yang tersedia di kolom upload. 

Baca juga:  7 Distributor Baju Anak Import Tangan Pertama dan Termurah 

4. Distribusikan Podcast

Masuk lagi di menu “Settings” dan klik “Distributions”. Perhatikan “Your RSS feed” yang berisi link podcast yang ingin Anda distribusikan. Klik linknya dan copy di Spotify for Podcaster. 

5. Spotify for Podcaster

Masuk di Spotify for Podcaster. Jika belum punya akun, Anda harus registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, klik “Spotify for Podcaster” > “Add claim your podcast” > “Get started” > Paste link podcast yang ada di poin 4 tadi di kolom “link to RSS feed”.

Spotify akan mencari link yang telah Anda masukkan tadi. Apakah sudah ada cover atau belum. Jika sudah ada, maka akan muncul di sebelah kanan halaman. Selanjutnya, Anda tinggal klik “Next”, “Next”, dan “Next”. 

Spotify akan mengirim email bahwa podcast tersebut milik Anda. Untuk prosesnya setidaknya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.  

Itulah tutorial untuk mendapatkan uang di Spotify lewat podcast. Anda bisa taruh audio yang telah direkam ke Anchor secara gratis dengan kuota berapapun.

Sebab, ada host lain yang menyediakan layanan serupa, namun prabayar dan membatasi jumlah kuota upload. 

Sedikit tips saat ingin membuat podcast, sebaiknya angkatlah tema sesuai kegemaran Anda. Misal, Anda suka dengan cerita horor, fokus pada tema tersebut.

Anda bisa menceritakan pengalaman pribadi saat menghadapi situasi horor atau mengundang narasumber yang bisa menceritakan tema horor. 

Baca juga: Aplikasi Baca Novel Dapat Uang Tanpa Undang Teman

Penghasilan Podcaster Spotify

Upload podcast lewat Anchor cukup menarik. Sebab, Anchor sudah dibeli oleh pihak Spotify. Pihak Spotify berencana membuat podcast seperti Youtube yang bisa membayar para podcaster melalui pendengarnya. 

Setiap 1000 pendengar di atas 1 menit di US, podcaster akan dibayar sebesar $45. Sementara di Indonesia, setiap 1000 pendengar di atas 1 menit, podcaster akan dibayar setengahnya atau sekitar $20. 

Menurut youtuber Willy Kun, jika Anda ingin menjadi podcaster Spotify dan mencari peluang untuk mendapatkan uang, salah satunya Anda bisa mengiklankan podcast yang telah Anda buat tersebut diluar Spotify. 

Baca juga:  10 Agen Distributor Sparepart Motor Terbesar di Indonesia

Anda harus upload podcast agar dikenal banyak orang dan minimal masuk di top 10 chart podcast di Indonesia.

Jika sudah seperti itu, para pengiklan bisa melirik podcast Anda dan menawarkan kerjasama untuk menaruh iklan di tempat Anda dan Anda bisa mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang 50 ribu Perhari

Cara Mendapatkan Uang dari Spotify lewat Playlist

Cara Mendapatkan Uang dari Spotify

Tidak ingin terlalu repot memproduksi konten podcast, Anda juga bisa mendapatkan uang dari Spotify lewat playlist yang menjadi favorit Anda. Berikut tutorial cara mendapatkan uang di Spotify lewat playlist. 

1. Buat Akun

Silakan buat akun Spotify Anda terlebih dahulu. Lebih simplenya, Anda bisa langsung daftar melalui akun Google. 

2. Buat Playlist

Jika sudah membuat akun, Anda bisa mulai membuat playlist. Untuk membuat playlist ini Anda tidak perlu berlangganan Spotify Premium

Tutorialnya sendiri ada dua cara, melalui ponsel dan desktop. Berikut uraian singkatnya. 

Ponsel

  • Buka aplikasi Spotify
  • Klik “Koleksi Kamu” dan ketik ikon berlogo plus (+) di bagian atas
  • Isi nama playlist sesuai keinginan dan tekan “Buat” 
  • Pilih daftar lagu yang Anda suka dengan klik “Tambahkan lagu” untuk memasukkan lagu-lagu ke daftar playlist.

Desktop

  • Buka aplikasi Spotify
  • Klik “Buat Playlist” yang ada di menu sebelah kiri
  • Masukkan nama dan detail lainnya, lalu klik “Simpan”
  • Di kolom “Cari lagu”, silakan ketik judul maupun penyanyi yang ingin Anda masukkan ke dalam playlist
  • Tekan tombol “Muat” atau “Love” untuk menambahkan lagu ke playlist.

3. Playlistpush

Setelah membuat playlist, silakan masuk di halaman Playlistpush. Bisa search di kolom pencarian Google dengan keyword “Playlistpush”. 

4. Pilih Menu Kurator Daftar Putar

Setelah masuk di halaman PlaylistPush, silakan klik garis tiga yang ada di pojok kanan atas. Klik menu “Kurator Daftar Putar”.  

5. Menjadi Kurator

Baca beberapa informasi penting yang ada di menu Kurator Daftar Putar. Diantara informasi pentingnya meliputi syarat sebagai kurator, yaitu Anda harus memiliki daftar putar dengan pengikut organik NYATA di Spotify dengan minimal pengikut playlist berjumlah 1000. 

Baca juga:  2 Cara Jadi Agen AQUA Galon Beserta Syarat & Keuntungannya

Jika sudah yakin dan sesuai, Anda bisa klik “Menjadi Kurator”. Update selalu lagu-lagi terbaru agar pengikut playlist Anda betah berlama-lama mendengarkan playlist Anda. Dengan begitu, kucuran income pun pasti bisa Anda dapat.  

Penghasilan Kurator Daftar Putar Spotify

Untuk penghasilan kurator Spotify, Anda bisa lihat di dashboard aplikasi ya. Sebagai gambaran, kurator daftar putar Spotify yang memenuhi syarat akan dibayar per ulasan dengan angka mencapai $15 per ulasan lagu atau sekitar Rp 225.000. 

Sistem pembayaran bisa dilakukan secara instan, selama saldo sudah masuk ke dashboard aplikasi. Jadi, Anda bisa mencairkannya kapan saja ke rekening bank tujuan. Jika ingin mencairkan lewat e-wallet seperti DANA, harus melalui Paypal terlebih dahulu.

Cara agar Pengikut Playlist Mencapai 1000

Ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan agar pengikut playlist Spotify bisa mencapai 1000. Diantaranya, manfaatkan media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya untuk promosi. 

Ceritakan akun Spotify Anda, berikan sentuhan-sentuhan unik yang membedakan akun playlist Anda dengan pengguna lain, serta minta agar teman-teman Anda turut membagikan playlist ke pengguna yang berbeda. 

Teknik follow for follow juga sangat populer untuk diterapkan. Meskipun memerlukan banyak waktu dan energi, tetapi cara ini gratis dan Anda bisa memiliki peluang bagus untuk menemukan pengikut secara organik. 

Itulah cara mendapatkan penghasilan dari Spotify. Segera mulai agar segera mendapatkan penghasilan tambahan, terlebih cara-cara di atas organik, jadi proses tumbuhnya tidak bisa instan. Tingkatkan kreativitas untuk berkarya sebagai podcaster dan update selalu playlist Spotify Anda sesuai dengan preferensi audiens. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar