4 Cara Mengaktifkan Akun Grab yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Pekerjaan menjadi driver Grab memang fleksibel, sehingga tidak jarang pekerjaan ini dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pekerjaan utama di bidang lain. Ya, tidak apa-apa, karena Grab juga tidak memberikan syarat khusus untuk bekerja secara full time kan?

Namun permasalahannya, terkadang akun yang Anda miliki ketika lama tidak dipakai, akan nonaktif. Nah, bagaimana solusi cara mengaktifkan akun Grab yang sudah lama tidak dipakai tersebut menjadi pertanyaan besar yang harus segera dijawab.

Untuk itu, kami akan menjawabnya. Sekaligus menjelaskan terlebih dahulu kenapa akun tersebut tidak aktif ketika sudah lama tidak dipakai.

Tanda dan Penyebab Akun Grab Tidak Aktif

Ada banyak tanda dan penyebab yang bisa Anda kenali terkait tidak aktifnya akun Grab. Pertama, kami akan menjelaskan dari segi tanda-tanda tidak aktifnya akun. Kedua, kami akan menjelaskan dari segi penyebab tidak aktifnya akun.

1. Tanda-Tanda Akun Grab Tidak Aktif

  • Tidak bisa login di aplikasi Grab.
  • Dari riwayat transaksi, yang biasanya para driver mendapat bonus (insentif), maka menjadi tidak mendapat bonus (insentif). Mulainya dari satu hari, tiga hari, lima hari, sampai akun tersebut benar-benar tidak bisa digunakan.
  • Jarang mendapat orderan. Nah, driver harus jeli terkait perubahan ini. Awalnya sering mendapat orderan, kemudian jarang mendapat orderan.

 

2. Penyebab Akun Grab Tidak Aktif

  • Driver vacuum paling tidak selama 3 bulan. Karena, berdasar pengalaman dari salah satu driver, yang saat itu mendaftar menjadi pengemudi ojek online Grab di sela-sela liburan kuliah. Namun, saat perkuliahan masuk, driver tersebut vacuum selama 3 bulan dan akhirnya kena manual suspend.
  • Melanggar kode etik perusahaan. Apabila pelanggaran kode etik tersebut tergolong ringan, biasanya perusahaan akan menegur para driver yang melanggar melalui notifikasi email atau SMS. Namun, apabila setelah ditegur dan tetap saja melanggar, maka bisa jadi kena manual suspend sementara bahkan permanen (pemutusan hubungan mitra).

 

Untuk lebih jelasnya apa saja kode etik yang harus ditaati oleh semua driver, coba lihat di web kode etik Grab ini. Walau menurut Anda dari kode etik perusahaan tersebut ada aturan yang tergolong ringan, Anda harus tetap mentaatinya. Karena, Anda bekerja di perusahaan Grab, otomatis harus tunduk pada aturan perusahaan Grab.

  • Mendapat rating jelek dari pelanggan. Perusahaan tidak bisa mengetahui kinerja Anda sehari-hari secara detail. Yang bisa perusahaan lakukan untuk menilai salah satunya ya melalui sistem. Misalnya, rating yang Anda dapatkan ketika melayani pelanggan.

 

Untuk meminimalisir pemberian rating jelek dari pelanggan, berarti Anda harus melayani pelanggan dengan profesional. Seperti halnya melayani tamu, tamu adalah raja. Maka, Anda pun harus menjadikan pelanggan sebagai raja.

Cara Mengaktifkan Akun Grab yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Permasalahan akan tetap larut apabila tidak kunjung mendapat solusi. Untuk Anda yang selama ini mencari solusi cara mengaktifkan akun Grab yang sudah lama tidak dipakai, Anda berada di halaman yang tepat. Cobalah baca 4 cara mengaktifkan akun grab yang sudah lama tidak dipakai berikut ini.

1. Menghubungi Pusat Bantuan Grab

Cara Mengaktifkan Akun Grab yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Cara mengaktifkan akun Grab yang sudah lama tidak dipakai bisa secara online. Selain menghemat waktu, juga tidak perlu ribet. Caranya:

  • Masuk ke tombol ‘Pusat Bantuan’.
  • Buka link non aktif sementara.
  • Isi formulirnya, mulai dari nama sampai deskripsi secara benar. Sertakan juga penyebab akun Anda dinonaktifkan, sekaligus instruksi atau arahan untuk mengaktifkannya kembali.
  • Kirim formulirnya.
  • Tunggu notifikasi balasan dari pihak Grab. Biasanya dalam notifikasi tersebut juga dijelaskan bahwa akun Anda akan aktif kembali secara otomatis pada hari, tanggal, dan jam berapa. Jadi, Anda jangan meneror pihak Grab dan hanya menghubungi lagi saat batas waktu yang ditentukan ternyata akun tidak kunjung aktif.

 

2. Datang Langsung ke Kantor GDC (Grab Driver Center)

grab driver center (1)

Cara mengaktifkan akun Grab yang sudah lama tidak dipakai melalui pelayanan offline memang bisa lebih cepat, tetapi Anda harus siap antri. Coba lihat video pengalaman salah satu driver untuk mengaktifkan kembali akun Grabnya. Driver tersebut harus mengantri. Selain itu, pihak layanan GDC akan lebih memprioritaskan berdasarkan kuota yang tersedia.

 

Walau Anda sudah terdaftar sebelumnya, tetapi karena satu dan lain hal Anda tidak bisa menggunakannya. Sementara itu, banyak calon pengemudi ojol yang turut mendaftarkan diri di perusahaan ini.

 

Namun jangan khawatir, ada solusi alternatif yang bisa Anda coba. Cobalah mengisi formulir antrian terlebih dahulu sebelum Anda berangkat ke kantor GDC. Pastikan, Anda sudah mendapat nomor antriannya dan datang ke GDC minimal satu jam sebelumnya sekaligus membawa dokumen yang dibutuhkan secara lengkap (SIM, STNK, KTP, SKCK).

 

3.Langsung Hubungi CS Grab

Tanyakan secara langsung ke CS Grab (via telepon, email, atau sosial medianya) terkait permasalahan yang Anda hadapi secara detail dan jelaskan kronologinya. Namun ingat, jangan menghubungi di hari weekend atau libur nasional, otomatis Anda tidak akan mendapat respon cepat.

 

Sementara, walau Anda menghubungi di atas jam 12 malam, Anda akan tetap mendapat respon cepat. Karena, CS Grab bisa merespon dalam jangka waktu 1×24 jam. Untuk lebih jelasnya terkait panduan menghubungi, cobalah lihat cara menghubungi call center Grab agar mendapat respon cepat.

 

4. Lakukan Banding

Banding bisa Anda lakukan secara online. Cara ini memang terbilang ampuh, mudah, dan sedikit lama, yaitu sekitar 14 hari atau lebih. Hanya, Anda harus paham jenis pelanggaran apa yang Anda lakukan. Setelah itu, baru Anda mengajukan banding. Caranya:

  • Unduh surat permohonan banding di halaman ini.
  • Cetak surat undangannya dan isi secara lengkap dan benar.
  • Unggah surat prmohonan melalui tombol ‘upload’ yang ada di bawah.
  • Tekan ‘kirim’.

Walau sebatas mengisi surat permohonan, tetapi cara mengaktifkan akun Grab yang sudah lama tidakk dipakai melalui banding lumayan berhasil. Kuncinya harus sabar.

Sebaliknya, apabila akun Anda tidak aktif kembali, ya tidak perlu risau. Anda bisa menggunakan cara-cara lain.

Dari empat cara mengaktifkan akun Grab yang sudah lama tidak dipakai tersebut, ternyata banyak driver yang berhasil mengaktifkannya kembali. Jika Anda ingin mencobanya, segera saja. Namun, harus sadar diri terlebih dahulu, apa kira-kira kesalahan yang Anda lakukan. Sehingga, minimal Anda bisa bertanggung jawab dan menerima konsekuensi yang ada.

Tinggalkan komentar