2 Cara Mengambil Gaji YouTuber Pemula

Cara mengambil gaji YouTuber pemula nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan. Ya, meskipun cukup banyak syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mengambil atau mencairkan gaji. Akan tetapi, saat semua syarat sudah terpenuhi, Anda bisa menikmati gaji dari YouTube secara otomatis setiap bulannya.

Di artikel ini, kami akan mengulas mengenai syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil gaji dari YouTube, beserta cara mengambil gaji dari YouTube itu sendiri. Sebab, tidak lucu bukan, jika cita-cita Anda  menjadi YouTuber sukses, tapi tidak tahu cara mengambil gaji dari YouTube.

Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Mengambil Gaji dari YouTube

Seorang YouTuber yang sudah mendapat penghasilan dari YouTube, tidak bisa mengambil begitu saja gaji yang didapat dari YouTube. Apalagi jika Anda masih menjadi YouTuber pemula. Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu sebelum mengambil gaji dari YouTube. Berikut diantaranya:

  1. Channel YouTube Anda harus sudah dimonetisasi terlebih dahulu menggunakan Google AdSense. Dengan syarat, sudah memiliki 1.000 subscribers dan 4.000 jam tayang.
  2. Hubungkan channel YouTube Anda dengan akun Google AdSense yang telah Anda verifikasi.
  3. Tunggu hingga saldo di akun Google AdSense Anda mencapai minimal $100 atau setara Rp 1.400.000 (rate $1 sama dengan Rp 14.000), baru Anda bisa mencairkan gaji bulanan Anda.

Kenapa harus Rp 1.400.000? Sebab, nominal ini sudah menjadi ketentuan dari akun Google AdSense. Apabila  nominal di bulan tersebut jumlahnya kurang dari ketentuan minimal, maka untuk bisa mencairkannya Anda harus menunggu akumulasi gaji di bulan berikutnya.

Baca juga:  Gaji PT Djarum Untuk semua Posisi Tahun 2022

Sebagai contoh, gaji yang Anda peroleh dari YouTube di bulan November hanya Rp 500.000. Otomatis, Anda belum bisa mengambil gaji tersebut di bulan berikutnya. Sebab, gaji tersebut belum memenuhi ketentuan minimal.

Begitupun, jika ternyata akumulasi gaji bulan November dan Desember belum memenuhi ketentuan minimal, Anda juga belum bisa mencairkan gaji tersebut. Untuk bisa mengambil gaji, Anda harus bersabar kembali, hingga akumulasi gaji memenuhi ketentuan minimal.

Pahami 3 Hal Penting Sebelum Menerima Gaji Dari Youtube

Nah, disini Anda juga perlu memahami 3 hal penting sebelum mempraktekkan cara mengambil gaji YouTuber pemula. Dikirim dari mana saja gaji dari YouTube hingga akhirnya bisa masuk ke rekening Anda.

  1. Paham dengan saldo yang ada di YouTube Studio, saldo yang ada di Analytics, dan saldo yang ada di menu pendapatan. Itu adalah saldo dari YouTube Studio Anda.
  2. Paham dengan saldo yang ada di Google AdSense.
  3. Paham dengan rekening yang akan Anda verifikasi sebagai alat menerima pembayaran.

Sebagai contoh, saat Anda mengecek menu Analytics dan masuk ke menu pendapatan, maka disitu Anda bisa melihat gaji yang Anda dapat setiap bulannya.

Katakan saja di bulan November Anda mendapat gaji sebesar Rp 3.000.000, maka uang Rp 3.000.000 yang ada di YouTube Studio Anda akan ditransfer ke saldo Google Adsense terlebih dahulu. Tidak langsung ditransfer ke rekening yang telah Anda daftarkan sebagai alat menerima pembayaran.

Untuk prosesnya, gaji yang ada di YouTube Studio akan ditransfer terlebih dahulu ke Google AdSense. Proses pengisian saldo Google AdSense biasanya dilakukan setiap tanggal 7 – 12 setiap bulannya. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala dan memastikan bahwa di tanggal 12, saldo saldo Google AdSense Anda sudah bertambah.

Baca juga:  Gaji Kerja di Australia untuk Tenaga Kerja Non Skill

Setelah beres pengisian saldo Google AdSense, ada tanggal lain yang harus Anda ingat, yaitu tanggal 21 – 26 setiap bulannya. Di tanggal inilah proses pencairan saldo dari Google AdSense ke rekening Anda  berlangsung.

Saldo akan ditransfer secara otomatis ke rekening Anda, asalkan Google Adsense Anda tidak boleh bermasalah, tidak boleh error, dan tidak boleh ditangguhkan.  Setelah pengiriman pembayaran akan dikonfirmasi oleh pihak Google.

Cara Mengambil Gaji YouTuber Pemula

Setelah Anda menerima konfirmasi pembayaran dari pihak Google ke akun AdSense, selanjutnya Anda bisa mempraktekkan cara mengambil gaji YouTuber pemula dengan dua cara. Pertama, Anda bisa mengambil/ mencairkan menggunakan Western Union. Kedua, Anda bisa mengambil/ mencairkan lewat transfer antar bank.

Sebab, di Indonesia sendiri terdapat dua jenis AdSense yang bisa digunakan, yakni AdSense US dan AdSense IDR. Perbedaan keduanya hanya ada pada mata uang yang dipakai.

Cara Mengambil Gaji YouTuber Pemula Lewat Adsense US (Western Union atau Transfer Antar Bank)

Saat Anda memutuskan untuk melakukan cara mengambil gaji YouTuber pemula lewat Western Union, Anda tidak harus memiliki rekening bank. Akan tetapi, Anda harus menyertakan syarat-syarat di bawah ini:

  1. Kartu identitas (KTP atau SIM) yang sesuai dengan nama saat Anda mendaftar akun AdSense.
  2. Mengisi formulir Western Union yang bisa Anda dapatkan di agen resminya.
  3. Cetak bukti pembayaran yang telah Anda terima dari Google pada akun AdSense Anda. Sebab, di dalamnya ada kode MTCN atau PIN yang berguna untuk mencairkan gaji dan itu sifatnya harus Anda rahasiakan.
  4. Untuk proses pencairan gaji yang Anda terima dari YouTube, segeralah datang ke Kantor Pos, Indomaret, Pegadaian, maupun agen Western Union terdekat yang menerima transaksi pencairan dana AdSense.
Baca juga:  38 Jabatan dan Gaji PT Epson Terbaru

Anda tidak perlu khawatir masalah biaya pencairan. Mencairkan gaji YouTube lewat Western Union ini tidak dikenakan biaya sama sekali.

Cara Mengambil Gaji YouTuber Pemula Lewat Adsense IDR (Transfer Antar Bank)

Sementara itu, jika Anda memilih cara kedua, yakni cara mengambil gaji YouTuber pemula lewat transfer antar bank, Anda harus sudah memiliki rekening bank yang telah diverifikasi untuk menerima pembayaran. Untuk syarat-syarat khususnya, kurang lebih juga sama dengan syarat-syarat saat Anda memilih cara pertama. Hanya saja, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Google AdSense Anda yang telah terhubung dengan YouTube.
  2. Klik menu navigasi dan pilih menu Settings.
  3. Pilih menu pembayaran atau payments.
  4. Klik tambahkan metode pembayaran pada akun Google AdSense Anda.
  5. Tambahkan metode pembayaran baru dan pilih transfer lewat rekening bank.
  6. Masukkan nama pemilik rekening, kode SWIFT-BIC, nama bank, nomor rekening bank, dan simpan.
  7. Tunggu beberapa hari hingga saldo secara otomatis masuk ke rekening Anda.

Apabila disuruh memilih, dari dua cara di atas, Anda akan memilih cara mengambil gaji YouTuber pemula ya yang mana? Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah, praktis, dan yang pasti keamanannya terjaga ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar