Gaji Penulis Novel Digital dan Cetak

Sebagai novelis di zaman digital, Anda bisa memiliki kesempatan besar untuk memperbanyak sumber penghasilan atau gaji penulis novel. Bukan hanya melalui media penerbitan cetak, seperti penerbit Bumi Aksara, penerbit Gramedia Pustaka Utama, penerbit Diva Pres, maupun penerbit-penerbit lain yang menyediakan layanan gratis. 

Akan tetapi, Anda juga bisa memperbanyak sumber penghasilan dengan cara memanfaatkan platform yang dikhususkan untuk penggemar bacaan novel dan novelis, seperti NovelToon, NovelMe, KBM Apps, dan Wattpad. Anda bisa menerbitkan karya dan menjadi novelis profesional yang memiliki penghasilan tinggi. 

Memangnya berapa gaji novelis yang memanfaatkan media penerbitan cetak dan media digital? Artikel ini akan memberikan jawabannya untuk Anda. 

Gaji Penulis Novel

gaji penulis novel

Membahas tentang gaji, sejatinya gaji penulis novel berasal dari beberapa sumber seperti royalti novel, hadiah pemenang lomba kepenulisan, honor mengisi seminar, webinar, atau kelas kepenulisan, dan gaji dari proyek kepenulisan serta lebih beruntung lagi jika novel Anda berhasil difilmkan seperti novel “Perahu Kertas” karya Dee Lestari.

Namun, tidak semua penulis novel bisa mendapatkan semua gaji tersebut kecuali penulis novel yang benar-benar terkenal yang bisa mendapatkan semua itu. Anda juga bisa menjadi salah satunya, jika benar-benar memiliki niat dan berusaha sungguh-sungguh untuk menjadi seorang penulis novel dan tentunya semua itu membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Gaji Penulis Novel di Media Cetak

Rata-rata royalti yang diterima penulis novel adalah sebesar 10% dari harga jual novel. Semakin banyak novel yang terjual, maka gaji yang Anda terima juga akan semakin tinggi. Terlebih lagi apabila Anda sudah menjadi penulis ternama, royalti yang Anda terima bisa berkisar 12% sampai 15% dari harga jual novel. 

Dalam benak Anda pasti berpikir, ke mana yang 90%? Jawabannya, 90% tersebut akan dialokasikan secara menyebar mulai dari 20% untuk produksi buku, 5% sampai 10% untuk biaya edit, proof, ilustrasi, dan sebagainya, 10% sampai 15% untuk penerbit, 20% untuk distributor, 10% biaya promosi dan operasional, dan sisanya sekitar 30% untuk toko buku.

Baca juga:  Gaji Karyawan Biznet & Tunjangan untuk Semua Posisi

Contohnya, Anda menjual novel dengan harga Rp. 50.000 per novel dan itu sudah tersebar di berbagai toko buku di Indonesia. Selama 1/2 tahun novel Anda bisa terjual sebanyak 3000 eksemplar. Maka untuk hasilnya adalah 10% x 50.000 x 3000 = Rp. 15.000.000 atau sekitar Rp. 2.500.000 per bulannya.

Bahkan penghasilan yang Anda peroleh bisa sampai miliaran, seperti Andrea Hirata yang mampu menjual satu novelnya berjudul “Laskar Pelangi” sampai 1.000.000 eksemplar dengan harga jual Rp. 75.000 per buku novelnya. 

Baca juga: Besaran Gaji Copywriter

Gaji Penulis Novel di Media Digital

Sistem gaji penulis novel di media digital berbeda dengan sistem gaji media cetak. Gaji yang ditawarkan oleh media digital tergantung dari jumlah pembaca, subscriber atau kontrak ekslusif. Berikut ringkasan gaji dari beberapa platform penerbit novel yang populer.

Gaji Penulis Novel di NovelToon

gaji penulis novel

NovelToon merupakan salah satu platform unggul yang berisi banyak novel asli. Sebagai novelis, platform ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda mengasah kemampuan menulis novel dan menerbitkannya melalui NovelToon. 

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penulis, mengunggah karya, dan apabila karya tersebut sudah berhasil acc kontrak, Anda bisa mendapat penghasilan paling tidak Rp 1.400.000 per bulan. 

Besaran gaji yang diperoleh pun bergantung pada jumlah pembaca novel Anda dan tingkatan level menulis Anda. Biasanya, untuk karya baru yang sudah mendapatkan kontrak akan memperoleh level rendah yakni level 3. Level tersebut akan naik jika Anda update tulisan 30 ribu kata per bulannya dan maksimal tidak update tulisan tidak boleh lebih dari 3 hari.

Di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci gaji harian berdasarkan tingkatan level yang bisa Anda nikmati untuk setiap 1000 pembaca yang membaca novel Anda.

  • Level 5 : Rp. 200.000
  • Level 6 : Rp. 400.000
  • Level 7 : Rp. 600.000
  • Level 8 : Rp. 800.000
  • Level 9 : Rp. 1.000.000 
  • Level 10 : Rp. 1.200.000
Baca juga:  Gaji Kurir HappyFresh per Bulan di Jakarta dan Surabaya

Mungkin dari sini yang Anda lihat gaji novelis sangat sedikit, tapi jika ditelusuri lebih dalam gaji tersebut akan bertambah banyak. Asalkan Anda konsisten update sesuai ketentuan di atas. 

Selain itu, seorang novelis di NovelToon juga akan mendapat bonus. Novelis level 5 sampai 7 akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 300.000, level 8 sebesar Rp. 500.000, level 9 sebesar Rp. 1.000.000 dan level 10 (level tertinggi) sebesar Rp. 2.000.000. Ditambah lagi hadiah dari para pembaca, serta uang dari pemenang kontes yang diadakan oleh penyelenggara biasanya sekitar Rp. 5.000.000. 

Gaji Penulis Novel di NovelMe

gaji penulis novel

Sama halnya seperti aplikasi NovelToon, aplikasi NovelMe juga memberikan peluang bagi para penulis novel pemula yang ingin berkarya dan menghasilkan uang sendiri. Untuk sistemnya mungkin sedikit berbeda yakni terdapat bab yang terkunci di NovelMe. Sehingga pembaca yang ingin membaca novel yang sudah terkontrak harus memberikan koin terlebih dahulu untuk membuka bab tersebut.

Di NovelMe, meskipun Anda penulis pemula, Anda tetap bisa mendapatkan gaji penulis novel sebesar Rp. 400.000 dengan syarat harus rajin update dan sudah mendapatkan kontrak. Untuk minimal penarikannya sendiri sebesar Rp. 500.000 setiap bulannya.

Uang tersebut diberikan secara cuma-cuma tanpa pengaruh jumlah pembaca. Bahkan Anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 55.746.334 seperti Erna Azura dan mendapatkan tambahan penghasilan dari berbagai kontes yang diadakan NovelMe. 

Gaji Penulis Novel di KBM Apps

gaji penulis novel

Sementara di KBM apps, tidak terdapat kontrak apapun, sehingga penulis tidak terikat. Untuk mengunci sebuah bab dalam novel atau karya lainnya, penulis tidak terbebani dengan jumlah minimum view maupun subscriber. Cukup dengan menulis 10 bab, penulis sudah bisa mengunci babnya sendiri. 

Melalui aplikasi ini, Anda bisa memperoleh gaji sebesar Rp. 100.000.000. Hal ini sudah dibuktikan oleh akun Dwiindri0330. Untuk pembaca yang membuka kunci dari setiap bab Anda maka mereka akan memberikan 15 koin emas. Sedangkan, harga untuk 1 koin adalah  Rp. 100.

Baca juga:  Terkena Writer's Block? Ini Pengalamanku Cara Mengatasinya!

Gaji Penulis Novel di Wattpad

gaji penulis novel

Bagi para pecinta novel tentu tidak lagi asing dengan aplikasi satu ini, sebuah aplikasi untuk membaca dan menulis secara online. Sama seperti 3 aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, Wattpad juga bisa menghasilkan uang. 

Hanya saja, agar bisa mendapatkan uang dari Wattpad, karya Anda harus sudah diterbitkan di Wattpad dan dipinang oleh penerbit. Setelah masuk ke penerbitan, Anda akan mendapatkan royalti seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Seiring perkembangan waktu, di dalam Wattpad diadakan program paid story’s. Yang mana, apabila cerita Anda bagus dan layak untuk masuk program tersebut maka pihak resmi dari Wattpad akan menghubungi Anda. Di sini bab dari novel Anda akan terkunci dan Anda akan mendapatkan uang apabila ada pembaca yang membuka kunci bab berbayar Anda dengan koin. 

Baca juga: Kerja Online Dibayar Per Jam

Dari sini bisa diambil kesimpulan, bahwa di zaman sekarang seorang novelis memiliki kesempatan besar untuk memperbanyak karya dan sumber gaji penulis novel. Tidak hanya bisa menerbitkan karya dan mendapat bayaran dari penerbit cetak, tetapi juga bisa menerbitkan karya dan mendapat bayaran dari media digital. 

Sekarang, saatnya Anda yang memutuskan apakah Anda ingin tetap melanjutkan menjadi penulis novel atau berhenti dan mencoba pekerjaan dengan gaji tinggi lainnya? Jika ingin meneruskan profesi sebagai novelis, media apa yang akan Anda pilih untuk menuangkan karya terbaik Anda dan berkesempatan mendapat penghasilan yang tinggi? 

Bagikan:

Tinggalkan komentar