2 Cara Menghubungi Driver Grab Bila Terjadi Masalah

Tentunya kita kebingungan jika terjadi masalah dengan driver Grab baik driver Grabbike maupun driver Grabcar, misalnya ketinggalan barang atau masalah yang terkait dengan pembayaran. Hal yang paling pertama terpikirkan banyak orang adalah bagaimana cara mengetahui nomor driver Grab kemudian menghubungi nya.

Kita ketahui kalau belakangan ini, Grab selalu meningkatkan kualitas pelayanan mereka, terutama terkait dengan privasi mitranya.  Kalau begitu, bisakah kita melihat nomor driver Grab dan menghubungi nya?  Jika tidak, apa solusi alternatif nya?

Aplikasi Grabchat Tidak Berfungsi Setelah Order Selesai

cara mengetahui nomor driver grab
Aplikasi chatting Grab dilengkapi template pesan.

Aplikasi Grabchat ini dikembangkan oleh Grab untuk menjawab permasalahan yang ada pada sistem sebelumnya. Fitur yang ada pada aplikasi Grabchat ini juga terus menerus diupdate baik user interface maupun user experiencenya agar semakin memudahkan penumpang.

Selain untuk melindungi privasi antara penumpang dan driver, aplikasi Grabchat ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Aplikasi hanya membutuhkan paket data internet dan tidak memakan memakan pulsa sama sekali.
  • Privasi yang terjaga karena seluruh percakapan akan lenyap pada saat perjalanan telah selesai.
  • Untuk update terbaru, kita dapat berkirim gambar ataupun voice chat untuk memberikan pesan yang lebih jelas.

Di saat driver sudah menyelesaikan pekerjaan yang ada di aplikasinya, maka berakhir pula urusannya dengan penumpang. Namun seringkali kita temui penumpang ingin dapat menghubungi kembali driver karena beberapa urusan tertentu, seperti barang yang ketinggalan (berlaku untuk Grabcar) atau kembalian yang kelebihan (untuk Grabbike).

Baca juga:  5 Tempat Top Up Grab yang Mudah & Paling Sering Digunakan

Cara Mengetahui Nomor Driver Grab, Bisakah?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Grab sekarang lebih ketat dalam menjaga privasi driver dan penumpang, termasuk nomor handphone driver. Karena itu, tidak ada cara langsung menghubungi si driver bila ada masalah.

Pertanyaan, adakah cara lain, cara alternatif yang bisa dilakukan? Tentu saja ada, dan ini yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Alternatif: Cara Terhubung ke Driver Grab Saat Ada Masalah

Mari kita buat dua skenario yang paling sering terjadi, yaitu mengenai penumpang yang barangnya tertinggal di mobil Grab dan penumpang yang membayar tarif lebih banyak dari yang ditentukan. Ketika driver sudah menyelesaikan pekerjaan, tentu aplikasi dari percakapan sudah ditutup dan tidak bisa menghubungi satu sama lain lagi. Nah lalu apa yang bisa dilakukan penumpang untuk dapat menghubungi driver ketika misalnya ada barang tertinggal di mobil atau masalah lainnya?

Yang terjadi, banyak orang yang terlalu panik sehingga ia langsung menghubungi customer service untuk menanyakan nomor telepon driver yang bersangkutan. Sebenarnya caranya simpel dan sudah diberi prosedur di dalam user experience aplikasi grab sendiri.

Pertama tama, kita harus memastikan dulu nih apakah riwayat perjalanan kita sudah lewat 72 jam ataukah belum. Apabila belum melewati 72 jam, maka kita bisa melihat nomor driver yang ada di dalam activity history.

Baca Juga : Cara Mengganti Akun OVO di Grab Terbaru

Cara melihat nomor driver Grab sebelum 72 jam:

  • Anda dapat pergi ke aplikasi grab anda kembali.
  • Selanjutnya pilih activity dan klik history/riwayat perjalanan di pojok kanan atas layar.
  • Pilih transport terakhir yang ingin anda lihat driver dan nomornya.
  • Setelah itu akan terlihat profil driver beserta nomor kendaraannya.
  • Klik tombol icon telepon yang ada di dalam profil driver. Ilustrasinya dapat dilihat sebagai berikut:
cara melihat nomor driver grab

Cara mengetahui nomor driver Grab setelah 72 jam

Nah selanjutnya, apa yang harus kita lakukan apabila tidak bisa melihat profil driver karena sudah lewat 72 jam? Caranya mudah. Kita cukup melaporkan keluhan kepada customer service, yang nantinya akan diproses lebih lanjut dan akan dikabarkan kembali pada kita. Berikut merupakan contoh ilustrasi dimana order telah melewati 72 jam dan tidak bisa melihat profil beserta nomor telepon driver:

Cara mengetahui nomor driver Grab setelah 72 jam

Lalu bagaimana langkah selanjutnya? caranya sama seperti saat kita hendak menemukan profil si driver melalui activity history. Setelah menemukan halaman seperti gambar di atas, scroll kebawah untuk memilih apa yang kita keluhkan dan ingin sampaikan kepada customer service. Untuk skenario ini, kita akan pilih “Barang saya tertinggal”.

cara mengetahui nomor driver grab

Setelah itu kita akan menemukan tombol layanan bantuan yang telah disediakan. Seperti ilustrasi di bawah ini, anda perlu memberikan deskripsi barang yang tertinggal selengkap mungkin serta mengisi kolom email yang nantinya anda akan dikabarkan.

cara mengetahui nomor driver grab
cara mengetahui nomor driver grab

Laporan yang disampaikan kepada customer service ini nantinya akan diteruskan kepada driver yang bersangkutan. Dalam hal ini pihak Grab sendiri tidak menjamin bahwa barang yang tertinggal akan pasti ditemukan, namun mereka tetap mengusahakan yang terbaik demi penumpang.

Baca juga:  Cara Mengatasi Ban Kempes Saat Darurat, Driver Ojol Wajib Tahu!

Untuk mempercepat proses pelaporan Anda bisa membuka kembali halaman Pusat Bantuan, kemudian akan mucul tombol Chat Kami seperti gambar dibawah ini.

cara mengetahui nomor telepon grab

Untuk skenario kedua adalah penumpang membayar lebih banyak dari tarif yang ditentukan. Prosedur dalam pengajuan keluhannya kurang lebih sama seperti yang sudah kita bahas tadi, perbedaannya adalah pada pengisian deskripsi dan menyertakan pula screenshot riwayat pemesanan. Berikut adalah ilustrasinya:

cara menghubungi driver

Yang menjadi catatan di sini, jangan lupa untuk mengisikan keluhan yang anda sampaikan secara lengkap, agar pemrosesan dapat berjalan dengan lancar. Setelah itu, hendaknya laporan yang kita sampaikan selalu diperiksa statusnya. Contohnya ada pada ilustrasi di bawah:

cara mengetahui nomor driver grab

Selain itu ada beberapa tips singkat nih buat customer agar mendapat pengalaman terbaiknya saat menggunakan aplikasi. Tips ini juga sangat berguna untuk menyelesaikan seputar keluhan yang seperti tadi sudah kita bahas.

  • Memverifikasi email. Setiap customer wajib untuk memverifikasi email untuk menghindarkan pengatasnamaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan merusak privasi kita.
  • Rajin mengupdate aplikasi. Sekilas, mengupdate aplikasi mungkin merupakan hal yang sepele bagi kita. Namun ada beberapa permasalahan yang sebenarnya solusinya cukup dengan memperbarui aplikasi loh. Contohnya pada saat saldo ovo kita tidak bertambah ketika melakukan pengisian kepada driver, sebenarnya kita hanya perlu mengupdate aplikasi saja.
  • Membuka dan menelusuri pusat bantuan (help center) lewat aplikasi agar kita mendapatkan pengalaman personal yang praktis.

Bagaimana? mudah bukan cara untuk menghubungi nomor driver Grab? Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah referensi kita terhadap cara melaporkan keluhan dengan prosedur yang baik. Terimakasih!

Bagikan:

8 pemikiran pada “2 Cara Menghubungi Driver Grab Bila Terjadi Masalah”

  1. bantuan yang diberikan apakah nomor driver akan di brikan ke customer apa bagaimana untuk masalah ” barangter tinggal di driver”

    Balas
  2. bantuan yang diberikan apakah nomor driver akan di brikan ke customer apa bagaimana untuk masalah ” barangter tinggal di driver”

    Balas
  3. Bisa gak order grab tanpa instal app. Misal via pesan sms. Dgn begitu grab bs di hubungi tanpa menggunakan aplikasi dan tak butuh internet data. Apalagi akhir2 ini jaringan sering lama loadingnya.

    Balas

Tinggalkan komentar