Pengalaman ATM Tertelan, Apa yang Harus Dilakukan?

By | Maret 21, 2020

Kini, hampir setiap orang memiliki kartu ATM yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan juga mengirimkan uang ke orang lain. Bahkan tak hanya itu saja, kini ATM juga merupakan tempat yang bisa digunakan untuk mengisi pulsa dan berbagai tagihan lainnya bahkan gaji.

Mesin ATM telah tersebar di berbagai daerah bahkan hingga pelosok tanah air. Total kini telah ada Lebih dari 500 mesin ATM yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Tentu hal ini bisa mempermudah siapapun untuk bisa mengirim dan mengambil uang.

Baca Juga: Pengalaman Mesin ATM Mati saat Tarik Tunai, Saldo Terpotong?

Pengalaman Mengambil Uang di ATM untuk Pertama Kali

Saat itu, aku baru saja memiliki sebuah tabungan dari salah satu bank milik BUMN. Saat membuka rekening sejatinya customer service telah memberitahu bagaimana cara menggunakan kartu ATM.

Ketika pertama kali memasukkan kartu ATM semua berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian aku pun masukkan PIN ATM, untungnya aku tidak lupa ketika itu. Kemudian proses selanjutnya berjalan sangat lancar.

Sampai pada tahap akhir ketika kartu ATM sudah keluar, aku membiarkannya terlebih dahulu. Saat itu aku berpikir untuk mengambilnya sekalian dengan uang yang akan keluar. Namun yang terjadi sungguh diluar bayangkanku sendiri.

Kartu ATM tiba-tiba masuk lagi ke mesin dan tidak bisa keluar lagi meskipun aku menekan tombol cancel berkali-kali. Aku benar-benar panik saat itu, apalagi pihak kasir Indomaret mengatakan bahwa kemungkinan besar kartu ATM tertelan dan terblokir.

Tips Ketika Kartu ATM Tertelan

Berkaca dari pengalaman di atas, kamu bisa melakukan sesuatu untuk mengembalikan kartu ATM. Kuncinya jangan panik dan tetap tenang. Jangan sampai kepanikanmu justru dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

Ketika kamu sudah tau bahwa kartu ATM tertelan, segera lakukan beberapa tindakan berikut ini :

Baca Juga: Pengalaman Jadi Korban Penipuan Modus Baru, Mahasiswa Harus Waspada!

Hubungi Customer Service

Jika kamu membawa ponsel, segera hubungi customer service bank tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya rekening terblokir sementara supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Saat menelpon, biasanya kamu akan ditanya perihal beberapa hal. Contohnya seperti nama pribadi, nama ibu kandung, alamat rumah, dan lain sebagainya. Data-data tersebut diperlukan guna verifikasi identitas.

Jika rekening sudah terblokir maka kamu bisa sedikit tenang. Tidak ada pihak-pihak yang bisa memanfaatkannya untuk tindak kejahatan.

Baca Juga: Buka Rekening di Luar Domisili, Apakah Bisa?

Pergi ke Kantor Cabang

Rekening yang sudah diblokir sementara perlu dibuka. Caranya, kamu harus pergi ke kantor cabang bank terdekat yang ada di wilayah kamu. Selain itu, kamu perlu datang ke kantor cabang agar mendapatkan kartu ATM yang baru.

Apakah dikenakan biaya mengajukan kartu ATM baru? Berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah mengalami problem kartu atm tertelan (Bank BRI), pada saat itu customer service meminta administrasi sekitar 20 ribu (saya agak lupa). Setiap bank tentu memiliki kebijakan yang tidak sama.

Pastikan kamu datang antara hari Senin hingga Jumat. Datanglah sepagi mungkin supaya tidak mengantri terlalu panjang. Jangan lupa Bawa kartu identitas dan buku tabungan

Dalam waktu singkat, rekening kamu kembali dibuka dan mendapatkan kartu ATM yang baru. Jadi, Jangan pernah pakai jika suatu saat kartu ATM kamu tertelan lagi. Lakukan hal tersebut, insyaallah semua akan baik-baik saja. Sekian dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *