Pengalaman Reshcedule Tiket Pesawat dan Hotel di Traveloka

Akhir tahun sudah hampir tiba, apa kamu sudah punya rencana mau ke mana saja? Ya, tidak hanya akhir tahun, waktu-waktu lain seperti pertengahan tahun di mana sekolah diliburkan hingga hari raya tertentu seperti lebaran atau imlek kerap dijadikan momen untuk pulang kampung, bahkan liburan.

Baca Juga : Pengalaman Refund Traveloka, Ternyata Begini Caranya!

Biasanya, jika punya dana berlebih, maka liburan menjadi hal wajib orang-orang masa kini. Harga tiket pesawat dan hotel pun tergolong murah (tentunya tergantung tujuan), sehingga memboyong satu keluarga untuk jalan-jalan ke luar kota sudah menjadi hal yang lumrah.

Tunggu sebentar. Apa persiapan jalan-jalanmu sudah sempurna? Mulai dari siapa saja yang akan berangkat, apa saja yang perlu dibawa, rencana bepergian ke mana saja, hingga jenis transportasi dan penginapan yang akan dipakai.

Bagaimana jika rencana sudah disusun sedemikian rupa, tetapi ternyata harus diundur karena satu dan lain hal? Aduh, bisa bahaya! Bagaimana dengan tiket pesawat yang sudah dibeli untuk sekeluarga hingga kamar hotel yang sudah dipesan untuk beberapa hari sekaligus? Hangus begitu saja?!

Jangan langsung panik terlebih dahulu. Segera hubungi pihak maskapai, pihak hotel, agen pembelian atau siapa pun yang bertanggung jawab atas pemesanan yang kamu lakukan. Kalau saya sendiri sering menggunakan Traveloka sebagai sarana pembelian tiket pesawat dan hotel, jadi saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya melakukan reschedule di Traveloka.

Baca Juga : Pengalaman Reksadana di Tokopedia, Tinggal Duduk Dapat Untung!

 

Ya, benar. Jika kita memesan melalui Traveloka, kita bisa melakukan pergantian tanggal atau reschedule, loh. Saya sendiri pernah mengalami hal ini dalam dua situasi berbeda, yakni saat membeli tiket pesawat dan kamar hotel.

 

Reschedule Tiket Pesawat Traveloka

Awalnya, saya membeli tiket pesawat untuk menghadiri wisuda saudara. Usai membeli tiket pesawat, ternyata tanggal wisudanya malah diundur. Hampir saja saya panik, untungnya saya ingat bahwa tersedia reschedule untuk tiket yang saya beli.

Sebagai catatan, sebelum membeli tiket, lihat dulu apakah ada kalimat Reschedule Available. Jika ada, berarti kamu bisa mengubah tanggal tiket. Akan tetapi, jika tidak ada, maka kamu harus siap dengan risiko tiket hangus alias tidak bisa ganti tanggal.

Baca Juga : Ini Rasanya Kerja di Startup. Seru Sih, Tapi Ini Faktanya!

Cara mengubah tanggal berangkat, pulang, atau pun keduanya cukup mudah. Pertama, klik menu My Booking, lalu pilih jadwal penerbangan yang ingin di-reschedule.

Pilih Refund / Reschedule, dan pilihlah bagian Reschedule untuk mengubah tanggal. Carilah jadwal pesawat baru yang sesuai dengan jadwal yang kamu inginkan. Ingat juga bahwa ada kemungkinan jadwal baru tersebut sudah tidak menerima penumpang lagi karena kursi yang sudah penuh.

Oh ya, perlu diingat juga, umumnya pihak maskapai memperbolehkan kita melakukan reschedule paling lambat 24 hingga 48 jam sebelum keberangkatan. Jadi, jika melakukannya di detik-detik terakhir, siap-siap reschedule ditolak, ya.

Setelah yakin, lakukanlah pembayaran. Jika sudah selesai, kita akan dibebani biaya tambahan atas perubahan jadwal tersebut. Biaya ini bervariasi, terdiri dari biaya penalti akibat mengganti jadwal, ongkos maskapai, hingga biaya ubah jadwal.

Misalkan masih ada kelebihan dana, maka sisa uang tersebut akan dikembalikan kepada kita.

Jika sudah selesai membayar, maka kita akan mendapatkan keterangan tentang tiket terbaru. Pastikan kita melakukan check-in ulang (jika secara online).

Reschedule Tiket Hotel Traveloka

Selain menjual tiket pesawat, Traveloka juga menyediakan fitur lain seperti pemesanan kamar hotel. Tiket pesawat dan kamar hotel memang tidak terpisahkan. Tak mungkin kita ganti jadwal penerbangan, tanggal menginapnya malah tidak berubah. Mau tidur di mana kita?

Maka dari itu, fitur reschedule berupa ganti jadwal menginap juga bisa dilakukan di Traveloka. Langkah-langkah yang diperlukan juga tidak terlalu sulit.

Cara melakukan reschedule, pertama-tama klik menu My Booking, lalu pilihlah pemesanan mana yang mau diubah tanggalnya.

Scroll ke bawah, pilih tulisan Reschedule.

Di sini kita bisa klik Info untuk melihat detail ketentuan reschedule. Ternyata, reschedule ini hanya berlaku untuk kamar yang menyediakan fitur refund (bisa diperhatikan sebelum melakukan pembelian). Selain itu, kita tidak bisa reschedule jika memilih opsi bayar di hotel.

Pilihlah Request Reschedule, lalu gantilah tanggal check-in dan durasi penginapan.

Kamar yang dipilih tidak harus sama seperti kamar yang sebelumnya dipesan. Jadi jika awalnya memesan kamar Standard Double, bisa diganti ke Suite Triple dan sebaliknya.

Akan tampil pula biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jika biaya semakin mahal, maka kita harus membayar tambahan biayanya. Akan tetapi, kalau ternyata kamarnya malah jadi lebih murah, kelebihan uangnya akan dikembalikan ke rekening kita.

Klik Select jika sudah yakin. Akan muncul data-data lama dan baru. Masukkan data di menu Contact Details, baru lanjut dengan tekan Continue. Kita akan diberi detail sekali lagi. Pastikan tanggal check-in, check-out, durasi menginap, hingga jenis kamar sudah benar.

Ini contoh rincian biayanya. Traveloka menerapkan biaya reschedule yakni Rp15.000. jika sudah yakin, klik Continue dan pilihlah metode pembayaran yang diinginkan. Bayarlah sesuai biaya yang tertera, dan tanggal pun berhasil diubah!

 

Nah, sekarang, tentu sudah bisa melakukan reschedule tiket pesawat dan kamar hotel, bukan? Kalau begitu, semoga selamat sampai tujuan dan selamat berjalan-jalan!

Tinggalkan komentar