Sembuh dari GERD Dengan Bahan Alami, Kenapa Tidak?

Sebelumnya, mari kita kenali dulu apa itu GERD?.

GERD singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit yang disebabkan asam lambung yang naik ke kerongkongan atau esofagus. 

Sebenarnya asam lambung yang naik merupakan hal yang wajar jika hanya dalam waktu singkat dan jarang, biasanya terjadi setelah makan atau ketika tidur.

Namun, ketika hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama dan sering jangan dianggap sepele ya, segera konsultasikan atau periksakan ke dokter.

Baca Juga : Pengalaman Cara Berhenti Merokok, Ini Cara Ampuh 100% Work!

Karena seseorang bisa dinyatakan GERD ketika mengalami kenaikan asam lambung ringan 2 kali seminggu atau kenaikan asam lambung berat hingga minimal sekali seminggu.

Nah, apa tanda-tanda kamu terserang GERD?

  • Sakit yang diikuti nyeri teramat sangat pada dada ataupun ulu hati.
  • Seolah panas terbakar pada bagian belakang tulang dada atau biasa disebut heartbum yang bisa menjalar sampai ke leher. Biasanya akan semakin terasa ketika kamu berbaring, membungkuk, dan selesai makan.
  • Seperti ada makanan yang tersangkut di kerongkongan sehingga kamu sulit menelan dan cegukan.
  • Rasa asam atau pahit di dalam mulut.
  • Ada cairan atau makanan yang naik ke bagian mulut dari dalam perut.
  • Gangguan pernapasan seperti batuk kronis dan sesak napas.
  • Sakit tenggorokan dan suara serak.

Menurut pengalaman, biasanya juga diikuti sakit kepala, mual dan sering sendawa. Kalau kamu merasakan tanda-tanda tersebut berkali-kali dalam waktu yang lama, maka bisa jadi itu gejala GERD.

Maka segera konsultasikan dan periksa ke dokter. Supaya semakin cepat mendapat penanganan dan obat yang tepat supaya segera sembuh dari GERD.

Baca Juga : Pengalaman Cara Cepat Hamil, Tips yang Wajib Dicoba!!

Obat Alami Untuk Sembuh dari GERD

Berdasarkan pengalaman, berikut rekomendasi obat alami untuk mengurangi gejala sakit GERD, sehingga bisa segera sembuh dari GERD.

1. Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif kurkumin, senyawa anti Inflamasi dan antioksidan yang bisa bermanfaat mengatasi masalah gangguan pencernaan dan penyakit asam lambung seperti GERD.

Caranya, kamu ambil beberapa ruas kunyit dan cuci bersih kunyit serta kupas kulitnya kemudian parut dan peras airnya lalu diminum. 

Bisa juga dengan dipotong-potong lalu direbus dan minum airnya, boleh dicampur sedikit madu murni.

Namun jangan terlalu sering ya, lakukan sesekali saja kalau memang sedang kambuh misalnya. Karena bisa tambah sakit kalau berlebihan.

Setelah saya membaca sebuah artikel, ternyata bahan aktif kurkumin tidak dapat diserap oleh tubuh secara baik jika terlalu sering.

Jangan konsumsi kunyit dan obat pengencer darah secara bersamaan. Karena kunyit adalah pengencer darah alami.

Baca Juga : Pengalaman 6 Cara Memutihkan Badan, 100% Terbukti Setelah Dicoba!

2. Minum teh Chamomile

Tidak harus meracik sendiri, karena sudah banyak teh chamomile instan. Teh chamomile mampu menenangkan dan menyeimbangkan tingkat keasaman di perut, sehingga ampuh untuk mengatasi gejala GERD.

Cukup seduh teh chamomile 30 menit sampai 1 jam sebelum tidur maka tubuh akan lebih tenang.

3. Ngemil Buah

Nah, untuk penderita GERD buah pisang bagus sekali dikonsumsi. Ngemil pisang matang setiap hari bisa mengurangi gejala asam lambung.

Selain pisang ada juga apel. Iris apel untuk cemilan beberapa jam sebelum tidur. Maka perut akan terasa lebih mendingan.

Hindari buah seperti nans, jeruk, anggur, dan buah lain yang kadar asamnya tinggi.

4. Minum Baking Soda

Caranya, campur 1 sendok teh baking soda dengan 8 ons atau 6-7 sendok teh air dan minum sampai habis. Bisa diulang sesuai kebutuhan.

Tapi jangan sampai minum lebih dari 7 kali sehari, atau lebih dari seminggu konsumsi. Karena kadar garamnya yang tinggi malah bisa memperburuk keadaan.

5. Ngeteh Jahe

Rebus irisan akar jahe 30 menit dan minum sebelum makan. Teh jahe bisa mencegah dan meringankan gejala GERD.

Ingat, bahan-bahan diatas memiliki hasil berbeda setiap individu. Jika kamu mengalami alergi terhadap bahan alami tersebut, maka segera hentikan dan segera konsultasi ke dokter.

Selain obat alami, dokter juga menyarankan untuk merubah pola hidup, termasuk pola makan dan istirahat.

Berikut pola hidup anjuran dokter untuk sembuh dari GERD.

Pola makan dan minum

  1. Makan dan minum harus dengan porsi secukupnya saja, supaya tidak obesitas. Karena obesitas bisa meninggatkan risiko terkena GERD.
  2. Makan dengan waktu yang teratur, jangan sampai perut kosong dalam waktu yang lama. Karena bisa meningkatkan resiko terkena GERD. 
  3. Jangan langsung berbaring setelah makan, beri jeda 2-3 jam setelah makan.
  4. Perbanyak makan sayuran dan buah, sebisa mungkin kurangi makanan berminyak, berlemak, pedas, asam, coklat, teh, keju, dan makanan yang mengandung mentega.
  5. Jauhi merokok dan minum alkohol.

Pola istirahat

Bukan hanya masalah makan minum tetapi pola istirahat juga penting, seperti:

  1. Tidur cukup 8 jam sehari, supaya sel dalam lambung bisa beregenerasi.
  2. Hindari pikiran-pikiran berat apalagi sampai stress, karena bisa menyebabkan asam lambung naik.
  3. Pakai bantal ketika berbaring atau tidur, supaya posisi kepala lebih tinggi. Anjuran dokter ditinggikan sekitar 20cm dari badan.
  4. Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat, supaya tidak menekan katup kerongkongan bagian bawah.

Itulah tips supaya segera sembuh dari GERD. Jaga pola hidup sebaik mungkin. Jangan sampai terkena GERD. GERD sangat menggangu aktivitas, karena sembuh dari GERD memerlukan waktu yang tidak singkat.

Jalani pola hidup yang sehat dan olah raga yang cukup, maka tubuh akan lebih sehat dan tidak rentan terkena penyakit GERD atau penyakit apapun.

Semoga bermanfaat bagi penderita GERD ataupun bukan dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar