Syarat dan Cara Daftar Grabbike Terbaru 2020, Online Lebih Mudah dan Cepat!

Beberapa tahun terakhir profesi ojek online menjadi salah satu profesi baru yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, baik dijadikan pekerjaan utama, maupun kerja sampingan. Hal ini tidak terlepas dari jumlah penghasilan driver yang terbilang cukup dan fleksibilitas kerjanya yang bisa dilakukan kapan saja.

Jika Gojek merupakan aplikasi bikinan anak bangsa, lain halnya dengan Grab. Grab merupakan sebuah platform layanan On Demand yang dimulai dari Malaysia kemudian bermarkas di Singapura. Perusahaan tersebut kini telah berkembang dengan menambah beberapa layanan lain seperti pengantaran barang, pemesanan makanan, bahkan untuk transaksi pembayaran secara online.

Grab merupakan salah satu perusahaan start up yang berstatus sebagai Decacorn pertama di Asia Tenggara. Artinya nilai valuasi yang dimiliki Grab telah lebih dari $10 miliar.

daftar grabbike
Menjadi mitra grabbike sebagai pendapatan tambahan

Hadirnya Grab di Indonesia tentu menjadi berkah tersendiri untuk masyarakat luas. Pasalnya selain memberi pelayanan bagi konsumen mereka Grab juga membuka kesempatan yang besar bagi masyarakat Indonesia untuk bergabung menjadi mitra mereka. Baik sebagai grabbike (ojek online), penyedia grabfood, maupun layanan lainnya.

Sebagai transportasi alternatif, ojek online sudah banyak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Apalagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi di kota-kota besar kerap menjadikan ojek online sebagai pilihan transportasi demi terhindar dari macet. Tentu ini adalah jaminan bahwa menjadi ojek online, termasuk grabbike, adalah sumber tambahan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Pemerintah sebagai regulator juga telah menyesuaikan tarif dasar ojek online agar tidak merugikan satu sama lain baik pihak aplikator maupun mitra driver. Hal ini menunjukkan betapa pemerintah telah memberikan atensi besar untuk para ojek online. Maka bisa dipastikan minat untuk menjadi pengemudi Grabbike juga terus bertambah setiap harinya.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi mitra Grab. Salah satunya adalah menambah penghasilan dengan waktu yang bisa anda sesuaikan sendiri.

Bagaimana Proses Pendaftaran Jadi Mitra Grabbike?

Tadinya pendaftaran mitra grabbike harus dilakukan dengan mendatangi langsung kantor Grab dengan antrian yang sangat panjang. Bahkan tidak sedikit di antara para calon mitra grabbike itu yang rela menginap agar dapat nomor antrian lebih awal.

Tapi jangan khawatir! Sekarang sudah ada metode yang lebih mudah yaitu dengan mendaftarkan diri sebagai mitra grabbike secara online. Namun setelah mendaftar Anda tetap harus datang ke kantor Grab untuk keperluan validasi data.

Kami yakin masih banyak orang yang belum tahu dan mencari informasi bagaimana cara daftar grab online ataupun datang langsung untuk validasi data. Untuk detailnya silahkan simak langkah dan prosedur pendaftaran grabbike mulai dari awal sampai akhirnya bisa langsung menerima orderan.

Panduan cara daftar grabbike secara online ini bisa Anda lakukan menggunakan smartphone, laptop, maupun PC. Yang penting pastikan Anda memiliki akses internet yang baik ya sebelum memulai pendaftaran!

Note: Akun Grabbike driver sudah ada akun Grabfood driver (antar makanan) dan Grabexpress (antar paket) di dalamnya. Jadi saat berhasil daftar dan diterima, maka anda bisa mengaktifkan 3 layanan tersebut.

Persyaratan Daftar Grabbike 2020 Terupdate

Sebelum beranjak ke tutorial daftar grabbike Anda harus menyiapkan terlebih dahulu semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran ojek online yang satu ini. Semua dokumen merupakan data terbaru dan masih berlaku agar tidak ada kendala saat proses pendaftaran.

Syarat Dokumen Daftar Grabbike

Dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • E-KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Resi dari Dukcapil yang masih berlaku beserta fotocopynya.
  • Surat keterangan domisili RT/RW Bagi yang dari luar daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi.
  • KK (Kartu Keluarga)  asli dan fotocopy
  • Surat keterangan sehat dari dokter alternatif untuk Anda yang sudah berumur diatas 50 tahun
  • STNK (minimal tahun 2015) sesuai nomor kendaraan beserta fotocopynya.
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku bisa sesuai domisili dan fotocopynya.
  • SIM C yang masih berlaku dan beserta fotocopynya.

Syarat Kendaraan Bermotor

Selain memenuhi persyaratan administrasi Grabbike berupa dokumen-dokumen di atas, kondisi kendaraan juga menentukan apakah Anda layak atau tidak menjadi mitra grabbike. Berikut persyaratan kendaraan yang bisa didaftarkan ketika mengajukan diri sebagai mitra grabbike:

  • Semua motor bisa ikut didaftarkan, namun dengan ketentuan bukan motor modifikasi atau masih standar pabrik, Motor Tracking seperti (Motor trail, Cross, dan sebagainya).
  • Motor dalam keadaan baik atau layak. Baik itu body maupun mesin kendaraan serta dapat beroperasi dengan baik.
  • Untuk saat ini tahun pembuatan Motor minimal 2015.

Cara Mendaftar Jadi Mitra Grabbike Secara Online 2020

Setelah semua persyaratan di atas sudah siap silahkan scan atau foto semua berkas diatas agar bisa diunggah. Untuk proses pendaftaran tahap pertama secara online silahkan ikuti langkah berikut:

  • Pertama, kalian masuk ke situs  www.grab.com/id, lalu klik tulisan “Jadilah Mitra Kami” lalu pilih pengemudi bike.

    daftar grabbike
    langkah awal mendaftar grabbike online

  • Isilah data pada formulir yang disediakan sesuai dengan yang diminta. Selain mengisi data kamu juga akan diminta menentukan kota di mana kamu akan menjadi driver grabbike, jadi kota yang tersedia di sini adalah kota di mana Grab memang sedang membuka pendaftaran mitra grabbike. Setelah semua data diisi centang kolom yang disediakan lalu klik daftar!

    cara daftar grabbike
    panduan awal mendaftar grabbike online

  • Selanjutnya akan ada Kode konfirmasi yang dikirim lewat SMS. Kode tersebut berupa 4 digit angka, lalu isikan kode tersebut pada formulir pendaftaran yang tersedia.

    daftar grabbike
    masukkan kode yang dikirim via SMS

  • Setelah itu maka secara otomatis kita akan masuk ke menu selanjutnya. Ada 2 data utama yang harus Anda lengkapi yaitu data diri dan data kendaraan. Perhatikan gambar!

    daftar grabbike
    data-data yang wajib Anda lengkapi!

  • Yang pertama isi “Bio Details”. Silahkan isi data dengan benar dan unggah gambar diri.

    daftar grabbike
    lengkapi data

  • Setelah mengunggah Foto data diri, silakan klik tulisan “KTP”. Lalu unggah foto KTP yang masih berlaku dan isi sesuai data KTP. Upload juga foto kartu keluarga. Jika sudah selesai klik “Simpan” dan kembali menu sebelumnya.

    daftar grabbike
    cara daftar grabbike online

  • Selanjutnya input SIM Anda

    daftar grabbike
    lengkapi data SIM

  • Selanjutnya adalah klik Tulisan “Surat Catatan Kepolisian SKCK, unggah gambar dan isi data sesuai SKCK. Lalu klik submit untuk melanjutkan.

    daftar gabbike
    lengkapi data SKCK

  • Isilah Informasi Rekening dan Unggah Buku Rekening sesuai Data diri anda.

    DAFTAR GRABBIKE
    input data rekening Anda

  • Selanjutnya masukkan data informasi Kontak darurat yang dapat dihubungi.

    daftar grabbike online
    masukkan informasi kontak darurat yang bisa dihubungi

  • Setelah semuanya selesai ceklis semua kolom pada bagian “deklarasi” dan “consent”  dan Klik “Simpan”.
    daftar grabbike
    centang kolom pada bagian deklarasi

     

    daftar grabbike
    cara daftar grabbike online

  • Untuk proses selanjutnya Anda harus mengisi info kendaraan yang akan anda pakai, unggah foto “STNK” dan isi data dengan benar lalu Klik Simpan.

    cara daftar grabbike
    input informasi kendaraan Anda

Pastikan semua data yang diunggah dan dimasukkan dalam form pendaftaran sudah terisi dengan benar. Selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Grab untuk mengikuti seleksi pendaftaran atau validasi data lewat undangan SMS untuk datang Ke Kantor grab terdekat.

Untuk itu pastikan nomor yang Anda masukkan selalu aktif karena apabila sudah mendapatkan SMS dari Grab maka  itu artinya Anda telah lolos seleksi administrasi.

Lalu setelah dinyatakan lolos apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?

Validasi Berkas Secara Offline

Silahkan datang ke alamat kantor yang sudah ditentukan dan jangan lupa membawa semua dokumen yang dibutuhkan untuk validasi berkas secara manual. Apabila validasi data dinyatakan berhasil maka Anda akan langsung diarahkan untuk Test Safety Riding. Ketika nantinya Anda lolos uji ini maka Anda resmi diterima sebagai mitra grabbike.

Adapun prosedur validasi berkas secara manual adalah sebagai berikut:

  • mengisi form validasi berkas secara manual
  • menyerahkan semua berkas ke petugas beserta form pendaftaran yang telah diisi
  • jika data dinyatakan sesuai silakan lanjut ke pos berikutnya untuk pemeriksaan kendaraan bermotor sesuai standar pabrik
  • setelah motor dinyatakan layak maka akan diarahkan untuk mengikuti Test Safety Riding. Untuk Test Safety Riding dilakukan sesuai standar yang berlaku seperti test pembuatan SIM.
  • Apabila dinyatakan lolos silahkan masuk bagian pendaftaran akun dan input data dokumen
  • Siapkan Uang Tunai sebesar 100.000 untuk Top Up awal agar bisa aktif dan menerima orderan.
  • Anda siap terjun ke lapangan untuk menjadi ojek online menggunakan seragam kebesaran Grab Indonesia.

Untuk catatan apabila anda tidak lolos salah satu test diatas maka Anda dapat melanjutkanya esok hari dan langsung ke pos yang dinyatakan gagal.

Demikianlah cara mendaftar menjadi driver grabbike secara online tahun 2020 beserta panduan validasi data via offline. Semoga bisa membantu Anda yang berminat bergabung dengan pasukan ojek online di bawah bendera Grab Indonesia.

Info pendaftaran ini berlaku untuk semua lokasi daerah di Indonesia, mulai dari bali, balikpapan, bandar lampung, bandung, banjarmasin, banjarnegara, banjarpatroman, batam, bekasi, bengkulu, blitar, bogor, bojonegoro, brebes, ciamis, cianjur, cibubur, cikarang, cilacap, cimahi, cirebon, cirebon, denpasar, depok, garut, gorontalo, gresik, indramayu, jabodetabek, jakarta, jakarta, jakarta barat, jakarta timur, jakarta utara, jambi, jember, jepara, jogja, jogjakarta (yogyakarta), jombang, karawang, kebumen, kediri, kendal, kendari, klaten, kota malang, kudus, kuningan, kupang, lamongan, lampung, madiun, magelang, magetan, majalengka, makassar, malang, manado, medan, metro lampung, mojokerto, nganjuk, padang, palembang, pangkal pinang, pasuruan, pati, pekalongan, pekanbaru, pemalang, pontianak, purbalingga, purwakarta, purwokerto, purworejo, salatiga, samarinda, semarang, serang, sidoarjo, solo, srengseng, subang, sukabumi, sumedang, surabaya, tangerang, tasikmalaya, tegal, temanggung, yogyakarta dan kota besar lainnya (cek kotamu di atas!!!)

Tinggalkan komentar