Akun DANA Dibekukan? ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Salah satu e-wallet yang cukup populer di Indonesia adalah DANA. Melalui aplikasi DANA Anda bisa melakukan transaksi secara non-tunai (cashless), sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk membawa uang tunai.

Mulai dari melakukan pembayaran tagihan secara online, transfer saldo ke rekening bank, hingga transaksi pembelian produk melalui E-commerce. 

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh DANA, tidak luput dari kendala yang bisa Anda alami. Misalnya, akun DANA dibekukan. Seperti apa itu? Apakah ada cara mengatasinya? 

Penyebab Akun DANA Dibekukan

akun dana dibekukan

Akun DANA yang dibekukan artinya Anda tidak dapat mengakses akun DANA. Hal ini akan menghambat proses transaksi yang ingin Anda lakukan.

Masalah ini sering kali bikin masyarakat panik dan bingung apakah akun DANA yang dibekukan bisa aktif lagi atau tidak. 

Ada banyak hal yang mendasari akun DANA yang dibekukan karena apa. Diantaranya adalah sebagai berikut:  

  1. Salah memasukan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  2. Data akun yang dimasukan tidak valid.
  3. Ditemukan indikasi penipuan.
  4. Adanya transaksi yang dinilai tidak wajar, seperti transfer saldo secara terus menerus dalam hitungan detik.
  5. Memanfaatkan bug system DANA demi keuntungan pribadi.
  6. Melakukan penggunaan akun yang sama di beberapa perangkat sekaligus.
  7. Terakhir, login banyak akun di satu HP yang sama.

Itulah beberapa alasan yang mendasari kenapa akun DANA dibekukan. Lalu, bagaimana jika DANA dibekukan? Apakah ada cara membuka akun DANA yang dibekukan tadi? 

Baca juga: Dana Paylater Tidak Muncul

Berapa Lama Akun DANA Dibekukan

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi akun DANA dibekukan, Anda perlu tahu berapa lama akun DANA tersebut dibekukan. Ini karena, pembekuan DANA sendiri terdiri atas pembatasan sementara dan permanen. 

  • Akun DANA yang dibekukan sementara: lamanya pembekuan biasanya hanya 1 jam setelah munculnya notifikasi pembekuan akun. 
  • Akun DANA yang dibekukan permanen: lamanya pembekuan biasanya bervariasi antara 15-30 hari. Tidak sedikit pula, terjadi karena pengguna yang telah mendapat notifikasi pembekuan tidak mengaktifkan kembali sampai tidak melakukan verifikasi ke CS DANA. 
Baca juga:  3 Cara Memindahkan Saldo E Money ke Rekening atau E-Wallet

Syarat Membuka Akun DANA yang Dibekukan

Setelah tahu berapa lama akun DANA Anda dibekukan, maka Anda mulai bisa menyiapkan segala persyaratan dan ketentuan untuk membuka akun DANA agar proses aktivasi berjalan dengan lancar. Syarat dan ketentuan yang  dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Nama terdaftar di akun DANA
  2. Foto identitas diri (KTP/SIM/PASPOR)
  3. Tempat dan tanggal lahir pemilik akun DANA
  4. Nomor HP terdaftar di DANA
  5. Alamat email aktif terdaftar di DANA
  6. Informasi perkiraan saldo DANA
  7. Informasi transaksi terakhir di akun DANA.

Baca juga: Cara Tarik Tunai DANA di Alfamart

Cara Mengatasi Akun DANA yang Dibekukan

akun DANA dibekukan

Setelah persyaratan dan ketentuan di atas Anda penuhi, Anda bisa melanjutkan solusi akun DANA yang dibekukan berikut ini agar akun Anda kembali aktif:

1. Coba Login Kembali dalam Beberapa Jam

Ciri ciri akun DANA dibekukan salah satunya adalah munculnya notifikasi “Yah, akun dibekukan. Saat ini kamu tidak bisa melanjutkan & akan otomatis keluar dari akun demi keamanan. Hubungi Customer Care untuk bantuan ”. 

Jika Anda menerima notifikasi seperti yang kami sampaikan di atas, berarti akun DANA Anda dibekukan. Bisa jadi, penyebab akun DANA bisa dibekukan karena salah PIN sebanyak 3x berturut-turut. 

Tapi tenang, biasanya akun DANA hanya dibekukan 1 jam saja. Jadi, sambil menunggu waktu untuk mencoba login kembali, Anda bisa sambil mengingat-ngingat lagi PIN DANA mana yang benar. 

Jika setelah mencoba kembali PIN DANA tetap salah, maka Anda bisa mencoba opsi lupa password atau langsung menghubungi customer service DANA, karena jika mencoba lagi dan gagal maka harus menunggu kembali. Waktu tunggunya akan semakin lama. 

2. Hubungi Customer Service DANA 

Jika akun DANA Anda dibekukan secara permanen, cara mengatasinya adalah dengan meminta pengajuan pengaktifan akun yang dibekukan dengan menghubungi CS DANA.

Baca juga:  Cara Memindahkan Saldo Google Play ke DANA

Anda bisa menghubungi CS DANA lewat email, Telepon, WhatsApp, ataupun Sosial Media resminya. Berikut informasi terkait CS DANA:

  • Email : Help@DANA.id
  • Telepon : 1500 445 
  • WhatsApp : 08191 1500 445 
  • Sosial Media : DANA Indonesia 
  • Instagram : @dana.id

Disamping itu, pada notifikasi awal yang menunjukkan akun DANA Anda dibekukan, Anda bisa langsung klik “hubungi kami”.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang berisi formulir, seperti nama lengkap, nomor ponsel, alamat email, detail masalah, lampiran foto (opsional) yang sudah di screenshot, klik ‘I’m not robot’, klik ‘kirim’. 

3. Membuat Laporan Di Halaman Pusat Bantuan

akun DANA dibekukan

Berikut cara membuat laporan terkait pembekuan akun DANA melalui halaman pusat bantuan. Cara ini yang paling efektif untuk memperoleh respon dengan cepat dari tim support DANA care.

  1. Pertama kunjungi laman Pusat Bantuan Dana
  2. Isi form nama lengkap, nomor ponsel, alamat email
  3. Setelah itu, jelaskan kronologi masalah dengan runtut
  4. Lampirkan foto/video terkait masalahmu yang berupa screenshot bukti akun dibekukan
  5. Klik kirim.

Setelah itu tim DANA akan melakukan  peninjauan akun DANA yang dibekukan berdasarkan keterangan dan bukti – bukti pendukung yang telah Anda lampirkan sebelumnya.

Silahkan tunggu saja hasil peninjauan dari pihak DANA, jangan membuat laporan berulang-ulang agar prosesnya tidak semakin lama. 

Jika sudah selesai peninjauan, Anda akan menerima konfirmasi mengenai feedback pemulihan akun DANA melalui email yang Anda gunakan saat registrasi akun.

Pahami pesannya dan lengkapi data-data yang dibutuhkan agar pengajuan Anda segera diproses. Caranya, balas pesan di email berdasarkan nomor dalam daftar data yang dibutuhkan. 

Baca juga: Akun Kredivo Terblokir Sementara

Cara Menghindari Akun DANA yang Dibekukan

Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena itu sangat penting agar Anda bisa menghindari pembekuan akun DANA. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghindari akun DANA yang dibekukan:

Baca juga:  Cara Pinjam Uang di DANA Premium Hingga Rp500.000

1. Jangan Memalsukan Data Akun DANA

Hindari penyalahgunaan akun, baik peretasan, penggunaan data orang lain, maupun pemalsuan data diri saat proses registrasi.

Saat melakukan verifikasi identitas, pastikan keaslian dari data yang Anda isi. Jaga pula kerahasiaan data Anda ini agar terhindar dari tindakan penyalahgunaan data.

2. Jangan Melakukan Transaksi yang Mencurigakan

Penting bagi Anda untuk menghindari segala transaksi yang mencurigakan, seperti mengirim saldo terus menerus dalam hitungan detik.

Melakukan transaksi yang mencurigakan bisa merugikan diri Anda bahkan pengguna DANA lainnya.

3. Patuhi TOS (Term Of Service) Aplikasi DANA

TOS aplikasi DANA adalah dokumen yang berisi tentang aturan penggunaan, baik hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna.

Dengan memahami TOS ini Anda akan terhindar dari pelanggaran akun yang dapat menyebabkan akun DANA Anda dibekukan

4. Jangan Bagikan Kode OTP

Jangan pernah membagikan Kode OTP ke siapapun termasuk pihak DANA, bank, atau aplikasi pembayaran online atau pihak yang mengatasnamakan DANA. Karena kode OTP hanya ditunjukan untuk pemilik Akun, kalau ada yang minta, pasti penipu. 

Itu tadi informasi mengenai akun DANA yang dibekukan dan solusi untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda ya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar