Pengalaman Mencari Pekerjaan di BBPLK Pedurungan Semarang

Pengalaman mencari pekerjaan di jobfair bbplk semarang

Saat sudah berumur 20 tahunan tetapi belum mempunyai pekerjaan tentu akan menjadi beban tersendiri dan di keluarga. karena saat ini harus mulai mandiri mencari rezeki sendiri dan tidak bergantung dengan orang tua lagi.akan tetapi mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan, banyak penolakan dari perusahaan yang dilamar dan persaingan dengan pencari kerja lainnya.sekarang saya berdomisili di mranggen dan kebetulan ada info bahwa akan ada acara jobfair di bbplk semarang pedurungan.

aku pikir ini kesempatan emas ku untuk mencari lowongan pekerjaan dan berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang aku inginkan.inilah cerita singkatku semoga bisa bermanfaat dan memberi wawasan lebih lagi.

 

Saat jari jemari sedang asik bermain handphone.tiba-tiba sebuah pesan whatshaap dari bapak masuk.karena aku pikir ini penting maka cepat-cepat aku buka,ternyata isi pesan tersebut adalah info tentang acara jobfair di bpplk pedurungan semarang.

begitu membaca itu,pikiran ku langsung berpikir untuk menyiapkan dokumen-dokumen ku untuk melamar pekerjaan.aku pun meletakkkan ponsel ku di meja dan aku arahkan baanku ke temat-tempat dokumen untuk mencari-cari dokumen penting.map demi map aku buka maka ketemulah ijazah terakhirku,kk,akta,skck,ktp dan foto pas 3×4 dan 4×6 ku.

dokumen itu aku singkirkan sendiri dan ku masukan dalam map berbeda lalu kubereskan map-map yang berserakan dilantai untuk ku masukkan ke dalam tempatnya seperti semula.

 

Karena dokumen tadi masih yang asli,maka aku pikir untuk menfotokopy nya dengan jumlah yang lumayan banyak untuk berjaga-jaga butuh lembar yang banyak saat melamar pekerjaan.aku pun mengambil kunci kendaraan motorku di tempat kunci dan bergegas untuk mengeluarkan motor ku dari rumah.

begitu keluar rumah dan telah ku hidupkan mesin motor.aku pun perlahan-lahan gas motor dan melaju dengan santai.di perjalanan aku tengak-tengok ke kanan dan kiri untuk mencari dimana tempat fotokopy yang masih buka.

lalu aku pun liat dari kejauhan ada beberapa siswa dan siswi smp di daerah itu keluar dari tempat fotocopy. aku pun langsung memacu motorku ke tempat tersebut dengan sedikit cepat.

tempat fotocopy

Baca Juga :Pengalaman Kerja Part Time Guru Les di Perancis, Ini Caritaku!

Ditempat tersebut ada banyak siswa dan siswi yang mau menfotocopy, aku pun harus menantri cukup lama dan akhirnya giliranku tiba.

“mas tolong fotocopy masih-masih 10 lembar ya mas “ kataku ke pekerja di fotocopy tersebut.

“iya mas,tunggu dulu ya mas” balas pekerja tersebut.

“iya mas” ucapku sambil duduk di tempat kursi ditempat tersebut.

 

Sekitar 10 menit aku menunggu sambil membaca koran kompas.mas pekerja tersebut menghampiri ku sambil menyodorkan dokumen ku yang telah di fotokopi.

“ini ya mas,masih-masing 10 lembar” ucap pekerja tersebut.

“ohh iya mas terimakasih” balasku sambil melipat koran kompas yang aku baca tadi.

 

Aku pun membayar biaya fotocopy dan membeli beberapa lembar folio untuk aku pakai sebagai surat lamaran kerja. Bergegaslah aku ke tempat parkir.motor dikeluarkan dan aku pun melaju untuk pulang menuju kerumah.

Dirumah aku mulai membuat surat lamaran kerja ku.saat itu ku belum tahu cara mebuatnya.akhirnya aku tanya ibuku untuk selesaikan masalah ini.

 

“bu,kalau mau buat surat kamaran kerja itu bagaimana ya?” tanya ku.

“itu lho, di dalam lemari kakakmu ada surat lamarankerjanya kakamu,kmu contoh aja” katanya sambil santai diruang keluarga.

 

Aku pun mencarinya dilemari kakakku dan ketemulah itu suran kamaran kerja kakakku.c orat-coret bolpen di atas kertas folio.

buat sekitar 10 lembar dan ku tulis tangan sendiri.proses itu memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam.lega rasanya jika persiapan ku untuk berangkat ke jobfair telah selesai, saat itu pun aku beristirahat dulu,besok acaranya dimulai.

Bangun tidur sekitar 9 pagi dan mulai bersiap berangkat.karena saat itu kebetulan ada pesan whatsaap dari teman untuk menghadiri acara di daerah gunung pati maka aku putuskan untuk ke acara jobfair sedikit terlambat. Derap langkah menuju kendaraan motor dan aku keluarkan dari rumah.berangkatlah diriku ke gunung pati dengan santai.

singkat cerita setelah selesai dari acara gunung pati , aku langsung menuju acara jobfair di pedurungan dengan santai.karena jarak perjalanan lumayan jauh maka perlu waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Bbplk pedurungan

Baca Juga : Pengalaman Kerja Tour Leader di PT Palawi T&T, Travelling Gratis Dibayar Pula

Sampailah perjalanan ku didepan gerbang bbplk ,stang motor ku belokkan kekiri dan masuklah ke daerah bbplk.didepan pos satpam saya tanya kepada pak satpam.

“pak permisi,ruangan di selenggarakan jonfair dimana ya pak?” kata ku berusaha sopan.

“ohh jobfair ya,ini kamu lurus aja ada pertigaan belok kanan aja “ jawab pak satpam dengan
Ramah.

“oh gitu,terimakasih ya pak” balasku.

“ya sama-sama” jawab pak satpam.

Sampai di tempat yang dimaksud terlihat banyak peserta untuk mendaftar. kuparkirkan motor ke tempat parkir dan ku menuju gedung tempat jobfair berlangsung.

sebelum masuk ke gedung,diharuskan mendaftar terlebih dahulu bisa offline atau online.kalau offline harus mengisi form pendaftaran akan tetapi kalau online mengisi form pendaftaran via online.karena aku pikir lebih enak online maka aku pilih online.

setelah selesai mengisi form pendaftaran online,diharuskan menunjukkan bukti bahwa telah mengisi form pendaftaran.setelah sudah di cek,akan mendapat stempel di tangan. ku dorong badanku ke pintu masuk gedung disana disuruh kasih tunjuk stempel ditangan setelah lolos,baru bisa masuk.

“sudah dapat stempel mas?” kata security.

“ini mbak” (sambil kasih tunjuk tangan kiri ku yang terstempel).

“oke mas,silahkan masuk” ucap security.

“terimakasih mbak”balasku.

Lalu masuklah aku ke dalam gedung.di depan persis pintu masuk ada sebuah map letak-letak meja perusahaan yang membuka lowongan.

disitu saya liat banyak sekali perusahaan kecil maupun besar.karena saya tertarik untuk perusahaan besar maka aku hapalkan dulu dimana letak perusahaan-perusahan besar berada.

setelah yakin aku menuju meja perusahaan yang aku hapalkan.

Tak lupa aku siapkan dokumen ku untuk persiapan aku melamar pekerjaan.

Setelah mengunjungi tenant beberapa perusahaan dan memberikan semua dokumenku keperusahaan pilihan ku sampai surat lamaran kerja ku habis.tak lupa aku bawa beberapa brosur perusahaan dengan maksud mau aku baca-baca lagi dirumah.

Baca Juga : Pengalaman Tes CPNS Kemenkumham, Begini tahap Seleksinya!

 

 

 

 

 

Kumpulan brosur yang aku kumpulkan dari bbplk

Akan  tetapi saat mau bergegas pulang,ada satu perusahaan lagi yang cukup menarik buat aku.karena mereka mebutuhkan tenaga dibidang yang aku dulu pernah belajar.Sebut saja perusahaan A , ku coba tanya-tanya ke penjaga tenant perusahaan A begitu yakin aku mau coba lamar.

karena surat lamaran kerja ku sudah habis.aku diberi petunjuk untuk datang langsung ke perusahaan A dan beri dokumen lamaran kerja ke satpam.aku menyanggupi saran tersebut dan bergegas pulang ke rumah.Tidak terasa sudah mau sore saat keluar dari kawasaan bbplk pedurungan Semarang.

Keesokkan harinya aku menuju ke perusahhan A pada waktu pagi hari.tempatnya ternyata cukup dekat dengan rumah,sehingga tidak perlu waktu lama untuk sampai sana. Aku parkirkan sepeda motor ke tempat parkir dan menuju pos satpam.

“pak permisi kalau mau melamar pekerjaan di perusahaan ini,bagaimana ya pak?” kata ku berusaha sopan.

“udah di bawa semua dokumennya ?” tanya pak satpam.

“ohh sudah pak,ini pak dokumennya”kataku sambi menyodorkan dokumen.

“ok mas.ditunggu aja.nnti dipanggil lewat telpon kalau lolos tahap selanjutnya.” Kata pak satpam.

“iya pak,terimakasih.saya permisi dulu” ucapku berusaha sopan.

“iya sama-sama”.kata pak satpam.
Pulanglah aku dari perusahaan A.

“sekarang tinggal tunggu aja” kataku dalam hati.

Itulah cerita singkat ku tentang pengalaman mencari pekerjaan di bbplk pedurungan semarang.semoga bermanfaat dan mohon maap jika ada kesalahan kata. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *