Biaya Asuransi Mobil All Risk BCA & Simulasinya

Apakah biaya asuransi mobil all risk BCA sesuai budget? Ketahui kisaran biaya yang perlu Anda persiapkan dan cara menghitungnya di sini.

Asuransi mobil all risk BCA merupakan pilihan tepat untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kendaraan. Namun sudahkah Anda mengetahui besaran premi yang harus dibayarkan? Simak informasi seputar asuransi mobil BCA untuk jenis all risk atau comprehensive pada artikel berikut ini.

Mengenal Asuransi Mobil All Risk BCA

BCA Insurance berdiri pada 1 Desember 1998 dengan nama sebelumnya PT Asuransi Ganesha Ciptadanamas.

Perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum ini berganti nama menjadi PT Transpacific General Insurance pada tahun 2006, sementara di tahun 2010 perusahaan diambil alih oleh Dana Pensiun BCA dan BCA Finance sehingga namanya berubah menjadi PT Central Sejahtera Insurance.

Pada tanggal 11 Desember 2013 PT Central Sejahtera Insurance berubah nama menjadi BCA Insurance setelah terjadi perubahan kepemilikan saham, di mana BCA memiliki saham sebesar 75% di perusahaan ini. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan, antara lain asuransi kendaraan bermotor, asuransi gempa bumi, asuransi properti, dan lain sebagainya.

Salah satu produknya yaitu asuransi mobil all risk atau comprehensive, di mana asuransi ini memberikan perlindungan terhadap berbagai kerusakan dan kerugian pada kendaraan.

Tidak hanya kerusakan ringan hingga berat, asuransi mobil all risk juga menjamin penanggungan atas pencurian dan bencana alam. Karenanya asuransi mobil all risk BCA merupakan pilihan asuransi terbaik untuk memaksimalkan perlindungan mobil Anda.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Paylater BCA, Ada Promo Bunga 0 Persen

Manfaat Asuransi Mobil BCA Finance

BCA Insurance memberikan manfaat proteksi yang hanya didapat oleh pemilik kendaraan resmi dan telah terdaftar sebagai nasabah atau pemegang polis asuransi mobil BCA. Dilansir dari bcainsurance.co.id, beberapa manfaat dari asuransi mobil all risk BCA antara lain:

  1. Menjamin kerugian dan/atau kerusakan akibat tabrakan, mobil terbalik, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran
  2. Menjamin kerugian dan/atau kerusakan saat mobil berada di atas kapal untuk penyeberangan di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Apabila menginginkan perluasan jaminan dengan manfaat asuransi tambahan, maka Anda akan dikenai biaya premi tambahan. Perluasan jaminan meliputi penanggungan terhadap risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga, kerusuhan/huru-hara, kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, serta bencana alam.

Baca juga: Tabel Pinjaman Bank BCA

Biaya Asuransi Mobil All Risk BCA

Asuransi mobil all risk merupakan jenis asuransi yang banyak dipilih oleh pemilik mobil karena memberikan perlindungan secara menyeluruh pada kendaraan.

Untuk mengetahui besaran biaya asuransi mobil All Risk BCA, Anda dapat mengecek secara online melalui website resmi BCA. Beberapa langkah berikut ini akan membantu Anda:

  1. Kunjungi halaman Kalkulator Asuransi Kendaraan Bermotor BCA https://www.bcainsurance.co.id/product/detail/asuransi-kendaraan-bermotor/kalkulator-asuransi-kendaraan-bermotor
  2. Pilih pelat kendaraan Anda, misal Pelat B untuk wilayah Jakarta
  3. Tipe kendaraan secara otomatis terisi Non Bus & Non Truck untuk kendaraan pribadi
  4. Selanjutnya masukkan tahun kendaraan mobil Anda, misal 2023
  5. Kemudian masukkan nilai pasar harga mobil, misal Rp 200.000.000
  6. Pilih jaminan pokok Comprehensive
  7. Apabila ingin menambahkan jaminan perluasan, ada 5 pilihan yang tersedia:
    • Angin Topan, Badai, Hujan Es, dan atau Tanah Longsor
    • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, dan Tsunami
    • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
    • Terorisme dan Sabotase
    • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
  8. Apabila sudah selesai, klik tombol Kirim.
Baca juga:  4 Cara Cek Saldo Prudential Lewat HP, Lebih Cepat & Praktis

Secara otomatis akan muncul besaran premi yang harus dibayarkan untuk jangka waktu pertanggungan selama 1 tahun. Harga premi dapat berubah sesuai dengan proses underwriting BCA Insurance.

Simulasi Asuransi Mobil BCA

Selain mengecek biaya asuransi Mobil All Risk BCA melalui website, Anda juga dapat menghitungnya sendiri berdasarkan tabel persentase asuransi all risk yang dikeluarkan oleh OJK. Otoritas Jasa Keuangan sendiri telah menetapkan tarif premi berdasarkan lokasi kendaraan bermotor dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  2. Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten; dan
  3. Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Berikut persentase asuransi mobil all risk dari OJK:

KATEGORIUANG PERTANGGUNGANWil 1
BB
Wil 2
BA
Wil 1
BB
Wil 2
BA
Wil 1
BB
Wil 2
BA
CAT 1<Rp125 juta3,82%4,20%3,26%3,59%2,53%2,78%
CAT 2Rp125 juta – Rp 200 juta2,67%2,94%2,47%2,72%2,69%2,96%
CAT 3Rp 200 juta – Rp 400 juta2,18%2,40%2,08%2,29%1,79%1,97%
CAT 4Rp 400 juta – Rp 800 juta1,20%1,32%1,20%1,32%1,14%1,25%
CAT 5>Rp 800 juta1,05%1,16%1,05%1,16%1,05%1,16%
(BB : Batas Bawah, BA : Batas Atas)
Biaya Asuransi Mobil All Risk BCA

Misalkan Anda adalah warga yang tinggal di Jakarta dan baru saja membeli mobil seharga Rp 200 juta. Berapa harga asuransi mobil per tahun yang harus Anda bayar?

  • Persentase terendah: 2,47% X Rp 200.000.000 = Rp 4.940.000 per tahun
  • Persentase tertinggi : 2,72% X Rp 200.000.000 = Rp 5.440.000 per tahun

Biaya tersebut belum termasuk biaya administrasi dan biaya lainnya, termasuk jika Anda menginginkan perluasan jaminan. Mengeluarkan biaya sekitar Rp 5 juta per tahun tentu sebanding dengan besarnya manfaat yang Anda dapat dari asuransi mobil all risk BCA.

Baca juga:  2 Cara Mencairkan Saldo Flazz BCA ke Rekening Atau E-Wallet

Cara Bayar Premi Asuransi Mobil BCA

Anda dapat membayar premi dengan menghubungi jasa asuransi atau mengunjungi kantor cabang atau kantor pusat BCA. Jika ingin lebih efisien, Anda dapat menggunakan aplikasi BCA Life Mobile Services untuk membayar premi secara praktis melalui langkah-langkah yang ditampilkan di layar.

Cara Cek Polis BCA Insurance:

Pengecekan polis dapat Anda lakukan secara mandiri tanpa mendatangi kantor cabang penyedia asuransi, caranya cukup dengan mengakses website resmi BCA pada https://e-polis.bcainsurance.co.id/ dan ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Cek polis dengan memilih salah satu dari tiga pilihan data, yaitu nomor polis, nomor kontrak, atau nomor KTP
  2. Selanjutnya pilih nomor rangka atau nomor mesin
  3. Klik Proses untuk segera melakukan permintaan pengecekan polis.

Baca juga: Cara Cek Angsuran BCA Finance

Cara Klaim Asuransi Mobil BCA Insurance

Asuransi mobil all risk BCA memberikan proteksi pada kerusakan sekecil apa pun, karenanya penting bagi Anda untuk mengetahui cara klaim asuransi. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengajukan klaim asuransi mobil all risk BCA:

  1. Membuat laporan klaim melalui call center BCA Insurance di nomor 1500888
  2. Menyiapkan beberapa dokumen seperti SIM, KTP, STNK, serta polis asuransi mobil yang dimiliki. Anda juga dapat menyertakan foto kerusakan mobil sebagai syarat pengajuan klaim.
  3. Pihak asuransi akan melakukan survei yang nantinya akan diajukan proses pembuatan Surat Perintah Kerja (SPK)
  4. Nasabah membawa mobil ke bengkel rekanan dengan membawa Surat Perintah Kerja (SPK) dari BCA Insurance
  5. Mobil dapat diambil dari bengkel rekanan setelah perbaikan selesai dilakukan. Jangan lupa membayar biaya own risk kisaran Rp 250 – 300 ribu setiap pengajuan klaim.

Demikianlah informasi terkait biaya asuransi mobil all risk BCA yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli asuransi kendaraan. Pastikan kendaraan terproteksi secara maksimal sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko yang terjadi di masa mendatang.

Bagikan:

Tinggalkan komentar