Cara Cek Saldo Asuransi AIA

Untuk Anda yang saat ini tengah mencari informasi mengenai cara cek saldo asuransi AIA dan pencairannya, disini kami akan memberikan penjelasannya. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apa itu AIA.

PT. AIA FINANCIAL atau biasa disebut dengan AIA adalah salah satu anak perusahaan AIA Group yang telah menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. Ini karena, perusahaan AIA telah memiliki ribuan peserta asuransi. Perusahaan AIA sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga segala aktivitas dari perusahaan ini sangat bisa dipercaya dan tidak akan menimbulkan ketakutan kepada nasabahnya.

Cara Cek Saldo Asuransi AIA

cara cek saldo asuransi AIA

Untuk mempermudah dan menjangkau peserta asuransi, AIA menyediakan banyak layanan agar bisa diakses dari manapun dan kapanpun secara mudah dan cepat. Termasuk untuk mengecek saldo AIA itu sendiri. Berikut adalah cara cek saldo asuransi AIA yang bisa Anda terapkan:

1. Cara cek saldo asuransi AIA melalui situs resmi AIA

Cara cek saldo asuransi AIA melalui situs resmi AIA

Inilah cara pertama cek saldo AIA yang bisa Anda terapkan, yaitu melalui situs resmi AIA. Anda bisa mengunjungi situs resmi AIA, baik melalui browser HP atau laptop.

Setelah Anda klik dan dibawa ke halaman website AIA, silakan klik pada menu My AIA yang ada pada bagian atas untuk melakukan registrasi. Isi data diri Anda secara lengkap dan benar, serta ikuti semua instruksi yang telah diberikan.

Jika registrasi akun Anda berhasil, Anda sudah mulai bisa cek saldo. Klik bagian menu cek saldo, maka disana Anda akan diberikan informasi mengenai jumlah saldo Anda.

2. Cara cek saldo asuransi AIA melalui call center

call center aia

Bagi Anda yang tidak mau ribet membuat akun di situs AIA, Anda bisa juga menggunakan cara yang satu ini untuk cek saldo AIA, yaitu dengan telepon ke call center AIA 1500980. Pastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan panggilan ya.

Baca juga:  Cara Cek Saldo Asuransi Chubb Life

Saat panggilan Anda mulai terhubung dengan mesin penjawab otomatis dari AIA, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengikuti instruksi yang diberikan. Setelah itu, Anda bisa menanyakan maksud dan tujuan Anda kepada CS yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Jika kalian ingin menghubungi call center AIA secara gratis, Anda bisa menggunakan layanan Tanya Anya melalui aplikasi Whatsapp di nomor +6281119601000.

3. Cara cek saldo asuransi AIA dengan datang langsung ke kantor AIA

cara cek saldo asuransi AIA

Anda juga bisa cek saldo AIA dengan datang langsung ke kantor AIA. Menurut laman resmi AIA, sejauh ini kantor cabang AIA hanya tersedia di kota besar. Berikut adalah daftar kantor cabang AIA yang ada di Indonesia:

  • AIA Central beralamat di Jl. Jend. Sudirman Kav. 48A, Jakarta Selatan, 12930.
  • AIA Bandung beralamat di Wisma Monex Lantai 11, Jl. Asia Afrika No. 133-137, Bandung, 40112.
  • AIA Surabaya beralamat di Sinarmas Land Plaza Lantai 14, Jl. Pemuda No. 60-70, Surabaya.
  • AIA Medan beralamat di Jl. Iskandar Muda No. 31, Medan.

Anda bisa mengunjungi alamat kantor cabang AIA terdekat dengan tempat tinggal. Tanyakan langsung kepada customer service mengenai sisa saldo yang Anda miliki.

4. Cara cek saldo asuransi AIA melalui agen asuransi

Terakhir, Anda bisa cek saldo AIA melalui agen asuransi yang telah membantu memproses asuransi Anda sebelumnya. Saat menggunakan cara ini, Anda akan dimintai beberapa data untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Namun sebelum menanyakan saldo kepada agen asuransi AIA, lebih baik Anda memastikan terlebih dahulu bahwa agen asuransi AIA yang ingin Anda tanyakan memang masih aktif bekerja di PT AIA Financial guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyalahgunaan data diri.

Baca juga:  Mudah Banget! Ini 4 Cara Cek Saldo Prudential Lewat HP

Baca juga: Cara Mencairkan Koperasi Alfamart

Cara Pencairan Asuransi AIA

Banyak juga diantara Anda yang mungkin bertanya,’Apakah saldo asuransi AIA dapat dicairkan?’ Jawabannya adalah bisa dicairkan.

Setelah Anda mengetahui saldo AIA, Anda bisa mengklaim atau mencairkan saldo tersebut. Lalu, bagaimana proses pencairannya? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pengajuan dokumen

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim maupun pencairan. Dokumen yang dibutuhkan adalah kartu asuransi, kartu identitas, bukti pembayaran premi, dan dokumen pendukung lainnya.

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan lengkap, maka Anda bisa segera mengirim dokumen tersebut ke kantor pusat AIA/ cabang AIA/ agen asuransi AIA agar pencairannya segera diproses.

2. Pemeriksaan kelengkapan dokumen

Setelah dokumen diterima oleh pihak AIA, maka selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen. Jika dokumen Anda belum lengkap, maka Anda akan dihubungi melalui telepon oleh pihak AIA untuk melengkapi dokumen tersebut. Jadi pastikan nomor yang Anda cantumkan dapat dihubungi selama proses pencairan asuransi AIA ya.

Untuk batas melengkapi dokumen, biasanya adalah 30 hari kerja. Jika dalam batas waktu yang ditentukan dokumen belum juga lengkap, maka pihak AIA akan mengirim balik dokumen Anda. Namun sebaliknya, jika sudah lengkap, maka Anda akan diberi sms berupa konfirmasi dokumen sudah diterima dan siap diproses.

3. Keputusan hasil pengajuan klaim

Pihak AIA akan menganalisa pengajuan klaim atau pencairan saldo Anda. Jika proses analisa telah selesai, pihak AIA akan segera mengeluarkan hasilnya dengan menghubungi nomor kontak atau mengirim ke alamat tempat tinggal Anda.

4. Penerimaan klaim

Setelah hasil keputusan pencairan disetujui, maka pihak asuransi akan membayarkan klaim yang disetujui ke konsumen. Untuk proses pencairan biasanya pembayaran akan dilakukan selama 8-11 hari kerja.

Baca juga:  Cara Cek Saldo Asuransi Chubb Life

Itulah cara cek saldo asuransi AIA dan pencairannya. Bagaimana, tergolong mudah dan cepat, kan? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda kedepannya. Jadi, Anda sudah tidak perlu merasa kesulitan lagi jika harus mengecek saldo maupun mencairkan/ mengklaim saldonya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar