Mau Buka Franchise Mixue? ini Harga dan Cara Daftarnya

Melihat viralnya Mixue, tertarikkah Anda membuka cabang franchise gerai Mixue di kota domisili Anda? Jika iya, Anda wajib untuk membaca review franchise Mixue berikut ini, karena kami akan memberikan ulasan mengenai biaya, cara mendaftar, syarat, hingga keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. 

Syarat dan Harga Franchise Mixue

franchise mixue

Untuk membuka franchise Mixue, Anda pun harus memenuhi syarat franchise Mixue itu sendiri. Berikut detail syaratnya: 

Syarat Daftar Franchise

  • Luas gerai setidaknya 25 meter persegi, lebar 3.8 meter, dan tinggi plafon 2.7 meter. 
  • Ada sumber air bersih, sanitasi yang baik, dan daya listrik 33.000 watt. 
  • Pembuatan desain gerai akan dibantu oleh kontraktor dari Mixue agar sesuai dengan standar yang ditetapkan. 
  • NPWP perorangan atau badan usaha untuk melaksanakan kontrak kerja sama.

Harga Franchise Mixue

Lantas, berapa harga dari franchise gerai Mixue Ice Cream & Tea? Biayanya sekitar Rp 600 – 800 juta per gerai. Jumlah ini sudah mencakup nilai keseluruhan investasi awal pembangunan gerai. Bahkan, terkadang juga pihak Mixue memberikan potongan harga dan buku resep, menu, seragam karyawan, perlengkapan pembuatan produk, hingga pendampingan dari manajemen. 

Di bawah ini adalah rincian biaya jika Anda ingin franchise gerai Mixue:

Tarif standarIbukota ProvinsiKota dan Kabupaten lain
Biaya Management per TahunRp 24.000.000Rp 18.000.000
DepositRp 40.000.000Rp 40.000.000
Biaya PelatihanRp 3.000.000Rp 3.000.000
Biaya Peralatan (Mesin)+/- Rp 183.000.000+/- Rp 183.000.000
Bahan Baku Gelombang Pertama+/- Rp 130.000.000+/- Rp 130.000.000
Estimasi renovasiRp 350.000.000Rp 200.000.000
TotalRp 730.000.000Rp 574.000.000
  • Pembelian bahan baku disesuaikan dengan kebutuhan toko.
  • Harga yang tertera pada tabel sudah termasuk pajak dan dapat berubah sesuai kondisi pasar dan regulasi dari perushaan.
  • Biaya manajemen 3 tahun dibayarkan sekaligus di awal sebelum pemesanan bahan baku dan mesin.
  • Pembatalan kerjasama secara sepihak setelah pembayaran deposit namun sebelum ttd kontrak akan berimplikasi pada  pemotongan pengembalian deposit sebesar 5 juta rupiah.
  • Biaya sewa ruko senilai Rp 75 – 150 juta per tahun, tergantung dari lokasi. Disebutkan, bahwa biaya survei per titik juga berbeda. Misalnya, jika Anda ingin buka franchise Mixue Surabaya, Anda akan dikenakan biaya survei Rp 3 juta, karena berada di pulau Jawa. Sementara, jika Anda ingin membuka franchise Mixue Bali, Anda akan dikenakan biaya survei Rp 4 juta, karena berada di luar pulau Jawa. 
Baca juga:  10 Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari & Banyak Diminati

Harga bisa berubah mengikuti kondisi pasar dan keputusan akhir berada di tangan perusahaan. 

Disamping itu, setiap pemilik gerai nantinya akan dikenakan biaya tambahan jika sudah berbisnis franchise ini. Seperti gaji karyawan Mixue dan biaya aplikasi kasir sebesar Rp 2.000.000 per tahun yang dibayarkan bersamaan dengan Biaya Management.

Cara Daftar Franchise Mixue

Cara Daftar Franchise Mixue

Berikut ini cara mengajukan pendaftaran Franchise Mixue di Indonesia.

1. Lakukan konsultasi kemitraan melalui kontak berikut: 

Berikut kontak dan nomor WA Franchise Mixue yang resmi. Kamu dapat menghubungi pihak Mixue secara langsung tanpa perantara pihak ketiga melalui nomor dan medsos dibawah ini.

  • WA atau nomor 0819-9360-6666 
  • Instagram @mixueidonesia 
  • TikTok @mixueindonesia
  • Email: mixueindonesia@gmail.com, zihengpacific@gmail.com(China)

2. Kirim surat permohonan diri sebagai Mitra Mixue

Hubungi pihak Mixue melalui Whatsapp atau Email dan kirim surat atau pesan untuk mendaftar menjadi Mitra Franchise Mixue.

daftar franchise Mixue

3. Menunggu proses survei dari pihak Mixue

Pihak Mixue akan melakukan evaluasi terkait gerai yang akan dijadikan usaha dan sebagainya. Berikut biaya dan ketentuannya:

WilayahBiaya Survei (per 1 Titik)
Jawa Barat, JakartaRp 2.000.000
Provinsi lain di pulau JawaRp 3.000.000
Provinsi di pulau lain luar JawaRp 4.000.000
Tabel biaya survei Mixue

Catatan:

  1. Jadwal survey diinfokan H-3 sebelum survey, pengunduran jadwal survey dapat dilakukan 1 kali, dengan maksimal waktu H+7 dari penjadwalan pertama. Melebihi batas tersebut hak titik survey dianggap telah dilepaskan oleh calon mitra.
  2. Mitra yang menerima hasil approval dari survey wajib membayarkan deposit untuk titik tersebut maksimal 3 hari kerja dariwaktu pemberitahuan, jika tidak hak atas titik survey tersebut dianggap telah dilepaskan oleh calon mitra.

4. Tanda Tangan Kontrak Franchise

Penandatanganan kontrak yang disetujui oleh pihak Mixue dan mitra. Setelah itu, manajemen akan membantu proses dekorasi toko/gerai yang akan digunakan.  Mitra mendapatkan pelatihan teori dan praktik berkaitan dengan pengoperasian gerai. 

Baca juga:  Ide Usaha Franchise Non Makanan

Baca juga: Pengalaman Franchise Indomaret

Keuntungan Franchise Mixue Indonesia

Berbagai keuntungan yang diberikan Mixue berikut bisa Anda pertimbangkan, jika ingin menjalankan bisnis ini, tapi masih ragu dengan modal dan kedepannya nanti:

  1. Berapa harga franchise Mixue ice cream & tea? Harga franchise mixue Indonesia sebenarnya normal dan layak, karena hanya di angka Rp 700 – 800 juta per gerai. Anda sudah mendapatkan semuanya secara lengkap, mulai dari gerai, peralatan, dan lainnya. 
  2. Produk yang dijual cukup murah. Untuk harga franchise gerai mixue ice cream sendiri mulai dari Rp 8 ribu saja dan potensi terjualnya tinggi, karena dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Dengan begitu, semakin murah harga produknya, semakin luas jangkauan pasarnya. 
  3. Menunya variatif, sehingga konsumen tidak bosan untuk datang ke Mixue, karena banyak menu yang bisa dicicipi. 
  4. Brand identity Mixue kuat. Hampir setiap kota sudah ada gerai Mixue. Bahkan, Mixue ini juga viral di sosial media. Jadi, Anda sudah tidak perlu bingung bagaimana memasarkannya dari awal. 
  5. Prospek yang menjanjikan. Dalam sebulan, para pemilik gerai bisa mendapat omset Rp 300 juta. 
  6. Profit gerai bersih untuk pemilik sendiri, karena sistem franchisenya berbentuk usaha mandiri, bukan bagi hasil/royalti dengan kontrak kerja selama 3 tahun. Ketika ingin memperpanjang, nantinya Anda hanya perlu membayar biaya manajemen tahunan. 

Baca juga: Cara Menjadi Agen Es Krim Diamond

Strategi Marketing Mixue

Sebelum mereview lebih lanjut tentang franchise gerai Mixue, ada baiknya untuk Anda mengetahui gambaran singkat tentang strategi marketing yang diterapkan oleh Mixue hingga dijuluki sebagai ‘malaikat pencatat ruko kosong’ untuk memperbanyak cabang Mixue. 

Dikutip dari tempo.co, seorang dosen strategi pemasaran Universitas Airlangga, Sri Hartini, memberikan tanggapan tentang strategi marketing Mixue. Ia berpendapat, bahwa Mixue-isasi adalah sebuah fenomena yang menarik dalam dunia marketing. Hal ini karena perusahaan terkait berhasil menerapkan konsep-konsep marketing secara tepat. 

Baca juga:  Peluang Usaha Ayam Potong Sangat Menguntungkan! Ini Dia Caranya!

Ada empat tools yang paling banyak diterapkan perusahaan dalam strategi marketing, yaitu price, product, place, dan promotion. Nah, Mixue berhasil menerapkan keempat tools tersebut dengan baik. 

1. Price

Dari segi price, harga Mixue terkenal relatif lebih murah daripada kompetitor. Dalam teori marketing strategy, ini disebut dengan penetration pricing. Jika kedepannya kompetitor tidak ada, bisa jadi Mixue akan mulai menaikkan harganya. 

Harga murah ini juga bisa dipengaruhi karena banyaknya cabang yang ada. Hampir di tiap kota ada gerai Mixue. Jika Mixue ingin laku keras dan memotong biaya produksi, maka kuantitas produksi harus lebih banyak. Kuantitas produksi semakin banyak, biaya produksinya akan semakin murah.

2. Product

Dari segi produk. Rasa produk Mixue tidak kalah dari produk-produk pesaingnya. Meski harganya murah, tapi produknya bagus dan mampu bersaing di pasaran. Pun, variannya juga banyak, sehingga semakin banyak juga orang-orang yang akan semakin tertarik untuk mencoba masing-masing variannya.

3. Place

Distribusi perusahaan Mixue berhasil mengandalkan kekuatan kemitraan atau relationship yang banyak, sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang mahal dan bagus. Hanya perlu tempat yang ramai dan strategis untuk bisa berekspansi secara masif. 

4. Promotion

Mixue menggunakan media social marketing, seperti IG, Tiktok, dan lainnya. Dengan begitu, produknya akan mudah dikenal dan viral. 

Nah, bagaimana tanggapan Anda setelah melihat ulasan di atas? Franchise ini memang menjanjikan ya. Jika Anda ingin membangun bisnis, franchise Mixue bisa Anda jadikan rekomendasi. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar