Keuntungan Franchise Indomaret, Apakah Masih Menjanjikan?

Indomaret menjadi salah satu toko ritel yang menawarkan bisnis franchise yang menjanjikan di Indonesia. Sebagai perusahaan yang menawarkan sistem franchise, Indomaret terus berupaya untuk menjadi pewaralaba yang kreatif.

Misalnya, terus memberikan nilai tambah kepada Franchisor dengan mengembangkan program untuk meberikan keuntungan franchise Indomaret yang lebih besar.

Apabila Anda ingin bergabung menjadi pewaralaba di Indomaret tentu akan memperoleh banyak keuntungan dari program-program kreatif yang diusung.

Jalankan setiap programnya dan nikmati hasilnya. Namun, sebelum menjadi pewaralaba, akan lebih baik untuk Anda mengenal terlebih dahulu konsep bisnisnya.

Mengenal Bisnis Franchise Indomaret

Bisnis franchise adalah suatu hubungan kontrak kerja antara pemilik (franchisor) dengan penerima (franchisee). Umumnya bisnis franchise merupakan bisnis dengan pertukaran uang sesuai perjanjian untuk sebuah usaha sesuai jangka waktu tertentu.

Tujuan dari bisnis franchise umumnya untuk mengekspansi suatu brand yang dilakukan dengan cara mengizinkan orang lain menjual produk dengan kualitas yang sama. Dengan kata lain, bisnis franchise mempunyai tujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Karena, dengan banyaknya spot bisnis franchise akan memudahkan konsumen dalam berbelanja sesuai kebutuhan dimanapun berada.

Sebagai calon franchisor, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis franchise yang ditawarkan oleh Indomaret.

Sebab, Anda juga tahu bahwa toko ritel Indomaret yang telah tersebar di banyak wilayah di Indonesia selalu melakukan ekspansi bisnis dan ini menjadi franchise toko ritel yang menjanjikan.

Peluang Bisnis Franchise Indomaret

keuntungan franchise indomaret

Indomaret menjadi salah satu anak perusahaan dari Salim Group yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Indomaret berdiri pada 1988 di Ancol, Jakarta Utara.

Setelah 9 tahun berdiri, pada 1997, Indomaret telah memiliki lebih dari 230 gerai. Atas pencapaian ini, perusahaan mulai mengembangkan bisnis franchise toko ritel. Hingga awal tahun 2017, jumlah toko yang dimiliki telah mencapai 13.000 toko.

Mitra bisnis franchise Indomaret ada banyak, seperti koperasi, badan usaha, hingga perorangan. Begitu pula dengan sebaran toko ritel, juga menyebar secara rata, mulai dari Sulawesi, Kalimantan, Madura, Bali, Lombok, Jawa, hingga Sumatera.

Baca juga:  10 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Sistem bisnis seperti ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda. Apalagi adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang kekinian menjadikan bisnis franchise Indomaret semakin potensial untuk dikembangkan.

Saat ini, Indomaret menjadi sesuatu hal  yang umum dan banyak dicari oleh masyarakat. Dimanapun mereka berada, Indomaret selalu menjadi rujukan utama.

Tingginya kecenderungan masyarakat seperti ini menjadi angin segar jika Anda ingin membuka bisnis franchise di lokasi baru yang memang belum ada toko ritel Indomaret dan berpotensi menjadi lalu lalang masyarakat.

Baca Juga: Cara Menjadi Agen Lion Parcel

Keuntungan dan Kerugian Franchise Indomaret

Selain peluang bisnis yang cukup lebar dengan potensi keuntungan yang menjanjikan, tentunya minimarket seperti Indomaret ini juga menawarkan beberapa keuntungan dan kerugian franchise indomaret bagi mitra bisnisnya.

Keuntungan Franchise Indomaret

Jika Anda menjadi mitra bisnis, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan franchise Indomaret sebagai berikut:

  1. Mempunyai Brand Authority yang begitu jelas.
  2. Brand sudah dikenal masyarakat luas.
  3. Pihak Indomaret akan membantu Anda dalam melakukan survei lokasi sehingga potensi pasar dapat lebih maksimal.
  4. Promosi tingkat nasional.
  5. Investor tidak harus terlibat full time karena adanya dukungan sistem operasional yang telah terintegrasi.
  6. Adanya transfer pengetahuan sehingga Anda akan lebih paham terkait hal apa saja yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku bisnis.
  7. Adanya dukungan yang penuh dari pihak Indomaret sehingga risiko kerugian dapat diminimalisasi.
  8. Peluang berkembang yang terbuka lebar, sehingga investor dapat mempunyai lebih dari satu toko.

Tidak hanya poin-poin keuntungan franchise Indomaret di atas yang bisa Anda dapat. Bahkan, pihak Indomaret juga memberikan target khusus kepada pelaku bisnis agar per harinya bisa mencapai penghasilan dengan omset tertentu.

Jika Anda serius menggarapnya, target-target tersebut pasti bisa Anda capai dan ini menjadi keuntungan tersendiri dari segi pendapatan.

Seperti halnya salah satu pebisnis franchise Indomaret yang satu ini, Yuliane Setyoaji. Beliau bahkan pernah memberikan testimoni keberhasilan mengelola bisnis ini dengan memperoleh omset perhari lebih dari Rp 8,5 juta, sesuai dengan target yang direncanakan oleh perusahaan.

Baca juga:  Cara Tarik Tunai Akulaku di Indomaret Langsung Cair

Untuk informasi modal, keuntungan dan BEP silahkan simak pengalaman Franchise Indomaret.

Kerugian Franchise Indomaret

Kerugian saat menjalankan bisnis franchise Indomaret sangat bergantung pada berbagai aspek. Berikut beberapa potensi kerugian yang dapat dihadapi oleh pemilik franchise Indomaret:

  1. Modal Awal yang Tinggi: Untuk memulai bisnis franchise Indomaret, Anda harus membayar biaya awal yang cukup tinggi. Ini termasuk biaya lisensi, biaya peralatan, dan biaya persiapan toko. Biaya ini bisa menjadi beban modal awal yang cukup berat.
  2. Biaya Operasional: Selain biaya awal, Anda juga harus menghadapi biaya operasional yang terus-menerus, seperti biaya sewa toko, gaji karyawan Indomaret, persediaan barang, listrik, air, dan lain sebagainya. Biaya operasional ini harus dihemat dengan baik agar tidak melebihi pendapatan yang dihasilkan.
  3. Persaingan yang Ketat: Bisnis ritel seperti Indomaret memiliki persaingan yang sangat ketat. Anda harus bersaing dengan toko ritel serupa, seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan minimarket lain. Persaingan ini bisa mengurangi pangsa pasar anda.
  4. Wajib Bayar Pajak Walaupun Rugi: Pebisnis franchise wajib mematuhi PPN 1% dari omzet. Mesikupun keuntungan dari gerai tersebut berkurang, fixed cost tetap. Pemilik gerai masih diwajibkan membayar pajak sesuai ketentuan awal.
  5. Konsumen Memborong Barang Promo: Seringkali, pembeli hanya membeli barang-barang promo dengan jumlah yang banyak.
  6. Harga Sewa Ruko Naik: Harga sewa ruko di perkotaan cenderung mengalami peningkatan tiap tahun. Ini perlu diperhitungkan, karena harga sewa dapat mempengaruhi penghasilan dari franchise Indomaret.

Baca juga: Usaha Franchise Non Makanan

Syarat dan Tahapan Memulai Bisnis Franchise Indomaret

Tertarikkah Anda dengan keuntungan franchise Indomaret di atas? Jika iya, Anda bisa mulai menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi pewaralaba dan mendapatkan keuntungan franchise Indomaret tersebut. Berikut beberapa persyaratannya:

  1. Anda harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Memiliki lokasi untuk pembukaan toko di area komersial dengan luas 120 hingga 200 m2.
  3. Mempunyai surat-surat izin seperti ruko atau kios atau IMB/ IPB ruang usaha/, SIUP, UUG/ HO, NPWP, TDP, PKP, serta surat pendukung lainnya.
  4. Menyediakan dana investasi berkisar Rp 394 juta.
  5. Mempunyai jiwa wirausaha serta fokus dalam mengembangkan bisnis franchise Indomaret.
Baca juga:  Cara Menjadi Agen Lion Parcel : Syarat, Ketentuan, & Modal

Sedangkan tahapan kerja sama yang akan Anda lalui untuk mendapatkan keuntungan franchise Indomaret kurang lebih seperti ini:

1. Presentasi Pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan dapat segera ditindaklanjuti, untuk calon franchisor yang telah mempunyai usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung.

Misalnya, KTP, KK, Sertifikat Bangunan, IMB, serta (apabila telah ada) SIUP, PKP, TDP, NPWP, serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini mekanisme kerja dijelaskan secara detail. Mulai dari penjelasan besarnya investasi, sistem operasional toko, serta keuntungan per bulan.

2. Presentasi Kedua

Pada tahap ini Anda akan memperoleh penjelasan terkait besarnya nilai investasi yang disesuaikan dengan hasil survei kelayakan serta besarnya RAB (Rencana Anggaran Belanja).

Pada tahap ini juga akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU atau Nota Kesepakatan yang meliputi butir- butir pembagian tugas antara pihak franchisor dengan pihak Indomaret untuk mempersiapkan pembukaan toko.

Mulai dari pengurusan izin, pembelian peralatan toko, renovasi bangunan, seleksi serta training karyawan, dan rencana pembayaran.

3. Pembukaan Toko

Setelah semua rencana yang disepakati terealisasikan, selanjutnya toko siap untuk dibuka untuk kemudian diadakan berbagai program promosi yang ditetapkan oleh pihak Indomaret.

Selain itu juga akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba, mulai dari toko buka hingga jangka waktu 5 tahun kedepan.

Setelah Anda mengenal apa itu bisnis waralaba, peluang bisnis waralaba, keuntungan waralaba Indomaret, dan tahapan sekaligus perencanaan, tentu Anda tidak akan menunda untuk menjadi pewaralaba Indomaret.

Mengingat bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan, maka akan banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar