19 Cara Bayar Akulaku Lewat ATM BRI Lebih Mudah dan Praktis

Akulaku merupakan platform yang menyediakan layanan kredit digital tanpa jaminan untuk belanja di berbagai e-commerce. Selain itu, Anda bisa membayar kredit tersebut dengan cara mengangsur, loh.

Lalu bagaimana cara mengangsurnya? Anda bisa mengangsurnya melalui Gopay, Alfamart, Indomaret, atau bank. Kali ini tipkerja akan membahas tentang cara bayar Akulaku lewat ATM BRI. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Sistem Pembayaran di Akulaku

Cara bayar Akulaku lewat ATM BRI
Tampilan aplikasi Akulaku. (Haidunia)

Sebelum membahas mengenai cara bayar Akulaku lewat ATM BRI, mari simak terlebih dahulu tentang sistem kredit dan pembayaran di platform kredit digital ini.

Akulaku menetapkan besarnya bunga cicilan mulai dari 1,5% per bulan. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan. Semakin besar bunga maka waktu pelunasan akan semakin panjang.

Adapun pembayaran angsuran Akulaku memiliki waktu jatuh tempo setiap tanggal 7. Apabila Anda telat membayar angsurannya, maka Anda akan dikenakan denda sebesar 10% dari total tagihan.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya admin saat membayar angsuran. Sebab Akulaku menetapkan kebijakan bebas biaya admin saat membayar angsuran saat membayar di ATM BRI.

Baca Juga: Cara Bayar Akulaku Lewat Ovo Tanpa Biaya Admin

Cara Mendapatkan Kode VA ATM BRI

Logo BRIVA (BRI Virtual Account) untuk membayar Akulaku (Lifepal)
Logo BRIVA (BRI Virtual Account) untuk membayar Akulaku. (Lifepal)

Jika ingin membayar Akulaku melalui ATM BRI, Anda perlu mengetahui kode pembayaran Virtual Account (VA) terlebih dahulu. Berikut ini cara mendapatkan kode pembayaran VA ATM BRI, yaitu :

  1. Buka aplikasi Akulaku
  2. Lalu, pilih menu Kredit.
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan besaran tagihan Akulaku, pilih menu Tagihanku.
  4. Kemudian pilih Lunasi Sekarang
  5. Setelah itu, akan muncul tampilan rincian tagihan Akulaku, kemudian klik Bayar Sekarang.
  6. Pada halaman pembayaran, pilih Bank Transfer VA (Virtual Account).
  7. Akan ada beberapa pilihan VA, pilih BRI VA.
  8. Kemudian akan ada tampilan nomor BRI Virtual Account, jangan lupa salin atau screenshoot tampilan tersebut.
Baca juga:  10 Cara Menaikkan Limit Akulaku Hingga 15 Juta

Selanjutnya Anda dapat menggunakan nomor Virtual Account tersebut untuk pembayaran melalui ATM. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nomor VA ini melalui internet banking dan mobile banking.

Cara Bayar Akulaku Lewat ATM BRI

Cara bayar Akulaku lewat ATM BRI
Potret seseorang membayar Akulaku di ATM BRI. (Pakai ATM)

Setelah mendapatkan nomor VA BRI, Anda bisa mengunjungi mesin ATM BRI terdekat untuk melakukan pembayarannya. Nah, cara bayar Akulaku Lewat ATM BRI adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan ATM BRI Anda.
  2. Kemudian pilih bahasa dan masukkan PIN.
  3. Selanjutnya klik Menu Lainnya.
  4. Lanjut pilih menu Pembayaran/Pembelian.
  5. Lalu lanjut pilih jenis pembayaran dengan klik Pembayaran/Pembelian Lain.
  6. Klik menu BRIVA.
  7. Masukkan kode BRIVA atau nomor Virtual Account yang sudah Anda dapatkan melalui aplikasi Akulaku. Setelah itu, klik BENAR.
  8. Kemudian akan muncul konfirmasi pembayaran, periksa kembali nomor VA dengan teliti. Jika sudah benar, pilih YA.
  9. Pembayaran selesai, Anda bisa mengambil struk tanda bukti.
  10. Untuk memastikannya, jangan lupa periksa tagihan Anda melalui aplikasi Akulaku.
  11. Periksa riwayat tagihan, maka detail tagihan yang sudah dibayar akan muncul.

Apabila setelah melakukan cara bayar Akulatu lewat ATM BRI di atas, namun Anda masih menemukan beberapa kendala. Anda bisa menghubungi Call Center Akulaku di nomor 1500920.

Keuntungan Bayar Akulaku Via ATM BRI

Potret ATM BRI yang lebih mudah ditemukan (Bisnis Tempo)
Potret ATM BRI yang lebih mudah ditemukan. (Bisnis Tempo)

Anda bisa mendapatkan keuntungan apabila bayar Akulaku via ATM BRI, berikut ini beberapa keunggulan dari pembayaran melalui ATM BRI yaitu :

1. Mudah dan Praktis

Jika Anda mengetahui cara bayar Akulaku lewat ATM BRI dan melakukan pembayaran melalui cara ini, Anda akan mendapatkan kemudahan. Sebab seperti yang kita tahu sendiri, lokasi ATM BRI lebih mudah ditemukan bahkan di daerah pedesaan.

Selain itu, langkah dan proses pembayarannya pun cukup praktis. Anda bisa mengingat langkah-langkah di atas saat melakukan pembayaran.

Baca juga:  Review Shopee PayLater: Syarat, Kelebihan dan Kekurangan

2. Biaya murah

Kelebihan lainnya yang bisa Anda peroleh yaitu biaya gratis, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan uang untuk biaya admin. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar angsuran saja.

3. Lebih aman

Saat membayar Akulaku di ATM BRI, Anda tidak perlu membayar uang tunai seperti saat membayar di Alfamart atau Indomaret. Jadi, pembayaran melalui cara ini jauh lebih aman karena tidak perlu takut akan risiko kehilangan uang.

Itulah pembahasan mengenai cara bayar Akulaku lewat ATM BRI yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan cara ini di ATM Bank lainnya, karena prosesnya tidak jauh berbeda. Sebagai catatan, Anda harus mendapatkan nomor VA bank terkait terlebih dahulu. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar