2 Cara Mencairkan Gopay Coins Terbaru 100% Cair

Cara Mencairkan Gopay Coins – Sejak Kamis, 7 Oktober 2021, Gopay yang merupakan dompet digital dari Gojek telah resmi menjadi salah satu opsi pembayaran belanja online di laman utama platform belanja online Tokopedia. Di Tokopedia, alat pembayaran ini bernama GoPay Coins. Yang juga menjadi pembaruan dari fitur loyalty rewards TokoPoints yang ada di Tokopedia.

GoPay Coins dapat ditukar dengan seluruh transaksi yang Anda lakukan di platform tersebut, baik itu transaksi produk fisik maupun digital. Penukaran coinnya pun bisa digabungkan secara bersamaan dengan promo lain yang ditawarkan, seperti promo Bebas Ongkir. Selain itu, bisa ditukarkan tanpa batas minimal atau maksimal, asalkan saldonya masih cukup.

Nah, lagi-lagi muncul banyak pertanyaan bagaimana cara mencairkan GoPay Coins di Tokopedia. Apakah saldo GoPay Coins ini bisa dicairkan layaknya cara mencairkan GoPay Paylater ke rekening? Di artikel ini kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda.

Apakah GoPay Coins Bisa Dicairkan?

GoPay Coins dan Loyalty rewards TokoPoints memiliki beberapa kesamaan:

  1. Para pengguna bisa mendapat tambahan coin atau poin dari adanya promo cashback Tokopedia.
  2. Coin maupun poin bisa Anda temukan di Tap Tap Kotak pada aplikasi Tokopedia.
  3. Para pengguna bisa mendapat tambahan coin atau point dari game Panen Telur Tokopedia.
  4. Coin dan point yang terkumpul bisa digunakan sebagai diskon atau potongan harga pada setiap Anda melakukan transaksi belanja di Tokopedia.

Dari persamaan tersebut, sebenarnya keduanya tidak bisa dicairkan ke rekening pribadi. Hal ini juga didukung oleh sebuah keterangan yang ada di ikon GoPay Coins di Tokopedia.

Masuklah ke halaman utama Tokopedia. Lihat dan klik icon GoPay. Klik GoPay Coins. Baca keterangan yang ada. Disitu dijelaskan bahwa GoPay Coins ini tidak bisa diuangkan.

Coins yang Anda kumpulkan sifatnya semacam rewards. Jadi, hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi di aplikasi yang bersangkutan. Tidak bisa dicairkan ke rekening pribadi. Bahkan, Anda pun tidak bisa menambah saldo GoPay Coins secara mandiri (top up).

Baca juga:  Cara Daftar/Pindah jadi Driver Gojek 2022, Online Lebih Cepat!

Namun, ada trik yang bisa Anda coba terkait cara mencairkan Gopay Coins.

Cara Mencairkan GoPay Coins

Seperti yang telah kami singgung, bahwa GoPay Coins bisa digunakan untuk melakukan transaksi di Tokopedia. Transaksi apapun itu, selama memang saldonya cukup untuk membayar produk yang Anda beli.

1 Coins setara dengan Rp 1

Jadi, jika menginginkan GoPay Coins masuk ke kantong pribadi (baca dicairkan), Anda bisa mengakalinya dengan cara jual beli produk kepada orang lain dengan pembayaran tunai atau transfer ke rekening pribadi dan jual beli produk sendiri (jual beli fiktif).

1. Mencairkan GoPay Coins dengan cara jual beli pulsa

Dalam cara ini, kami mengambil contoh jual beli pulsa. Semua pemilik ponsel pasti membutuhkan pulsa, baik itu pulsa data maupun pulsa reguler. Dengan memanfaatkan saldo GoPay Coins, Anda berkesempatan menjadi agen pulsa. Membeli pulsa menggunakan saldo GoPay Coins dan menjualnya kepada orang lain.

Berikut cara mencairkan GoPay Coins di Tokopedia berupa jual beli pulsa:

  1. Masuk ke aplikasi Tokopedia.
  2. Klik ikon Gopay yang ada di halaman utama Tokopedia.
  3. Klik GoPay Coins dan pahami terlebih dahulu keterangan yang tertulis.
  4. Kembali ke halaman utama Tokopedia.
  5. Masuk ke menu pulsa dan jual pulsa.
  6. Isi nominal pulsa sesuai kebutuhan.
  7. Di halaman pembayaran, pilih metode pembayaran dengan cara menggeser toggle Pakai GoPay Coins.
  8. Klik bayar.

Itulah cara mencairkan GoPay Coins di Tokopedia berupa jual beli pulsa. Setelah melakukan transaksi ini, Anda bisa meminta kepada pembeli pulsa tersebut untuk membayarnya secara tunai atau transfer ke rekening pribadi. Dengan begitu, saldo GoPay Coins akan masuk ke kantong pribadi Anda. Begitupun saat Anda menjual produk selain pulsa kepada orang lain. 

2. Mencairkan GoPay Coins dengan cara jual dan beli produk sendiri

Cara mencairkan GoPay Coins dengan menjual dan membeli produk sendiri sebenarnya lebih ribet, karena Anda membutuhkan dua ponsel yang berbeda. Anda harus melakukan transaksi jual beli secara fiktif atau fake. Selain itu, cara ini juga riskan terdeteksi kecurangan oleh pihak Tokopedia.

Baca juga:  7 CONTOH BUSINESS PLAN PDF untuk Makanan, Minuman, dan Jasa

Sebab, ponsel 1 berisi akun olshop yang nantinya Anda gunakan untuk menjual produk. Ponsel 2 berisi akun pribadi yang nantinya Anda gunakan untuk membeli produk. Yang mana,  barang yang dikirim adalah barang fake. Namun, cara ini sudah banyak dilakukan oleh pengguna Tokopedia yang ingin mencairkan GoPay Coins.

Berikut cara mencairkan GoPay Coins dengan menjual dan membeli produk sendiri:

  1. Buka aplikasi Tokopedia di ponsel 1 yang berisi akun olshop (penjual).
  2. Upload produk apapun itu yang ingin Anda jual dan sesuaikan harganya, berapa nominal GoPay Coins yang ingin Anda cairkan. Misalnya, Anda ingin mencairkan uang Rp 100.000, silakan upload kaos atau produk lainnya seharga Rp 100.000.
  3. Isi gambar, harga, dan deskripsi senatural mungkin. Seolah-olah memang Anda penjual asli.
  4. Buka aplikasi Tokopdia di ponsel 2 yang berisi akun pribadi (pembeli).
  5. Cari akun olshop fiktif Anda, klik produknya, dan beli sekarang kaos yang Anda upload tadi.
  6. Klik checkout dan pilih metode pembayaran menggunakan GoPay Coins.
  7. Klik buat pesanan.
  8. Buka kembali ponsel 1. Selesaikan pesanan yang masuk dan kirimkan barang fake apapun itu ke alamat pembeli.
  9. Pastikan ekspedisinya sampai di tempat tujuan dengan benar.
  10. Buka kembali ponsel 2 dan klik pesanan diterima oleh pembeli.
  11. Sebagai penjual, Anda bisa menarik saldo dari pembeli tadi ke rekening pribadi dan mencairkannya menjadi uang tunai.

Catatan:

  • Identitas pemilik akun, alamat rumah, nomor telepon, nomor rekening, dan ketentuan lain mengenai akun penjual dan pembeli harus beda

Cara Mengaktifkan GoPay Coins

Tapi sebelum mempraktekkan cara mencairkan GoPay Coins di atas, Anda juga sudah harus mengaktifkan fitur GoPay Coins ya? Jika belum, simak cara mengaktifkan GoPay Coins berikut ini:

  1. Sambungkan akun Tokopedia dan akun Gojek Anda melalui halaman utama, akun, atau pembayaran.
  2. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan notifikasi yang berisi konfirmasi kebenaran nomor ponsel yang Anda gunakan di kedua aplikasi tersebut. Pastikan nomor ponsel yang Anda daftarkan di kedua aplikasi tersebut adalah nomor yang sama.
  3. Aktifkan GoPay Coins dengan cara memasukkan kode OTP (On-Time Password) yang dikirim ke nomor ponsel terdaftar.
  4. Konfirmasi akun Gojek Anda di Tokopedia Apk.
Baca juga:  6 Aplikasi Penguat Sinyal GPS Gojek Terbaik 2019, Dijamin Anti Lemot!

Meskipun fitur TokoPoints sudah berganti menjadi GoPay Coins, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan poin yang selama ini Anda dapatkan ya. Karena sistem Tokopedia akan mengonversi TokoPoints Anda menjadi GoPay Coins. Selama memang Anda sudah menyambungkan akun GoPay dengan akun Tokopedia.

Konversi TokoPoints menjadi GoPay Coins nilainya 10x lipat. Jadi, jika sebelumya Anda memiliki saldo 1000 TokoPoints, maka setelah dikonversi saldonya menjadi  10.000 GoPay Coins.

Anda bisa terus menambah GoPay Coins dengan cara sering-seringlah melakukan transaksi menggunakan kupon cashback yang ada di Tokopedia. Jangan lupa juga untuk selalu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebab, saldo GoPay Coins ini juga ada masa kadaluarsanya, yakni pada akhir tahun berikutnya.

Penutup

Saldo GoPay Coins memang tidak bisa dicairkan secara langsung. Kendati demikian, masih ada trik cara mencairkan GoPay Coins di Tokopedia yang bisa Anda coba, yakni melalui jual beli pulsa.

Anda bisa menjadi agen pulsa dan menjualnya kepada orang lain dengan pembayaran tunai atau transfer ke rekening. Dengan begitu, saldo GoPay Coins akan masuk ke kantong pribadi Anda.

Cara mencairkan GoPay Coins seperti ini selain  tidak melanggar ketentuan, juga bisa melatih Anda untuk menjadi penjual. Memproduktifkan hadiah menjadi cuan. Bukan sekadar mendapat hadiah dan konsumerisme semata.

Bagikan:

Tinggalkan komentar