Panduan Cara Daftar Go Resto Buat Pemilik Usaha Makanan

By | September 20, 2019

Tak bisa dipungkiri jika saat ini layanan transportasi online memang jadi primadona di masyarakat Indonesia. Kalau dulu hanya di kota-kota besar saja, kini dalam waktu dua tahun penyebaran ojek online seperti Gojek sudah ke pelosok Tanah Air. Bukan cuma ingin menjadi pengemudinya, para pemilik restoran juga saling berburu informasi cara daftar Go Resto di Gojek.

Cara Daftar Go Resto

Tak bisa dipungkiri juga jika perusahaan berstatus startup unicorn ini bahkan menjadi pelopor perubahan gaya hidup manusia terhadap ojek. Jika dulu profesi ojek hanyalah sekelompok orang yang suka nongkrong, Gojek berhasil mengubah ojek jadi profesi yang sangat penting yang membuat berbagai info soal Gojek sangat dibutuhkan termasuk cara daftar Go Resto.

Kesuksesan Gojek dengan layanan GoRide akhirnya membuat mereka menciptakan berbagai layanan baru. Sebut saja seperti GoCar yang mengantarkan penumpang dengan mobil hingga GO-FOOD yang jadi primadona  banyak orang.

Baca juga:

Melalui GO-FOOD pula, restoran, cafe dan warung-warung pinggiran bisa mempromosikan usaha mereka secara digital dan meningkatkan pendapatan. Karena tak harus wajib memiliki restoran, banyak pengusaha kuliner kecil-kecilan yang mencari tahu cara daftar Go Resto. Lho kok GO-RESTO? Karena ini adalah inovasi terbaru Gojek untuk para mitra GO-FOOD.

Apa Perbedaan GO-FOOD dan GO-RESTO?

Sebelum Anda memahami cara daftar Go Resto, harus tahu terlebih dulu apa perbedaannya dengan GO-FOOD. Meskipun sama-sama merupakan layanan dari Gojek, kedua hal ini sebetulnya tak sama. Bahkan bisa dibilang kalau pengusaha kuliner yang terdaftar di GO-RESTO sudah pasti jadi anggota GO-FOOD. Namun mereka mitra GO-FOOD, belum tentu terdaftar dalam GO-RESTO.

Dijelaskan bahwa GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan milik Gojek yang sudah bekerja sama dengan ratusan ribu pengusaha kuliner di Indonesia. Sementara GO-RESTO adalah aplikasi untuk para partner GO-FOOD dalam mempermudah pengelolaan restoran di GO-FOOD. Karena sangat membantu, siapapun partner GO-FOOD tertarik mencari tahu cara daftar Go Resto.

Saat usaha kuliner sudah terdaftar pada GO-RESTO, Anda akan bebas mengatur jam operasional melalui aplikasi yang bisa diakses di HP. Hanya dengan sebuah ketukan, restoran Anda bisa berubah BUKA atau TUTUP langsung di GO-FOOD. Anda pun bisa bebas menentukan persediaan porsi dan harga makanan. Sangat mempermudah, cara daftar Go Resto pun jadi kebutuhan utama merchant.

Seluruh pembayaran dalam GO-RESTO diatur secara digital baik antara driver dan pemilik restoran melalui GO-PAY. GO-FOOD akan mengirimkan laporan pemasukan setiap harinya ke email Anda dan mentransfer sejumlah keuntungan penghasilan. Tak perlu lagi ribet membayar tagihan, karena penghasilan yang masuk ke rekening sudah dipotong sharing profit ke Gojek.

Informasi menarik lainnya:

Lantaran sangat menguntungkan, saat ini semakin banyak pengusaha kuliner yang daftar restoran Go Resto. Namun agar bisa menikmati berbagai keuntungan GO-RESTO, hal pertama yang Anda lakukan adalah mendaftarkan usaha kuliner Anda ke GO-FOOD.

Daftar GO-FOOD Dulu Baru GO-RESTO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara daftar Go Resto tak akan bisa terjadi jika Anda belum jadi partner GO-FOOD. Untuk itu daftarkan dulu usaha kuliner Anda di GO-FOOD. Segera kunjungi dan isi formulir pendaftaran secara online di https://www.go-jek.com/go-food/bisnis/#!/registration. Tak perlu khawatir, Anda tidak dimintai biaya sepeserpun untuk mendaftar GO-FOOD.

cara daftar Go Resto

Pastikan email yang digunakan untuk pendaftaran GO-FOOD adalah email aktif milik Anda sendiri karena setelah itu pihak Gojek akan menghubungi Anda. Melalui email, Anda diminta untuk melengkapi data tambahan sesuai dengan format yang diminta tim GO-FOOD.

Dalam bagian informasi penagihan, tim GO-FOOD akan meminta nama NPWP, nomor registrasi NPWP. Selain itu Anda juga akan diminta mengirimkan foto-foto makanan, daftar sekaligus harga menu, lampiran kartu identitas dan NPWP. Jika semua sudah beres, terakhir maka pihak GO-FOOD akan mengirimkan kontrak kepada Anda.

cara daftar Go Resto

Lantaran dilakukan secara online, proses penandatanganan kontrak juga wajib memakai tanda tangan digital. Barulah kalau semua selesai, tim GO-FOOD akan mengirimkan email sambutan tanda usaha kuliner Anda resmi bergabung sebagai partner GO-FOOD. Nah jika sudah di tahapan ini, maka Anda tinggal mencari tahu cara daftar Go Resto.

Seperti Inilah Cara Daftar Go Resto

Aplikasi GO-RESTO sendiri timbul sebagai inovasi tim GO-FOOD untuk mempermudah para partner mereka. Karena selama ini, partner GO-FOOD kerap mendapat kesulitan dalam kewajiban pembayaran komisi ke Gojek. Begitu pula para partner GO-FOOD bingung saat sewaktu-waktu menu mereka mendadak habis atau restoran tutup.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi GO-RESTO, seluruh masalah itu bisa teratasi dengan mudah. Hanya lewat aplikasi di HP, Anda bisa mengatur operasional restoran yang terhubung langsung di tampilan halaman GO-FOOD. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak mitra GO-FOOD ingin daftar restoran Go Resto.

  • Langsung Daftar ke Website Resmi

Saat ini, cara daftar Go Resto sangatlah mudah. Di mana bagi Anda para partner GO-FOOD baru, akan langsung dihubungi oleh tim GO-RESTO dalam waktu 2-3 hari kerja usai melakukan proses pendaftaran restoran di website resmi Gojek. Anda akan dihubungi setelah seluruh berkas seperti foto, harga dan menu masakan yang akan ditampilan di GO-FOOD dianggap beres.

  • Tunggu Verifikasi

Selama kurun waktu itu, tim GO-RESTO akan melakukan proses verifikasi dokumen. Jika restoran Anda dianggap lolos, akan muncul email aktivasi seperti berikut ini:

cara daftar Go Resto

Dalam email aktivasi akan disertakan tanggal mulai aktif restoran Anda di aplikasi. Jika sudah di tahapan ini, maka artinya Anda sukses daftar restoran Go Resto. Namun ini untuk kasus mitra baru GO-FOOD, lantas bagaimana dengan mereka para pengusaha kuliner yang sudah tergabung dengan GO-FOOD sebelum aplikasi GO-RESTO dirilis?

Cara Gabung Go-Resto Bagi Restoran Yang terdaftar Go-Food Sebelum Ada Go-Resto

Ada dua cara yang bisa dilakukan; pertama menanti pihak GO-FOOD menghubungi Anda untuk memberikan penawaran GO-RESTO, atau kedua berkunjung ke kantor GO-FOOD terdekat. Seperti yang sudah diketahui, sebagai perusahaan nasional, GO-FOOD memang memiliki kantor cabang operasional hampir di seluruh pelosok Indonesia.

Nantinya jika sampai di kantor cabang terdekat dan menemui perwakilan tim GO-FOOD, Anda juga akan diminta untuk melengkapi beberapa data. Misalkan saja alamat restoran, perubahan menu dan harga hingga foto serta alamat email. Kalau semua data sudah cocok, Anda akan mendapat penjelasan singkat mengenai aplikasi GO-RESTO serta menunggu email aktivasi dari Gojek.

Setelah daftar restoran Go Resto sukses, hal berikutnya adalah Anda harus memasang aplikasi GO-RESTO segera di HP sebelum tanggal aktif restoran terjadi. Kenapa harus segera sebelum tanggal aktif restoran di email aktivasi GO-RESTO terjadi? Karena ini bisa berpengaruh pada restoran Anda yang masih dalam kondisi tutup di aplikasi GO-FOOD.

Seperti layaknya aplikasi-aplikasi lain di ponsel pintar, Anda bisa mengunduh GO-RESTO di Play Store untuk pengguna Android serta di Apple Store untuk pengguna iOS. Setelah file GO-RESTO terunduh seluruhnya, Anda tinggal memasangnya. Jika sudah terpasang, tinggal login saja ke GO-RESTO untuk bisa menggunakan aplikasi itu karena cara daftar Go Resto sudah Anda lewati.

Hal yang Tak Boleh Dilupakan

Wajib diingat bahwa untuk bisa masuk ke aplikasi GO-RESTO, Anda harus menggunakan nomor HP dan nantinya akan dikirimkan SMS verifikasi ke nomor tersebut. Nomor HP yang dimaksud adalah nomor HP penanggung jawab pengelola restoran atau nomor resmi usaha kuliner Anda yang didaftarkan melalui GO-FOOD sebelum melakukan cara daftar Go Resto.

Supaya proses verifikasi SMS ini singkat, pastikan jika Anda memegang HP yang memiliki nomor terdaftar GO-FOOD itu. Setelah SMS masuk, segera tulis kode verifikasi di aplikasi GO-RESTO dan selamat, Anda bisa mengelola restoran lewat GO-RESTO sekarang juga. Jangan lupa untuk menggeser tombol TUTUP menjadi BUKA di bagian menu dengan cara menggeser layar sebelah kiri.

Hampir semua permasalahan para mitra GO-FOOD dijelaskan pada menu BANTUAN dalam aplikasi GO-RESTO. Anda bisa dengan langsung mengubah harga sesuai dengan ketentuan yang pastinya termasuk pajak. Begitu pula dengan menambah menu baru, semua bisa dilakukan singkat di GO-RESTO. Kemudahan inilah yang membuat cara daftar Go Resto sangat penting.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara daftar Go Resto? Untuk itulah Anda yang kini tengah merintis usaha kuliner dan ingin bekerja sama dengan layanan transportasi online, bergabung ke GO-RESTO adalah pilihan tepat. Selain pemasukan bisa terkontrol dengan baik, pengelolaan restoran pun terasa sangat mudah, semudah menggeserkan tangan di layar ponsel.

7 thoughts on “Panduan Cara Daftar Go Resto Buat Pemilik Usaha Makanan

  1. Jenni

    Bagaimana cara penambahan outlet? apakah harus apply ulang lagi? karena sebelumnya saya apply dari awal, tapi sampai sekarang masih belum ada infonya. terima kasih

    Reply
  2. Nonny

    Saya ingin bekerjasama dengan gofood. Dalam bisnis kuliner. Saya saya mohon bantuan dan panduannya untuk bisa bergabung dengan gofood namun saya ada kendala untuk bisa masuk lewat aplikasi online.
    Tolong saya agar bisa di bantu. Paling tidak saya langsung saja ke kantor gofood untuk bisa mendaftar. Tolong wa saya 081213121015

    Reply
  3. Olivia

    Kalau resto kita sebelumnya sdh terdaftar di Go Resto tapi nmr hp yg terdaftar hilang, dan akan menganti ke nmr hp yg lain, bagaimana caranya?

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      anda bisa hubungi cs nya atau langsung datang ke kantor itu

      Reply
    2. Beni Permana

      Saya sudah 3 kali daftar gofood tp sudah 2 minggu gk ada notifikasi lewat email jg sms tolong di follow up dong dari pihak gojek

      Reply
      1. Info Kerja Post author

        ditunggu yah, maaf kami bukan pihak gojek

        Reply
  4. Kamaludin

    Mohon panduannya bagaimna cara mengedit dan mengisi kolom di formulir go resto yg tertera di email balasan pihak gojek.. Thx admin

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *