Cara Melihat Profil Driver Gojek Masih Berlaku?

Tindak kejahatan terhadap pengguna transportasi online, termasuk Gojek, cukup marak terjadi. Hal itu senada dengan yang diungkapkan oleh Azas Tigor Nainggolan, Ketua Forum Warga Kota Jakarta. Tigor bahkan menganggap pemerintah kurang respon terhadap kasus-kasus yang terjadi dan cenderung abai. Karenanya, mencari tahu cara melihat profil driver Gojek dirasa penting bagi calon pengguna jasa transportasi ini.

Cara Melihat Profil Driver Gojek
Cara Melihat Profil Driver Gojek

Maret 2018, seorang wanita muda dibunuh setelah dicekik karena tidak bisa memberikan uang 20 juta yang diminta oleh driver transportasi online yang sudah dipesannya? Yang menyedihkan, setelah wanita tersebut meninggal, jasadnya dibuang begitu saja di Daerah Bogor.

Informasi terkait!!

Bulan sebelumnya, Bulan Februari, pengguna salah satu transportasi online juga ada yang dicabuli dan diturunkan di sekitar Bandara Soekarno Hatta. Berbeda lagi dengan kasus yang terjadi di Bandung. Salah seorang driver transportasi online melakukan perampokan terhadap penggunanya. Peristiwa itu terjadi pada Bulan Januari 2018. Tindak pidana dalam kurun tiga bulan berturut-turut itu, mau tidak mau menyisakan kekhawatiran sendiri bagi siapapun yang ingin menggunakan transportasi online.

Laporan Bug Aplikasi Gojek dari Pakar IT Indonesia

Tahun 2015, seorang pakar IT Indonesia yang bermukim di Thailand menemukan bug atau lubang pada aplikasi Gojek. Bug atau lubang itu memungkinkan seseorang bisa melihat costumer ID hanya dengan berbekal nomor telepon, nama, atau email. Identitas driver pun bisa dilihat oleh siapa saja, termasuk alamat, foto, dan bahkan siapa ibu kandungnya. Nama user, email, dan nomor telpon juga bisa dengan mudah didapatkan lewat user yang dibuat oleh seseorang.

Cara Melihat Profil Driver Gojek
Bug aplikasi Gojek ramai diberitakan media

Lewat bug atau lubang itu juga, seseorang bisa melihat order history orang lain serta mengubah pulsa driver lain sekenanya. Bukan hanya itu, nama user dan nomor telepon pun bisa diubah oleh seseorang meskipun tidak diketahui password-nya. Trik cara melihat profil driver Gojek ini juga pernah ramai diberitakan berbagai media seperti Detik, CNN, dan lainnya.

Cara Melihat Profil Driver Gojek tidak Bisa Lagi Lewat Aplikasi

Sebelumnya, cara melihat data driver Gojek memang cukup mudah dilakukan lewat aplikasi yang disediakan oleh perusahaan transportasi online tersebut. Siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah. Bagi para pengguna, tentu saja melihat profil dan ID driver Gojek sebelum menggunakan jasanya adalah hal penting. Tujuannya bukan untuk apa, melainkan untuk pertimbangan apakah driver yang dipilihnya sudah tepat atau belum.

Namun itu tadi, kemudahan melihat profil driver adalah bagian dari celah atau bug aplikasi Gojek yang memiliki potensi besar membahayakan si driver. Dan atas alasan keamanan, bug itu harus segera ditambal. Penambalan bug itu yang akhirnya membuat profil driver tidak bisa lagi dilihat.

Sepintas, hal ini membuat pengguna jasa transportasi online yang biasa melihat profil driver sebelum mengiyakan, merasa kurang nyaman. Sebab, dia tidak memiliki gambaran sama sekali tentang bagaiman driver-nya nanti. Tentu saja kekhawatiran tentang kejahatan yang melibatkan driver transportasi online menjadi semakin mengerikan.

Gojek Melindungi Privasi Driver dan Menjaga Kenyamanan Pelanggan

Perusahaan Gojek cukup bisa dipercaya dalam masalah keamanan data pengguna termasuk data si driver. Apalah, sebab driver merupakan tulang punggung perusahaan transportasi online ini. Sedang begitu, kenyamanan pengguna jasa mereka adalah alasan mengapa sampai saat ini perusahaan ini masih bisa berjalan.

Cara Melihat Profil Driver Gojek
Bila ada celah, laporkan kepada pihak berwenang agar segera diperbaiki

Maka, jalan tengahnya adalah menutup bug atau celah dalam aplikasi, serta melindungi data driver. Di sisi pengguna, Gojek menampung keluhan-keluhan dan membantu permasalahan yang terjadi dengan sebaik-baiknya. Pada akhirnya, baik keamanan si driver atau kenyamanan pengguna sama-sama menjadi prioritas yang benar-benar dijaga oleh pihak Gojek.

Solusi bagi Pengguna Jasa Gojek yang Membutuhkan Profil Driver

Sebenarnya, tidak perlu pengguna jasa Gojek mengetahui profil driver, dia akan tetap merasa aman, juga nyaman. Gojek memiliki aturan kemitraan yang ketat, kok. Aturan terhadap pelanggaran-pelanggaran tertentu juga diatur beserta sanksinya sekalian. Ini menjadi semacam bentuk komitmen Gojek bahwa driver-drivernya adalah orang-orang yang lolos seleksi. Mereka pantas menjadi driver yang akan membantu para pengguna jasa.

Kalaupun misalnya, terhadap keluhan atau permasalahan-permasalahan tertentu, pengguna juga bisa melaporkannya pada pihak Gojek. Pelaporan bisa dilakukan lewat call center yang terbagi menjadi beberapa bagian. Call center khusus pelanggan Gojek adalah 021 502 511 10. Call center khusus driver atau mitra Gojek adalah 021 502 332 00. Sedang call center untuk Go-Box adalah 021 502 555 50.

Keluhan juga bisa disampaikan lewat email di customer service yang sudah disediakan perusahaan transportasi online ini. Tapi yang paling baik, keluhan disampaikan langsung ke kantor cabang Gojek. Duduk bersama, bertatap langsung, dan berbicara langsung dengan kepala dingin, adalah cara yang lebih baik untuk menyelesaikan segala masalah yang ada. Kesimpulannya, cara melihat profil driver Gojek seperti yang beredar tahun lalu sudah tidak bisa digunakan lagi. Dan, segala keluhan bisa diajukan ke pengelola Gojek. Semoga artikel ini bisa membantu.

5 pemikiran pada “Cara Melihat Profil Driver Gojek Masih Berlaku?”

  1. Bagaimana caranya,,,menghubungi driver,krna td siang teman saya melakukan pengantaran barang dr jam 12 siang,tp sampai sekarang barang tersebut tidak sampai,bahkan nomor dr driver grab tak aktif lagi di hubungi.mohon solusinya.makasih

    Balas
  2. Maaf sy minta tolong minta no hp yg bawa saya dari stasiun kircon ke kantor CAR jl Buahbatu no 60,Aya perlu banget Kerna kehilangan dompet barangkali driver Go-Jek menemukan dan gk bisa hubungi saya MKS…

    Balas
  3. Buat constamer gojek jangan banyak tingkah.!!!!uda sampai sampai tujuan ongkos murah,minta mampir lagi beli ini itu,ms ajja komplin..klo kita naik ojek pangkalan pst mahal..gk boleh ngatur drever..pake otak

    Balas
  4. Nma driver gojek Asben Siagian, sudah pergi bersama pelakor Lisna dan meninggalkan anaknya. Tanpa nafkah selama 12 tahun. Sekrg bekerja jd driver gojek.

    Balas

Tinggalkan komentar