23 Trik Cara Menaikkan Rating & Performa Gojek Terbaru 2020, Ampuh!

Rating dan Performa adalah dua hal yang paling diperhatikan oleh para driver. Rating adalah rata-rata penilaian konsumen dalam bentuk pemberian bintang ketika menggunakan jasa ojek online sedangkan Performa adalah prosentase yang menunjukkan kinerja  driver bagus atau tidak, dihitung dari jumlah order yang berhasil diselesaikan dibagi jumlah order keseluruhan dikali 100%.

Rating dan performa sangat berpengaruh terhadap penerimaan/ pesanan yang masuk (gacor tidaknya akun Gojek). Driver dengan rating dan performa yang rendah akan lebih sedikit menerima order daripada driver dengan rating dan performa yang tinggi.

Cara menaikan rating Gojek dengan cepat

Meningkatkan Rating dan Performa Gojek Driver

Bahkan rating yang buruk secara berulang-ulang akan berakibat suspend hingga putus mitra. Sedangkan performa yang buruk atau di bawah standar minimal yang telah ditetapkan oleh PT Gojek Indonesia akan membuat driver tidak dapat menerima insentif dari perusahaan walaupun target poin sudah tercukupi.

Singkatnya, berimbas kepada PENGHASILAN…

Untuk itu, sebagai driver ojek online yang telah menjadikan pekerjaan ini adalah pekerjaan utama dan satu-satunya maka wajib dan perlu untuk mengetahui kiat-kiat dan trik bagaimana cara meningkatkan rating dan performa atau paling tidak mempertahankan rating dan performa yang sudah bagus.

Cara cepat meningkatkan rating dan performa Gojek driver bukanlah hal mudah dan instan. Semua ada prosesnya, dan dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Tidak sama dengan cara-cara nuyul yang akhir-akhir ini jadi sorotan pihak Gojek maupun Grab. Karena itu, lakukan tips cara menambah rating Gojek driver agar orderan lancar masuk dan lebih  GACOR:

Cara Menaikkan Rating dan Performa Driver Gojek 2020

1. Kerjakan dengan sepenuh hati

Setiap pekerjaan wajib dijalankan dengan sepenuh hati. Pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati akan menghasilkan sikap penuh kehati-hatian dan menempatkan sesuatu pada posisi terbaik. Kerja asal-asalan akan menghasilkan hasil yang setengah-setengah dan keliatan tidak tulus walaupun dibungkus dengan kata-kata manis. Siapkan hati dan mental tulus melayani konsumen Anda.

2. Perbanyak order sebanyak-banyaknya

Memperbanyak pengerjaan order dapat meningkatkan rating dan performa akun driver. Jika Anda sering mendapat rating kecil, maka naikkan rating dengan menyelesaikan order sebanyak-banyaknya sehingga rating kecil itu terangkat dan tertutup dengan rating-rating yang bagus dan tinggi-tinggi.

3. Jangan sekali kali tolak orderan

Menolak orderan dapat mempengaruhi performa akun Anda. Semakin tinggi tingkat penolakan order maka semakin kecil tingkat performa karena performa dihitung dari (Jumlah order yang telah diselesaikan – Jumlah order yang ditolak) dibagi dengan total keseluruhan dikali dengan 100%. Server akan memberi order pada driver dengan performa lebih tinggi karena dianggap bekerja dengan serius dan tidak mengecewakan costumer.

4. Selalu minta costumer memberi rating bintang 5

Penting sekali driver sekali-kali mengingatkan costumer untuk memberi rating tinggi atau rating 5. Kadang ada costumer yang ketika memesan layanan lupa memberi rating driver atau bahkan tidak tahu apa fungsi dari rating bintang pada aplikasi. Beri edukasi bahwa rating bintang 5 atau tinggi kepada costumer menandakan costumer senang dengan layanan yang telah dipakai.

menaikkan rating gojek

5. Ikuti Panduan Tata Tertib Gojek

Gojek telah menetapkan tata cara berkendara yang baku sebagai panduan bagi driver. Mulai dari tata cara berkendara di jalanan hingga cara memberi kesan positif kepada costumer. Driver tidak perlu ribet memikirkan solusi bagaimana menjalankan order dengan benar semua sudah lengkap tinggal dipraktekkan saja asal mau membaca dan memahami.

6. Jujur dalam menjalankan tugas

Di dunia kerja mana pun, jujur adalah kunci keberhasilan sedangkan menipu atau berbohong adalah kunci kegagalan. Bekerjalah dengan jujur walaupun disetiap kesempatan ada kemungkinan untuk berlaku curang. Tidak sedikit driver yang melakukan tindak kecurangan namun jangan ditiru seperti memanipulasi nota Gofood, menaikkan tarif ongkos seenaknya tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan perusahaan yang berakibat dengan rusaknya nama baik ojek online.

Ingat, kadang costumer itu lebih jeli daripada driver karena costumer bisa jadi sering membeli makanan tersebut, jika ternyata nota atau penjelasan Anda tidak sama dengan driver lain yang telah bekerja secara jujur, bisa dipastikan bahwa Anda akan disangka sebagai driver tidak jujur yang akhirnya mendapat rating dan komen yang buruk.

Baca juga: Cara ampuh mengatasi akun gojek gagu

7. Kendalikan emosi dan sikap terhadap pelanggan

Apapun kondisi costumer, kendalikan sikap dan emosi Anda karena costumer Anda dari berbagai macam kalangan mulai anak-anak,remaja,dewasa hingga  orang tua dan costumer Anda pun punya latar belakang yang pendidikan yang berbeda-beda. Upayakan kendalikan emosi dan sikap sekalipun jika Anda mendapatkan costumer yang menjengkelkan.

8. Matikan aplikasi saat mengerjakan sesuatu

Selalu matikan aplikasi gojek driver ketika Anda dalam keadaan mengerjakan pekerjaan lain seperti sholat, makan, atau pekerjaan lain. Penting sekali ketika Anda melakukan pekerjaan tersebut untuk mematikan aplikasi, karena jika ada order dan masuk ke hp Anda bisa jadi Anda akan tergesa-gesa atau tergopoh-gopoh bahkan lambat dalam menjemput pelanggan.

9. Cek kendaraan secara berkala dan pastikan selalu dalam kondisi prima

Mengecek kendaraan adalah kewajiban bagi driver online karena jika kendaraan tidak sesering mungkin

10. Pastikan pulsa handphone Anda cukup

Pulsa sangat penting bagi driver ojek online karena untuk menghubungi costumer. Ada sebagian costumer mau dihubungi dengan chat dan ada costumer yang tidak mau dihubungi melalui chat,maunya dihubungi lewat voice.

11. Pastikan Google Map telah diupdate ke versi terbaru

Gojek memanfaatkan Google Map sebagai navigasinya,Anda wajib mengupdate Google Map ke versi terbaru untuk mendapatkan posisi costumer ketika mendapatkan order.Google Map yang telah diperbarui dapat membantu driver menemukan tempat jemput dan antar pelanggan dengan lebih cepat dan akurat.

12. Selalu ucapkan terima kasih kepada pelanggan lebih dahulu sebelum pelanggan mengucapkannya

Walaupun pelangganlah yang menggunakan jasa ojek online kita dan merekalah yang seharusnya berterima kasih karena telah diantar, tidak ada salahnya kalo Anda mengucapkannya terlebih dahulu. Mengucapkan terima kasih terlebih dahulu menunjukkan bahwa Anda driver yang ramah.

13. Tambah jam tayang onbid Anda

Semakin Anda menambah jam tayang onbid semakin besar Anda mendapat order sebanyak-banyaknya sehingga dengan banyaknya order dengan rating bagus maka performa akun Anda akan semakin meningkat.

Baca juga: Cara refresh akun gojek biar kembali gacor

14. Pergi ke area yang ramai seperti mall dan swalayan

Area ini sangat banyak sekali orang yang berbelanja atau hanya sekedar jalan-jalan.Di area ini biasanya banyak Goride dan Gofood, karena orang malas membawa kendaraannya sendiri karena ruang parkir yang sangat padat dan di area ini banyak stand-stand Gofood sehingga menjadi pusat sentral Gofood terbanyak dan ramai.

menaikkan rating gojek

15. Pahami jam-jam kedatangan kereta

Sebagai driver harus mengerti kapan harus aktif dan kapan harus mangkal. Jika sudah datang waktu kereta datang hendaklah segera datang menghampiri untuk mendapatkan order. Jika Anda tidak segera mendatangi kereta dan pasif maka order tidak akan kunjung datang sehingga rating tidak sesegera mungkin naik dan akan berujung order akan diberikan bagi mereka yang aktif dan sudah memiliki performa dan rating terbaik di area Anda.

Demikian trik dan tips menaikkan rating dan performa akun semoga rating dan performa akun Anda meningkat dan dapat bersaing dengan akun-akun lain. Ikuti triknya dan semoga bermanfaat untuk Anda.

16. Pakai Atribut Lengkap dan Busana Sopan

Ketika Anda bergabung sebagai mitra pengemudi GO-JEK dengan armada sepeda motor, akan diberi atribut mulai dari helm dan jaket GO-JEK. Meskipun memang ada beberapa driver yang enggan membeli, keberadaan atribut ini rupanya sangat penting untuk menaikkan rating di Gojek.

Kenapa begitu? Karena dengan mengenakan atribut seperti helm dan jaket, adalah bukti Anda partner resmi.

Cara meningkatkan rating Gojek

Dengan begitu, calon konsumen tentu bakal merasa yakin dengan tampilan Anda yang berseragam GO-JEK dan lebih aman melakukan orderan. Karena memang ada konsumen yang memilih membatalkan orderan hanya karena driver tidak memakai atribut lengkap. Lengkapi dengan busana sopan supaya konsumen makin puas dan bersedia memberikan rating bagus untuk pelayanan Anda.

17. Tidak Membuat Penumpang Menunggu Lama

Ketika Anda mendapatkan orderan, langsunglah beri tanggapan dengan menerima dan menghubungi konsumen. Setelah itu, jadilah driver yang cekatan dengan sesegera mungkin menjemput penumpang karena ini merupakan salah satu cara menaikkan rating Gojek. Jangan biarkan penumpang menunggu terlalu lama karena mereka bisa kecewa dan membatalkan orderan.

Kalau konsumen terlalu sering membatalkan orderan, maka Anda akan memperoleh rating buruk. Rating yang buruk membuat kinerja Anda tidak sesuai target dan akhirnya, penghasilan tidak memuaskan.

18. Tepat Lokasi Jemput dan Antar

Meskipun memang semua lokasi penjemputan dan pengantaran penumpang bisa dilihat langsung di aplikasi, ada baiknya kalau Anda memahami area tersebut. Memang, dengan adanya internet maka jalur menuju sebuah tempat bisa dilacak melalui GPS, tapi seorang driver yang lebih paham kawasan secara nyata akan membuat konsumen lebih percaya.

Dengan mengetahui lokasi penjemputan secara pasti, maka Anda bisa memperkirakan estimasi waktu tiba supaya konsumen tidak kecewa. Meskipun sederhana, hal ini bisa meningkatkan rating di Gojek yang berimbas ke performa Anda sebagai mitra pengemudi.

19. Menggunakan Kendaraan Berkualitas

Saat mendaftar sebagai mitra pengemudi GO-JEK untuk armada sepeda motor, perusahaan transportasi online berstatus Decacorn itu biasanya memberikan syarat usia sepeda motor maksimal 10 tahun. Di mana kalau Anda daftar jadi calon driver pada tahun 2020, maka usia sepeda motor maksimal adalah keluaran 2010. Kenapa begitu? Karena sepeda motor tua cenderung punya performa tidak memuaskan.

Dengan kendaraan yang berkualitas, konsumen pun bakal nyaman saat berkendara. Selain itu, sepeda motor keluaran baru atau motor lama yang selalu terawat akan membuat perjalanan Anda aman. Lengkapi juga sepeda motor dengan sepasang kaca spion, lampu yang menyala dan kemampuan rem serta gas mumpuni. Kualitas sepeda motor sangat bisa meningkatkan rating driver di Gojek.

20. Aman Bawa Kendaraan

Kemampuan membawa kendaraan di jalan raya termasuk cara menaikkan rating Gojek yang paling ampuh. Jika Anda membawa kendaraan dengan ugal-ugalan dan melanggar aturan lalu lintas, penumpang jelas bisa kesal dan emosi yang akhirnya memberi rating buruk. Selain itu, berkendara secara sembrono bisa membahayakan diri Anda sekaligus penumpang

21. Menawarkan Kelengkapan Penumpang yang Bersih

Sebagai mitra pengemudi profesional, cara meningkatkan rating Gojek lainnya adalah dengan menawarkan kelengkapan untuk penumpang. Misalkan saja helm hingga masker. Namun bukan semata menawarkan saja, kelengkapan penumpang itu juga harus dalam kondisi bersih. Supaya penumpang merasa diutamakan dan membuat mereka rela memberikan rating bagus ke pelayanan Anda.

22. Membantu Penumpang

Hal berikutnya yang sangat simple tapi merupakan cara menaikkan rating Gojek secara mudah adalah dengan menawarkan bantuan ke penumpang. Misalkan saja ada konsumen order GO-RIDE dan membawa barang belanjaan cukup banyak, Anda bisa membantu mengaturnya dan meletakkan belanjaan secara aman di dekat kaki. Hal sederhana ini justru membuat konsumen puas dan senang.

23. Berkomunikasi Baik ke Penumpang

Segera ketika Anda memperoleh orderan, langsung jalin komunikasi baik dan profesional ke konsumen. Berikan informasi kalau Anda sudah di lokasi penjemputan, sudah mengambil pesanan GO-FOOD atau mungkin tengah terjebak kemacetan. Komunikasi ini bisa Anda lakukan secara profesional melalui fitur chatting di aplikasi dan lakukan secara tepat.

Wah, ternyata ada banyak sekali bukan cara menaikkan rating Gojek? Melihat ulasan di atas, sebetulnya tidak sulit bagi seorang ojol untuk mendapatkan rating yang bagus. Jika Anda lakukan secara tepat dan rutin, bukan tak mungkin kalau seluruh konsumen bakal puas dan akhirnya Anda akan memperoleh rating istimewa. Rating yang sesuai target akan membuat Anda mendapat komisi tambahan sehingga penghasilan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *