3 Cara Menjadi Agen SiCepat: Syarat dan Keuntungan

Cara Menjadi Agen SiCepat – Layanan jasa pengiriman tentu sudah menjadi langganan bagi Anda yang suka berbelanja online. Berbicara mengenai jasa pengiriman, SiCepat menjadi salah satu perusahaan ekspedisi terbaru yang berkembang pesat di Indonesia. Perusahaan yang mulai beroperasi pada tahun 2014 ini mampu menjadi pesaing berat bagi layanan jasa ekspedisi lainnya.

SiCepat Express adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman atau ekspedisi di Indonesia. Meski terbilang baru, perusahaan ini telah memiliki lebih dari 200 ribu kantor cabang yang tersebar di Indonesia. Banyak masyarakat telah mempercayakan pengiriman barangnya karena pelayanannya cepat dengan layanan kargo yang cukup murah.

Untuk saat ini, SiCepat masih belum secara resmi membuka sistem kemitraan. Akan tetapi, untuk perorangan atau para pelaku usaha masih bisa mencoba menjadi partner SiCepat. Sedangkan untuk Anda yang ingin menjadi bagian dari SiCepat Point dan memiliki outlet sendiri, dapat mendaftar melalui Fastpay. Lalu, bagaimana cara menjadi agen SiCepat? Simak artikel ini hingga tuntas ya.

Syarat Menjadi Agen SiCepat

cara menjadi agen SiCepat

Sebelum mendaftar sebagai partner SiCepat maupun agen SiCepat Point, cara menjadi agen SiCepat yang pertama adalah dengan memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini. Adapun persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

Syarat Dokumen

  • Memiliki email aktif untuk verifikasi pendaftaran agen SiCepat.
  • Memiliki nomor HP aktif sebagai sarana penghubung dengan perusahaan.
  • Kartu identitas diri (KTP/SIM) sebagai tanda bukti pengenal dalam proses pengisian data diri pada form pendaftaran agen.

Syarat Perlengkapan

Bagi Anda yang ingin menjadi agen SiCepat Point, perlu memenuhi beberapa persyaratan tambahan sebagai berikut:

1. Syarat Lokasi

  • Tersedia ruangan khusus untuk penerimaan dan penyimpanan paket sementara dengan ukuran minimal 3×3 meter persegi.
  • Lokasi strategis dan berada di daerah yang cukup ramai dengan lebar jalan minimal 3 meter.
  • Lokasi usaha bisa diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan lahan parkir yang memadai.

2. Syarat Operasional

  • Memiliki komputer atau laptop yang memadai untuk proses input pengiriman barang.
  • Memiliki jaringan listrik dan internet yang stabil.
  • Memiliki timbangan digital minimal berkapasitas 50 kg.
  • Memiliki alat ukur atau meteran untuk mengukur volume barang.
  • Kapanpun bersedia mengantar paket ke gerai SiCepat terdekat.
  • Paket yang akan di pick up oleh kurir SiCepat minimal 20 paket dalam sehari.

3. Syarat Biaya

Dalam hal ini, SiCepat tidak membebankan biaya sedikitpun alias gratis untuk Anda mendaftar sebagai partner SiCepat. Akan tetapi, untuk Anda yang ingin bergabung dalam SiCepat Point Fastpay memerlukan biaya untuk perlengkapan dan lokasi tempat usaha. Modal yang diperlukan kurang lebih sebesar Rp 10.000.000. Biaya modal tersebut bisa lebih atau kurang. Jika Anda sudah memiliki outlet sebagai tempat usaha Anda atau memiliki beberapa perlengkapan yang dibutuhkan, maka biaya modalnya akan lebih kecil.

Cara Menjadi Agen SiCepat

Setelah mengetahui dan memahami persyaratan yang diperlukan untuk menjadi agen maupun partner SiCepat, maka Anda bisa segera melakukan pendaftaran. Cara menjadi agen SiCepat bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah Pendaftaran Offline

  1. Persiapkan seluruh persyaratan yang diperlukan untuk bergabung menjadi mitra SiCepat, seperti email, nomor HP, dan identitas diri.
  2. Kemudian, berkunjunglah ke kantor SiCepat terdekat dengan membawa persyaratan pendaftaran.
  3. Katakan kepada petugas Sicepat terkait keinginan Anda untuk mendaftar menjadi mitra SiCepat.
  4. Terakhir, ikuti seluruh arahan atau panduan dari petugas hingga Anda berhasil menjadi mitra SiCepat.

Langkah-langkah Pendaftaran Online

  1. Langkah pertama, kunjungi website resmi SiCepat dan masuk ke menu pendaftaran atau bisa langsung mengakses https://www.sicepat.com/home/joinForm.
  2. Kemudian, isilah seluruh formulir pendaftaran yang ada termasuk data diri yang meliputi nama, email, nomor HP, dan alamat lengkap.
  3. Jika formulir telah diisi, maka tekan “Daftar”. Tetapi, sebelum melanjutkan prosesnya pastikan data yang Anda isi sudah sesuai dan benar.
  4. Kemudian, Anda harus mengonfirmasi pendaftaran Anda melalui email atau SMS yang telah dikirimkan oleh pihak SiCepat.
  5. Ikutilah seluruh panduan dari petugas Sicepat untuk melakukan survei lokasi tempat usaha Anda.
  6. Apabila seluruh pendaftaran telah disetujui, maka Anda telah menjadi agen resmi SiCepat.

Langkah-langkah Pendaftaran Agen Sicepat Point Fastpay

cara menjadi agen SiCepat
  1. Cara menjadi agen SiCepat Point Fastpay yang pertama yaitu dengan mendaftar Fastpay paket regular atau paket bisnis, bisa melalui website fastpay.co.id atau aplikasi Fastpay.
  2. Kirimkan data ID Fastpay Anda beserta foto outlet tampak depan dan lokasinya ke nomor whatsapp 085706421413/082338437826.
  3. Pastikan data yang Anda kirimkan benar dan memenuhi syarat, karena data tersebut akan diverifikasi oleh pihak Sicepat untuk kelayakan menjadi SiCepat Point Fastpay.
  4. Untuk proses verifikasi data dan mapping area kurang lebih membutuhkan waktu 7 hari kerja.
  5. Anda akan mendapatkan notifikasi via SMS atau whatsapp apabila data telah diverifikasi dan akses layanan ekspedisi telah tersedia.
  6. Pendaftaran selesai dan Anda siap melayani pengiriman barang maupun dokumen dari pelanggan menggunakan menu layanan ekspedisi Sicepat yang terdapat di aplikasi Fastpay Anda.

Nah, itu dia beberapa cara menjadi agen SiCepat. Anda dapat memilih untuk mendaftar secara offline ataupun online sesuai dengan kebutuhan Anda. Mendaftar secara online mungkin lebih praktis dan menghemat waktu Anda. Akan tetapi, dengan mendaftar secara offline, Anda dapat langsung menanyakan apapun yang kurang jelas kepada petugas sehingga informasi yang Anda peroleh lebih detail.

Baca Juga: Cara Jadi Agen JNE: Syarat, Biaya, dan Keuntungan

Produk dan Layanan SiCepat

Sebagai perusahaan jasa pengiriman yang terkenal di Indonesia, SiCepat memiliki berbagai produk dan layanan unggulan. Produk dan layanan tersebut meliputi:

  • Si Untung, adalah layanan pengiriman untuk seluruh indonesia yang cepat dan murah dengan harga regular tanpa biaya tambahan.
  • BEST (Besok Sampai Tujuan), adalah layanan pengiriman dengan estimasi 1 hari sampai di tujuan (untuk seluruh kota besar di Indonesia).
  • GOKIL (Cargo Kilat), adalah layanan pengiriman barang dalam jumlah besar dengan harga ekonomis (minimum charge 10 kg).
  • HALU (Harga Mulai Lima Ribu), adalah layanan pengiriman dengan tarif ongkir mulai dari lima ribu rupiah yang tersedia di E-commerce, seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.
  • COD (Cash On Delivery), adalah layanan pembayaran secara cash bersamaan saat barang diterima.
  • SiCepat Syariah, adalah layanan SiCepat yang memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mendonasikan 2,5% diskon ongkirnya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan melalui kerjasama dengan Dompet Dhuafa.
  • H3LO (Heboh 3 Kilo), adalah layanan pengiriman barang dengan ongkir yang lebih irit dan terjangkau.
  • SiCepat Go, adalah layanan pengiriman paket internasional ke seluruh benua di dunia.
  • SiCepat Klik, adalah layanan informasi SiCepat seperti cek biaya pengiriman, tracking pengiriman, produk PPOB, dan informasi lainnya melalui Whatsapp Bot.

Keuntungan Menjadi Agen SiCepat

Sebagai agen SiCepat, tentu Anda pun akan mendapat beberapa keuntungan. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan:

  • Mendapat penghasilan tambahan.
  • Mendapat penghasilan komisi per transaksi.
  • Mendapat harga spesial khusus agen.
  • Mendapat kemudahan dalam mengirim dan menerima paket, karena sebagai agen Anda tidak perlu mengantar barang ke kantor pengiriman terdekat, tetapi akan di pick up oleh pihak SiCepat.
  • Terakhir, tentu saja agen dapat menikmati seluruh fitur layanan yang disediakan oleh Sicepat yaitu layanan Reguler, Best, COD, SiCepat Go, SiCepat Syariah, SiCepat Klik, Si Untung, Cargo Kilat, HALU, dan H3LO.

Itulah beberapa informasi mengenai syarat, layanan produk, keuntungan dan cara menjadi agen SiCepat. Cukup mudah bukan? Jika Anda tertarik join, artikel ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar