Cara Cek NIK Sudah Digunakan KUR BRI atau Belum

NIK adalah salah satu hal penting yang harus Anda jaga agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu.

NIK memiliki peran penting hampir di setiap urusan publik, termasuk perbankan seperti pengajuan KUR BRI. Tidak sedikit kasus penyalahgunaan NIK yang ada di Indonesia.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan NIK, misalnya apakah NIK sudah digunakan KUR BRI atau di pinjaman lain? Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui website iDebku SLIK OJK.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara cek NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum.

Pinjaman KUR BRI 2024

NIK sudah digunakan KUR BRI

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan salah satu produk kredit yang dimiliki BRI. Layanan kredit KUR ini diberikan pada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kredit ini bisa menjadi salah satu solusi bagi pelaku UMKM untuk memajukan usahanya, karena KUR merupakan layanan kredit yang disubsidi oleh pemerintah sehingga bunga yang dibebankan tidak begitu besar.

Syarat untuk mengajukan KUR BRI 2024 adalah:

  1. memiliki atau melakukan usaha produktif yang layak
  2. tidak sedang menerima kredit dari perbankan selain kredit yang sifatnya konsumtif (KPR, KKB, dan Kartu Kredit)
  3. melengkapi persyaratan administrasi (KTP, KK, dan Surat Ijin Usaha)
  4. serta usahanya minimal telah aktif selama 6 bulan.

Persyaratannya terbilang cukup mudah, terutama bagi Anda yang memang telah memiliki usaha. Namun, ada beberapa kasus gagalnya pengajuan KUR BRI yang disebabkan NIK sudah digunakan KUR BRI sebelumnya.

NIK menjadi salah satu hal penting yang harus terus dijaga kerahasiaan. Saat ini banyak kasus kebocoran informasi KTP yang menyebabkan penyalahgunaan KTP tersebut.

KTP yang didalamnya terdapat NIK menjadi salah satu hal yang penting yang dijadikan sebagai syarat hampir di setiap urusan pelayanan publik, termasuk perbankan.

Anda bisa mengecek apakah NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Cara cek NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum bisa Anda lihat penjelasan berikutnya.  

Lalu, berapa kali bisa pinjam KUR BRI? Berdasarkan tabel KUR BRI, Anda bisa mengajukan KUR BRI maksimal sebanyak 4 kali dengan bunga pinjaman berbeda.

Baca juga:  Tabel Pinjaman PinjamDuit 2024 : Legalitas, Limit, & Bunga

Pinjaman pertama Anda akan dikenakan bunga sebesar 6%, pinjaman kedua bunga 7%, pinjaman ketiga bunga 8%, terakhir pinjaman keempat bunga 9%.

Setelah 4 pinjaman KUR BRI dan masih membutuhkan dana pinjaman, Anda akan diarahkan ke jenis pinjaman umum atau komersial atau KUPEDES BRI atau yang lainnya. Proses peminjaman membutuhkan waktu beberapa hari.

Cara Cek NIK Sudah Digunakan KUR BRI

Setiap NIK yang terdaftar di perbankan sebagai debitur akan terekam di OJK. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pengecekan NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum melalui website resmi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut ini:

1. Masuk ke Website iDebku

iDebku adalah website pengecekan informasi debitur (IDEB) SLIK OJK. Anda dapat mengecek status NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum melalui website iDebku.

NIK Sudah Digunakan KUR BRI

2. Lakukan Pra-Registrasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Pra-Registrasi. Pilih menu “Pendaftaran” yang ada di halaman awal website iDebku. Isi kolom di halaman “Cek Ketersediaan” dengan lengkap. Anda bisa memilih Jenis Debitur Perseorangan.

Lalu klik “Selanjutnya”. Anda akan diberi tampilan konfirmasi “Apakah Anda yakin melakukan pra-registrasi?”, lalu klik “Ya”.

3. Lengkapi Identitas

NIK sudah digunakan KUR BRI

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melengkapi identitas. Identitas yang diminta seperti tempat dan tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, nomor HP, dan email. Pastikan Anda mengisi nomor HP dan email yang masih aktif.

Anda bisa mengisi Tujuan Permohonan Informasi dengan memilih “Dokumentasi Pribadi”. Lalu klik “Selanjutnya”.

Jika setelah Anda mengklik tombol selanjutnya muncul pemberitahuan “Maaf, pendaftaran anda belum berhasil” itu dikarenakan layanan sedang penuh atau sibuk. Silakan melakukan pendaftaran kembali secara berkala di waktu operasional layanan.

4. Unggah Dokumen Pendukung

Tahap selanjutnya adalah meng-upload foto KTP asli dan swafoto. Di halaman ini Anda akan diberikan gambaran mengenai posisi foto yang benar. Setelah foto yang Anda unggah telah sesuai, gulir ke bawah lalu klik ceklis/centang persetujuan.

Kemudian klik “Ajukan File”. Anda akan menerima email pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda berhasil.

5. Download Dokumen Informasi Debitur

Selang beberapa jam Anda akan mendapat email tautan dokumen Informasi Debitur. Anda bisa men-download dokumen dengan mengklik tautan yang ada. Karena dokumen ini dilindungi, sebelumnya Anda harus memasukkan password terlebih dahulu.

Baca juga:  Prosedur dan Syarat Top Up Pinjaman KUR BRI Tahun 2024

Format passwordnya telah ditentukan oleh pihak OJK dengan format DDMMYYYY (2 digit tanggal, 2 digit bulan, dan 4 digit tahun lahir).

Anda akan menerima dokumen dalam format PDF. Dokumennya berisi BI Checking atau riwayat kredit yang pernah Anda lakukan. Anda dapat melihat apakah NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum.

Jika Anda mencurigai penyalahgunaan NIK Anda dalam pengajuan KUR, segera laporkan kepada pihak berwenang dan bank terkait. Anda perlu menghubungi bank tersebut secara langsung.

Anda dapat menghubungi kantor cabang BRI terdekat atau menghubungi layanan pelanggan BRI di nomor telepon 14017.

Baca juga: Penyelesaian Kredit Macet KUR BRI dan Sanksinya

Cara Cek Status Pengajuan KUR BRI

Status pengajuan KUR BRI bisa Anda cek secara mandiri tanpa harus menunggu pemberitahuan dari pihak bank. Anda bisa mengikuti cara cek status pengajuan KUR BRI berikut ini:

Melalui Aplikasi BRI Mobile

Cara cek status pengajuan KUR BRI yang pertama adalah melalui Mobile banking milik BRI atau BRImo.

Jika pengajuan Anda telah diproses dan lolos, maka dana pinjaman akan ditransfer ke nomor rekening yang telah Anda daftarkan. Melalui BRImo, Anda bisa mengetahui apakah dana tersebut telah masuk atau belum.

Melalui Website BRI

Anda bisa mengakses laman Tracking BRI, kemudian masukkan nomor referensi pinjaman yang diperoleh saat pengajuan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul informasi terkait pengajuan pinjaman.

Itulah beberapa cara cek status pengajuan KUR BRI yang bisa Anda lakukan tanpa harus menunggu pemberitahuan dari pihak bank.

Cara Lolos Survey KUR BRI

Jika Anda pelaku UMKM dan tertarik ingin mengajukan KUR BRI, ada baiknya Anda mengetahui cara lolos survey KUR BRI terlebih dahulu.

Hal ini bisa menjadi tips agar pengajuan KUR BRI disetujui. Berikut ini beberapa cara lolos survey KUR BRI:

  1. Pastikan Memiliki Bukti Ijin Usaha, Surat atau bukti ijin usaha merupakan salah satu syarat yang harus Anda penuhi. Bukti Ijin Usaha juga menjadi bukti bahwa usaha yang Anda lakukan adalah usaha yang legal dan bisa membangun kepercayaan konsumen sehingga menarik minat konsumen pada usaha yang dijalankan.
  2. Manejemen Keuangan, Mengatur keuangan usaha dengan adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa lolos survey KUR BRI. Pisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Memisahkan keuangan pribadi dan usaha bisa membantu Anda mengetahui rincian keuntungan dengan pasti. Anda juga akan terlihat lebih profesional.
  3. Laporan Keuangan Rapi, Memiliki laporan keuangan yang rapi adalah salah satu poin pendukung untuk lolos survey KUR BRI. Melalui laporan keuangan yang rapi juga bisa menjadi salah satu penambah poin akuntabilitas Anda dalam mengelola dana KUR BRI. Anda bisa menyusun laporan keuangan secara manual maupun melalui aplikasi.
  4. Administrasi Lengkap, Pastikan dokumen admnistrasi yang Anda serahkan sebagai persyaratan telah lengkap dan sesuai dengan yang ada di lapangan.
  5. Masuk Platform E-Commercial, Memanfaatkan marketplace selain bisa menjangkau konsumen yang lebih luas, hal ini juga bisa meyakinkan pihak bank akan usaha yang Anda jalankan.
  6. Menjaga Rekam Jejak, Rekening Rekam jejak rekening debitur juga diperhatikan oleh pihak bank saat melaksanakan survey. Anda juga perlu memperhatikan riwayat kredit Anda baik di bank atau aplikasi lain. Riwayat kredit Anda menjadi salah satu poin yang menentukan lolos atau tidak pengajuan Anda.
  7. Menentukan Tujuan Anda, juga harus memiliki tujuan yang jelas mengenai dana KUR BRI yang akan Anda terima tadi. Pihak bank akan melihat apakah tujuan Anda bisa diterima dan menjadikan Anda layak lolos survey atau tidak. Anda juga harus menentukan secara detail tujuan, jangka waktu pinjaman, sumber dana untuk pembayaran, serta nominal pengajuan.  
Baca juga:  Tabel Pinjaman BSI 2024 Non KUR Plafon Hingga 200 Juta

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum bertanya “kenapa pengajuan KUR saya ditolak padahal sudah melengkapi seluruh persyaratan?”

Nah, itu tadi sekilas penjelasan mengenai cara cek NIK sudah digunakan KUR BRI atau belum, beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar lolos survey KUR BRI, serta cara cek status pengajuan KUR BRI.

Harap selalu waspada mengenai NIK, karena NIK bukan konsumsi publik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar