Kenapa Shopee Lemot? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya!

Anda pernah merasa kesal saat aplikasi Shopee lemot? Apalagi saat sedang  mengikuti flash sale tiba-tiba Shopee lemot atau bahkan Shopee gangguan hari ini. Alhasil Anda akhirnya gagal mendapatkan barang yang diincar sejak tadi. Bisa juga saat sedang asyik-asyiknya main games malah jadi lemot dan susah dibuka. 

Saat Shopee lemot tidak bisa dibuka, rasa kesalnya memang seringkali tidak cukup diucapkan lewat kata–kata. Akan tetapi, daripada banting HP, lebih baik yuk segera temukan cara mengatasi aplikasi Shopee lemot dalam ulasan berikut ini.

Ciri-Ciri Aplikasi Shopee Lemot 

Tapi sebelum itu, pahami dulu apa saja ciri-ciri aplikasi Shopee lemot, agar Anda  bisa segera mengatasinya saat hal itu terjadi. Berikut diantara ciri-ciri aplikasi Shopee lemot:

  1. Pada saat melakukan transaksi seperti membeli produk atau checkout dan mengupload produk  bagi penjual, aplikasi malah tidak merespon.
  2. Loading yang lama saat membuka aplikasi, biasanya lebih dari 2 menit.
  3. Muncul tulisan aplikasi tidak merespon atau bahkan menutup sendiri.
  4. Saat Anda sedang mencari produk biasanya gambar hasil pencarian Shopee tidak akan muncul di tampilan. Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk bisa mencari produk yang diinginkan. 

Kerugian Akibat Shopee Lemot

Tidak hanya membuat Anda kesal, aplikasi Shopee yang lemot sering kali membawa kerugian bagi Anda, baik sebagai pembeli maupun penjual. 

Kerugian sebagai Pembeli

Berikut beberapa kerugian yang akan Anda rasakan jika Anda sebagai pembeli, diantaranya: 

  1. Tidak bisa berbelanja karena gagal log in Shopee.
  2. Ketinggalan event-event penting seperti flash sale, diskon, ataupun event birthday sale Shopee.
  3. Tidak bisa main games dengan asik karena loading yang lama. 

Kerugian sebagai Penjual

Sedangkan kerugian yang akan Anda rasakan jika Anda sebagai penjual, diantaranya : 

  1. Tidak bisa berjualan dengan lancar karena kesulitan untuk upload produk baru ataupun memperbaharui judul dan deskripsi produk. 
  2. Tidak bisa memproses pesanan baru, sehingga pelanggan bisa saja membatalkan pesanan.
  3. Tidak bisa membalas chat, sehingga pelanggan merasa tidak dilayani dengan cepat.
  4. Performa toko bahkan dapat berkurang, sehingga beresiko mendapatkan penalti dari tim Shopee. 
Baca juga:  Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia

Baca juga: Contoh Deskripsi Toko Online yang Menarik

Jika Anda tidak ingin merasakan kerugian akibat Shopee lemot seperti yang kami sampaikan di atas, untuk itu Anda perlu mengetahui sebenarnya hal apa saja yang menjadi penyebab kenapa Shopee lemot atau Shopee susah diakses? Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Penyebab Shopee Lemot

Inilah beberapa alasan penyebab kenapa aplikasi Shopee lemot:

1. Memori Penyimpanan HP Penuh

Alasan kenapa Shopee bisa lemot sering terjadi karena memori penyimpanan HP penuh. Bagi pembeli jelas akan sulit melakukan transaksi pembelian. Begitupun, bagi penjual, ini bisa menjadi alasan kenapa Shopee lemot pengiriman pesan ke pelanggan.

2. Cache Menumpuk 

Aplikasi Shopee juga mengonsumsi ruang penyimpanan cache yang terlampau besar, padahal kapasitas penyimpanan HP juga terbatas. Inilah yang akhirnya membuat aplikasi Shopee menjadi penuh. 

3. Terlalu Banyak Bloatware 

Seringkali banyak aplikasi yang sedang berjalan di HP Anda tanpa disadari, ini dinamakan bloatware. Bloatware bisa menyebabkan aplikasi Shopee Anda menjadi alasan kenapa Shopee lemot padahal jaringan bagus. 

4. Aplikasi Shopee Bermasalah

Untuk Anda yang bertanya kenapa Shopee saya error atau lemot? Alasannya bisa jadi karena ada beberapa berkas pada aplikasi Shopee yang hilang atau masalah-masalah lainnya seperti yang kami ulas dalam artikel ini. 

5. Jaringan Internet Lemot

Saat aplikasi Shopee Anda lemot, Anda bisa mengecek jaringan internet terlebih dahulu dan memastikan signal bar ponsel terisi penuh. Apabila sinyal internet Anda hanya menunjukan 1-2 bar saja atau bahkan menunjukan tanda X, maka hal ini juga bisa menjadi alasan kenapa Shopee lemot. 

6. Spesifikasi Ponsel Jadul 

Apakah HP Anda telah digunakan lebih dari 3 tahun? Jika iya, maka hal ini bisa juga menjadi alasan kenapa Shopee lemot. Aplikasi bisa update cukup sering, sementara performa HP Anda belum tentu. Inilah yang menjadi alasan lemotnya aplikasi Shopee di Hp Anda.

Baca juga:  6 Cara Mengaktifkan Shopee Paylater untuk Penjual

7. 3D Effect Wallpaper HP Diaktifkan

Jika Anda menggunakan 3D effect berlebihan, seperti menggunakan wallpaper animasi. Hal ini tentu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuka aplikasi pada HP Anda, karena 3D effect  yang aktif akan menyebabkan HP bekerja dengan lebih lambat. Jika tidak diimbangi dengan memori yang besar, Shopee bisa lemot. 

8. Sistem Aplikasi Ponsel Rusak

Alasan kenapa Shopee lemot bisa terjadi karena ada beberapa file sistem android Anda yang rusak atau bermasalah, sehingga tidak bisa terbaca atau bahkan hilang. Hal ini akan mengakibatkan komponen untuk menjalankan aplikasi menjadi tidak lengkap. 

Baca juga: Cara Memesan Barang di Shopee Lebih dari Satu Beda Warna

Cara Mengatasi Shopee Lemot

Setelah memahami alasan kenapa sih Shopee lemot banget, berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi agar Shopee tidak lemot lagi:

  1. Hapus aplikasi lain yang jarang digunakan dan hapus juga aplikasi yang mencurigakan.
  2. Pindahkan foto-foto lama ke media penyimpanan online, seperti Google Drive atau Google Photos.
  3. Hapus berkas download yang sudah tidak lagi Anda butuhkan, karena terlalu banyak berkas yang tidak digunakan bisa menjadi alasan kenapa Shopee lemot sekali. 
  4. Nonaktifkan aplikasi yang tidak bisa Anda hapus padahal tidak digunakan. 
  5. Bersihkan cache atau clear cache aplikasi Shopee Anda. Caranya buka pengaturan, lalu masuk ke aplikasi, pilih aplikasi Shopee, kemudian bersihkan cache atau clear cache. 
  6. Cek ke Play Store atau App Store dan lakukan pembaruan Shopee. Ini adalah cara refresh aplikasi Shopee atau update aplikasi dengan mudah. Jika aplikasi Shopee Anda memang belum diperbaharui, maka ini bisa menjadi alasan kenapa Shopee lemot di Iphone dan Shopee lemot di Android.
  7. Jika alasan kenapa Shopee error adalah karena sistem operasi ponsel rusak, maka Anda bisa coba mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Caranya masuk ke pengaturan ponsel kamu, cari menu backup & reset, kemudian pilih factory data reset atau kembali ke setelan pabrik. 
  8. Untuk mengatasi jaringan lemot yang menjadi alasan kenapa aplikasi Shopee tidak ada gambarnya, maka Anda bisa mencoba untuk pindah ke lokasi yang sinyalnya lebih kuat. Usahakanlah untuk mendapatkan sinyal full bar. 
  9. Ubah pengaturan wallpaper yang semula menggunakan 3D effect wallpaper menjadi tampilan statis. Caranya masuk ke pengaturan, kemudian ubah pengaturan dibagian tampilan dan masukan. 
Baca juga:  5 Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate ke ShopeePay

Baca juga: Cara Melihat Barang Yang Sudah Dibeli di Shopee

Spesifikasi Minimum Shopee

Shopee adalah aplikasi marketplace yang memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli berbagai produk dengan menggunakan smartphone. Berikut adalah beberapa spesifikasi yang perlu dipertimbangkan untuk menjalankan aplikasi Shopee:

  • Sistem operasi: Aplikasi Shopee dapat diunduh dan diinstal pada perangkat yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.4 atau yang lebih tinggi, atau iOS versi 10.0 atau yang lebih tinggi.
  • Ruang penyimpanan: Aplikasi Shopee memerlukan ruang penyimpanan sebesar sekitar 100 MB pada perangkat Anda.
  • Koneksi internet: Aplikasi Shopee memerlukan koneksi internet yang stabil untuk dapat bekerja dengan baik.
  • Perangkat: Aplikasi Shopee dapat dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet yang memenuhi spesifikasi di atas. Namun, disarankan untuk menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi untuk pengalaman yang lebih lancar.

Setelah Anda memahami alasan kenapa Shopee lemot dan solusi untuk mengatasinya, maka selamat berbelanja untuk Anda yang seorang buyer dan selamat cuan ya untuk Anda yang  seller. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar