Cara Setting Pengaturan Hp Xiaomi Untuk Aplikasi Gojek/Grab Driver Terbaru 2020

Hp Xiaomi saat ini menjadi hp sejuta umat karena kualitasnya yang sangat baik dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bisa dibilang hampir semua orang menggunakan hp merek ini, tak terkecuali mereka yang berprofesi sebagai mitra pengemudi ojek online, baik Grab maupun Gojek. Spesifikasinya memang sangat mumpuni dan dengan daya baterai yang besar sangat membantu para mitra pengemudi untuk mengaspal di jalanan.

Untuk menjalankan order dari Grab, tentunya mitra pengemudi harus menginstal aplikasi Grab Driver di hp Xiaomi kesayangannya. Nah, kadang-kadang beberapa tipe hp Xiaomi mengalami sedikit kendala ketika menjalankan aplikasi ini. Ada yang tidak bisa terhubung, ataupun yang tidak memunculkan pesan pop-up. Kendala-kendala ini tentunya mengganggu aktivitas mitra pengemudi karena menghambat order masuk yang artinya berpotensi mengurangi pendapatan.

Cara Setting Pengaturan Hp Xiaomi Untuk Aplikasi Grab Driver
Cara Setting HP Xiaomi juga untuk driver Gojek

Tapi jangan khawatir. Semua masalah pasti ada cara penyelesaiannya, termasuk masalah aplikasi Grab Driver ini. Yuk simak cara setting hp Xiaomi buat aplikasi Grab Driver di bawah ini. Mudah kok.

Cara Setting Pengaturan Smartphone Xiaomi Buat Driver Gojek dan Grab

Note: Pengaturan setting ini juga bisa dicoba oleh driver Gojek (Goride, Gcar, Grabcar) karena ini adalah setting dasar untuk HP Xiaomi. Namun pada kasus ini, kami menampilkan setting untuk driver Grab saja….

Aplikasi Grab/Gojek Driver tidak terhubung? Begini cara settingnya!

Untuk pengguna Xiaomi yang pertama kali menginstal aplikasi Grab Driver, biasanya akan kebingungan karena aplikasi akan menutup sendiri jika layar terkunci. Itu artinya aplikasi tidak berstatus online dan order tidak bisa masuk. Kalau begini, untuk apa punya aplikasi tapi tidak bisa mendatangkan order?

Kondisi ini jelas harus diatasi agar mitra memperoleh manfaat yang seharusnya dari aplikasi Grab Driver. Dan kuncinya adalah di pengaturan baterai.

  1. Masuk ke Pengaturan (Bahasa Indonesia) atau Settings (Bahasa Inggris)
  2. Pilih Baterai dan Performa (Battery and Performance)xiaomi
  3. Pilih Penggunaan Baterai (App Battery Saverxiaomi
  4. Gulir ke bawah, lalu pilih aplikasi Grab Driverxiaomi
  5. Pilih opsi Penghemat Baterai (Battery Saver) atau Tanpa Pembatasan (No Restrictions)xiaomi

Dengan demikian, aplikasi Grab Driver tidak akan menutup tiap kali layar terkunci. Mitra pengemudi tetap bisa menerima order melalui aplikasinya meskipun lampu layar padam dan layar terkunci. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya, di mana tiap kali layar terkunci maka aplikasi akan menutup secara paksa.

Penutupan aplikasi secara paksa ini sebenarnya adalah fitur yang bisa ditemui di semua hp Xiaomi, yaitu penghemat baterai (Battery Saver). Sesuai dengan namanya, fitur ini mengutamakan daya dan kinerja baterai agar selalu berjalan optimal dengan cara menutup aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak perlu.

ROM MIUI milik Xiaomi membatasi agar hanya aplikasi-aplikasi tertentu saja yang berjalan ketika layar terkunci. Tujuannya tentu saja untuk menghemat baterai. Sayangnya, secara default hanya beberapa aplikasi tertentu saja yang diizinkan berjalan ketika layar terkunci. Misalnya WhatsApp, Facebook, Tokopedia, dan sejenisnya.

Aplikasi-aplikasi belanja dan games biasanya tetap berjalan meskipun layar padam, bahkan ada yang tetap berjalan di background (berjalan tapi tidak tampak di layar). Di hp merk lain, kondisi ini bisa menghabiskan daya baterai. Namun oleh Xiaomi aplikasi-aplikasi boros daya tersebut langsung ditutup secara paksa ketika layar padam dan terkunci.

Aplikasi Grab Driver dianggap menghabiskan daya baterai sehingga harus ditutup secara paksa ketika layar hp terkunci. Kondisi ini tentu saja berlawanan dengan kebutuhan para mitra pengemudi yang ingin agar aplikasi tetap berjalan, baik layar sedang terkunci maupun terbuka.

Maka aplikasi Grab Driver harus disetting sendiri agar tidak ditutup secara paksa. Dengan demikian, aplikasi akan terus berjalan dan mitra tidak kehilangan kesempatan berburu order.

Pesan pop-up yang tidak muncul? Ini Caranya!

Satu lagi yang tidak kalah penting dengan masalah di atas, yaitu pesan pop-up. Aplikasi Grab/Gojek Driver perlu memunculkan pesan pop-up. Namun sering yang terjadi adalah yang keluar hanya suara pesan, tapi pesannya sendiri (pop-up) tidak muncul.

Padahal pesan ini sangat penting bagi para mitra pengemudi. Setiap order masuk pasti memunculkan pesan pop-up yang harus diizinkan untuk muncul meskipun layar sedang terkunci. Pop-up order masuk hanya muncul selama 10 detik, dan mitra harus segera menerimanya. Jika dibiarkan lebih dari 10 detik, maka mitra dianggap menolak order dan performa mitra pengemudi jadi turun.

Bisa dibayangkan apa jadinya jika pesan pop-up tidak muncul dan tidak terbaca. Akibatnya mitra dianggap menolak order terus-menerus, yang artinya performa mitra jadi jeblok dan kesempatan dapat order semakin kecil. Tentu saja mitra tidak ingin kehilangan order hanya gara-gara pop-up tidak muncul, kan?

Nah, dengan beberapa langkah mudah pesan pop-up ini bisa dimunculkan lagi di hp Xiaomi.

Ikuti cara berikut ini:

  1. Masuk ke menu Pengaturan (Bahasa Indonesia) atau Settings (Bahasa Inggris)
  2. Gulir ke bawah, pilih Manajemen Aplikasi (Manage Apps)
    xiaomi
  3. Gulir ke bawah, pilih Grab Driver. Atau bisa juga dengan fitur search lalu ketik Grab Driver.
    xiaomi
  4. Pilih Perizinan Lainnya (Other permissions).
    xiaomi
  5. Terakhir, pilih Tampilkan jendela pop-up (Display pop-up windows while running in the background).
    xiaomi

Setelah diubah di pengaturan, maka pesan pop-up akan muncul meskipun layar terkunci dan aplikasi berjalan di background (berjalan tapi tidak tampak di layar). Dengan demikian mitra pengemudi tidak lagi melewatkan order yang masuk dan pesan pop-up. Yang artinya memperbesar kesempatan mendapatkan order, dan ujung-ujungnya menambah pendapatan mitra.

Perlu diingat bahwa pengaturan tersebut bukan default hp Xiaomi. Artinya, pengaturan itu akan hilang jika aplikasi Grab Driver dihapus. Dan jika diinstal ulang lagi, maka harus dilakukan pengaturan ulang seperti langkah-langkah di atas.

Kedua masalah di atas, yaitu aplikasi menutup ketika layar terkunci dan pesan pop-up tidak muncul, sering terjadi pada hp Xiaomi tipe apa saja. Namun bukan berarti hp Xiaomi jelek dan harus dihindari oleh mitra pengemudi lho ya. Justru hp Xiaomi ini menjadi pilihan banyak pengguna, tak terkecuali mitra pengemudi Grab.

Fitur yang melimpah dan baterai yang awet adalah 2 keistimewaan hp Xiaomi yang diyakini sangat membantu aktivitas mitra pengemudi. Fitur-fiturnya memudahkan, dan baterainya kuat diajak mengaspal hingga 6 jam (untuk baterai kapasitas 4.000 mAh). Dan meskipun ada sedikit kendala, namun hal tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan cara setting hp Xiaomi buat aplikasi Grab Driver.

Masalah Lain Pada HP Xiaomi dan Solusinya

Jika dua masalah yang dibahas sebelumnya memang sering dialami driver para pengguna Xiaomi, sebetulnya masih ada beberapa problem yang kerap menghantui kinerja ojol. Jika dibiarkan, ini jelas akan mempengaruhi orderan dan performa dalam satu hari. Kalau performa tidak mencapai target, Anda tak akan memperoleh bonus.

Supaya bisa mengatasi beberapa problem yang kerap muncul, beberapa solusi berikut layak untuk coba diterapkan pada HP Xiaomi untuk Grab/GOjek milik Anda:

1. Sinyal GPS Salah

Rasa-rasanya hampir setiap ojol akan mengalami masalah ini. Di mana sinyal GPS salah dalam meletakkan posisi Anda. Misalkan saja Anda sudah ada di sebuah titik, tapi ketika melihat Google Maps/Waze, GPS justru menempatkan posisi Anda salah hingga sejauh satu kilometer atau lebih. Tentu hal ini bakal sangat merugikan karena artinya orderan yang dekat tak bakal masuk.

Solusi cara setting pengaturan HP Xiaomi untuk aplikasi GrabDriver untuk masalah ini sangatlah mudah. Yakni Anda tinggal mengubah pengaturan GPS pada HP Xiaomi. Masuk saja ke menu setelan pada HP lalu pilih akses lokasi/GPS dan gunakan mode AKURASI TINGGI. Dengan begitu, GPS lokasi anda akan ditetapkat super akurat sesuai dengan posisi saat itu juga.

2. Jaringan Internet Lemah

Selain sinyal GPS salah, masalah lain yang juga mengganggu ojol adalah jaringan internet lemah. Jika sinyal internet lemah, maka aplikasi GrabDriver tak bisa berjalan maksimal dan orderan tersendat. Tentu tak mau bukan? Untuk itulah ada baiknya Anda menggunakan provider yang memiliki jaringan internet kuat di segala lokasi baik di pusat kota atau ke area kabupaten.

xiaomi

Namun tetap saja sebaik apapun provider data, akan ada waktunya sinyal naik-turun. Supaya bisa tetap stabil, Anda pengguna Xiaomi bisa mencoba mematikan sejenak jaringan internet di SIM 2. Tak perlu lama-lama, matikan atau langsung pilih MODE PESAWAT selama beberapa detik saja dan nyalakan kembali data internetnya. Begitulah cara setting pengaturan HP Xiaomi untuk aplikasi GrabDriver  untuk permasalahan ini.

3. HP Mudah Panas

Ini adalah problem terakhir yang kerap dialami para ojol pemakai Xiaomi yakni cepat panas. Bagaimana cara setting pengaturan HP Xiaomi untuk aplikasi GrabDriver untuk masalah ini? Sebetulnya hal ini dikarenakan penggunaan chipset Mediatek yang memang mudah panas, bukan soal aplikasinya. Salah satu solusi pengaturan HP Xiaomi untuk driver Grab dengan masalah ini adalah mengurangi aplikasi yang dijalankan. Anda yang biasanya bermain media sosial saat menunggu orderan, lebih baik kurangi.

Solusi lainnya untuk HP Xiaomi yang mudah panas adalah mengurangi Widget yang dipasang dan mengatur kecerahan layar. Widget yang terpasang terlalu banyak bisa membebani sumber daya processor dan memori sehingga HP cepat panas. Begitu juga dengan layar yang terlalu cerah, begitu boros dalam mengonsumsi daya baterai.

Kalau kedua solusi ini sudah dilakukan tapi HP tetap panas, jangan khawatir dulu. Karena bisa saja itu artinya HP Xiaomi Anda meminta pembaruan untuk versi MUI. Dengan MUI yang lebih baru, biasanya Xiaomi membenahi beberapa bug yang terjadi termasuk HP yang cepat panas.

Wah, ternyata ada cukup banyak ya masalah yang kerap dialami para ojol pengguna Xiaomi? Namun dengan cara setting pengaturan HP Xiaomi untuk aplikasi Grab Driver yang begitu mudah, tentu berbagai masalah itu tak menghantui pekerjaan Anda dalam mencari orderan. Jadi tetap semangat dan makin gacor!

3 pemikiran pada “Cara Setting Pengaturan Hp Xiaomi Untuk Aplikasi Gojek/Grab Driver Terbaru 2020”

  1. Kenapa masi saja muncul jaringan lemah walaupun sudah saya matikan data dan gunakan mode pesawat terus saya nyalakan lgi tetap saja muncul jaringan lemah dengan memakai kartu simpati

    Balas
    • biasanya faktor wilayah kalau hape tidak ada masalah. Usahakan pake 4G nnetwork

      Balas
  2. Sy msti ksulitan bwat kontak no resto, pas sy pencet no resto, slalu tidak trtampil. Bgitu jg order express, mski nomer pngirim dan pnerima trtampil, tp pas dihubungi bkn nomer yg trtampil yg trhubung melainkan no asing yg prna sy hubungi sblum2 nya. Mohon solusi yg mencerahkan. Makasi.

    Balas

Tinggalkan komentar