Sistem Gaji dan Bagi Hasil Gojek 2021 Wajib Driver Tahu, Adil?

Banyak yang penasaran bekerja jadi driver gojek gajinya berapa sih? Pembayarannya bagaimana ya? Banyak yang berpikir kalau gaji driver gojek sangatlah kecil dan tidak akan cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Kita akan membahas tentang pembayaran atau sistem gaji (bagi hasil pembayaran Gojek) yang diberikan oleh kantor agar kalian yang ingin bekerja fulltime maupun sampingan menjadi driver gojek lebih semangat mengejar hujanan orderan.

Bagaimana Sistem Bagi Hasil Gojek?

Sebelumnya kalian harus tau bahwa perusahaan gojek bisa berkembang dari banyaknya mitra yang bergabung. Jadi setiap driver yang mendapatkan orderan maka hasil orderan tersebut akan dipotong sebesar 20% untuk perusahaan. Jangan khawatir tentang potongan tersebut karena sudah sangat diperhitungkan dari pihak gojek, selain itu gojek memberikan sistem bonus sesuai dengan point yang didapatkan driver tapi jika perfoma driver dibawah 75% maka sistem gojek tidak akan memberikan bonus dalam satu hari kedepan sampai pukul 00.00. Untuk perhitungan perfoma dapat dirumuskan seperti ini:

(Orderan yang diselesaikan / Orderan masuk) x 100 % = Angka Perfoma

Terus, Sistem Gaji Gojek 2021 Bagaimana?

Sistem gaji per orderan gojek ada beberapa macam dilihat dari jenis layanan orderan yang didapatkan yaitu layanan Go-Ride, Go-food, Go-Shop, Go-Send, Go-Mart, maupun point yang didapatkan. Sistem gaji pada Gojek tidak terhitung bulanan seperti halnya pada karyawan tetapi gaji yang didapatkan dari seberapa banyak driver mendapatkan orderan. Berikut penjelasan gaji setiap layanan orderan:

1. Go-food

Pada layanan ini yaitu orderan pemesanan makanan untuk per kilometernya sebesar Rp.2.500 secara umumnya tetapi ada beberapa kota dengan tarif yang berbeda tergantung dari biaya hidup kota itu sendiri.  Untuk kilometer pertama sampai dengan kilometer keempat pembayaran ditarif sebesar Rp.10.000 sehingga hasil pendapatan untuk driver yaitu Rp.8000 karena dipotong sebesar 20%. Berikut daftar tarif orderan pada go-food di beberapa kota:gojek

Sumber Gambar Gojek

2. Go-Mart

Layanan ini berbeda dari layanan lainnya dalam pembagian sistem gaji dikarenakan menggunakan waktu / jam tertentu. Tiap kota mempunyai tarif dan waktu yang berbeda sebagai contoh di kota Malang jam 08.00 – 19.30 per kilometernya sebesar Rp.2.800 tetapi untuk kilometer pertama sampai dengan kilometer 3,6 km maka pembayaran ditarif sebesar Rp.10.000 sehingga hasil pendapatan driver sebesar Rp.8000 termasuk potongan 20 % dari perusahaan. Berikut daftar tarif orderan pada go-mart di beberapa kota:

gojek

Sumber Gambar Gojek

3. Go-Ride

Layanan go-ride atau biasa disebut orderan penumpang per kilometernya berbeda-beda tiap kota. Sebagai contoh di kota Surabaya untuk per kilometernya sebesar Rp.2.313 tetapi untuk kilometer pertama sampai dengan kilometer 3,8 km maka pembayaran ditarif sebesar Rp.8.750 sehingga hasil pendapatan driver sebesar Rp.7.200 termasuk potongan 20 % dari perusahaan. Berikut daftar tarif orderan pada go-ride di beberapa kota:

gojek

Sumber Gambar Gojek

4. Go-Send

Go-send atau pengiriman barang mempunyai tarif per kilometernya yang berbeda setiap kota. Di kota Solo tarif yang diberikan per kilometernya sebesar Rp.2.500 tetapi untuk kilometer pertama sampai dengan kilometer keempat pembayaran tarif sebesar Rp.10.000 sehingga hasil pendapatan driver sebesar Rp.8.000 jika dipotong oleh perusahaan sebesar 20 %. Berikut daftar tarif orderan pada go-send di beberapa kota:

gojek

Sumber Gambar Gojek

5. Go-shop

Layanan pembelanjaan ini bisa digunakan jika toko tersebut tidak menggunakan fitur gojek seperti indomaret, toko buku, dll. Secara umum tarif per kilometer pada layanan ini sebesar Rp. 2.000 tetapi pada layanan ini sangat berbeda dari layanan lainnya serta merupakan pendapatan terbesar di layanan gojek. Untuk per kilometer pertama driver bisa meraup uang sebesar Rp.18.000 hanya sekali orderan sehingga hasil pendapatan driver jika dipotong sebesar 20 % hasilnya Rp.14.400. Berikut daftar tarif orderan pada go-shop di beberapa kota:gojek

Sumber Gambar Gojek

Jadi perhitungannya jika jarak melebihi tarif kilometer pertama yang sudah ditentukan maka kilometer selanjutnya akan ditambah pada setiap kilometernya. Sebagai contoh pada layanan go-food mempunyai tarif awal dari jarak 0 – 4 km sebesar Rp.10.000, jika kilometer tersebut melebihi 4 km maka tarif akan bertambah sebesar Rp.2.500 per kilometernya. Contohnya jika kilometer orderan 5 km maka tarif Rp.10.000 + Rp.2.500 = Rp.12.500.

Sistem Pembayaran Pada Driver Gojek

Pembayaran setiap orderan dibagi menjadi dua yaitu tunai (langsung) dan Gopay. Gopay merupakan alat pembayaran berupa uang digital yang digunakan oleh Gojek baik customer ataupun driver. Berikut penjelasan pembayaran melalui uang tunai :

Flowchart sistem pembayaran tunai driver gojek
Flowchart sistem pembayaran tunai driver gojek

Untuk penjelasan  pemaparan di atas yaitu jika customer membayar driver menggunakan uang tunai maka driver harus menanggung pembayaran tersebut. Pihak gojek secara otomatis akan mengambil saldo gopay pada driver sehingga customer tidak perlu membayar orderannya ke pihak gojek.

Baca juga: Segera pakai aplikasi Gojek Driver yang Original, Ini Sebabnya!

Contohnya jika layanan go-ride sebesar Rp.10.000 maka pihak gojek akan mengambil gopay driver sebesar 20 % saja dan sisanya merupakan bayaran untuk driver itu sendiri. Sedangkan jika pada go-food makanan sebesar Rp. 50.000 maka saldo driver akan di ambil seperti harga makanan tersebut tetapi untuk uang ongkos kirim sepenuhnya milik driver.

Oleh sebab itu para driver harus selalu menyiapkan sejumlah saldo gopay yang cukup untuk menanggung pembayaran customer agar tidak minus pada saldo akun driver. Selanjutnya pembayaran melalui gopay :

Proses pembayaran via gopay gojek
Proses pembayaran via gopay gojek

Untuk pemaparan di atas hampir sama seperti pembayaran uang tunai, letak perbedannya yaitu pihak customer yang membayar langsung ke pihak Gojek melalui gopay sehingga secara otomatis gojek mengambil bagiannya setelah itu diberikan kepada driver.

Sebagai contoh pada layanan go-ride ketika customer membayar menggunakan gopay maka pembayaran tersebut diberikan langsung ke pihak gojek untuk diambil bagiannya sebesar 20 %, sedangkan jika pada layanan go-food pihak gojek akan mengambil pembayaran makanan tersebut dari customer kemudian gojek memberikan hasil kerja ongkos kirim untuk driver.

Baca juga: 25 Aplikasi pendukung buat lancar order ojol, pilih secara bijak!

Sedangkan untuk sistem pembayaran bonus target point pada driver diberikan menggunakan gopay. Pembayaran diberikan jika driver mencapai target dan perfoma minimal sebesar 75 %, setiap bonus yang diberikan berbeda-beda tergantung seberapa sering driver tersebut menyelesaikan targetnya.

Jadi ada 3 tahapan point bonus tiap harinya yaitu untuk:

  • level pemula jika point 7 maka akan diberikan bonus sebesar 7 ribu
  • point 11 bonus sebesar 11 ribu
  • point 19 sebesar 15 ribu

Setiap driver mendapatkan bonus yang berbeda-beda semakin sering mencapai target maka bonus tersebut akan lebih besar dan berbeda dari pada bonus yang didapatkan oleh driver pemula.

Oke sampai sini penjelasan bagaimana sistem bagi hasil gojek, sistem gaji gojek, dan sistem pembayaran gojek bekerja. Jadi bagi kalian yang ingin menjadi driver gojek sangat direkomendasikan karena bayaran yang dihasilkan terbilang cukup untuk kehidupan sehari-hari belum lagi uang tips yang diberikan dari customer itu sendiri. SEMANGAT PARA PEJUANG ASPAL!

Tinggalkan komentar