SOP Penagihan Kredivo 2024 untuk Nasabah Galbay

Memang tidak sedikit pinjaman online atau pinjol akan memberikan ancaman dan meneror nasabah yang tidak juga kunjung membayar tagihannya yang sudah jatuh tempo.

Sebenarnya untuk alur penagihan pinjaman online yang sudah legal telah diatur dalam Undang-undang yang berlaku. Tagihan Kredivo akan jatuh tempo 30 hari dari tanggal transaksi.

Misalnya jika kamu melakukan transaksi pada tanggal 1 Maret, maka akan jatuh tempo 30 hari kemudian atau tepatnya di tanggal 1 April dan akan selalu seperti itu.

Hal itu tentu memudahkan karena tidak perlu repot menghitung tanggal jatuh tempo karena tanggal tagihan sudah tertera di aplikasi. Tentunya perhitungan jatuh tempo ini berlaku untuk layanan kredit online atau layanan pinjam uang di Kredivo.

Sebelum menggunakan aplikasi Kredivo, baiknya tentu kita harus mengetahui bagaimana SOP penagihan Kredivo.

Jadi nantinya kita bisa menggunakan Kredivo dengan mudah dan aman tentunya. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

SOP Penagihan Kredivo

Setiap pengguna yang melakukan pinjaman dana atau menggunakan layanan pinjaman online seperti salah satunya Kredivo, tentu memiliki tanggung jawab untuk membayar tagihannya secara penuh. Selain dana yang dipinjam tanggung jawab bunga dan denda juga harus dibayarkan.

penagihan kredivo lewat SMS

Berikut ini cara penagihan yang dilakukan oleh pihak Kredivo:

  1. Peringatan penagihan kredivo biasanya dimulai pada 7 hari sebelum jatuh tempo. Pada saat itu lah kamu akan menerima peringatan penagihan dalam bentuk pesan singkat SMS atau WhatsApp, Email, sampai dengan Telepon Bot.
  2. Kemudian nanti kamu akan kembali diingatkan oleh pihak Kredivo pada 3 hari sebelum jatuh tempo sampai dengan hari jatuh tempo pembayaran.
  3. Apabila kamu ketahuan mengalami telat bayar Kredivo, maka pihak Kredivo akan menghubungi kamu untuk segera melakukan pelunasan.
  4. Namun jika sampai saat itu kamu belum juga bisa melunasi, biasanya pihak Kredivo akan menghubungi nomor kontak darurat.
  5. pihak ketiga atau Debt Collector Kredivo akan turun langsung jika keterlambatan pembayaran kamu tidak dilakukan selama 2 bulan.
  6. Biasanya penagih Kredivo akan melakukan penagihan secara langsung ke rumah atau bahkan alamat kantor tempat kamu bekerja jika alamat rumah tidak valid atau tidak sesuai dengan alamat nasabah.
Baca juga:  Pengalaman Mesin ATM Mati saat Pengambilan Uang

Selain mendapat panggilan dan mengirim pesan, pihak Kredivo juga akan mengirimkan surat tagihan jika debitur terlambat membayar tagihan.

Surat Penagihan Kredivo

Surat tagihan Kredivo merupakan surat yang berisi rincian pembayaran yang dikirimkan kepada pemegang akun Kredivo atau nasabah yang melakukan pinjaman di aplikasi Kredivo untuk memberitahukan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Surat ini biasanya berisi informasi mengenai denda keterlambatan dan konsekuensi yang diberikan apabila pembayaran tidak segera dilakukan.

Contoh Surat Penagihan Kredivo

Contoh surat Penagihan Kredivo

Isi Surat Penagihan Kredivo

Di bawah ini merupakan surat penagihan Kredivo:

  • Berisi rincian pembayaran yang di dalamnya mencakup jumlah tagihan yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo, serta instruksi pembayaran.
  • Selain itu terdapat informasi mengenai denda keterlambatan dan bunga keterlambatan yang akan dikenakan jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu.
  • Apabila terdapat keterlambatan, maka konsekuensi jika pembayaran tagihan tidak dilakukan tepat waktu, terjadi penurunan skor kredit, akun Kredivo terblokir sementara atau kunjungan dari petugas Kredivo.
  • Ada juga informasi cara menghubungi pihak Kredivo jika ada pertanyaan mengenai surat tagihan.

Baca juga: Cara Penagihan Kredit Pintar

Pengalaman Didatangi DC yang Tidak Sesuai dengan SOP penagihan Kredivo

Salah seorang nasabah melakukan peminjaman uang pada aplikasi Kredivo dengan angsuran sebanyak 6 kali.

Dia sudah membayar angsuran sebanyak 4 kali tanpa masalah dan tinggal tersisa 2 kali angsuran yang belum bisa dibayar, tapi dia sudah didatangi oleh DC dari Kredivo sebanyak 6 kali bahkan dalam satu hari bisa didatangi sampai 2 kali.

Menurutnya penagihan Kredivo yang dilakukan oleh pihak lapangan tidak sesuai dengan SOP dan tidak beretika. Pihak Kredivo melakukan penagihan dengan kasar dan tidak pernah menunjukan identitas diri, surat tugas dan sertifikat Debt Collector.

Adapun menurutnya, penagih Kredivo melakukan penagihan dengan cara:

  • Mengancam tidak akan pulang sebelum dibayar
  • Melakukan tindakan pengancaman akan membuat keributan kalo tidak dibayar saat itu juga
  • Menghina, melakukan kekerasan secara verbal dengan kata-kata kasar yang tidak pantas.
Baca juga:  Cara Mencairkan Limit Kredivo ke Rekening atau DANA

Untuk kalian yang pernah atau sedang mengalami kejadian serupa, tidak perlu khawatir. Menurut beberapa pengalaman nasabah atau pengguna Kredivo, kalian bisa melaporkan tindakan pihak penagih Kredivo tersebut ke Media Konsumen.

Nah, itulah cara penagihan Kredivo baik sebelum jatuh tempo maupun sampai lewat jatuh tempo.

Bagikan:

Tinggalkan komentar