Syarat Tahun Motor Gojek 2022, Khusus Pendaftar Baru!

Syarat tahun motor gojek – Gojek merupakan salah satu mode transportasi umum yang sedang digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Tidak hanya sebagai penumpang saja, namun banyak yang berlomba-lomba untuk menjadi driver mitra Gojek karena besarnya kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang layak. Untuk dapat menjadi driver mitra Gojek, tentunya driver perlu mengetahui syarat tahun motor Gojek sebelum mendaftarkan diri.

Persyaratan yang harus disiapkan pun tidak terlalu sulit. Anda harus mengetahui syarat umum driver dan syarat tahun motor Gojek sebelum mendaftar. Hal terpenting yang menjadi syarat untuk mendaftar adalah memiliki data diri yang masih berlaku dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Syarat Dokumen Motor Gojek Sebelum Mendaftar

syarat tahun motor gojek

Sebelum calon driver Gojek mendaftarkan diri sebagai mitra Gojek, mengetahui persyaratan umum yang ditentukan adalah suatu keharusan. Hal utama yang menjadi syarat untuk mendaftar sebagai driver Gojek adalah memiliki data diri yang masih berlaku untuk menghindarkan dari tindak penipuan.

1.Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kartu Tanda Penduduk atau KTP diperlukan pihak Gojek untuk mengetahui tentang data diri pendaftar driver Gojek. Di dalam KTP tertera data diri yang diperlukan sebagai tanda pengenal driver Gojek kepada pihak Gojek.

2. Foto kopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK ini sangat diperlukan pihak Gojek untuk mengetahui tentang kendaraan yang akan digunakan driver Gojek tersebut. Pada surat ini tertera tahun dibuatnya motor yang digunakan.

Baca juga:  Rush Hour atau Jam Sibuk Gojek. Dari Jam Berapa? Dan Bagaimana Menyiasatinya?

3. Surat Ijin Mengemudi (SIM) C

Surat Ijin Mengemudi atau SIM disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan. Karena Gojek menggunakan sepeda motor, maka SIM yang digunakan adalah SIM C. SIM yang dimiliki calon driver Gojek harus masih berlaku setidaknya untuk 6 bulan kedepan.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK digunakan untuk bukti bahwa calon driver belum pernah terlbat dalam tindak kriminal.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK harus dilampirkan setiap kali akan mendaftar pekerjaan. Termasuk mendaftar kerja sebagai driver Gojek, SKCK ini merupakan surat penting yang harus dipenuhi. Jika belum memiliknya, Anda bisa membuat surat keterangan tersebut terlebih dahulu di Polsek atau Polres terdekat. Proses membuat SKCK tidak memerlukan waktu yang lama.

Baca juga:

Syarat Tahun Motor Gojek

syarat tahun motor gojek

Syarat lain yang harus calon driver perhatikan sebelum mendaftarkan diri sebagai mitra Gojek adalah syarat tahun motor Gojek. Lalu, bagaimana pihak Gojek tahu tahun motor yang akan digunakan oleh driver? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa syarat umum yang harus driver penuhi, dan salah satunya adalah STNK motor yang masih berlaku. Dari situlah pihak Gojek mengetahui tahun motor calon driver.

Untuk tahunnya sendiri, kebijakan dari pihak Gojek akan berubah seiring dengan waktu. Untuk tahun 2022 sendiri, persyaratan tahun motor yang harus dipenuhi adalah minimal dari tahun 2017 keatas. Syarat tahun motor ini ditentukan tentunya untuk mendukung kinerja driver dan juga mendukung kenyamanan dari penumpang itu sendiri. Untuk jenis motornya sendiri tidak ditentunkan apakah matic ataupun manual asalkan masih dalam keadaan baik.

Baca juga:  Mau Tahu Pendapatan Perusahaan Gojek? Berikut Ulasannya

Hubungan tahun motor Gojek dan penghasilan driver

Syarat tahun motor untuk driver Gojek memang selalu berubah seiring waktu untuk mendukung performa driver itu sendiri. Hal ini karena pada akhir perjalanan yang dilakukan, penumpang akan memberikan ulasan kepada driver.

Ulasan dari penumpang sendiri dipengaruhi oleh banyak hal dan salah satunya adalah kondisi motor yang digunakan oleh driver. Sisi kenyamanan penumpang memang sangat diutamakan oleh pihak Gojek, sehingga jika motor yang dipakai oleh driver tidak layak akan sangat merugikan pihak Gojek.

Ulasan yang diberikan oleh penumpang sendiri akan sangat berpengaruh pada rating driver dan jika rating driver rendah, maka driver tidak akan mendapatkan insentif atau bonus dari pihak driver.

Parahnya lagi, jika rating yang diberikan oleh penumpang selalu jelek, pihak Gojek bisa saja memberikan peringatan ataupun pemutusan hubungan kerja dengan driver.

Baca juga:

Sanksi Syarat Tahun Motor yang Tidak Dipenuhi Driver

Pada awal mula munculnya Gojek, kendaraan yang digunakan oleh driver dan kemampuan berkendara driver akan diujikan oleh pihak Gojek. Seiring waktu, driver hanya perlu memberikan berkas-berkas yang telah disebutkan sebelumnya tanpa menjalani ujian yang serupa. Hal ini tidak jarang ditemui pihak driver yang memanipulasi kendaraan yang telah didaftarkannya.

Sebenarnya tidak sedikit kasus serupa yang ditemui dan hal ini tentunya akan merugikan pihak driver itu sendiri. Jika driver yang kurang menaati aturan ini ditemui oleh pihak Gojek, pihak Gojek akan memberikan sanksi berupa peringatan atau pemutusan hubungan kerja dengan pihak driver.

Baca juga:  Berapa Lama Suspend GoJek? Baca Penjelasannya

Baca:

Meskipun syarat tahun motor Gojek bisa dari tahun 2017, namun driver perlu senantiasa untuk memastikan bahwa motor yang digunakan dalam keadaan prima setiap waktu. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada performa driver juga rating dari penumpang.

Bagikan:

13 pemikiran pada “Syarat Tahun Motor Gojek 2022, Khusus Pendaftar Baru!”

  1. Assalamualaikum wr wb,,,selamat malam, kalo kendaraan di bawah tahun yang sudah di tentukan , gimana y bisa enggak,,,, sangat ingin sekali menjadi mitra, dan memang sangat butuh pekerjaan,,, terimakasih,,,Waallaikumsallam wr wb

    Balas
  2. motor Tahun 2008 apa bisa jd mitra driver gojek???
    Sedang di pendaftaran online aja pilihan tahun kendaraan aja mijimal 2011…gmna sebenarnya bos gojek??? Alna sy mo jadi mitra gojek bwt cari penghasilan halal…tks

    Balas

Tinggalkan komentar