Arti CO di Shopee dan Cara Melakukannya

Bagi Anda yang sudah terbiasa belanja online di “Toko Orange”, pasti mengenali arti CO di Shopee bukan lagi menjadi istilah yang sulit dipahami.

Pasalnya, CO atau check out merupakan tahapan yang tidak terpisahkan dalam proses belanja online di e-commerce, termasuk di Shopee.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini pembahasan tentang arti CO di Shopee dan caranya agar proses belanja online semakin mudah dilakukan.

Arti CO di Shopee

CO di Shopee adalah tahapan akhir proses transaksi rekber Shopee dimana pembeli sudah memilih produk dan siap melakukan pembayaran.

Dalam proses CO atau check out produk ini juga meliputi memilih opsi pengiriman, menambah voucher Shopee jika memiliki, hingga memilih metode pembayaran yang ingin digunakan.

Opsi pengiriman berkaitan dengan pilihan tipe jasa pengiriman, apakah Anda akan menggunakan opsi reguler, hemat, atau kargo dengan tarif ongkir yang biasanya berbeda-beda sesuai aturan kebijakan di Shopee.

Anda juga bisa memasukkan voucher Shopee yang dimiliki, seperti voucher gratis ongkir, voucher toko, voucher Live, hingga cashback.

Sedangkan metode pembayaran sendiri mewajibkan Anda untuk memilih salah satu cara, di antaranya dengan ShopeePay, transfer bank, atau COD (Cash on Delivery).

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, Anda bisa menekan tombol check out dan sudah siap melakukan pembayaran atas pembelian produk sesuai metode yang dipilih sebelumnya.

Baca juga: Cara Belanja 0 Rupiah di Shopee

Proses CO di Shopee

Proses CO di Shopee

Setelah memahami pengertian CO, kini giliran cara melakukan CO produk di Shopee yang bisa Anda terapkan saat berbelanja online. Berikut panduan langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Shopee dan kunjungi halaman produk yang ingin dibeli
  2. Klik “Beli Sekarang” dan pilih variasi yang diinginkan seperti warna, ukuran, hingga jumlah pembelian lalu klik “Beli”
  3. Atau, Anda juga bisa memilih beberapa produk sekaligus yang sudah dimasukkan dalam keranjang belanja baru klik “Checkout”
  4. Di halaman check out, masukkan voucher yang dimiliki jika ada, pilih opsi pengiriman, dan metode pembayaran yang ingin digunakan
  5. Anda juga bisa menukarkan koin Shopee yang dimiliki untuk mengurangi tagihan pembayaran belanja dengan klik tombol yang tersedia
  6. Jika sudah sesuai, klik “Buat Pesanan” dan segera lakukan pembayaran belanja Anda
  7. Pastikan Anda melakukan pembayaran sebelum 24 jam untuk metode ShopeePay atau transfer bank agar tidak terjadi batal otomatis.
Baca juga:  Cara Jual Produk Digital di Shopee Tanpa Ongkos Kirim

Baca juga: Cara Melacak Paket Shopee di Maps

Tips CO dengan Aman di Shopee

Cara check out di Shopee yang cukup mudah memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian produk sesuai kebutuhan.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan beberapa tips belanja aman di Shopee berikut ini demi mendapatkan pengalaman positif saat melakukan semua jenis transaksi online yang tersedia di Shopee.

1. Perhatikan Detail Produk

Penting bagi Anda untuk memperhatikan detail produk yang akan dibeli di Shopee agar pengalaman belanja tidak mengecewakan.

Mulai dari nama, gambar, dan deskripsi produk yang akan dibeli hingga penilaian produk serta riwayat ulasan atau testimoni dari pembeli lain.

Dengan melakukan pengecekan secara mendetail semacam ini, Anda akan dapat menilai kualitas produk dan reputasi toko agar barang yang dikirim nantinya sesuai harapan.

2. Jaga Data Privasi

Dalam berbelanja online, baik di Shopee maupun e-commerce lainnya, pastikan untuk menjaga data privasi terkait identitas pribadi akun Shopee Anda maupun bukti transaksi pembelian.

Hindari juga unruk memberikan bukti transfer kepada pihak mana pun selain pihak Shopee, terlebih jika mencantumkan identitas pribadi Anda.

3. Ubah Password Secara Berkala

Tips aman berbelanja online di Shopee selanjutnya yaitu dengan mengubah password akun Shopee milik Anda secara berkala.

Bukannya tanpa alasan, tips ini menjadi salah satu langkah preventif untuk menjaga keamanan akun Shopee mengingat kejahatan online seperti pembajakan akun cukup masif terjadi.

Anda bisa melakukan mengganti password dalam durasi waktu tertentu melalui fitur “Pengaturan Akun” via menu profil di aplikasi Shopee

4. Lakukan Transaksi di Aplikasi atau Situs Resmi

Untuk menjaga keamanan proses belanja di Shopee, pastikan untuk selalu melakukan semua jenis transaksi pembelian hanya melalui aplikasi atau situs resmi Shopee.

Baca juga:  Kenapa Shopee Lemot? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya!

Termasuk jika Anda harus melakukan pengembalian produk yang reject atau tidak sesuai pesanan, hindari proses transaksi di luar Shopee untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Itulah tadi pembahasan tentang arti CO di Shopee dan caranya agar proses belanja online yang Anda lakukan bisa semakin mudah serta nyaman tanpa kendala apa pun.

Anda hanya perlu mengikuti tahapan langkah sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pihak Shopee dan pastikan juga untuk menerapkan tips belanja aman agar terhindar dari pengalaman negatif.

Bagikan:

Tinggalkan komentar