OVO Paylater Dibekukan? ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Kemudahan bertransaksi menggunakan limit PayLater yang tersedia di aplikasi dompet digital terkadang membuat terlena. Penggunaan dengan tidak bijak bisa mengakibatkan kerugian, seperti pembekuan limit PayLater atau bahkan pembekuan akun.

OVO termasuk salah satu aplikasi dompet digital yang menerapkan sistem pembekuan akun untuk penggunanya yang bermasalah. OVO PayLater dibekukan karena beberapa hal. Anda bisa mengetahui penyebab OVO PayLater bisa dibekukan dan cara mengatasinya melalui artikel ini.

Penyebab OVO Paylater Dibekukan

Penyebab OVO Paylater Dibekukan
OVO Paylater Dibekukan

Mengapa OVO Paylater tidak bisa digunakan? Ketika Anda dihadapkan pada kendala OVO Paylater Anda dibekukan, mungkin itu disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Terlambat Melakukan Pembayaran

Terlambat membayar tagihan menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi kenapa OVO PayLater dibekukan. Hal ini dilakukan oleh pihak OVO agar pengguna tertib melakukan pembayaran. 

Apalagi jika ada pengguna yang terlambat membayar dan memiliki denda, namun denda tersebut tidak juga dibayarkan. Pihak OVO melakukan hal ini untuk memberikan sanksi pada pemilik akun.

2. Melebihi Limit

Penyebab kedua OVO Paylater bisa dibekukan adalah kelebihan jumlah limit. Jadi Anda melakukan pinjaman yang melebihi kapasitas limit yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Adanya Perubahan Identitas

Ketika Anda mengubah identitas Anda pada akun OVO, hal ini bisa menyebabkan OVO Paylater Anda dibekukan. Identitas yang bagaimana? Identitas yang dimaksud seperti email dan nomor ponsel. Pihak OVO melakukan pembekuan akun untuk menjamin keamanan akun tetap terjaga.

4. Pengguna melakukan aktivitas mencurigakan

Pihak OVO akan membekukan akun penggunanya apabila akun tersebut terbukti melakukan aktivitas yang dilarang oleh ketentuan layanan OVO paylater. Seperti, pemanfaatan limit paylater untuk kejahatan, pembobolan akun, dan melakukan transaksi yang tidak wajar.

Baca juga:  Cara Pinjam Uang di DANA Premium Hingga Rp500.000

Itulah beberapa alasan mengapa OVO Paylater dibekukan. Anda tidak perlu panik jika mengalami hal yang seperti ini karena ada cara untuk mengatasi OVO Paylater yang dibekukan.

Cara Mengatasi OVO Paylater Dibekukan

Untuk mengatasi permasalahan OVO Paylater dibekukan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut agar OVO Paylater kembali seperti semula.

1. Jangan mengubah data diri yang terdaftar

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar terhindar dari pembekuan akun adalah tidak mengubah bagian data pribadi secara mendadak. Terkhusus bagian data akun OVO Paylater.

2. Bayar tagihan tepat waktu

Untuk mengembalikan OVO Paylater dibekukan, pastikan Anda membayar tagihan sesuai jumlah yang tertera dan di waktu yang tepat.

3. Hindari keterlambatan

Usahakan tidak membayar tagihan saat jatuh tempo. Membayar tagihan saat jatuh tempo bisa dianggap sebagai keterlambatan yang bisa mengakibatkan denda bahkan OVO Paylater Anda dibekukan.

4. Lunasi Denda

Ketika Anda mendapatkan denda, usahakan untuk segera melunasinya.

5. Bayar sesuai batas pembayaran

Pastikan Anda melakukan pembayaran sesuai dengan batas minimal pembayaran paylater yang tertera di aplikasi.

6. Hubungi CS OVO

Jika OVO Paylater terlanjur dibekukan, Anda bisa langsung menghubungi pihak customer service OVO via email atau telpon.

7. Datang ke Booth OVO

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi OVO Paylater dibekukan adalah dengan datang langsung ke booth OVO terdekat.

Itulah beberapa cara yang bisa membantu Anda mengatasi terjadinya pembekuan akun OVO Paylater.

Baca juga: Cara Mencairkan OVO Point ke Rekening

Cara Mengaktifkan OVO Paylater

Untuk bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sudah pasti Anda harus berpengalaman menggunakan OVO PayLater terlebih dahulu. Fitur OVO PayLater tidak otomatis tersedia saat Anda baru mengaktifkan OVO. Ada prosedur tertentu yang harus Anda lakukan terlebih dahulu untuk mengaktifkan OVO PayLater.

Baca juga:  3 Cara Mengganti Akun OVO di Grab Terbaru

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan OVO PayLater? Sebelum mengaktifkan OVO PayLater, pastikan syarat-syarat yang ditentukan telah Anda persiapkan dengan baik agar proses aktivasi berjalan lancar. Persyaratannya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan foto diri
  2. Siapkan KTP asli yang berlaku
  3. Berdomisili di daerah cakupan OVO PayLater (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Medan, Makassar, Malang, Surakarta, dan Semarang)
  4. Upgrade OVO ke Premier
  5. Setelah semua persyaratan siap, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Anda bisa mengaktifkan OVO PayLater dengan dua cara, yaitu, aktivasi OVO PayLater melalui aplikasi OVO dan melalui aplikasi Tokopedia. 

Cara Aktivasi OVO Paylater Melalui Aplikasi OVO

Untuk mengaktifkan OVO Paylater melalui aplikasi OVO, Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi OVO
  2. Pilih menu “Aktifkan OVO Paylater
  3. Lalu klik “Aktifkan Sekarang”
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan pada nomor ponsel yang telah terdaftar di OVO
  5. Unggah foto selfie dengan memegang KTP. Pastikan Anda mengunggah foto yang jelas agar foto bisa langsung diterima oleh sistem
  6. Isi data diri dengan lengkap
  7. Baca syarat dan ketentuan yang tertera dengan cermat. Setelah mengerti, klik “centang” yang tersedia di kolom
  8. Proses telah selesai

Berapa lama proses OVO Paylater agar bisa digunakan? Setelah proses aktivasi selesai, Anda perlu menunggu selama 1×24 jam untuk bisa menggunakan OVO Paylater.

Artikel terkait: Cara Bayar Akulaku Lewat OVO

Cara Menaikkan Limit OVO Paylater

Lalu, bagaimana cara menaikkan limit OVO Paylater? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar limit OVO Paylater dapat naik. Berikut ini caranya:

  1. Upgrade OVO Premier.
  2. Memperbanyak aktivitas transaksi. Ketika Anda melakukan transaksi dengan sering dan nominal yang besar, OVO akan menilai bahwa Anda mampu membayar cicilan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat kepercayaan limit yang tinggi.
  3. Membayar tagihan tepat waktu. Usahakan selalu membayar tagihan tepat waktu agar skor kredit Anda baik. Selain untuk menghindari denda yang membengkak dan pembekuan akun Paylater, sikap ini juga bisa menaikkan limit PayLater Anda.
Baca juga:  Lazada Paylater Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya

Jadi, apakah transaksi yang telah Anda lakukan berpotensi menaikkan limit PayLater?

Setelah mengetahui alasan OVO Paylater dibekukan, bertransaksi dengan bijak adalah hal penting yang harus dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar