Daftar Aplikasi Pinjaman Online Pemerintah Terbaik

Di tengah maraknya pinjaman online, perusahaan pembiayaan milik pemerintah juga tidak mau ketinggalan.

Saat ini sudah ada pinjaman online pemerintah yang tersedia melalui perusahaan BUMN yang menawarkan kemudahan proses pengajuan dan pencairan secara online.

Perusahaan apa saja yang menyediakan pinjaman online pemerintah? Artikel ini akan memberi informasi mengenai pinjaman online resmi dari pemerintah. Selamat menyimak!

1. CERIA – Pinjaman Online Pemerintah Terbaik

Pinjaman Online Pemerintah

Pinjaman online pemerintah yang pertama adalah Ceria. Ceria merupakan layanan pinjaman online dari Bank BRI untuk pembiayaan transaksi di e-commerce, online travel site atau ride sharing.

Seperti pinjaman online pada umumnya, semua proses pendaftaran, pengajuan, dan persetujuan pinjaman dilakukan secara online.

Plafon, Tenor, dan Bunga

Pinjaman online pemerintah BRI Ceria ini menyediakan plafon mulai Rp 500 ribu sampai dengan Rp 20 juta. Anda bisa memilih tenor pembayaran angsuran mulai satu bulan hingga 12 bulan.

BRI Ceria membebankan bunga sebesar 1,42% flat per bulan. Bunga yang terbilang rendah untuk layanan pinjaman online. Selain bunga, BRI Ceria tidak membebankan biaya admin bulanan. Cukup ringan, bukan?

Syarat Pengajuan

Jika Anda tertarik mengajukan pinjaman online BRI langsung cair KTP di BRI Ceria, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

  • WNI
  • Usia minimal 21 tahun
  • E-KTP
  • Merupakan nasabah tabungan Bank BRI (persiapkan nomor rekening dan kartu ATM)
  • Memiliki HP android minimal versi 5.0.

2. Pinang by BRIAgro

PINANG - Pinjaman Online Pemerintah Bunga Rendah

Ingin mengajukan pinjaman online pemerintah tanpa agunan selain BRI Ceria? Pinang bisa menjadi pilihan Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman online pemerintah tanpa agunan.

Pinang (Pinjaman Tenang) merupakan pinjaman online yang disediakan oleh Bank BRI dan Bank RAYA.

Melalui Pinang, Bank BRI dan Bank RAYA memberi kemudahan bagi pengguna berpayroll BRI atau RAYA untuk mendapatkan pinjaman online tanpa agunan. Berikut ini informasi selengkapnya tentang Pinang aplikasi pinjaman online pemerintah.

Plafon, Tenor, dan Bunga

Pinang menawarkan plafon menarik mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta. Seperti pinjaman online pada umumnya yang menetapkan jangka waktu pendek, pilihan tenor pembayaran angsuran di Pinang mulai dari satu bulan sampai maksimal 12 bulan.

Baca juga:  14 Penyedia Kredit HP Syarat Cukup KTP Tanpa DP

Pinjaman ini membebankan bunga sebesar 1,24% per bulan. Selain suku bunga yang terbilang rendah, Pinang juga menawarkan keuntungan lain yaitu bebas biaya admin bulanan. Jadi, apakah Anda akan tertarik mengajukan pinjaman di Pinang?

Syarat Pengajuan

Persyaratan berikut ini harus Anda penuhi sebelum mengajukan pinjaman online pemerintah di aplikasi Pinang.

  • Memiliki KTP
  • Minimal usia 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 24 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap atau memiliki usaha yang menghasilkan
  • HP Android.

Karena Pinang diperuntukkan pada pengguna berpayroll BRI atau RAYA, maka Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda yang belum bekerjasama dengan layanan Pinang terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkannya dengan menghubungi Call Center RAYA di nomor 1500-494.

Baca juga: Pinjaman 500 Ribu Langsung Cair Tanpa Ribet

3. KTA BRIGuna – Pinjaman Online Pemerintah Tanpa Agunan

Daftar pinjaman online milik pemerintah yang selanjutnya masih dari Bank BRI, yaitu KTA BRIGUNA. Pinjaman online resmi ini diperuntukkan bagi calon debitur dengan sumber pembayaran berasal dari sumber penghasilan tetap atau gaji.

Plafon, Tenor, dan Bunga

Plafon pinjaman yang disediakan mencapai Rp 500 juta. Plafon ini disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Khusus KTA BRIGuna Pendidikan plafon maksimalnya adalah Rp 250 juta. Tenor yang tersedia berbeda-beda sesuai dengan jenis BRIGuna yang dipilih. Berikut ini rincian tenornya.

  • BRIGuna Umum dan Purna: maksimal 15 tahun atau sampai nasabah memasuki usia 75 tahun
  • BRIGuna Karya: maksimal 15 tahun atau sampai memasuki masa persiapan pensiun
  • BRIGuna Pendidikan: maksimal 10 tahun.

Sedangkan bunga yang dibebankan sekitar 1,45% – 1,54%  per bulan.

Syarat Pengajuan

Untuk menggunakan layanan pinjaman online KTA BRIGuna ini, Anda harus memenuhi persyaratan berikut ini.

  • Identitas diri (KTP, NPWP, KK)
  • SK Pengangkatan pertama dan SK terakhir yang asli
  • Slip gaji
  • Buku tabungan BRI
  • Pas foto suami/istri (jika sudah menikah)
  • Surat rekomendasi dari atasan calon peminjam
  • Form permohonan pengajuan

Jika Anda sudah menyiapkan persyaratan tersebut, Anda bisa langsung menggunakannya secara online melalui aplikasi BRImo di menu BRIGuna.

4. BNI Fleksi Aktif

Seperti BRI, BNI juga menyediakan layanan pinjaman online pemerintah melalui produknya BNI Fleksi.

Baca juga:  Tabel Pinjaman FinPlus 2024 dengan Limit Maksimal 10 Juta

BNI Fleksi merupakan KTA yang diperuntukkan pada para pegawai yang memiliki penghasilan tetap, untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan atau undang-undang yang berlaku.

Jenis KTA BNI Fleksi ada yang khusus untuk pensiunan dan calon pensiunan yang memiliki penghasilan tetap, namanya BNI Fleksi Pensiun.

Plafon, Tenor, dan Bunga

BNI Fleksi Aktif menyediakan plafon mulai dari Rp 5 juta sampai maksimal Rp 500 juta dengan tenor maksimal 15 tahun.

Bunga yang dibebankan mengikuti program atau sesuai dengan ketentuan BNI Fleksi Aktif yang berlaku. Saat ini, suku bunga BNI Fleksi yang berlaku hingga 30 September 2023 adalah 8,2% per tahun. Cukup rendah bukan?

Syarat Pengajuan

Untuk menggunakan pinjaman online OJK bunga rendah BNI Fleksi Aktif ini, Anda harus memenuhi persyaratan berikut ini.

  • WNI
  • Minimal usia 21 tahun
  • Maksimal usia 55 tahun atau disesuaikan dengan usia pensiun saat kredit lunas)
  • Berstatus pegawai tetap dengan minimal level staf (di luar pegawai dasar)
  • Penghasilan tetap minimal Rp 3 juta (area Jabodetabek) dan Rp 2,5 juta (luar Jabodetabek)
  • Penghasilan disalurkan melalui BNI
  • Melengkapi persyaratan dokumen (KTP, NPW, slip gaji/bukti penghasilan lain, rekening koran 3 bulan terakhir, pas foto 4×6 terbaru, fotokopi SK Pengangkatan/SK Masa Kerja dari perusahaan tempat bekerja, dan surat pernyataan dan kuasa)

Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda bisa langsung mengajukan melalui eform.bni.co.id.

5. LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi dompet digital atau e-wallet yang disediakan oleh Telkomsel yang merupakan perusahaan BUMN di bidang telekomunikasi.

Selain berfungsi sebagai uang elektronik, LinkAja juga berfungsi layaknya rekening bank dan menyediakan layanan pinjaman online pemerintah.

LinkAja bekerjasama dengan berbagai aplikasi pinjaman online untuk memberi layanan pinjaman dana tunai pada penggunanya.

Daftar pinjaman online yang bekerjasama dengan LinkAja antara lain adalah Mandiri Utama Finance (MUF), UKU, Kredit Pintar, One Hope Pinjaman Online, dan Pegadaian.

Plafon,Tenor, dan Bunga

Karena layanan pinjaman di LinkAja bekerjasama dengan berbagai pihak pinjaman online, maka plafon, tenor, dan bunga yang ditetapkan berbeda tergantung dari pinjaman yang Anda pilih.

Berikut rincian informasi plafon, tenor, dan bunga sesuai dengan perusahaan pinjaman yang dipilih.

Baca juga:  Kode Referral BRImo 8 Digit dan Cara Mendapatkannya

Daftar Pinjol yang Bekerja Sama dengan LinkAja

  1. Mandiri Utama Finance : Anak perusahaan Bank Mandiri yang telah bekerjasama dengan LinkAja ini menawarkan plafon hingga maksimal Rp 50 juta. Tenor yang tersedia terbilang sangat pendek karena maksimal hanya 30 hari. Sedangkan bunga yang dibebankan oleh MUF yaitu sebesar 0,8% per hari.
  2. UKU : Layanan pinjaman online selanjutnya adalah pinjaman UKU. Melalui UKU, Anda bisa mendapat pinjaman hingga Rp 1,2 juta dengan tenor maksimal 2 bulan. Sedangkan suku bunga yang dibebankan adalah 0,24% per hari.
  3. Kredit Pintar : Plafon yang disediakan oleh Kredit Pintar melalui aplikasi LinkAja hingga Rp 2,3 juta. Untuk pembayaran angsurannya Anda memiliki pilihan mulai 30 hari hingga 180 hari. Suku bunga yang dibebankan oleh Kredit Pintar adalah 0,035% per hari.
  4. One Hope Pinjaman Online : Seperti halnya Kredit Pintar, One Hope menyediakan pilihan tenor mulai dari 30 hari sampai 180 hari. Suku bunga yang dibebankan sebesar 0,355% per hari. Sedangkan plafon yang bisa Anda dapatkan maksimal mencapai Rp 12 juta.
  5. Pegadaian : LinkAja juga bekerjasama dengan Pegadaian untuk menyediakan pinjaman online. Jika Anda memilih Pegadaian, Anda akan mendapat pinjaman hingga Rp 10 juta dengan pilihan tenor terpanjang dibanding penyedia lain yaitu sampai 12 bulan. Bunga per hari yang dibebankan adalah Rp 15 ribu.

Syarat Pengajuan

Syarat pengajuan pinjaman di LinkAja juga menyesuaikan persyaratan yang ditetapkan masing-masing penyedia. Namun, syarat pengajuan secara garis besar adalah sebagai berikut.

  • Minimal berusia 21 tahun
  • KTP
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Nomor HP aktif
  • Rekening pribadi aktif

Meski pinjaman ini melalui pinjaman online lain, namun ini masih termasuk pinjaman online pemerintah.

Karena semua aktivitas peminjaman yang Anda lakukan melalui aplikasi LinkAja menjadi tanggung jawab dan diawasi oleh LinkAja yang notabenenya merupakan aplikasi uang elektronik BUMN.

Itulah beberapa layanan pinjaman online pemerintah dari berbagai perusahaan BUMN yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar