3 Cara Kerja ke Korea Tanpa Tes Melalui Agen dan Pribadi

Apakah Anda tertarik bekerja di Korea Selatan? Sebagai negara maju, Korea memiliki daya tarik tersendiri seperti gaji kerja di Korea yang cukup tinggi, pengalaman menarik, bertemu idol K-Pop, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

Untuk bisa bekerja disana perlu ada usaha tersendiri. Namun saat ini Anda bisa kerja ke Korea tanpa tes, loh.Dengan adanya kemudahan untuk bekerja ke Korea ini dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan karir dan penghasilan Anda.

Nah, penasaran bagaimana caranya, bukan? Yuk, simak pemaparan detailnya di bawah ini.

Syarat Kerja di Korea untuk Wanita dan Pria

Meskipun persyaratan di bawah ini bukan persyaratan spesifik untuk perusahaan tertentu, tapi tidak ada salahnya untuk Anda penuhi terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan di Korea, diantaranya adalah:

  • Usia : Sama seperti Indonesia, pemberi kerja di Korea biasanya memberlakukan peraturan usia bagi pelamar kerja. Di Korea, lowongan kerja umumnya mencantumkan persyaratan usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun. Tentu saja, peraturan tersebut diperuntukkan bagi wanita dan pria.
  • Pendidikan : Untuk pekerjaan tertentu, pendidikan memang tidak menjadi hal yang diperhatikan rekruiter. Namun sebagai persyaratan umum, Anda yang ingin bekerja di Korea harus menyelesaikan pendidikan minimal SMP/Sederajat.
  • Tidak memiliki catatan deporasi : Bagi WNI yang ingin kerja di Korea tidak diperbolehkan memiliki catata deportasi dari Pemerintah Republik Korea. Sebab jika Anda memilikinya, Anda akan dicekal saat bepergian ke luar negeri.
  • Kesehatan : Meskipun Anda kerja ke Korea tanpa tes, namun Anda harus memperhatikan kesehatan sebagai syarat fisik kerja di Korea.
Baca juga:  5 Peran Pemimpin Dalam Mengatasi Stres Karyawannya, Baca!

Persyaratan umum terkait kesehatan bagi bara WNI yng ingin bekerja di Korea adalah tidak memiliki cacat fisik, tidak memiliki riwayat penyakit serius, dan tidak buta warna. Keterangan kesehatan tersebut dapat dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Beberapa pekerjaan di Korea untuk wanita mengharuskan pelamarnya memiliki penampilan yang menarik.

Baca juga: Pengalaman Kerja di Korea

Cara Kerja ke Korea Tanpa Tes

kerja ke korea tanpa tes

Untuk bisa bekerja di Korea, sebenarnya WNI harus melewati serangkaian tes seperti tes bahasa Korea yang disebut EPS TOPIK dan ujian CBT (untuk pekerjaan tertentu).

Namun, ternyata ada jalan pintas supaya Anda bisa kerja ke Korea tanpa tes, loh. Nah, apa saja cara kerja ke Korea tanpa tes? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Mencari lowongan kerja khusus

Umumnya Tenaga Kerja Indonesia yang ingin mengadu nasib di negara orang akan mendapatkan tawaran pekerjaan melalui PT penyalur tenaga kerja ke Korea. Namun biasanya cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit karena harus mengikuti ujian tertentu.

Akan tetapi, saat ini ada peluang lowongan kerja korea tanpa tes, meskipun cukup sedikit. Beberapa lowongan kerja seperti pekerja pabrik, perikanan, dan peternakan kadang tidak meminta pekerja memiliki sertifikat mahir bahasa.

Untuk mencari lowongan kerja ini, Anda bisa mencari di website Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Kenapa harus di website ini? Karena Anda akan mendapatkan informasi lowongan kerja yang terpercaya dan terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Cari koneksi pribadi

Praktik orang dalam saat mencari pekerjaan bukan hanya ada di Indonesia, namun juga ada di Korea Selatan. Jika Anda memiliki kenalan atau kerabat di sebuah perusahaan atau pabrik di Korea Selatan, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk meloloskan Anda dalam proses rekruitmen.

Baca juga:  Apa Itu Inventory Control Staff Dan Tugasnya?

Semisal hal itu terlalu sulit untuk dilakukan, Anda bisa meminta informasi lowongan pekerjaan yang tidak membutuhkan tes. Untuk proses seleksi, Anda tetap bisa mengikutinya dengan adil.

Hanya saja, jika Anda menempuh jalur koneksi pribadi ini untuk kerja ke Korea tanpa tes, Anda membutuhkan biaya yang lebih besar.

Dari beberapa sumber yang diperoleh, Anda bahkan bisa mengeluarkan biaya sebesar 25 juta untuk kerja ke Korea tanpa tes dengan menggunakan koneksi pribadi atau kenalan.

3. Berangkat sendiri

Sebenarnya saran ini sangat tidak disarankan bagi Anda yang ingin kerja ke Korea tanpa tes, apalagi jika Anda belum memiliki kenalan disana. Oleh karena itu, jika Anda memilih cara ini pastikan Anda sudah memiliki tempat yang dituju seperti rumah teman, saudara, atau kenalan.

Selain itu, pastikan Anda juga membawa dokumen lengkap untuk persyaratan bekerja di Korea Selatan. Dengan begitu, keselamatan Anda bisa terjamin melalui pihak kedutaan atau Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Baca juga: Perbandingan Gaji Kerja di Jepang dan Korea

Berapa Lama Proses Kerja ke Korea?

Untuk kerja ke Korea dengan tes, waktu yang dibutuhkan mulai dari proses pendaftaran hingga berangkat ke Korea Selatan maksimal 1 tahun. Namun waktu ini bisa lebih pendek jika Anda sudah mendapatkan tempat pekerjaan yang akan mempekerjakan Anda.

Apalagi jika Anda bisa kerja ke Korea tanpa tes, waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat sekitar satu bulan untuk mengurus dokumen keberangkatan saja.

Itulah pembahasan tentang cara kerja ke Korea tanpa tes yang bisa Anda jadikan referensi. Hanya saja, jika Anda ingin mencoba cara tersebut, pastikan Anda tidak tertipu oknum atau penyalur tenaga kerja yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pastikan informasi yang Anda dapatkan valid kebenarannya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar