3 Cara Membatalkan Shopee Pinjam dengan Mudah

Tidak berhenti di shopee paylater, Shopee kini menyediakan fasilitas pinjaman bagi penggunanya. Melalui layanan Shopee pinjam, pengguna dapat mengajukan dana mulai Rp200 ribu hingga Rp15 juta. Bunga yang ditawarkan pun cukup kompetitif yakni mulai 1,95%. Sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan dana cepat.

Meski demikian, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan pengguna mencari cara membatalkan Shopee pinjam. Termasuk kemungkinan telah mendapatkan dana dari sumber yang lain ataupun besaran cicilan yang kurang sesuai. 

Terdapat beberapa cara membatalkan pinjaman di Spinjam. Untuk memproses permintaan pembatalan, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Diantaranya adalah alasan dan bukti pendukung pembatalan pinjaman. Berikut 3 opsi pembatalan SPinjam yang bisa Anda coba:

Cara Menghubungi Call Center Shopee Pinjam

Cara tercepat agar segera bisa membatalkan pengajuan pinjaman adalah dengan menelpon call center Shopee pinjam. Anda hanya perlu menghubungi nomor 1500702 atau (021) 39500300 lewat panggilan Telepon. Sebagai catatan, cara ini mengenakan Anda biaya panggilan oleh operator. Untuk layanan gratis kalian bisa menggunakan chatbot shopee.

Jika sudah terhubung dengan customer service, konfirmasikan akun Shopee pinjam menggunakan identitas diri. Tidak perlu bingung, customer service akan membimbing Anda dengan meminta menyebutkannya satu per satu. 

Apabila identitas telah Anda sebutkan dengan rinci, jelaskan pada customer service tentang pembatalan Shopee Pinjam yang ingin Anda lakukan. Berikan alasan tepat yang dapat menjadi pertimbangan Shopee mengabulkan permintaan Anda. 

Jika alasan yang Anda ajukan sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka Shopee akan memproses permohonan pembatalan. Anda akan mendapatkan notifikasi di akun Shopee begitu proses pembatalan telah selesai. 

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Tanpa KTP

Cara Membatalkan Shopee Pinjam lewat Email

Opsi ini dapat Anda tempuh apabila tidak memiliki pulsa untuk melakukan panggilan telepon. Meski gratis, Anda perlu menunggu beberapa saat agar pesan yang Anda kirim mendapat balasan dari pihak Shopee. Adapun langkah-langkah pengajuan Pembatalan Shopee Pinjam via email:

1. Klik menu Saya

Buka aplikasi Shopee. Pada halaman beranda, klik ikon profil di bagian kanan bawah

cara membatalkan Shopee pinjam

2. Cari Menu Pusat Bantuan Shopee

Begitu jendela profil terbuka, scroll ke bawah hingga menemukan opsi ‘Pusat Bantuan Shopee’

cara membatalkan Shopee pinjam

3. Pilih Opsi Menghubungi Pihak Shopee

Pada bagian ini, Anda perlu menggulir layar ke bawah sampai mendapati menu ‘Email’. Pilih dan klik opsi tersebut.

membatalkan Shopee pinjam

4. Isi Formulir dan Berikan Alasan Pembatalan SPinjam

Anda akan diarahkan pada halaman pengaduan. Isi formulir sesuai dengan kondisi Anda. Masukkan pula Shopee username dan alamat email. Berikan uraian secara jelas terkait permohonan pembatalan Shopee pinjam.

membatalkan Shopee pinjam

5. Upload Bukti atau File Pendukung

Jika sudah, tambahkan gambar pendukung (bukti pengajuan) sebagai penunjang alasan pembatalan. Klik kirim jika seluruh pengisian telah benar.

cara membatalkan Shopee pinjam

Selanjutnya, Shopee akan menanggapi permohonan Anda dengan pesan melalui alamat email. Pastikan untuk selalu mengecek pesan masuk atau inbox pada email yang Anda daftarkan saat pengajuan. 

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Shopee Pinjam

Cara Membatalkan Shopee Pinjam lewat Live Chat

Selain panggilan telepon dan email, Shopee juga menyediakan fitur live chat untuk membantu pelanggan. Lebih cepat dari pada email, Anda bisa memanfaatkan layanan ini guna mengajukan pembatalan Shopee Pinjam. 

Cukup buka fitur live chat pada aplikasi Shopee Anda, lalu jelaskan kondisi dan permintaan Anda. Caranya:

1. Buka Menu Saya

Buka aplikasi Shopee. Saat beranda sudah terbuka, klik ikon profil di bagian kanan bawah untuk mengarah ke dashboard Anda.

Baca juga:  Shopee PayLater Tidak Muncul? ini 11 Penyebab & Solusinya
cara membatalkan Shopee pinjam

2. Pilih Menu Chat dengan Shopee

Scroll untuk memilih opsi ‘Chat dengan Shopee’ di bagian paling bawah jendela profil.

cara membatalkan Shopee pinjam

3. Pilih Kategori Dukungan SPaylater & SPinjam

Setelah memuat, Anda akan langsung masuk ke ruang obrolan dengan bot Shopee. Lengkapi pilihan untuk mendapatkan jawaban seputar cara membatalkan Shopee pinjam.

cara membatalkan Shopee pinjam

4. Pilih Opsi Chat with Live Agent

Anda juga dapat langsung memilih menu ‘Chat with Live Agent’ agar langsung terhubung dengan customer service Shopee. 

cara membatalkan Shopee pinjam

5. Pilih Kategori Sesuai Kondisi

Terdapat beberapa opsi yang perlu Anda pilih sebelum terhubung dengan customer service Shopee khusus Shopee Pinjam

cara membatalkan Shopee pinjam

6. Pilih Opsi untuk Langsung Chat dengan CS Shopee

Jika masih tidak mendapatkan jawaban, maka langsung pilih ‘Chat dengan Customer Service Shopee’ dan Anda akan langsung terhubung dengan bagian pelayanan Shopee.

cara membatalkan Shopee pinjam

Jika sudah terhubung, customer service mungkin akan meminta Anda melengkapi identitas terlebih dahulu. Lalu, jelaskan secara detail keinginan Anda untuk membatalkan pinjaman. Pun jangan lupa menyebutkan alasan mengapa harus melakukan hal tersebut. 

Setelah selesai, tunggu proses pembatalan oleh pihak Shopee. Notifikasi keberhasilan pembatalan akan muncul di aplikasi Shopee setelah proses disetujui. 

Baca juga: Pengalaman Telat Bayar Shopee Pinjam 1 Bulan, DC Kerumah?

Ketiga cara membatalkan Shopee Pinjam di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pastikan telah membaca syarat dan ketentuan Shopee Pinjam untuk mendapatkan alasan tepat agar Shopee menyetujui pembatalan pengajuan dana. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar