Review Line Bank 2024 : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Di era sekarang, hampir semua layanan perbankan bisa dilakukan secara online, termasuk transaksi perbankan LINE Bank. LINE Bank adalah bank digital yang praktis dengan fitur lengkap, dan semuanya dapat diakses hanya melalui smartphone.

Diluncurkan pada tahun 2022, LINE Bank merupakan hasil kolaborasi dengan LINE Corporation dan PT Bank KEB Hana Indonesia.

Saya telah merangkum review LINE bank untuk memberikan gambaran yang jelas apakah LINE Bank adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan perbankan Anda.

Keunggulan dan Kekurangan LINE Bank

review line bank

Review LINE Bank yang pertama adalah, mengetahui apa saja keunggulan dan kekurangan dari LINE Bank yang perlu Anda tahu.

Sebagai bank digital yang populer dan banyak digunakan oleh generasi muda, LINE Bank menawarkan sejumlah fitur yang menarik. Namun, seperti layanan bank lainnya, LINE Bank juga memiliki kekurangan, yaitu:

KeunggulanKekurangan
Bebas biaya admin bulananKetergantungan pada teknologi
Gratis biaya lain-lainMemiliki risiko keamanan digital
Proses daftar sangat mudah dan cepatLayanan transaksi masih terbatas
Aplikasi praktis dan mudah digunakanTidak tersedia tabungan valas atau mata uang asing
Tidak ada minimum saldo untuk setoran awalLimit transaksi kecil
Kartu debit LINE Bank sudah berlabel Visa dan GPN, dikirim secara gratis ke seluruh IndonesiaFitur pinjaman hanya untuk daerah tertentu
Keamanan yang terjaminMenggunakan video call untuk proses verifikasi

Layanan dan Fitur LINE Bank

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan LINE Bank, LINE Bank juga menyediakan berbagai layanan yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengelola keuangan mereka. Line Bank juga termasuk salah satu aplikasi bank penghasil uang melalui fitur depositonya.

Baca juga:  Solusi Kredivo Tidak Bisa Transaksi Alasan Keamanan

Berikut adalah beberapa fitur serta layanan yang dimiliki oleh LINE Bank:

  • LINE Bank memiliki fitur multi rekening, sehingga pengguna bisa memiliki beberapa rekening bank dalam satu aku aplikasi
  • Pengguna LINE Bank dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan secara otomatis, termasuk pembayaran zakat atau sedekah
  • LINE Bank menyediakan fasilitas top up untuk mengisi saldo E-Wallet atau dompet digital
  • Pengguna LINE Bank dapat menjadwalkan transaksi dan transfer dana sesuai dengan kebutuhan
  • LINE Bank menyediakan produk deposito, dengan bunga yang menguntungkan, yang dapat dibuka dengan setoran minimal Rp 1 juta
  • LINE Bank menawarkan layanan pinjaman yang dapat diajukan dengan mudah dan cepat.

Dengan berbagai layanan tersebut, LINE Bank cocok untuk gaya hidup digital saat ini.

Pembukaan Rekening LINE Bank

Untuk menjadi nasabah LINE Bank, Anda harus berusia minimal 17 tahun, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), memiliki nomor ponsel dan alamat email yang aktif. Berikut beberapa langkah membuat rekening di LINE Bank:

  1. Unduh aplikasi LINE Bank di AppStore atau PlayStore pada ponsel pintar Anda
  2. Izinkan LINE Bank mengakses ke kamera, kontak, lokasi, mikrofon, dan notifikasi ponsel Anda
  3. Daftar dengan nomor ponsel atau ID LINE
  4. Lakukan verifikasi dengan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau email
  5. Setelah verifikasi berhasil, klik tombil “Buka Tabungan” dan pilih warna serta nama tabungan yang Anda inginkan
  6. Isi data diri, seperti nama, tanggal lahir, dan alamat email
  7. Lakukan konfirmasi akun menggunakan kode OTP yang dikirim via email
  8. Selfie memegang e-KTP, lalu klik “Setuju”
  9. Tanda tangan di kolom yang disediakan
  10. Buat 6 digit PIN yang sulit ditebak orang lain
  11. Lakukan verifikasi akhir melalui panggilan video dengan customer service LINE Bank.
  12. Jangan lupa siapkan e-KTP untuk ditunjukkan saat panggilan video berlangsung.
Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar AdaKami 1 Bulan, Resiko & Solusinya

Keamanan dan Privasi LINE Bank

LINE Bank sangat memahami pentingnya menjaga keamanan dan privasi penggunanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya mekanisme keamanan yang canggih, autentikasi dua faktor, dan perlindungan terhadap penipuan dalam sistem mereka.

Ganti PIN secara berkala dan jangan membagikan informasi akun LINE Bank pada orang lain.

Pengguna tidak perlu khawatir, karena LINE Bank telah terdaftar dan juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), yang dapat menjamin keamanan dana nasabah.

Review LINE Bank dari Pengguna

Review Line Bank

LINE Bank sudah menjadi salah satu bank digital yang populer dan terpercaya di Indonesia. Ditambah, LINE Bank juga sering menawarkan berbagai promo mulai dari cashback hingga merchandise BT21.

Telah diunduh lebih dari 1 juta orang dengan perolehan bintang 3,4 dari 5 berdasarkan lebih dari 22 ribu ulasan, LINE Bank menunjukkan reputasi yang baik, namun masih ada yang perlu diperbaiki. Beberapa ulasan dari pengguna tentang LINE Bank, adalah:

Pertama, ada pengguna yang mengharapkan agar LINE Bank menambah jangkauan layanan pinjaman ke lebih banyak daerah. Hal ini menunjukkan adanya permintaan yang tinggi dari berbagai wilayah yang belum terjangkau.

Kedua, banyak pengguna yang senang karena aplikasinya menarik dan mudah digunakan. Tapi, aplikasi LINE Bank cukup sering meminta pembaruan, sehingga agak merepotkan pengguna, apalagi saat ada kebutuhan mendesak.  

Ketiga, ada beberapa pengguna yang mengatakan kesulitan saat melakukan login dan proses verifikasi data. Sehingga, harapannya LINE Bank dapat memperbaiki masalah ini agar pengguna bisa lebih mudah dan nyaman dalam bertransaksi.  

Selain itu, ada pengguna yang merasa layanan pelanggan LINE Bank kurang memuaskan. Mereka mengalami kesulitan ketika menyampaikan keluhan dan seringkali tidak mendapatkan solusi yang cepat.

Baca juga:  7 Kerugian Menggunakan Kredivo, Pahami Dulu

Jadi kesimpulannya, LINE Bank bisa menjadi pilihan bank digital yang cukup oke di mata pengguna, meski masih ada beberapa hal teknis yang perlu diperbaiki agar menjadi lebih baik lagi.

Jika Anda membutuhkan transaksi bank digital yang nyaman, terjangkau, dan aman, LINE Bank layak dipertimbangkan. Semoga review LINE Bank ini berguna untuk calon pengguna yang ingin mengetahui tentang layanan dan kinerja LINE Bank.

Bagikan:

Tinggalkan komentar