Review SeaBank, Aplikasi Bank & Pinjaman Online Dari Shopee

SeaBank merupakan sebuah lembaga keuangan yang menjadi anak perusahaan dari Sea Grup. SeaBank Indonesia telah memiliki aplikasi perbankan digital yang memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi keuangan secara online.

SeaBank telah menerima penghargaan sebagai bank digital terbaik dan merupakan bank yang telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta menjadi peserta penjaminan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Kali ini, kita akan melakukan review SeaBank mulai dari mengetahui layanan yang ditawarkan SeaBank, sampai dengan mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari SeaBank.

Tujuan dari review SeaBank ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan informatif mengenai bank digital SeaBank.  

Produk dan Layanan SeaBank

SeaBank memiliki layanan perbankan digital yang cukup lengkap, mulai dari rekening tabungan, deposito, hingga pinjaman online.

Semua layanan SeaBank dapat Anda akses melalui aplikasi SeaBank yang tersedia di App Store dan Google Play.

Berikut adalah beberapa produk unggulan dan layanan yang ditawarkan SeaBank untuk Anda:

Transaksi Mobile Banking

SeaBank menawarkan kemudahan dalam berbagai jenis transaksi melalui aplikasi yang dibutuhkan nasabahnya. Beberapa jenis transaksi yang didukung SeaBank, antara lain adalah:

  • Transfer ke sesama akun SeaBank
  • Transfer menggunakan virtual account
  • Top up saldo
  • Transfer ke bank lain
  • Transfer E-Wallet
  • Pembayaran tagihan, seperti pulsa, PLN, kartu kredit, BPJS, Internet dan TV kabel, PDAM, angsuran kredit, dan pembayaran PBB.

SeaBank juga mendukung transaksi menggunakan QRIS di berbagai merchant yang ada di Indonesia.

Meski belum mendukung transaksi penarikan tunai di ATM, pengguna dapat melakukan transaksi dengan minimal pembayaran Rp 1 hingga Rp 10 juta.

Akun Tabungan Digital

Seabank termasuk aplikasi bank penghasil uang, oleh karena itu memiliki tabungan di SeaBank akan mendapatkan bunga sebesar 3,75% per tahun tanpa saldo minimum.

Baca juga:  Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia
bunga seabank

Anda juga dapat menarik uangnya kapan saja. Bunga tabungan Anda akan dibayarkan setiap hari. Menarik, bukan?

Untuk membuka rekening tabungan SeaBank, Anda perlu mengunduh aplikasi SeaBank pada ponsel pintar Anda.

Daftar menggunakan nomor handphone yang aktif, dan ikuti instruksi proses pendaftaran yang diberikan dalam aplikasi.

Siapkan e-KTP dan lengkapi data diri Anda, lakukan verifikasi wajah sesuai dengan petunjuk di aplikasi SeaBank.

Namun, tabungan Anda tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) jika saldo yang Anda miliki lebih dari Rp 2 Miliar dan suku bunga tabungan Anda melebihi tingkat buka yang ditetapkan oleh LPS.

Deposito SeaBank

Deposito SeaBank merupakan salah satu layanan simpanan mata uang rupiah berjangka yang menawarkan bunga cukup tinggi, yakni mencapai 6% per tahunnya. Nasabah SeaBank yang ingin membuka rekening deposito harus memiliki saldo minimal Rp 1 juta.

Anda dapat membuka deposito dengan pilih menu “Deposito” pada aplikasi SeaBank, masukkan nilai deposito yang diinginkan, kemudian pilih tenor 1, 3, atau 6 bulan untuk pencairannya.  

SeaBank x Shopee

Adanya kolaborasi antara SeaBank dan Shopee memudahkan pengguna untuk membuka akun SeaBank melalui aplikasi Shopee tanpa perlu mengunduh aplikasi SeaBank pada smartphone.

Fitur ini membantu Anda mengakses berbagai fungsi aplikasi SeaBank melalui aplikasi Shopee seperti transfer uang, termasuk top up ShopeePay dan penarikan dana. Yang menarik, tidak ada biaya tambahan untuk layanan pembayaran di Shopee.

Pinjaman Online SeaBank

SeaBank juga memiliki layanan pinjaman online, namanya SeaBank Pinjam. SeaBank Pinjam merupakan layanan pinjaman tunai yang disediakan oleh SeaBank Indonesia. Layanan ini dapat memberikan dana secara cepat dengan bunga sebesar 2%.

Anda dapat mengaktifkan layanan SeaBank Pinjam melalui aplikasi Shopee, dengan cara mengajukan pinjaman melalui fitur SPinjam. Pinjaman tunai yang tersedia bisa mencapai Rp 12 juta dengan jangka waktu maksimal 12 bulan.

Baca juga:  5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express

Saat ini sudah banyak pinjol yang bisa cair ke Seabank, Anda bisa dengan mudah menggunakan rekening Seabank untuk menerima pencairan dana dari pinjol.

Syarat dan ketentuan pinjaman yang berlaku sudah tertera pada aplikasi Shopee.

Pinjaman Payroll

Untuk semua karyawan yang bekerja di bawah naungan PT Shopee Internasional Indonesia, SeaBank menyediakan fasilitas pinjaman karyawan yang dapat diajukan hingga Rp 300 juta dengan jangka waktu sampai dengan 24 bulan.

Menariknya, pinjaman payroll ini tidak membutuhkan agunan dan biaya tambahan. Dengan bunga yang bersaing, proses persetujuan pengajuan pinjaman karyawan tergolong cepat.

Fitur-fitur SeaBank

SeaBank bisa menjadi pilihan yang bijak karena memiliki fitur-fitur yang tidak kalah dengan bank digital lainnya. Beberapa fitur unggulan yang ada dalam aplikasi SeaBank, diantaranya adalah:

  • Aplikasinya ringan dan mudah digunakan
  • Proses pembukaan rekening cepat
  • Suku bunga tinggi
  • Bunga di bayar per hari
  • Memiliki fitur setor dan tarik tunai melalui bank lain
  • Menyediakan layanan pinjaman cepat.

Baca juga: ​​Cara Tarik Tunai Seabank Tanpa Kartu ATM

Biaya Layanan SeaBank

SeaBank memberikan banyak layanan transaksi dengan biaya yang sangat kompetitif, sehingga memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Berikut adalah rangkuman biaya layanan SeaBank.

Jenis LayananBiaya Layanan
Biaya pembukaan akunGratis
Saldo awal minimumRp0
Saldo minimum per bulanRp0
Biaya penalti saldo (Fall Below Fee)Gratis
Biaya administrasiGratis
Biaya penutupan rekeningGratis
Biaya rekening dormanGratis
Transfer ke antar rekening SeaBankGratis
Transfer ke Virtual Account SeaBankGratis
Top Up Saldo ShopeePayGratis
Transfer ke rekening Bank lain (hingga 100x per bulan)Gratis
Transfer ke e-wallet (hingga 100x per bulan)Gratis
Transfer Real Time Online (RTOL) dan SKN (setelah melebihi kuota gratis)Rp2.500
Transfer e-Wallet OVO (setelah melebihi kuota gratis)Rp1.500
Transfer e-Wallet Dana (setelah melebihi kuota gratis)Rp1.000
Transfer e-Wallet GoPay (setelah melebihi kuota gratis)Rp2.000
Top-up e-Wallet lainnya (setelah melebihi kuota gratis)Rp3.000
Transfer BI FAST (setelah melebihi kuota gratis)Rp2.500

Kelebihan dan Kekurangan SeaBank

Sama seperti bank digital lainnya, SeaBank juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut dipertimbangkan oleh para penggunanya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan SeaBank dari berbagai sumber:

Baca juga:  Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan? ini 7 Penyebabnya
KelebihanKekurangan
Bunga tabungan dan deposito cukup tinggiAdanya risiko penyalahgunaan layanan perbankan digital
Gratis biaya pembukaan rekening tabunganBelum bisa tarik tunai di ATM
Tidak ada setoran awal minimalQRIS hanya dapat digunakan untuk transaksi di Indonesia
Saldo minimum rendahFitur layanan tagihan masih terbatas
Buka rekening 100% onlineMinim layanan offline
Bebas biaya layananRisiko ketergantungan dengan Shopee
Sering mengadakan promo dan cashback –
Fitur keamanan sudah canggih –

Review SeaBank dari Pengalaman Pengguna

SeaBank, telah mendapat nilai tinggi di Play Store, yaitu 4,8 dari 5 bintang. Dengan lebih dari 755 ribu ulasan dan telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Meskipun skor ini menunjukkan nilai kepuasan yang tinggi, banyak pengguna menyoroti beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Pertama, SeaBank memiliki keterbatasan dalam hal layanan pelanggan.

Berdasarkan review Seabank, beberapa pengguna sering mengalami kesulitan saat berinteraksi dengan petugas bank.

Selain itu, karena sepenuhnya dikendalikan secara online, pengguna SeaBank terbatas pada area dengan jaringan internet yang baik. Jadi, jika pengguna berada di tempat yang tidak ada sinyal, maka tidak akan bisa menggunakan layanan perbankan.

Masalah keamanan online juga menjadi perhatian pengguna. Dengan risiko kejahatan siber yang semakin meningkat, beberapa pengguna mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap keamanan dana mereka.

Terutama mengingat SeaBank menawarkan bunga simpanan hingga 6%, sedangkan LPS hanya menjamin simpanan sebesar 4,25%. Sehingga dana tabungan, bunga, dan bonus nasabah tidak dijamin oleh LPS.

Tapi, tidak dipungkiri banyak pengguna yang menikmati bunga tinggi ini. Apalagi jika simpanan mereka banyak. Sampai saat ini, SeaBank hanya memiliki 12 kantor cabang di Indonesia dan hanya berada di kota-kota besar.

Meski besar potensinya akan bertambah lagi setiap tahunnya, bayangkan jika pengguna mengalami masalah perbankan yang serius, dan harus bertemu dengan petugas bank di kantor cabang atau pusat.

Pengguna juga mengalami kesulitan untuk mengambil uang tunai, mereka merasa ribet jika harus transfer uang ke bank lain dulu untuk mengambil tunai di ATM.

Kesimpulannya, SeaBank memiliki beberapa kelebihan dan fitur yang menarik untuk memudahkan pengguna bertransasi perbankan, terutama bagi pengguna Shopee. Namun, terbatasnya fitur perbankan dan layanan offline perlu menjadi pertimbangan calon nasabah SeaBank.

Sampai di sini review SeaBank untuk Anda, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar